Sabtu, 20 Oktober 2012

Meet & Greet With Warna Impian : Smart Solution For Small Spaces

*diselak dulu ya postingan liburan kita ke korea* hihi

Beberapa waktu lalu gue dateng ke event Warna Impian di Hongkong Cafe. Event Meet & Greet Warna Impian ini sebenernya rutin diadakan tiap taun. Tapi gue baru kali ini dateng. Kali ini tema nya "Smart Solution For Small Spaces" dengan pembicara arsitek ary indra dan oom Lurry + Bunda Firra sebagai pakar Feng Shui.





Begitu denger tema nya, gue langsung tertarik dong. Karena memang trend sekarang kan cenderung ke arah tempat tinggal dengan lahan yang terbatas alias mini ukuran nya. 

Liat aja kebanyakan apartment yang dijual sekarang, termasuk apartment kalibata city gue, 2 kamar luasnya cuma 30m bok. Gimana ga pening tuh penataan furniture nya. Wong sampe sekarang gue masih bingung narok dispenser dimana haha. Jadi emang kita yang harus pinter2 me-maksimalkan space yang segitu2 nya hehe. 

Menurut mas Ary Indra, rumah yang bagus adalah rumah yang PAS (Peka-Adiptif-Sehat).
Kayak gimana sih itu?



Rumah yang baik itu harus bener2 rumah untuk keluarga. Dalam arti semua ruangan nya cukup untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga. GA HARUS GEDE, TAPI CUKUP.

Ini gue ngerasain sih, dulu rumah bonyok di bangka itu gedeee banget. Namapun rumah peninggalan belanda ya, susunan tata ruang nya pun agak aneh menurut gue. Masa rumah segede itu kamar nya cuma 3? dan kamar mandi 2 bijik saja loh. Udah gitu kamar nya cilik2. Berbanding terbalik dengan ruang tamu atau bahkan dapur yang bisa buat pesta kali tuh saking gede nya. 

Alhasil jadi ga efisien kan ruangan2 nya. At least buat keluarga gue yang anak nya ada 4. Tanah ribuan meter tapi kamar cuma 3 dan kita tetep harus sempit2an di kamar  *_*. Tapi itu kan di Bangka ya, pulau kecil yang penduduk nya ga sebanyak Jakarta. Kalo di Jakarta mah lain cerita nya. 

Dengan terbatas nya lahan dan harga tanah yang fantastis dari hari ke hari terutama di Jakarta, tentu saja faktor efisiensi penting ya cyn. Tenang aja, ga usah pesimis duluan kalo lahan kita kecil. Banyak cara untuk nyiasatin nya kok.

Salah satu nya dengan ga usah terlalu banyak dinding penyekat. Supaya ruangan terasa lebih besar dan ga sumpek.

Intinya si kita harus lebih mikirin kualitas daripada kuantitas ruangan. Fokus ke kebutuhan kita aja dulu, bukan keinginan kita. Jangan mimpi punya walk in closet 10x20 kalo tanah nya aja cuma 100m ya cyn *agak lebay contohnya ya :p*

Atau seperti yang di contohin mas Ary Indra kemaren, ada yang ruang tamu nya gabung sama ruang TV/keluarga. Tapi ada dinding yang bisa dibuka/tutup. Jadi kalo kedatangan tamu dan butuh privacy di ruang tamu, dinding bisa ditutup. Kalo ga kepake, dinding nya bisa dibuka supaya ruangan bisa terlihat luas.

Got the idea?

pertanyaan gue bikin dinding penyekat gitu mahal ga si?kepengen soalnya :p

Bisa juga mainin warna dan berbagai tekstur di rumah. Tujuan nya untuk menciptakan suasana yang tidak monoton. Katanya menurut penelitian kalo lagi mumet sama kerjaan, terus kita megang yang bertekstur bisa bikin relax loh.

Buat yang punya anak2 pasti pengen rumah nya jadi sarana explorasi untuk anak2 nya dong. mas Ary Indra banyak banget ide nya. Dan gue ngecesss banget semua nya. Ada rumah yang pake perosoton untuk turun dari lantai 2 ke lantai 1 *melongo*. Oh sungguh keren. Azka pasti ga mau ke playground di mall lagi deh kalo rumah nya kayak gitu hihi

Ada lagi yang tangga nya dibikin railing hanya di 1 sisi. Sisi 1 lagi dibiarin aja kosong gitu..

