Jumat, 05 Mei 2017

Visa UK Mahal Banget


Dalam sejarah gue apply visa liburan, visa UK menduduki peringkat pertama untuk segi harga dan juga lama nya proses pembuatan.

Biaya visa standar UK adalah 118usd atau sekitar 1,5jt. Ini visa untuk yang 6 bulan lho. Multiple entry sih, tapi siapa juga yang mau bolak balik UK dalam waktu 6bulan. Apa ga bokek? >_<

Butuh waktu 15 hari kerja untuk proses nya. Itu artinya 3 minggu kalo ditambah weekend. Nah untuk janji jadwal foto nya pun ga bisa langsung. Gue dapet hampir 2 minggu dari daftar online. Kalo pas sepi sih mungkin bisa 2-3 hari udah dapet jadwal foto. 

Yang bikin gondok lagi, masa berlaku visa bukan dari tanggal visa dikeluarkan. Tapi beberapa hari setelah kita foto di VFS. Gue apply visa bulan agustus tanggal 20 an. Jadi di bulan September, dan expired di bulan Feb. Apa kabar yang apply visa 3 bulan sebelum keberangkatan dong ya..

Coba bandingkan dengan visa Amrik. Iya memang lebih mahal fee nya kalo ga salah 160usd. Tapi dapetnya 5 taun. Dalam 5 taun ya mungkin banget untuk beberapa kali ke Amrik. Ah masaa..orang sampe sekarang visa Amrik gue masih jadi pajangan aja tuh :p


Additional service untuk visa UK ini banyak banget ya ampunn..

Mau selese lebih cepet? Bisa dong..pakai priority service. Dengan membayar 355usd sajah. Yahh kira2 4,7jt. Visa akan keluar dalam waktu 3-5 hari.

Padahal ya gue pernah apply visa Schengen (lewat Belanda), standar visa aja cuma 1 minggu. Malah pas lewat Perancis, visa jadi dalam 3 hari kerja. 

Yang bikin ribet kalo dalam waktu 3 minggu itu kita butuh pergi ke luar negri atau mau bikin visa negara lain. Secara 3 minggu itu waktu yang cukup lama lho. Jangan sedih, kalo kita butuh paspor selama proses visa bisa kok. Paspor asli boleh kita "pinjem" dalam kurun waktu 10 hari, abis itu HARUS dibalikin lagi ke VFS. Bayar dong pastinya..867rb >_<

Yang paling ga penting sih menurut gue premium lounge service dengan membayar 1jt. Cuma supaya ga antri. Yang mana antrian biasa pun paling cm max 5 orang. Kan kita udah dapet jadwal janji foto dan biometric. Jadi ga akan antri lama kok. Ada si keuntungan lain kayak free wifi (buat apaan? orang cuma 5-10menit di dalem), terus free sms, snacks and drinks yang cuma gitu2 aja. 

Masih ada beberapa additional service lain seperti kurir, update sms, dll. Menurut gue sih ga penting semua. Kalo bisa mah emang apply yang standar visa aja tanpa additional service.

Sayangnya, kemaren si Okky harus apply buru2 karena kemungkinan dia ada project di negara lain dalam waktu dekat. Terpaksa harus pake priority service yang *nangissss*

Belum lagi kemaren ada trouble ga bisa bayar. Semua kartu udah dicoba ga ada yang bisa. Udah panik banget karena kalo ketunda lagi takutnya ga keburu. Sampe akhirnya Okky iseng tick premium lounge service dan coba bayar pake paypal. Eh tau2 berhasil payment nya. Whatttt?? Siap2 pingsan liat rate paypal!!

Tapi premium lounge nya kan belum ke charge. Jadi kita pikir nanti pas dateng buat foto bilang aja mau di cancel. Salah ternyata saudara2. Tidak bisa di cancel. Bisa sih di cancel, tapi harus bikin janji dari awal lagi. Udah pasti ga mungkin keburu. Dengan berat hari bayarlah lagi 1juta. Total buat bikin visa Okky doang aja hampir 6jt. Belum lagi visa gue dan Azka.


Ini sih judulnya, belum berangkat aja udah bokek! Berasa dirampok huhu

Kata Okky di lounge snack yang disediain Oreo sama minuman kemasan kayak buavita atau teh botol. Makan deh tuh oreo dan buavita termahal haha. 

Banyak orang kalo udah ke UK, gatel pengen ke negara lain sekitarnya. Paris dan Belanda biasanya 2 kota yang sering banget dibarengin sama UK. Menurut gue pribadi sayang banget lhoo..
Udah bayar visa mahal2, mending di maksimalkan di UK dan Scotland.

Kecualiii..emang masa liburan nya panjang. Jadi udah puas di UK mau nambah ke negara2 tetangga. Atau emang visa schengen nya udah punya. Taun lalu gue ke Norway dari UK karena visa Schengen gue masih berlaku. Jadi ga rugi2 amat.

Tampaknya beberapa taun ke depan gue agak males ke UK lagi kecuali dibayarin. Pesawat sih sekarang banyak banget yang promo pas travel fair. Harganya bikin ngiler. Tapi jangan salahh..hotel disana juga mahal2 banget. Bisa sih diakalin nginep di airbnb nyari yang murah. Tapi karena gue punya pengalaman buruk sama airbnb, sampe sekarang belum berani nyoba lagi nih. Masih trauma sayah sis.

Trip yang akan datang kita juga bakal ke beberapa kota di Scotland, jadi untuk sementara rasanya udah cukup deh ya explore UK nya :) 

3 komentar:

  1. visa UK emang paling resek, gw yang punya KTP EU aja mesti apply visa UK padahal cuman lompat nyampe, huh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. feee disini mah parah.
      Mana pas gue kedapetan orang VFS yang mukanya senep banget. Buset..
      Mungkin dia abis patah hati :p

      Kalo negara lain kan bisa kasih note, will depart tanggal sekian. Maksudnya biar selesenya tepat waktu. Ini mah ga bisa. Lacak visa process nya udah sampe mana juga ga bisa. Bener2 powerless lah..

      Yang bete nya lagi, ternayta udah pake VFS gini yang semua online. Ternyata calo masih seliweran. Dan antrian gue sering banget diselak sama para calo :__(
      Sampe gue bilang ke security nya saya appoinment jam 7 lho, baru deh disuruh maju ke depan. OMG, udah dateng tepat waktu jadi telat gara2 diselak2 hiks

      Hapus
  2. Huummm, jadi gitu ya mba? Bukan hanya mahal di biaya hidup tapi mahal juga di visa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus