Rabu, 18 Agustus 2010

Travelling With Low Cost Airlines

Dengan banyak nya tiket2 promo dari berbagai airlines akhir2 ini. Pasti banyak dong yg tergoda buat liburan, Termasuk gue hehe. Mayan kan kl dapet tiket murah biarpun masih taun depan liburan nya. Tapi jadi lbh hemat pastinya.

Gue mau cerita dikit tentang pengalaman gue. Eh tapi gue bukan nya mau complain atau gmn ya..sadar diri lah gue. namanya jg low cost airline, kita bayar tiket murah, masak mau dapet fasilitas dan service kyk naik airlines macam SQ hehe

Gue cm pengen share aja..kali2 ada yg butuh info :)

Kemaren gue ke Phuket naik low cost airlines berlogo merah (diajarin ama arien nih nulis nya begini :p)

Sempet bermasalah ama seat number. Gue ga tau ya apakah ini sistem baru atau udah lama. Karena jujur gue jarang naik airline ini (Jarang liburan si sebenernya hehe). Terakhir gue naik maskapai ini taun lalu ke Singapore. Tapii waktu itu gue udah beli kursi dari awal. Jadi ya ga ada masalah apa2.

Jadi gini cerita nya,
Awalnya kan gue emang berencana pergi berdua aja ama okky. Jadi kita sengaja GA BELI kursi. Karena as far as i remember, kursinya udah ga rebutan lagi. udah dapet nomer kursi masing2 di boarding pass. Kl jaman dulu kan kita mesti dulu2 an tuh, lari2an nyari kursi. Sekarang krn udah pasti dapet nomer kursi, jadi kita pikir ga mslh deh duduk dmn aja.

Ternyata kan azka kita ajak akhirnya. Dann salah nya kita KELUPAAN deh tuh beli kursi. Ingetnya pas H-1. Kita langsung buka web nya dengan niat mau beli kursi. Ternyata udah GA BISA. di situ udah keliatan seat number kita. Dann kita duduknya MISAH donggg.

Karena bingung, okky mau nelp CS nya. Tapi emang CS airline ini susah bgt ditelp. Dari kmrn2 nelp nunggu 1/2 jam ga pernah diangkat. Ya udah lah kita pikir tanya di counter staff aja besok pas check in.
Di airport, pas check in ya kita tanya dong ama counter staff nya. Kira2 gini pembicaraan nya

Kita: Mas kok aneh ya, seat kita kemaren saya cek udah ada nomer nya, tapi misah. kita mau beli seat tapi udah ga bisa"

Counter Staff: "ohh emang gitu pak, skrg seat nya diatur random ama computer. Beli kursi harus min H-2. Ini bapak mending misah tp deketan. Banyak yg kepisah nya jauh, 1 di depan nanti temen2nya di belakang"

Kita: "Ya udah bisa diganti ga mas kita sebelahan. Soalnya bawa infant ni takut ribet"

CS: "Ga bisa pak"

Kita: " kalo kita mau beli seat skrg bisa?"

CS: "Ga bisa jg pak, beli seat hrs online"

Huaaaa mau mewekkk T_T

Biasanya kan di airlines lain setau gue kl kt check in, counter staff nya ya yg nentuin seat nya. Kadang kita ditanya "mau window/aisle?" Mereka yg ngatur2 seat nya. Gue aja pernah pas naik Lufthansa CS nya lg celeng kali, gue blg minta di depan krn mabok udara (padahal boong), trus diksh bisnis class. Cm Singapore-Jakarta sih, mayan lah sekali2 di upgrade free biarpun short flight hihi.

Nah kl airline ini gak begitu sistem nya. Counter staff CUMA bisa nge print boarding pass dan loading bagasi. Utk penomeran kursi udah diatur random oleh computer H-2. Makanya udah ga bisa beli lagi di airport. Jadi nih buat yg ga beli kursi, pada H-2 udah bisa liat di web mrk dapet nomer berapa. And  it is FINAL.!!Ga bisa diutak atik lagi.

Sepertinya nihh..emang airline ini mau upgrade sistem nya jadi semua online. Dari beli tiket, kursi  sampe ke check in dilakukan ONLINE. Eh tapi bagasi bisa beli deng di airport tp dengan harga lbh mahal.

Soalnya nih, kemaren pas kita antri, ada staff yg mengarah kan kita untuk nyoba online check in dulu. Mereka nyiapin 1 comp dan 1 staff di blakang antrian utk bantu kita guide through the process. Cm pas liat kita bawa infant dia langsung blg "oh kl bawa infant ga bs deng..hrs antri pak" ga ngerti deh bedanya apa hehe

Kyknya sistem nya masih trial and error deh. Soalnya kadang ada yg bisa keluar boarding pass nya, ada yg gagal dan hrs antri juga. Jadi dia nyaranin kl pergi b2 atau lbh, 1 orang ttp antri, lain nya nyoba online check in. Biar kl gagal ga antri dari paling belakang.

