Jumat, 15 Januari 2016

When in Holy Land - Mekkah & Madinah



Tadi pagi di jalan dengerin JakFM ada Ronal yang lagi umroh cerita kejadian yang dia alami ketika umroh. Gue tiba2 jadi pengen cerita juga kejadian2 yang gue alamin pas lagi umroh.

Banyak orang yang bilang kalo ke tanah suci, akan banyak mengalami kejadian, baik atau buruk nya tergantung amalan kita. Makanya kalo mau ke tanah suci harus benar2 bersih hati dan pikiran nya.

Dulu..pas mau umroh pertama kali rasanya deg2an banget denger cerita orang2. Alhamdulillah, ga ada kejadian gimana2 di gue. Tapi adek gue yang bungsu - Abi, sempet ngalamin sih.


Jadi adek gue ini orangnya sangat2 picky eater. Bayangin aja, kecap aja, harus kecap ABC. Ga mau merk lain. Lauk juga mau nya itu2 aja. Pokonya rempes lah kalo jalan makan di luar ama dia. Padahal waktu itu dia udah kelas 1 SMA loh. Pas mau umroh, kita semua udah ngingetin ke dia, kalo pas umroh sana jangan ngeluh2 tentang makanan. Disediain apa, telen aja lah.

Pas di pesawat, biasa deh makanan nya ga cocok di lidah dia. Jadi doi ngambek dan mau makan sama sekali.

Waktu itu jadwalnya begitu turun pesawat kita langsung dibawa ke Mekkah untuk melakukan prosesi umroh. Dengan jadwal seperti ini, ambil miqat nya kan dari pesawat, otomatis para jemaah harus ganti baju ihram di atas pesawat (terutama untuk laki).

Tau sendiri kan baju ihram itu kebuka banget, dengan AC pesawat yang dingin, posisi kita duduk terus, udah pasti rawan masuk angin. Apalagi adek gue disuruh makan ga mau melulu cuma gara2 makanan nya dia ga suka. Sok kuat amat!

Prosesi umroh dilakukan udah lewat engah malam. Memang disaat kondisi badan udah cape dan lelah. Dari umroh pertama ini lah kita belajar, kalo dikasih kesempatan umroh lagi, mau milih travel yang tujuan nya ke Madinah dulu. Selain bisa istirahat ngumpulin energi, biasanya setelah 3 hari di Madinah, level spritual kita pun naik drastis. Jadi begitu sampe Mekkah untuk umroh rasanya jauh lebih khusyuk. 

Pas thawaf beberapa putaran, adek gue mulai deh ngeluh sakit perut. Sampai akhirnya dia tumbang ke arah gue. Gue yang lagi sibuk komat kamit berdoa, refleks langsung kaget dan nahan dia supaya ga jatoh nimpa gue.

Akhirnya sama bokap gue dibawa minggir sebentar, minum zam-zam kemudian bokap dan adek gue ngelanjutin prosesi umroh sendiri. 

Nah kan..
"Disentil" deh, makanya jangan suka pilih2 makanan. Udah tau kita mau umroh harusnya jaga kesehatan. Disyukurin aja dikasih makanan apapun. Daripada kelaperan, masuk angin, terus pingsan. Setelah kejadian itu, si Abi mingkem aja kalo pas jam makan. Ga ngeluh2 lagi :p

Tapi ketika sampe Indo, balik lagi ke tabiat asal >_<

Kalo buat gue, so far, umroh terakhir taun lalu (sedikit udah gue posting disini) paling berkesan dan paling banyak cerita.

Pertama, taun lalu pertama kalinya gue umroh dengan suami dan anak.

Kedua, bokap gue sakit. Sehari sebelum umroh dilarikan ke UGD untuk infus vitamin supaya besoknya bisa berangkat. Ga ngaruh karena selama 2 hari di Medinah bokap gue terbaring di kamar, dan akhirnya kita bawa ke RS di Madinah

Ketiga, ada beberapa kejadian yang cukup drama dan menegangkan.

I'm telling you, this will be a long post :))



Kejadian pertama
Begitu mendarat di Jeddah, dan ngelewatin proses imigrasi, gue ijin ke toilet ama Okky. Ternyata toilet cewek nya lumayan antri sehingga membuat gue agak lama berada di dalam toilet. Begitu keluar toilet, gue kaget kok udah sepi. Rombongan tour gue udah ga ada, dan yang lebih parahnya, gue tidak melihat satupun keluarga gue, termasuk Okky dan Azka. 