WHAT? *melongo*



Ini mah udah pasti ga applicable di rumah gue. Secara sekarang pake railing di 2 sisi aja okky tereak2 kalo azka turun naik tangga sendiri atau sambil lompat2an :p :p *emak bapak sama2 parnoan*

Tapi ternyata kata mas Ary Indra ini bisa jadi salah 1 cara untuk anak2 belajar lho. Masuk akal sih, kalo jaman dulu mungkin kita bisa manjat2 pohon di depan rumah. Kalo sekarang manjat pohon dimana mak? rumah aja mepet2 begini kan, boro2 nanem pohon yang bisa dipanjat, dapet halaman seuprit aja udah alhamdulillah.

Dengan dibikin rumah sebagai sarana eksplorasi anak kayak gini, bisa mengasah motorik anak, melatih kemandirian untuk bisa hati2, dan develop social skill mereka untuk saling menjaga temen nya supaya ga jatoh.

Untuk space nyimpen barang di lahan terbatas juga harus pinter2.

Now..look at this..



Uuuwowww...tangga yang bisa dipake untuk nyimpen sepatu!!!
How cool is that..

I WANT ONE!!!

Faktor penting lain nya adalah rumah kita harus sehat. Kaya dengan sinar matahari dan sirkulasi udara yang bagus. Karena itu kalo bisa sebelum membeli rumah perhatikan arah rumah nya. Paling bagus menghadap ke selatan atau utara. Jadi bisa kena sinar matahari sepanjang hari. 

Selain arah rumah. Penggunaan cat juga harus pilih2. Harus yang aman untuk kesehatan keluarga. Pernah denger ga, kalo ibu hamil/anak2 kecil ga disarankan nyium bau cat? 

Ini pengalaman pribadi gue sih ya..
Pasti impian semua emak2 ya untuk punya kamar anak sendiri. Bisa dekor2 kamar anak dari sebelum anak nya lahir. Nah gue tuh dulu parno banget mau ngecat kamar anak pas hamil. Sampe gue nemu Jotun yang katanya aman dan bebas dari bahan kimia.

Beneran loh, biasanya kan kalo kita abis nge cat dinding, baunya bisa nempel berhari2, kalo pake Jotun ini ga ada bau nya. Sejak itu gue selalu pake jotun kalo ngecat2 :))

Ga tau sih beneran bahaya atau ga bau cat itu. Tapi selain takut kandungan kimia nya, gue juga ga suka bau cat yang agak menyengat. Pake jotun selese deh masalah gue. 

Setelah Mas Ary Indra selesai ngasi penjelasan..giliran pakar Feng Shui bunda Fira dan Oom Lurry yang berbicara.

I tell you what..
Feng Shui is very interesting ya ternyata.

Gue terus terang udah sering denger Feng Shui tapi ga bener2 tau penting nya untuk rumah itu gimana. 
Jadi pas denger penjelasan bunda Fira kayak bener2 dapet pelajaran baru :))

Mungkin yang taun lalu ikut event ini udah lebih ngerti ya tentang Feng Shui.
Apa itu energi chi?
angka KUA? dll
gue sih masih rada2 ga ngerti hehe

Baca blog ira, ste, atau puspi deh untuk tau info tentang Feng Shui dari acara Meet and Greet taun lalu. Panjang soalnya penjelasan tentang ini. 

Yang pasti sebelum menata rumah berdasar Feng Shui kita harus tau dulu apa elemen kita dan berapa angka KUA kita

Tujuan nya supaya energi orang yang tinggal di dalam rumah tersebut balance dan energi chi nya mengalir dengan bagus. Ternyata kalo energi chi mengalir bagus untung nya banyak banget. Karier bisa bersinar, terhindar dari sakit, hidup rukun2 sekeluarga, dll.

Nah buat yang mau beli rumah, tips nya coba perhatikan posisi2 ini ya:

Pintu utama
- Ideal nya, pintu utama menghadap posisi baik kita (ini kayaknya ditentukan oleh angka kua juga deh).
- Warna tembok luar juga disesuaikan dengan elemen kita. 
- Sebisa mungkin pintu utama jangan terhalang pohon. 

