Selasa, 25 Mei 2010

Holiday Budget

Gue ama Okky sepakat utk selalu ngusahain liburan tiap taun nya. Syukur2 bisa ke luar negri, tapi kalo pun ga setidak nya ke Bali atau Jogja juga udah alhamdulillah. Disamping emang karena kita berdua suka jalan2, menurut gue kita pasti butuh refreshing, lepas dari semua rutinitas sehari2. Toh liburan kan ga harus yg mahal2 atau yg jauh, tergantung budget yg udah kita siapin aja.

Karena itu gue nambahin pos "Holiday Budget" di financial planning keluarga kecil kami. ihh seru ya ternyata udah punya keluarga, mesti itung sana sini. Asli tantangan bgt buat gue yg suka kalap shopping :p.

Dana di pos "holiday budget" ini sifatnya flexible sih. Beda kyk pos2 primer seperti dana pendidikan. Itu udah pasti ga bisa diganggu gugat dana nya apapun yg terjadi. Kl holiday budget ini sih, kl pos lain butuh suntikan dana masih bisa lah diambil dari sini. Untuk holiday budget kita diambil dari bonus taunan kantor okky yang biasanya dapet 2x dalam setaun. sebenernya 3x sih kl diitung THR, tp biasanya bonus THR cpt menguapnya hehe. Jadi gue ambil dari 2x bonus aja.

Berhubung bonus dari kantor okky ga jelas angka nya karena tergantung sales perfomance nya kan. jadi Selain dari bonus taunan itu, gue berinisiatif mencari cara lain spy bisa nambahin holiday budget nya. Berhubung gue kan FTM ya..paling uang tambahan nya ya dari hsl nabung/investasi.

Option nya kita bisa pake TRM yang resiko nya kecil bgt, tp bunga nya jg kecil. Beda 0,5% dari bunga normal (kurleb 4,5%). Bunga nya fix, jd uang kita ga akan berkurang. Pasti untung biarpun ga seberapa. Misal nih, gue nabung di TRM dgn amount 200rb/bln. Setidaknya dalam 1thn at least pas cair gue punya 2,4jt (ini gue itung kasar males buka excel ngitung2).

ehh uang segitu bisa buat tiket ke phuket PP loh. Iti beli tiket ke phuket kmrn 1,8jt totalnya (2adults + 1 infant). Pake Air Asia beli nya 6 bln sebelumnya. Nah kl kyk gini budget yg dari bonus taunan bisa dipake buat cover yang lain deh kyk akomodaasi dll. Sekarang kan udah enak ke luar negri ga pake fiskal. dulu berasa maless bgt bayar per orang 1jt. Gue sempet nyobain itu TRM, dan return nya cm belasan ribu dalam setaun *ini si emang gue nyicil nya jg dikit hehe*.

Masalahnya gue dan okky sama2 risk taker, jadi ntuk liburan taun depan gue nekat pake RD saham installment di Mandiri dengan harapan kondisi market bagus dan return nya bisa tinggi :p Beda ama TRM yg kita bs tau kira2 nanti dapet berapa pas cair, RDS ga bisa diprediksi. Kalo kondisi market lg bagus, dalam 1thn mungkin aja dapet return 50%. tapi kl lagi jelek bisa2 malah minus 50%. Yang ada narok duit 1jt bisa sisa 450rb *beneran ini pengalaman pribadi*

Okeh gue emang nekat tujuan cm 1 thn masuk ke RDS *mohon jangan ditiru*.

hmm pikiran gue sih gini, ini kan budget tambahan (selain bonus taunan okky itu). Toh kl misalkan RDS anjlok dan kita merugi, kemungkinan terburuknya paling gue menurunkan target liburan. Misalnya yang tadinya bisa ke Singapore, mungkin budget nya jadi cukup utk ke Jogja aja. Syukur2 kalo RDS naik nya banyak, yg tadinya budget ke Bali bisa ke Hongkong *yak tampak jauh bedanya dan ga mungkin hahaha*.

Catet ya gue nekat begini cm untuk pos2 kebutuhan non-primer alias yg ga penting2 amat. Kl utk pos2 primer terutama dana pendidikan ga mungkin gue berani. Gue pasti ngikutin saran2 para financial planner itu. Biarpun ada lahh adjustment (baca: bandel) nya dikit2 hihi.

Holiday budget ini harusnya udah meng cover tiket, hotel, transportasi, makan, dan tiket masuk tempat2 wisata. Jadi dari awal udah di rencanakan kira2 mau kemana aja dan butuh uang berapa. Beruntung bgt skrg technology amat canggih. Semua info bs di googling. Kl pun ga ada website resmi, banyak info bertebaran di blog orang. Bisa aja kalo kita mau ngitung2 semua nya, dari mulai tiket masuk ke tempat wisata, harga transport disana, makan dll.