Setengah panik, gue jalan aja ke arah tempat ambil bagasi sambil celingak celinguk. Gue liat ada porter  yang ngangkut koper2 travel kita. Muthawif dari Jakarta entah kemana. Dari Jakarta emang udah dibagi2 nomer bis di buku panduan, jadi begitu sampe jemaah "dilepas" gitu aja nyari bis sendiri. Kalo koper2 si mereka semua yang urus. Makanya wajib pake koper seragam pemberian travel supaya gampang dikenali. Tapi gue lupa bus berapa karena buku panduan dibawa Okky. 

Gue kebingungan. Kondisi gue saat itu ga bawa apa2. Boarding pass, paspor, dan semua dokumen lain dibawa Okky. Panik! Ditengah2 kepanikan gue, dari jauh terliat adek gue Abi udah deket pintu keluar lagi ngambil tas dari Xray. Gue lari sambil tereak2 "Abii tungguin gue, atok sama Okky kemana sih?"

Ternyata semua nya udah di luar dong!! Doeng..

Sampe luar, gue tanya ama Okky kenapa gue ditinggalin. Semua dokumen gue kan di dia. Kalo ada apa2 gimana. Okky cuma jawab disuruh ama atok keluar. Gantian gue tanya ke atok kenapa gue ditinggalin. Kira2 gini percakapan gue dengan atok

Me: Pa kenapa aku ditinggalin? Orang cuma ke toilet sebentar. Aku ga familiar sama airport sini kalo hilang atau kepisah dari rombongan gimana

Atok : haduhh mbak ya ga mungkin hilang lah. 

Me : Ya mungkin aja..kan aku kepisah ama rombongan. Tadi udah sepi di dalam. Kalo ada pemeriksaan paspor random gimana pa? Aku kan ga bawa paspor dan dokumen apa2. Aku bahkan ga tau bus nya nomer berapa, karena smua buku panduan kan di Okky. 

Atok : ahh kamu nih, mikirnya macem2 aja. 

Me : Bukan nya gitu pa, namanya lagi di negeri orang kan. Bus nya dimana juga aku ga tau. Kalo ditinggal bus gimana. Lain kali bareng2 dong biar ga cari2an.

Atok : Ah mbak mana mungkin ditinggal bus sih..udahlah ayo jalan, sholat dulu terus ke bus.

Kebetulan waktu itu emang pas waktu nya sholat subuh. Gue jujur waktu itu sedih banget ampe nangis bok. Lebay dan drama banget ga sih?? Baru juga sampe udah ada drama. Tapi gue beneran panik waktu keluar toilet yang tadinya rame jemaah tau2 udah sepi banget. 

Okky minta maaf sih dan bilang emang harusnya dia nungguin gue. Mungkin atok yang kondisi nya lagi sakit udah kecapean jadi nyuruh cepet2 keluar, dan si Okky pun nurut aja. Ga kepikir harus nungguin gue.

Harusnya mah, biarin aja atok duluan kan, at least, Okky kek gitu nungguin gue. Bokk gue ga pegang paspor, kalo tau2 ada pemeriksaan random pas mau keluar dan dimintain paspor gimana? Katanya ga mungkin..

Well who knows?

Di Madinah semua berjalan lancar, sampe tiba waktunya kita berangkat ke Mekkah. Di bus, muthawif nya nerangin nanti ambil miqat di Bir Ali. Harus cepet dan rebutan aja ambil wudhu nya. DIkasih waktu cuma 20 menit terus harus kumpul lagi.

Kejadian kedua
Hari itu entah kenapa gue ngantuk setengah mati. Biasanya posisi duduk gue di area depan dekat nyokap bokap. Tapi karena gue pengen tidur, gue pun milih duduk di belakang deket Azka, Okky dan adek gue Abi. Mereka bertiga ini selalu milih duduk di belakang, karena di bagian paling belakang, kursi nya panjang dari ujung ke ujung. Azka bisa tidur selonjoran.

Adek gue Abi sempet nanya loh "tumben lo mbak duduk di belakang" gue jawab "gue ngantuk pengen tidur"

Dan beneran, setelah denger penjelasan muthawif nya, gue pun ketiduran. Tau2 dibangunin udah sampe parkiran Bir Ali. Sebelum turun itu gue dan Okky memutuskan untuk ninggalin tas di bus. Alasan Okky karena ribet udah pake baju ihram. Sedangkan gue pengen ke toilet (lagi) dan wudhu, tampak rempes ya bawa2 tas. Toh juga cuma sebentar.

Gue bilang ke bokap nyokap kalo gue akan ke toilet dulu.  Nyokap gue ga mau nemenin ke toilet. Dia bilang mau buru2 sholat karena waktu yang dikasih muthawif nya sempit. Nyokap gue juga ga perlu wudhu juga karena belum batal. 

Pas masuk, muthawif nya kasih tunjuk meeting point (di depan pintu masuk). Terus gue tanya arah toilet dan buru2 jalan ke toilet. Nyokap gue langsung ke tempat sholat.

Sekilas tentang mesjid Bir Ali ini bentuknya kira2 seperti gambar di bawah ini

image from here
Tempat sholat nya di bagian tengah. Banyak yang bilang bentuk mesjid Bir Ali ini mirip benteng pertahanan. Karena dikelilingi tembok.

image from here
Selayaknya mesjid2 lain, area pria dan wanita dipisah. Setelah keluar dari toilet dan wudhu, penjaga toilet menunjukkan arah ke tempat sholat wanita.

Gue inget banget, waktu itu bertepatan dengan adzan ashar. Jadi yang sholat makin rame. Gue cari2 jemaah rombongan bus gue kok ga ada sama sekali. Gue ngebatin waduh jangan2 udah pada selese semua nih. Gue pun buru2  sholat. Selese sholat gue masih celingak celinguk berharap ketemu jemaah group gue. Tapi ga ketemu satupun.

Ga sengaja, gue liat muthawif travel yang gue pake,  tapi beda rombongan bus. Gue samperin dan nanya bus berapa. Kalo ga salah, gue di bus 5 sementara dia muthawif bus 6. Selama ini kalo city tour, bus travel kita selalu parkir deketan. Jadi gue pikir kali ini pun bus kita deketan.

Gue berasumsi pasti lebih aman ikut dia. Daripada gue nyari rombongan sendirian ke meeting point, terus ternyata rombongan gue ga ada, yang ada gue bakal tambah bingung karena ga ada yang bisa nolong kan. Dengan pintarnya gue mikir, kalo pun ternyata bus nya ga deketan, dia pasti tau nomer muthawif gue dan bisa bantuin nelpon  dong. Secara gue kan ga bawa hp. Hanya ada ID card travel yang ga ada nomer telp muthawif nya.

Gue pun ikut muthawif perempuan itu bersama jemaah bus nya jalan ke arah parkiran. Arah jalan keluarnya memutar ga lewat pintu masuk tempat meeting point rombongan gue. Di tengah jalan, tiba2 ada 1 jemaah yang mau ke toilet. Jadilah si muthawif nya harus nemenin ke toilet. Gue disuruh ikut aja jalan ama rombongan lain. Gue mulai bingung, tapi nurut aja. Sempet kepikir pengen misah dan jalan ke meeting point pintu depan. Tapi agak takut karena gue sendirian, akhirnya gue keluar dan ikut ke bus mereka.

Gue cari sebelah2nya ga ada bus group gue. Ini pasti akibat gue pas turun ga meratiin tempat parkir bus karena nyawa gue masih belum ngumpul. Yang tadinya gue pikir bisa minta tolong telponin muthawif bus gue, lha ini kok muthawif perempuan itu ga balik2 ke bus. Lama amat ke toilet nya.  Mau minta tolong telponin ama jemaah bus lain gue ga punya nomer muthawif nya. Akhirnya, gue putuskan untuk muter parkiran mencari bus group gue. Eaaa ga nemu dong.

At that point, kayak ada yang terlintas di pikiran gue "nah kan waktu itu sih bokap gue bilang ga mungkin ilang, kejadian nih gue ilang"

Dan aneh nya gue ga terlalu panik. Cuma bingung.

Ga ketemu bus di parkiran, gue pun langsung jalan ke arah pintu masuk tempat meeting point rombongan gue. Gue yakin kalopun ditinggal rombongan, pasti ada Okky atau setidaknya muthawif nya nungguin disana. Masa sih Okky ga sadar kalo gue belum balik, ya kan?

Tapiii pas gue jalan ke arah pintu masuk, astagaaa ada ratusan jemaah yang mau masuk juga. Ga hanya rombongan Indonesia, tapi dari Turki yang badan nya gede2 pun banyak banget. Laki2 dan perempuan. Semua nya berdesakan mau masuk.

Melihat situasi yang desek2an gitu, seakan2 ada pikiran yang melintas di kepala gue untuk mengurungkan niat masuk ke dalam. Alhasil, baru setengah jalan, gue pun balik lagi. Gue pikir tunggu sepi an aja deh. Sambil nunggu semua jemaah yang rame itu masuk, gue coba cari bus gue lagi. Errr masih ga ketemu juga bus nya.

Gue jalan lagi ke arah pintu masuk, untungnya udah sepi. Seperti dugaan gue, sebagian rombongan nungguin gue disitu. Seluruh keluarga gue masih di meeting point.

Alhamdulillah yaa..

Pas gue ketemu, semua orang keliatan lega. Bokap gue nanya "kemana aja sih kamu? Lama amat kan udah dibilang meeting point disini"

Gue jelasin tadi ga ketemu jemaah satupun di tempat sholat. Nyokap gue bilang dia udah nungguin gue di tempat sholat tapi ga dateng2. Bahkan nyokap gue udah bolak balik nyariin juga ke tempat sholat cewek tapi ga ketemu gue. Ternyata, sepertinya tempat sholat cewek ada beberapa. Gue sholat di tempat yang berbeda dengan rombongan bus, makanya ga ketemu. Sebenernya Okky udah muter2 juga nyariin gue. Tapi ga ketemu. Mungkin selisipan kali ya.

Setelah kejadian gue kepisah ini, bokap gue bilang "mulai sekarang jangan misah2 ya. Mama sama dhita barengan aja tunggu2an"

Dalam hati gue ngebatin "yah dari kemaren juga udah gue bilang kan kalo kemana2 kudu bareng" >_<

Thats not the end..cause the worst is yet to come
Keep reading :D

Kejadian ketiga
Setelah ketemu rombongan, kita semua pun langsung menuju bus dan melanjutkan perjalanan. Gara2 kejadian ini, perjalanan ke Mekkah jadi delay sekitar 20min an. Ketika tiba waktunya sholat magrib, bus berhenti di rest area. Jemaah dipersilakan untuk sholat dulu, dan kumpul di bus setelah sholat.

Di rest area, ada beberapa restaurant, salah 1 nya adalah Burger King. Gue minta tolong Okky take away burger untuk Azka. Karena menurut jadwal, kita baru akan makan malam di Mekkah, sekitar 4 jam an lagi. Kalo nunggu selama itu Azka bisa cranky berat kan. Setelah beli makanan, kita semua kembali ke bus bareng2. Gue, Okky, Azka, bokap, nyokap, dan Abi.

Masuk ke bus dari pintu tengah. Bonyok gue seperti biasa duduk ke kursi bagian depan. Sementara gue, Okky, Azka, dan Abi duduk di belakang. Sambil nunggu jemaah lain kembali ke bus, gue dan Okky mulai ngurusin Azka makan burger.

Kemudian, muthawif mulai mengabsen jemaah di bus. Gue ga terlalu meratiin karena sibuk ama Azka. Yang penting gue udah diabsen. Ga lama, bus mulai jalan lagi. Gue masih tetep sibuk ama Azka.

5 menit setelah bus jalan, gue liat kursi sebelah. Kok Abi ga ada? Kata Okky palingan Abi ke tempat atok di depan. 10 menit berlalu, kok Abi ga balik2 ke belakang yah, padahal tas dan beberapa perlengkapan lain nya ada di kursi belakang. Okky pun berinisiatif ke depan untuk ngecek.

YA ALLAH, Abi ga ada di bus!

KOK BISAA SIH??
Kan tadi masuk bus bareng2. Gue liat pake mata kepala sendiri Abi udah duduk kok!

Pas Okky bilang ke muthawif nya, dia pun kaget..

"Loh dia belum balik ke bus? Tadi ijin sama saya mau ke toilet. Saya pikir sudah kembali ke bus. Tadi kan di absen"

Again, KOK BISA??