Kalo misalnya pintu utama kita sering rusak, coba di cek posisi nya deh. Bisa saja itu salah 1 sinyal posisi nya kurang pas secara feng shui.

Posisi Dapur
Menurut Bunda Fira posisi kompor di dapur ini SANGAT PENTING karena merupakan simbol keuangan/pemasukan kita. 

Beberapa contoh penataan dapur yang baik:
- Kompor menghadap arah baik supaya karier nya cemerlang
- Kompor ga boleh diapit 2 elemen air (cuci piring/kulkas), karena air akan mematikan api. Akibatnya gaji ga bisa ditabung
- Lokasi dapur ga boleh dibawah kamar mandi/area basah seperti ruang cuci

*hoooo manggut2*

Itu cuma sebagian aja syarat dapur ideal ala Feng Shui. Masalah dapur dan kompor ini kayaknya paling banyak syarat2 nya deh. 

 Kamar Tidur
- posisi tempat tidur ga boleh tepat dibawah jendela. Ini secara logika aja kalo misal ada orang jahat masuk dari jendela, kita bisa langsung jadi korban. Ga sempet ngapa2in kan soalnya

- posisi tempat tidur ga boleh pas di depan pintu masuk atau pintu kamar mandi
- posisi tempat tidur ga boleh nempel sama dinding. Jadi emang bagusnya ada bedside table di kanan kiri nya.

Katanya kalo posisi tempat tidur ga pas, bisa menyebabkan yang tidur disitu suka sakit kepala dan sering ga enak badan. 

- letak kamar tidur juga ga boleh persis di atas dapur.

Kenapa?
Karena api (dari dapur) bisa membakar energi di atas. Akibatnya orang yang tidur di atas jadi boros. 

Hooo pantessssss...gue agak boros. Eh catet ya..AGAK loh..soalnya posisi dapur nya ga persis banget di bawah kamar, yah agak miring lah sedikit :p

Ruang Keluarga
- Paling bagus meja makan berbentuk bundar
- Meja juga nempel di tembok. Harus ada space untuk orang lalu lalang sekitar meja. Kalo nempel tembok, nanti aliran energi chi nya ga bisa muter.

- Kursi duduk di ruang keluarga sebaiknya membentuk U shape. Bukan kursi nya yang bentuk U, tapi penyusunan kursi nya. Misal 2 seater di tengah, kanan kiri nya dikasih 1 seater. Jadi kan bentuknya U.

Kalo pun telanjur punya sofa L shape kayak gue, bisa di kasih puff kecil aja di sudut 1 lagi untuk membentuk U shape. Memang secara logika pun masuk akal si, kalo lagi kumpul2 ngobrol rame2 lebih enak ya karena semua bisa saling liat. 

Di akhir session, seperti biasa boleh mengajukan pertanyaan. Karena gue ngerasa tertarik dan penasaran sama Feng Shui ini, jadi lah gue nanya.
Dengan terpaksa gue harus nyebutin kenceng2 tanggal lahir gue lengkap dengan taun nya. Tapi percaya lah "age is just a number" teman2. Im still young at heart :p

Jadi bunda Fira dan Oom Lurry itung2 deh itu angka kua gue, okky, dan azka.

Hasilnya cukup mencengangkan *tepok jidat* 

Abisnya gue belum apa2 langsung ditanyain "kamu suka shopping ya?"

HAHHH??

kok..kok..kokk?? di jidat gue ada tulisan SHOPAHOLIC apa gimana sik? :)))

Terus dikasih tau taun naga ini taun yang "jelek" buat gue dan okky. Banyak cobaan nya.
Okeh gue ga boleh percaya ramal2 an tentang masa depan.
Tapi kalo kita runut dari ke belakang, taun ini emang cobaan gue dan okky lumayan berat. 

Paling berat adalah pas ibunya okky alias mertua gue meninggal. 
Bokap gue masuk RS 2x. Yang 1 diopname, 1 lagi ke UGD beberapa jam. 
Belum lagi gue kepanikan gue yang ini, sampe kebirit2 cek ke dokter singapore.

So yes, this year is tough!!

