Kamis, 10 November 2011

Trading Saham

Sekali2 posting investasi ah :))

Seperti gue singgung di post sebelum nya, gue sempet belajar trading saham di Infovesta bareng beberapa temen. Tujuan nya bukan untuk jadi full time trader sih. tapi karena kemaren2 gue udah mulai invest di beberapa instrumen dari Reksadana sampe LM. Gue jadi penasarah mengembangkan pengetahuan ke Trading Saham langsung.


Gue pikir karena selama ini udah mayan rajin investasi ke RDS, kenapa ga langsung aja trading saham? kan RDS ujung2nya ke saham juga?? dulu2 kepengen doang belajar tapi selalu ngerasa otak gue ga mampu buat menyerap dunia persaham an. gue selalu ngerasa terlalu berat dan ribet hihi. Mungkin kemaren waktu nya pas kali ya, ada beberapa temen yang ngajak belajar bareng jadi langsung gue OKE in.


Karena gue ambil kelas yang basic, jadi yang kita pelajarin ya cuma dasar2 nya aja. Ga nyampe lah ya itu  belajar technical analysis atau baca2 candle stick gt. bener2 cuma dasar nya aja :p Berhubung si okky udah cukup ngerti, gue males lanjutin lagi. gpp deh at least gue udah tau sedikit2 ga blank banget :)

Jadi apa sih saham itu?
Pengertian saham secara umum dan sederhana adalah surat berharga yang dapat dibeli atau dijual oleh perorangan atau lembaga di pasar tempat surat tersebut diperjualbelikan (souce: www.infovesta.com)


Terus gimana beli nya?
Biasa nya kita beli lewat broker saham atau perusahaan sekuritas. Contoh nya Mandiri sekuritas, E-trading, dan masih banyak lagi.

Untuk beli saham, satuan yang digunakan adalah lot (1 lot = 500 unit). Dengan minimum pembelian 1 lot.

jadi misal mau beli saham BMRI 7250. berarti 1 lot nya 7250 x 500 = 3.625.0000.

buat gue yang biasa nya beli RDS ketengan, berasa gede yah hehe.

Memang perbedaaan mendasar antara trading saham sama RDS adalah jumlah uang yang dikeluarin jauh lebih besar untuk trading saham langsung. tiap sekuritas ada minimal setoran awal yang jumlah nya beda2. ada yang 10-25jt. gede ya bokk huhu. walopun bisa aja dari uang yang kita setor ga semua nya dibeliin saham. tapi kalo gue si lebih sreg dibeliin saham semua. biar jelas duit nya kemana, kan ada statement nya. daripada ngendap di acc si broker. serem aja gue

kayak yang gue bilang diatas, beli 1 lot aja bisa 3jt lebih. sementara kalo RDS 500rb aja bisa. bahkan top up nya bisa mulai dari 100rb. 
kalo saham ga bisa. kalo mau top up ya tetep harus 1 lot. makanya untuk dijadin invest rutin tiap bulan agak berat. mending untuk tiap bulan di RDS aja. bisa sesuai ama kemampuan hehe

Ga semua harga per unit nya mahal sih, ANTM misal nya harga per unit nya 1600 an. jadi per lot nya sekitar 800rb an. 


Gimana cara milih sekuritas?
Ini lebih ke preference orang sih kalo menurut gue. karena memang banyak pilihan nya. Jadi emang mesti survey 1-1 lebih sreg yang mana. ada yang prefer aplikasi di BB atau iphone yang user friendly, ada yang prefer fee nya paling kecil, dll. yang pasti harus cari info sekuritas yang terpercaya.

tau kasus sarijaya sekuritas? googling deh..ngeri kan kalo sekuritas yang kita pilih kayak gitu. gelapin uang para nasabah nya huhu. Dari hasil baca2 di forum FD si yang paling sering disebut2 itu Philip Sekuritas, karena katanya aplikasi nya user friendly.


Gue sendiri pilih BN* sekuritas. dari segi aplikasi sih jujur aja ga user friendly. soalnya aplikasi BB aja mesti bayar streaming nya, utk iphone tak ada -_-" ga cocok buat orang yang mobile..fitur2 nya juga ribet. okky si suka ngeluh, dia biasa join di sekuritas lain yang (kata dia) aplikasi nya lebih gampang. 

berhubung gue baru belajar, jadi BNI ini si oke2 aja buat gue. Karena gue ga pernah beli/jual pake aplikasi nya haha. gue selalu bbm broker nya nyuruh dia yang beliin :p walopun suka malu ya, order ecek2 gitu cuma 1-2 lot aja nyuruh2 orang hihi. enak nya lagi disini si broker nya ramah dan cepet banget respon nya kalo di bbm. tiap pagi juga di update kondisi market. terus suka bbm ngasi saran sesuai kondisi market.


Pertanyaan paling sering nih..saham apa dong yang bagus? atau saham apa yang gue beli?
hihi kalo itu sih mesti liat2 market dulu. ga bisa saklek saham A atau X yang bagus. mesti sering2 baca berita financial. biasanya kalo perusahaan nya untung banyak, harga saham nya jg akan naik. 

yang gue pengen beli sih saham nya ast*a international. tapi bokkk per unit nya aja kemaren sempet 70rb. duarrr..1 lot aja brp puluh juta tuh. aku belum sanggup. walopun kalo liat performance nya si tampak oke ya. kalo naik bisa tinggi gitu. beli nya PDM aja deh, gue baca prospectus nya, ada ast*a international salah 1 nya.

 
Yang pasti kalo baru nyoba2 siap2 mental jantung dulu yee..dag dig dug liat market. apalagi pas gue join itu market emang lagi ga stabil. pening kepala liat perubahan harganya. bawaan nya pengen mantengin market terus. takut duit gue ilang banyak hihi. 

Salah 1 keuntungan beli saham adalah kalo real time transaction. misalnya nih kita liat market kayaknya mau jatoh. bisa saat itu juga kita jual. jadi bisa minimize loss. Kayak semalem okky blg, bursa dunia turun semua karena krisis italy. jadi pagi2 gue minta broker nya jual pas pembukaan. bener kan, hari ini market merah.

Sedangkan kalo RDS kita kan ga bisa ngapa2in ya. Pasrah aja sama MI nya. kalo pun kita mau jual hari ini, dapet nya NAB nanti sore pas penutupan (itu kalo jual pagi2, kalo jual udah siang dapet NAB besok nya). jadi susah untuk prediksi kapan saat yang pas untuk jual/beli.

Sebenernya sih, kalo emang tujuan nya untuk jangka panjang >10thn si ga perlu belajar sampe mendalam tentang saham2. beli aja saham2 blue chip yang rata2 emang harganya akan naik. terus udah deh tutup mata sampe beberapa taun ke depan. dapet rejeki lebih, top up lagi sebisanya. sambil tetap rutin tiap bulan invest di RDS.

Yang penting dont put your eggs in 1 basket. terus sesuai in tujuan ama jenis investasi juga. jangan invest di saham buat uang pangkal anak sekolah taun depan. kalo tiba2 anjlok bisa nangis darah :p katanya si seleb darinadanil mau ikutan kelas saham juga. gue jg menunggu sharing dari dia nih besok. yang lengkap ya ti hehe

2 komentar:

  1. gue malah males menjelaskan hahaha.. asiiik gue tinggal ngelink ke posting lo yang ini dhit. gue mau mejeng foto2 aja di BEI hahaha *masih terkagum-kagum ama BEI*

    BalasHapus