Ternyataaaa...

Abi keluar lagi dari bus karena mau ke toilet!! Dia ijin ke muthawif nya, tapi ga ijin sama gue/Okky/bonyok di depan.

Jadii..

Ketika muthawif mengabsen jemaah dari depan, begitu nama Abi dipanggil, bokap gue menjawab ADA tanpa melihat ke belakang, karena dia pikir Abi kan memang udah masuk ke bus bareng2 ama kita. Bokap gue ga tau kalo setelah itu Abi keluar lagi dan ijin ke muthawif nya untuk ke toilet.

Nyokap gue nangis sesenggukan.
Bokap gue panik sampe gemeter.
Gue langsung lemes dan yakin 100% kalo kita lagi "ditegur" Allah.

Gue nyolek bokap gue dan bilang kayaknya kita harus cepet2 sholat taubat nih. Kemaren soalnya pas baru aja sampe (pas kejadian gue ditinggal ) papa sempet takabur dengan ngomong ga mungkin hilang, ga mungkin juga ditinggal bus. Gue juga sempet keceplosan ngomong kalo aku ilang gimana.

Well..liat sendiri kan..

Kun FaYaKun..

Bokap gue pun sadar kalo ini memang bener2 teguran dari Allah dan kita langsung istighfar berkali2. Kemudian bokap juga meminta maaf kepada seluruh jemaah di bus, karena keluarga gue menimbulkan banyak masalah yang mengakibatkan perjalanan ke Mekkah untuk umroh ini delay berkali2.

Kondisi Abi ketika ditinggal bus hanya memakai baju ihram. Ga bawa tas/paspor/dokumen/uang atau apapun. Untungnya masih ada ID travel yang menggantung di lehernya. Mirip sama kejadian pertama dan kedua.

Masalahnya adalah, jalan dari Madinah ke Mekkah itu jarang sekali ada putaran atau jalan keluar. Karena memang sepanjang jalan ga ada kampung atau desa. Jadi nyari jalan untuk bisa muter kembali ke rest area susah dan jauh banget.

Walopun begitu, mau ga mau bus harus muter dong jemput adek gue. Setelah nemu puteran, udah jalan balik lebih dari 30menit masih belum sampe2 juga ke rest area tempat Abi ketinggalan. Paniknya jangan ditanya. Nyokap masih nangis. Bokap gue juga panik di samping nyokap gue.

Keadaan di bus sungguh mencekam. Gue yakin sebenernya jemaah lain pasti kesel sama keluarga gue. Tapi ga berani ngomel/marah karena udah pake baju ihram dan udah niat mau melaksanakan umroh.

Yang bikin agak kesel, disaat perjalanan jemput Abi, lagi panik2nya gitu, Okky sempet diomelin muthawif nya dong. Dia bilang "gimana sih kok keluarga nya ga dijaga?" Dijawab sama Okky "dia ga ijin sama saya, saya lagi ngurusin anak saya. Kan ijin nya sama bapak, harusnya bapak yang ingetin dong"

Terus muthawif nya balik duduk dan sibuk telpon2an. Terus kata Okky dia sempet liat muthawif nya sampe nangis abis telponan itu.

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, akhirnya sampe juga ke rest area. Okky dan muthawif nya langsung keluar untuk nyari Abi. Alhamdulillah langsung ketemu. Abi lagi sama polisi di depan mini market. Setelah ngucapin terima kasih sama polisi, Okky pun membawa Abi balik ke bus.

Dari cerita Abi, pas sadar ditinggal bus, dia nyamperin staff booth nya Baskin Robbins (kalo ga salah), minta tolong telponin perwakilan travel yang nomernya tertera di ID. Fyi, nomer2 telpon yang ada di ID hanya nomer telpon perwakilan travel di Arab dan hotel Madinah/Mekkah. Tidak ada telpon muthawif.

Yang di Baskin Robbins ga bisa bantu dan disuruh minta tolong di Mini Market sebelah. Abi pun masuk ke Mini Market dan nyamperin cashier nya. Dia jelasin masalahnya. Cashier nya sangat baik dan langsung bantu nelponin. Untung ngerti bahasa Inggris ya cashier nya.