Tapi ya dengan tega nya temen2 gue malah nge bully gue dong. Sapa tuh yang bilang kemaren "ah  taun jelek aja masih tetep beli2 tas kok..sama sempet liburan ke korea" *hehhh..sini ya gue toyor** *iti ini kayaknya yang ngomong* :)) 

Belum selesai sampe situ derita gue bok..

gue nanya posisi kompor di rumah, yang ternyata salah dan harus diganti posisi. Terus gue juga bilang ada 2 kompor di rumah. Di dapur bersih dan kotor.

Bunda Fira sama Oom Lurry langsung bilang GA BOLEH ada 2 kompor di rumah. Katanya kalo kompor 2, istri/suaminya bisa 2.

Aku bagaikan disambar geledek tengah hari bolong! *lebay* *ala sinetron*
*langsung buang 1 kompor*

Wiii makin heboh lah itu temen2 gue. Sampe MC nya bilang "ini kasian ni di bully, temennya pada heboh" 

Emang nihhh..gue ga bisa denger penjelasan Bunda Fira saking hebohnya. Ihh padahal ini kan masalah masa depan dan ketentraman rumah tangga gue loh. Pelik ini masalah KOMPOR!! hihi

Eh tapi ya karena kehebohan dan seperti nya Bunda Fira kasian ama gue, jadilah gue dikasih "hadiah"plus free konsultasi Feng Shui selama 15menit.

Mantep ga tuh? Gue langsung BBM okky supaya dateng (dia lagi makan mcD di sarinah sama azka) jadi bisa ikut konsultasi.


ini sapa yang moto kepala anak orang kepotong hehe



Abis acara selesai gue langsung konsultasi sama Oom Lurry. 
Hasilnya? it deserves another blog post kayaknya yah..nanti gue tulis lagi deh :))

Yang pasti, i had such a great time..
Seneng banget dapet banyak pelajaran..
Plus ketemu beberapa temen yang tadinya hanya kenal di dunia maya juga. 

Cuma masih pening aja nih sampe sekarang masalah kompor hehe
Kalo kata temen2 gue kemaren dijual aja demi keutuhan rumah tangga (-_-)

Jadi pengen panggil pakar Feng Shui beneran ke rumah deh..

19 komentar:

  1. Mama Azka....aku silent reader nih..suka baca2 tentang jadi ibu. Mba...kalo boleh saran, jangan terlalu percaya sama Feng Shui. Tidak ada yang tahu tentang masa depan kecuali Allah..Semoga kita berhati2 dalam hal kecil tapi penting takutnya jatuh kepada kesyirikan. maaf kalo tidak berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunny
      haloo :))
      makasi ya mbak udah diingetin :*

      Hapus
  2. Hahahaha gue percaya, gak percaya sama Feng Shui.
    Tempat tidur gue pas bener di bawah jendela, aman aja kyknya secara flat gue di lantai 5.
    Kalo ada yg jambret (jangan smpe, astagfirullah) juga mesti panjat tali dulu :D :D

    Tapi kalo masalah kaca dan jam di ruang tamu (coba lo tanya sama si pakar deh) itu bawa pengaruh, sedikit percaya sih ehhehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amy
      bok lo flat lantai 5 yang mau manjat masuk jendela spiderman? hihihi
      emang kaca dan jam pengaruhnya apa say? kemaren ga bahas kaca2an si..
      gue pengen panggil ahlinya tapi mau nanya fee nya rada keder, takut mahal :p

      Hapus
  3. wah tangga yang bisa buat nyimpen sepatu itu keren banget ya sumpeh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman,
      ya kann mann..gue butuh bener deh kayaknya tempat nyimpen sepatu kayak gitu hihi

      Hapus
  4. Dhit agak2 jiper juga gw sama yg di sebut 1 rumah ga boleh 2 kompor. Hadeeeh, slama ini rumah gw ada dapur bersih dapur kotor. buat yg masakan bau2 gitu gw masak di luar biar kaga nempel sama dalem2nya rumah gw pikir, secara rumah siput begini kalo ngegoreng sesuatu ajah bau minyak nempel ke sofa kemana2... kecil sih macam kompor elektrik gitu neyk *loh kok jadi sesi tanya jawab sama dhita*

    Hahaha. Iya juga yg di atas komen bilang dhit, ga usah terlalu percaya2 banget kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fabz
      sama neykk..gue pake dapur belakang buat mbak2 :p
      kalo tuan putri turun ke dapur baru deh pake dapur bersih, yang mana tentunya jarang sekali hihi

