Sabtu, 17 Desember 2016

Khitanan Azka

11 dec 2016
Tibalah hari yang tidak dinanti2kan para anak laki-laki :p



Keputusan untuk khitan taun ini diambil karena Azka yang minta. Alhamdulillah yaa..ga perlu dipaksa2. Awalnya karena sepupu nya Azka taun lalu udah lebih dulu di khitan. Gara2 ini, sodara2 banyak yang nanya kapan giliran Azka. 

Sezuzurnya, saat itu gue bahkan belum ngenalin konsep khitan ke Azka. Jadi dia kalo ditanyain cuma jawab ga tau haha. Lama2 dia nanya dan kita jelasin apa itu khitan, gimana proses nya, dll. Tau2 dia bilang mau di khitan. Kita pun langsung putusin untuk khitan bulan December aja. Cukup lama jeda nya dari waktu Azka minta.


Itung2 kasih waktu juga buat gue untuk survey dan browsing2. Masalahnya, gue blank banget masalah metode khitan. Sungguh bingung karena metode khitan ternyata ada macem. Nyari di beberapa forum dan blogwalking kok ga nemu banyak info. Sampe akhirnya nanya ke beberapa temen yang udah lebih dulu khitan in anaknya. Dikasih tau website klinik sumbawa di Bandung ini lumayan ngasih sedikit gambaran metode2 khitan. 

Akhirnya gue milih untuk khitan menggunakan metode smart klamp di Rumah Sunatan cabang Bintaro, semata2 karena taun lalu sepupu nya Azka khitan disini dan review nya oke. 

Makin mendekati hari H, bukan cuma anaknya yang deg2an, tapi emak nya pun deg2an. Bahkan mungkin emaknya lebih stress dari Azka. Gue sangat sadar diri kalo ga bakal kuat liat proses nya. Makanya dari awal gue udah mengundurkan diri nemenin Azka dan minta Okky aja yang masuk. Tapi Azka tetep minta ditemenin >_< 

Aku harus piyee...
Terpaksalah gue pun harus menyiapkan mental berminggu2 untuk ikut dalam proses khitan Azka.

Gue sengaja milih tanggal sebelum musim liburan dimulai supaya ga terlalu antri. Untungnya juga sekolah Azka ulangan nya udah lebih duluan dari sekolah lain. Jadi di tanggal 11 itu selain long weekend, Azka juga udah mulai libur (tinggal bagi rapor aja). 

Begitu masuk, langsung isi data diri dan ga lama langsung di panggil untuk masuk ke ruang tindakan.  Ga dibatesin sih berapa orang pengantar yang boleh masuk. Kemaren yang ikut masuk Okky, gue dan Atok (bokap gue). Mulai lah Azka keliatan takut. Sampe2 begitu masuk ruangan dia sakit perut dan minta pipis mulu untuk buying time. Butuh waktu beberapa menit sampe akhirnya Azka mau didudukin di tempat tidur tindakan. Itupun belum mau ditidurin, masih nangis karena takut.

Untungnya, staff disana semua cukup sabar dan telaten. Mereka bantu jelasin dan nenangin Azka. Untuk mengalihkan, di Rumah Sunatan disediain ipad (kalo lupa bawa atau ga punya). Kalo punya sendiri ya dipake aja pas tindakan.  

Setelah akhirnya Azka berhasil lebih tenang, dokter nya mulai proses bius. Wajarlah ya..agak teriak sedikit, tapi setelah bius nya bekerja sih anaknya mulai santai. Tadinya gue pikir bakal drama, ternyata gak..alhamdulillah.



Proses nya kurang lebih 10-15menitan kali ya. Dokter nya bilang silakan kalo mau di video atau di foto. Eaaa boro2 deh bisa moto, orang gue ga berani liat. Selama proses berlangsung cuma ngadep tembok :p  Yang sibuk moto/video in malah Atok.

Setelah selesai, kita dijelasin perawatan pasca khitan. Dan dikasih celana dalam khusus yang udah ada tempurungnya. Langsung bisa pake celana biasa sebenernya. Tapi kemaren kita tetep pakein sarung. Azka juga bisa langsung jalan tanpa rasa sakit.



1-2 hari pertama yang agak repot si cuma pas pipis. Kata Azka perih. Karena pake klamp, bagian dalam klamp diusahakan harus bersih dan kering. Jadi tiap pipis harus disemprot cairan Nacl sama di lap pake cotton bud bagian yang basah. Makanya jadi susah buat jalan2 keluar rumah karena peralatan yang dibawa banyak. Ga tahan juga sih hari ke 3 & 4 kita udah jalan2 ke mall :p




Di hari ke 5, kita harus balik lagi ke Rumah Sunatan untuk buka klamp nya. 
Kali ini gue milih untuk nunggu di luar :p
Karena proses ini tanpa bius, jadi pasti lebih kerasa sakit nya.

Ga lama setelah klamp dibuka, gue diminta masuk ke ruangan untuk denger penjelasan perawatan dari pak dokter. Ga boleh mandi 2 hari dan tiap pipis harus dikompres betadine selama kurang lebih 3menit. Terus masih dilarang main bola, berenang, dan naik sepeda selama seminggu. Selebihnya si terserah mau ngapain aja.

Haduh lega deh gue udah selese semua..


Semoga tumbuh menjadi anak sholeh ya nakk *kisses*

Rumah Sunatan cab Bintaro
Jl. Puter EC II/45
Bintaro Sektor 5
(deket STAN Bintaro)

Telp : 021 7358639

Total biaya : 1.890.000 (termasuk obat2an dan celana khusus khitan)

5 komentar:

  1. congrats azka...

    cepet juga ya sekarnag proses nya... hari ke-3 udah bisa nge-mall gitu. hahaha.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. yeah samaan, qutbi juga sunat pake metode smart klamp desember tahun kmrn, senangnya karena prosesnya cepet yaa, tahu2 sdh selesai aja. cuma karena qutbi anaknya suka lebay, pas dibius aduuuh nangisnya kejer :(.
    Selamat yaa Azka, sudah siap menjadi lelaki dewasa :D semoga selalu istiqomah dalam iman dan islam

    BalasHapus