Sayangnya perwakilan travel ga ngangkat2 telpon. Sang cashier pun berinisiatif nelpon polisi.  Setelah nelpon polisi, si cashier nyoba nelp perwakilan travel lagi dan untungnya diangkat. Makanya mungkin si muthawif gue nangis di bus karena kena teguran oleh travel.

Kemudian dia laporin juga ke manager mini market yang alhamdilillah ga kalah baik nya. Abi disuruh ambil makan/minum di mini market itu.  Dengan jujur, Abi jawab ga bawa uang sepeserpun. Dia bilang gpp, ambil aja yang kamu mau. Ga usah bayar.

Manager nya juga bilang kalo nanti bus nya ga bisa jemput, dia sendiri akan mengantarkan Abi sampe hotel di Mekkah

Terharu ga sih??

Untunglah bus kita bisa balik jemput Abi ya..

Di bus nyokap gue langsung meluk Abi sambil nangis. Semua lega pasti!

Kalo kita cermati benang merah dari semua kejadian adalah gara2 TOILET!
Dari pas gue pertama kali sampe, pas kepisah di Bir Ali, dan terakhir pas Abi ketinggalan di rest area.
Apakah hanya kebetulan semata?

Banyak kejanggalan2 yang menurut gue agak ga masuk akal

- Dari awal berangkat entah kenapa gue milih duduk di belakang.
- Di Bir Ali gue dan Okky memutuskan ga bawa apa2. Padahal kalo dipikir lagi nih, memang agak ribet bawa2 tas, tapi bukan nya malah bahaya ninggalin tas yang isinya barang berharga (paspor, HP, dll) di bus?
- Kok bisa pas gue kepisah dan mau masuk ke mesjid serasa ada yang menghalang2i. Seakan2 emang ga boleh masuk dulu.
- Gue sama sekali ga inget lokasi bus. Kok bisa sepanjang gue jalan ke mesjid ga inget patokan satupun. Padahal banyak toko2 kecil sepanjang jalan. Masa gue ga inget 1 pun tadi lewatin toko mana? Dan pas gue kembali ke bus, ternyata memang bus nya parkir jauh banget di tempat yang gue ga lewatin. Perasaan pas dateng ga sejauh itu.
- Kok bisa2 nya Abi ga minta ijin ke salah satu keluarga nya untuk ke toilet?
- Terus kok semua kejadian gara2 ke toilet
- Kok setiap ada yang kepisah kondisinya selalu ga bawa dokumen atau hp

Apakah semuanya kebetulan juga?

Bisa keliatan ga sih kalo semua kejadian saling nyambung dan berasa banget ada yang ngatur. Gila ya waktu itu gue dan keluarga emang bener2 diliatin bukti kalo manusia ada yang atur. Bener2 ditunjukin  kekuasaan Allah dan ngerasa Allah itu begitu dekat ama kita.

Allahuakbar..

Setelah mengalami banyak kejadian sebelum sampe Mekkah dan umroh, kebayang ga rasanya jadi gue ketika menginjakkan kaki di Masjidil Haram dan liat kabah? Pecyahhh..Mau meledak rasanya dada gue.

Alhamdulillah walopun delay berjam2 dan kita harus melakukan prosesi umroh nya udah lewat tengah malam, tapi semuanya masih kuat dan seluruh rangkaian umroh berjalan lancar.

Kejadian taun lalu kayaknya ga akan pernah bisa gue lupain deh. Jadi pelajaran juga kalo dikasih kesempatan umroh lagi harus benar2 menjaga hati dan mulut terutama!!

Terus baru nyadar panjang amat ya ini postingan :p

2 komentar:

  1. Subhanallah Dhita. Memang bener kalau umrah itu ga bisa ngomong yg 'melenceng' dikit dan harus selalu istighfar. Kemana mana harus berdua ditemenin. Ga bisa underestimate situasi dikit karna nanti bisa beda dari kenyataan yg dihadapin. Tapi walaupun begitu tetep perjalanan umrah selalu jadi perjalanan paling membahagiakan dibanding ke eropapun. Hehehe.. mashaAllah. Tfs ya.

    BalasHapus
  2. Kenapa jadi mewek ya baca postingan ini. memang benar ya..katanya kalau umrah atau haji itu kudu jauh-jauh sama pikiran negatif atau ketakutan-ketakutan tertentu...

    BalasHapus