Kl males ngitung sendiri, coba aja main ke travel agent. Liat2 paket tour nya, biasanya itu udah mencakup semua. bahkan enak nya lagi biasanya di brosur nya udah ada itenary selama disana kemana aja. Bisa nyontek deh :p

Ideal nya juga nih pas liburan kita ga ngutang ama Credit Card. Jangan sampe maksa liburan ke luar negri tau2 pas pulang tagihan Credit Card menggunung. Tapi memang ga boong si Credit Card pasti di butuhin banget buat liburan, yaa setidaknya buat jaga2 aja sih. Biasanya kl gue pake Credit Card itu buat bayar hotel. Mayan dapet point. Eitss tapi tetepp langsung dibayar dong. Ga pake ngutang :)

Kalo ada target tempat liburan tp budget blm cukup, gue prefer skip liburan taun ini dan dikumpulin uangnya utk ke tempat itu di taun berikutnya. Susahnya target gue adalah ke Melbourne, pgn nostalgia masa2 kuliah. Pgn kasih liat ke azka tempat gue kuliah dulu. emang bapaknya doang yg bangga ama kampusnya dan setiap ke bandung ribut mau ke ITB. Aku kan juga inginnnnn..sangaaattt!!

Masalahhnyaa nih yaa tiket ke Melbourne itu amat sangat mahal (buat gue). Bayangin last time i checked SQ sekitar 6-7jt per person. Garuda 6jt an. Air Asia pun promo stlh tax dll bs 3jt an per person. Itu pun dari KL. Lah Jkt-Kl piye? Mau semurah2 nya tiket pesawat kek, utk akomodasi dll pun cukup mencengangkan harganya.

Kl gue itung2 gue mesti skip liburan beberapa taun ke depan buat ngumpulin uang kesana. Haaa?skip 1 thn utk ga liburan still fine, tp kl ampe bertaun2 skip gue nya gatell deh pasti. Ga kuat huhu Jadi kyknya untuk target yg 1 itu entah kapan tercapainya. Unless bokap gue berbaik hati bayarin taun depan pas nganterin adek gue kuliah di aussie. Udah sounding minta ikut bokap gue mesem2. Biasanya kl gitu 80% ditolak hiks

ehem eheem..ngomong2 udah liat index? Wakkwaawww yukk marii pura2 ga liattt..Okky cm cengar cengir aja hihi. Yakk ke Bali aja deh taun depan kalo begini huhu

6 komentar:

  1. *pura-pura gak liat indeks, bodo amat soalnya gw cuma punya RDS untuk longterm investment,xixixi*

    klo gitu, budget liburan yang pake RDSnya dialihin buat dana pensiun aja dhit, mayaan beli murah...

    "trus dana liburannya pake apa?" *ada bunyi gw dijitak*

    BalasHapus
  2. Eh aku disebut-sebut.. hehe..

    Holiday budget ya.. buat gue yang terpenting adalah how to stick with the budget *mesem-mesem*
    KARENAAA itu tawaran kursi gratis dari si AA bisa menguapkan angka budget. Misal target 1jt/person, gara2 liat ko angkanya dapet rendah dari tgl lain, trus ko susah bgt aksesnya, jgn2 angka segini udah untung.. eeehh jadi melebihi bajet.

    *maap jadi curcol*

    soal indeks, aku turut berduka cita.. yaudah RDSnya dialihkan jadi dana pensiun aja.. hihihi.. Yah dit, gue liat skrg ke Bali ko lebih mahal ya drpd ke KL.. apa gue yang ga gaul.. huhu (-_-')

    BalasHapus
  3. meta,
    iya biarin deh itu RDS nya..sambil berharap 3bln ke dpn kondisi membaik..
    palingan budget liburanya, gue cm mengandalkan bonus taunan okky aja. Jadi ga bisa jauh2 liburan nya huhu. Kann kita mau ke Bali rame2 katanya bukan? ;)

    iti,
    mana gratis nya manaaa??ahh aku tampak bukan discount person. soalnya ga pernah dapet yg murah hiks

    Emang Bali lbh mahal ti, tp gue prefer Bali daripada KL. selain cinta indonesia, lbh byk yg diliat buat azka. Ada taman safari, pantai, waterboom, dll.

    BalasHapus
  4. hmmm, kemana pun dirimu pergi. jangan lupa oleh2 duuuuuuunk, hihihi..

    BalasHapus
  5. lia,
    boleh2, makanya bantu doain ya rejeki nya lancarrr
    biar bisa liburan terus :p

    BalasHapus
  6. aduhhh pengen dech liburan bareng ma kluarga, tapi pasti masih mikir2 kalo semua orang ikut berapa bugdetnya ya qiqiqiqi....
    Semoga bisa berhemat dan rajin menabung dech biar bisa kayak mbak dhita :) thx infonya

    BalasHapus