Idenya bagus bgt sih emang. Bisa mempersingkat waktu kita di airport.. Bingungnya masa ga ada pengecualian si buat yg bawa infant. Gue cm minta duduk dimana aja asal sebelahan. Kali aja ada yg kosong di belakang. And im willing to pay loh. Masa ga bisa bayar di airport., sementara bagasi kan bisa bayar di airport.

Tadinya gue pikir oke lah mungkin full semua kursi nya. 
Ternyata oh ternyata ya hot seat di depan itu semua nya kosong. Row 1-5 bener2 kosong melompong ga ada orang. Masa si ga ada cara gmn kek spy kita bs beli itu? *mewek* lain cerita kl full smua ya seat nya

Untungnya yg duduk di sebelah gue bule. gue minta tolong aja tukeran ama Okky, Untung dia mau dengan senang hati *fiuhh*

One more thing, infant seat belt GA DIKASIH. Waktu gue ke singapore taun lalu. Gue mesti minta ama pramugari nya. Dannn seblm pesawat berenti dia udah nyamperin trus minta balik. Ya gue protes dong. gue blg "pesawatnya blm berenti, kl udah bnr2 berenti nanti saya balikin"

La wong selalu ada announcement kan pas landing utk tetep mengenakan sabuk pengaman sampai pesawat benar2 berhenti. Masa yg infant diminta duluan *bingung*

Kmrn saking gue ribet ama azka, kelupaan minta. keinget pas udah terbang kok berasa ada yg kurang ya. hadehhh baru sadar seatbelt azka ga ada *tepok jidat*

Memang sistem pilihan beli kursi dan bagasi menguntungkan kita juga sebagai customer. jadi kan kita bisa beli sesuai kebutuhan. Bisa irit di beberapa tempat.

Untung kejadian ini kmrn pas azka dibawah 2 thn dimana dia masih dipangku gue. Kl pun si bule kmrn ga mau tukeran masih gpp. Yang perlu diingat, anak diatas umur 2thn udah dianggap adult di maskapai ini. Nah kl bawa anak yg 25bln trus kelupaan beli kursi kyk gue kmrn, kebayang ga kita mesti pisah kursi ama anak kita? kl gue bisa mewek di airport *lebay*

Harus diakui ada nya tiket2 murah dari airline ini emang membuat kesempatan liburan kita lbh besar. Tapi (menurut pengalaman gue) ada bbrp hal yg mesti diperhatikan spy perjalanan kita nyaman :)

- Karena kita biasa booking jauh-jauh hari. Malah terkadang dari taun sebelumnya, perhatikan UMUR anak. yg diitung umur anak KETIKA berangkat, bukan ketika booking. Nah masalah nya kadang kl lagi promo nih, tiket adult nya jadi lbh murah drpd infant. In this case sbnr nya lbh enak kl kita beliin tiket adult aja krn bisa dapet 1 kursi extra. tapi  ga tau boleh ga ya "nyatut" umur gitu? IMO si mending pake umur anak yg bener aja kali yaa

- BELI KURSI dari awal. Jadi udah pasti sebelahan. Murah kok kursinya, ada yg cm 15rb apa 25rb gitu. tp utk pulang dr Phuket gue beli hotseat utk duduk paling depan, agak mahal 75rb/org. Dengan pertimbangan biar space buat azka lbh lega aja sih

- BELI BAGASI min 20kg. Gue udah berusaha seminim mungkin bawaan nya kmrn. tp kan gue mesti bawa UHT + sufor. Mungkin itu yg bikin berat. kmrn gue beli 25kg PP. Pergi nya lolos, pulang nya kelebihan krn beli oleh2 hehe. Kl bawa baby kurang dari 6bln bisa minim bgt kali ya bagasi nya.

- JANGAN LUPA minta infant seatbelt. ini penting bgt..yaa in case ngerem nya terlalu kenceng apa gimana. kan serem aja kl kelepas dari tangan kita (hiiii ngebayangin nya aja udah serem)

This is actually note for my self juga..spy lbh rapih kalo liburan lagi. Biar ga ada yg kelupaan kyk kemaren :) Maklum lahh kemaren masih nervous pergi cuma bertiga aja hihi..

4 komentar:

  1. iya klo airline merah ini di airport KL juga udah diberlakukan self check in, lebih cepet emang, ga nyampe 2 menit, dan alatnya ada banyak wkt di sana..tapi berhub gue bawa Nara waktu itu jadi gue tetep mesti ngantri hehe..:-P

    BalasHapus
  2. iya knp ya kl bawa infant ga bisa? apanya yg beda? gue bingung hehe..

    disini kyknya baru yah (or lama? tp gue ga tau?). dan alatnya cm 1 kmrn.

    BalasHapus
  3. nama saya disebut...hihihihih....mudah2an dengan dirimu bikin postingan ini...orang lain yg baca jd aware ya dhit sama ketentuan2 ribetnya si airline merah...:)

    BalasHapus
  4. Hihi Blg bokap dong rien airline biru nya skali2 promo free seat :p dgn ketentuan yg ga ribet *plaaakkk*

    BalasHapus