      Hapus
  5. selama kuliah, gw selalu bercita2 pengen belajar feng shui loh kalo udah lulus dan jadi interior designer beneran. ternyata keburu membelot jadi penulis hahahah! itu cerita kompor lucu banget tapi gw udah 3x loh denger nasehat begitu. katanya rumah tangga bisa 'panas'. ga pernah disampein segamblang mas Ari itu sih, cuma sekarang baru ngeh ternyata ooo yg dimaksud 'panas' ya itu toh.

    nah tapi kalo punya usaha katering gimana ya? *persoalan* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. miund
      Feng Shui menarik banget sih ya..

      kayaknya kalo bisnis ketring lain cerita deh..
      laki gue pas gue ceritain ketawa dia. soalnya rumah nyokap kita berdua sama2 punya kompor lebih dari 1.
      biasanya feng shui itu kan bisa diakalin, tapi khusus untuk kompor ini katanya solusi nya ya emang dicopot 1 *_*

      Hapus
  6. WAKSSSSS?? Ga boleh kompor duaaaa??? (sambil ngelus2 kompor Ariston, while memandang kompor Hitachi yg jelekan di dapur basah)... Terus kalo mbaknya dikasih kompor bagus trus makenya kasar dan ongkos benerinnya mahal, ahli fengshuinya mau gantiin gak??

    Btw, kalo orang Chinese kok rata-rata rumah bagus ngadep timur ya, supaya kena cahaya matahari pagi. Ah pusing ah... intinya sih punya rumah P-A-S aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. leony
      pemikiran gue juga sama kayak loe le. sayang kan kompor bagu2 kalo dipake nya ga dirawat sama mbak2.
      makanya di dapur kotor gue beli yang murah aja.

      oh gitu le? kalo timur ga panas banget pas pagi2? gue ngadep barat kalo sore silau banget jadinya
      ah tapi menurut gue ngadep mana, yang penting punya rumah deh udah bersyukur hehe :))

      Hapus
  7. Gue baru aja mikir mo beli kompor 1 lagi!!! Well sebenernya sih gue mau oven gasnya, tapi rata2 nyatu sama stove-nya. PEGIMANA INIIIIH??? T___T.

    BalasHapus
  8. erlia
    hahaha udahhh beli aja..biar kalo gue ke singapore bisa dimasakin yang banyakkk :p *ngarep*

    BalasHapus
  9. Haha.. kl ak anggep sey irit aja.. daripada beli kompor lebih (jadi 2) dan itupun yg satu bakal ga kepake, mending buat beli sepatu Dhit.. Kan udah ada t4nya di bawah tangga?? Hehehe..

    BalasHapus
  10. Udah Dhit, dijual aja kompor yang satu lagi. Inget ya, promo jualnya begini: "Kompor Modena/Ariston/etc dijual. Harga murah. Demi keutuhan rumah tangga." Pasti banyak yang mau *ngetek duluan ah* Hihihihi...

    BalasHapus
  11. the bright side is.. tahun jelek aja lo bisa jalan2 ke aussie, korea belon yg kecil2 ky ke spore ya.. terus tas-tas anu ino dan ono.. Nah gimana kalo tahun bagus coba? lebih ciamik kaaan :P

    BalasHapus
  12. Eh gw komen cuma mau pamer, itu tangga yg ada tempat sepatunya, dirumah gw ada!!! Hahaha.. Tp bukan tangga naik keatas, rumah gw kan mini.. Jd bikin tmpt tidur buat si mbak, dibikin tinggi, sampingnya tangga model yg kayak lo foto gitu, bawah kasurnya bisa jd gudang mini.. Lumayan bgt looooh buat penyimpanan :p

    BalasHapus
  13. Kalo dipikir2, sebetulnya saran si pakar masuk akal banget sih, kita aja yang ga ngeh sebelumnya.

    Kompor ga boleh lebih dari 1: biar ga mubazir dan buang ongkos maintenance.

    Kompor jangan di samping sink/kulkas: panas ketemu dingin, bisa2 ada yang rusak kan either kompornya kecipratan air ato kulkasnya kena panas.

    Hihi gitu deh analisis sotoy gue... selalu seru ya ngebahas feng shui :)

    BalasHapus