Jumat, 14 Mei 2010

Hongkong Trip 4 - End of Holiday

Hadehh ga kelar2 ya cerita bersambung liburan azka haha. Soalnya bener deh Hongkong itu banyak bgt tempat yg bs dikunjungi :p Ditambah kl mau bs nyebrang ke Macau atau ke Shenzen pulang pergi dalam 1 hari. Asli kyknya mesti 1 minggu baru puas. Tp kantong bolongnya kayak apa tuh ya hihi

Day 4 - Kowloon, Tsim Tsat Shui, Harbour City (again..)

Hari ini keluarga gue rencananya ke Shenzen. Gue males ah ke Shenzen (walopun belum pernah sih). jadi gue okky dan azka jalan2 sendiri deh. dan gue request ke Harbour city lagi..orang kemaren blm puas shopping :p Mau ke H&M sama ke Uniqlo lagi. Krn pas dicobain kmrn jegging nya enakk. mau beli lagii huhu.
Untung azka blm bs minta mau kemana, jadi emak nya masih bebas nentuin :p

Di Tsim Tsat Shui selain ada harbour city mall, sebenernya banyak yg jual elektronik dgn harga miring. Tp gue udah diwanti2 ama bokap dan okky jgn beli di pinggir jalan itu. Soalnya suka ketipu. Mending beli di toko resmi atau yg di mall. Di harbour city ada toko elektronik gede namanya Fortress ama 1 lagi gue lupa. Disitu terjamin garansi nya. Tp gue ceki2 harganya sih sama2 aja ama di Jakarta. Beda paling 100-200rb. Kl bedanya segitu gue prefer beli di Jakarta aja.

Oya, mall gedaa sini dinamain Harbour City karena emang letak nya di tepi pelabuhan Jadi kl kita ke luar pemandangan nya laut :) Gini pemandangan di luar mall nya

Pas gue lagi asik shopping2, tiba2 bokap gue sms, ternyata oh ternyata visa nya di tolak dong.

jreng jrengg...

Alesannya krn paspor adek+bokap gue ada sobeknya dikit. Kebingungan lah bokap gue. Krn org2 itu pada ga bisa bahasa inggris. Akhirnya batal ke shenzen *fiuhh untung gue ga ikut*. mereka mutusin buat shopping di Ladies Market Mongkok aja. gue males ke Mongkok krn last time i went there, barang2nya sama kyk mangdu. Lagian tampak ribet bawa2 stroller. Jadi gue stay di Harbour City ampe sore. yess sampe sore! Betah yee guee :p

Sorenya kita janjian ketemuan ama keluarga gue di Avenue Of the Star buat liat Symphony of Light. jadi tiap malem, gedung2 di Hongkong island yg ngadep ke laut itu nyalain lampu. Kita liat dari sebrang pulau, spot paling oke di avenue of the star itu. Keren bgt pemandangannya. Warna warni lampu ada yg mantul ke air, ada yg gerak2. Buat foto2 si keren abis memaang. eheem krn ga bawa camera oke, jadi ya hasil foto kita seadanya dehh huhu

Untuk jalan pulang ke hotel di Hongkong Island, kali ini kita nyobain naik ferry. Wiihh serruu loh ternyata haha. Tadinya nihh mau ngintip mall yg deket pelabuhan ferry di Central, namanya IFC. Tapi apa daya badan smua udah pada rontok. Jalan aja udah susah (beneran loh!). Jadi kita mutusin utk balik aja lah ke hotel. Buat packing2 krn bsk siang kan udah mesti balik ke Indo.

Huaahh sepanjang perjalanan balik ke hotel, terbayang baju2 yg berantakan mesti disusun, mesti nyuci2 botol azka juga. Rasanya malesss bgt pgn langsung tidur huhu

Day 5 - Siap2 Pulangg ke Jakarta

Ga kerasa bgt ya udah mesti pulang ke Jakarta..gue seneng nya kl travelling tanpa tour gini kita bisa ngatur jadwal sendiri. Kadang2 kl pake tour nyampe tujuan malem, pulang nya pagi. Gue ga suka pulang terlalu pagi karena biasanya kan badan remuk redam abis jalan2, takut ga kebangun dan ketinggalan pesawat. Kl pergi nya pesawat pagi gpp. Pasti bangun krn excited mau liburan hahaha *curang*

Utk ke Airport kita booking shuttle bus dari hotel. Jauhh lbh murah daripada naik taxi gede. Di airport dong si Okky ribut ajee ngasi tau tempat dia ketemu dan foto ama Del Piero. ohh yess gue udah 3.011.834 kali mendengar cerita kebanggaan itu. Ga percaya ya Okky pernah ketemu Del Piero, gue pun tidak percaya sebelum melihat ini hehe

Seru deh pas mau pulang ini hehe. Karena kedodolan gue yg santai liat2 kosmetik ampe lupa waktu. lupa kl gate nya jauh dan mesti pindah terminal naik train *tepok jidat* Astagaa lari2an lah kita semua..Begitu nyampe terminal udah byk petugas yg nyamperin. lsg nanya boarding pass dan paspor, trus salah 1 dari mereka langsung lari ke gate buat process boarding pass dan segala macem.

Emak gue lagi lama pake acara kebelet pipis, hadehh..kita dikawal depan belakang sampe harus lari2 ke gate. Nyampe gate eng ing eng emang udah kosong. Pas masuk pesawat smua orang udah duduk manis. Tinggal nunggu kita. Oh belum selesai..Okky msh nyangkut di terminal lain krn mau beliin titipan ibunya.

Astaghfirullah bnr2 deh bikin jantungan. Soalnya pintu pesawat yg bawah udah ditutup. Gue ampe stress. Tiba2 okky dateng dari arah belakang. Ternyata krn pintu bawah ditutup, okky mesti naik dari pintu masuk yg di upper deck, nyusurin upper deck atas dari ujung ke ujung, baru turun lagi ke bawah hihi. Kesiaann deh. eh tapi dia bisa liat penampakan bisnis class, dan ternyata diatas ada economy class jg. Kok pas milih seat online ga bs milih diatas ya? huhu pgn tau gmn rasanya sih duduk di upper deck gitu *norak.com*

Oh well, perjalanan Hongkong-singapore dan Singapore-Jakarta alhamdulillah lancar. Azka agak sedikit cranky pas take off dan landing krn ga mau pake infant seatbelt. Kl gue buka dia diem, dipasang lagi nangis lagi. Paling parah pas landing di Jakarta, ampe disamperin ama pramugari nya, gue minta dikekep aja daripada nangis, langsung ditolak!! Gue pikir demi kenyamanan penumpang lain kan. Dia maksa azka harus pk seatbelt "its safety procedure mam". Top Banget yah kalo soal safety di SQ :)

Dia pegangin deh tuh kaki azka sambil azka jejeritan :'( Pasrah lah gue sih diliatin orang. Ada 1 bule melototin gue mulu. hellooo!! gue jg ga bs ngapa2in gitu loh dengan seat belt terpasang. Gue udah coba segala cara, udah goyang2in kaki gue kayak diayun gitu yang biasanya azka seneng, eh azka ttp ga mau diem :'(

Nyampe Jakarta udah jam 10.30 malem. Capeeenyaa..

tapii hepi bgt krn liburan kali ini amat seru dan menyenangkan. We had so much funn..Terima Kasih Ya Allah :) pas nyampe jakarta jg hepi krn bisa twitter an lagi (loh?) hihi

Sedikit tips untuk bawa anak travelling ke Hongkong;

- HAVE FUN!!
ga usah mikir macem2..ga usah mikir ribet/ga, tidurnya gmn, takut rewel, takut kecapean nanti sakit bla bla blaa..gue percaya anak kita ngerti kok. Kl kita hepi dia pasti hepi. and believe me ga sesulit yg kita takutin kok bawa anak travelling :)

- Plan your trip
Krn kita bawa anak, usahakan semuanya organized. Survey, survey, survey dari Indo. Skrg kan technology udah canggih, gue ampe liat situasi sekitar hotel pake google earth. Hongkong banyak yg bisa dikunjungi, survey dl aja yg mana yg paling worth it utk dikunjungi. Buat anak2 selain Disneyland ada jg Ocean Park. Gue ga sempet kesini kemaren. tp katanya lbh bagus daripada Disneyland.

- Cari hotel yg bs dapetin corporate rate
Kebanyakan company pasti ada nih corporate rate di hotel2 tertentu. Okky lupa dong ngecek..baru di cek kemaren dann langsung mewek krn rate nya jauhh lbh dibanding dgn online booking.

- Ask for free baby equipment
most hotels nyediain baby crib dan high chair for free. Mayan kan ga usah bawa booster seat.

- Bawa baby carrier yg nyaman dan stroller
gue ga punya carrier, jadi kmrn ga bawa. Tp sbnr nya butuh bgt lohh..soalnya Hongkong itu ga baby friendly banget. Kl cm bawa stroller (kaya gue), turun naik MTR ribet bgt. Kadang2 ga ada escalator, ada nya cm tangga biasa. Untung gue rame2, bisa bantu angkat2 stroller dan gantian gendong2 azka. Stroller nya pun mending yg kecil dan ringan.

- Pertimbangkan waktu liburan
Biasanya harga hotel dan tiket pesawat melambung pas high season. Jadi cari waktu yg tepat. Kecuali udah punya anak yg sekolah ya..apa boleh buat hehe. Rajin2 browsing tiket promo deh. Bisa mayan hemat tuh. Atau kl bisa pergi dan pulangnya jgn pas wiken, harga tiket pesawat jg bisa lbh mahal kl wiken. Gue kemaren pergi hari Kamis-Senen hehe.

- Liat2 keadaan cuaca negara tujuan
Ini mayan penting sih, terutama negara 4 musim. Mesti kita cek cuaca nya lagi gimana. Kl terlalu dingin ga enak, terlalu panas jg ga enak. Utk Hongkong, kemaren pas gue pergi lagi enak banget cuacanya. Ga panas dan ga dingin. PAS! :)

- Bawa Makanan
Di Hongkong cari makanan halal susahh..krn bawa anak, mungkin perlu dipertimbangkan bawa makanan dari indo kyk kering tempe, abon, dll yg mayan tahan lama. Takutnya bosen kl makan McD atau KFC terus hehe. - Visa Utk Hongkong memang ga pake visa. tapi khusus utk yg mau main2 ke Shenzen dari Hongkong, lebih baik apply Visa dari Indo. Daripada riskan sampe sana apply visa on arrival ditolak. Rugi waktu kann Yukk marii kita nabung utk liburan selanjutnyaa hihi..