Selasa, 27 Maret 2012

Long weekend Getaway - Bangka (part 2)

Hari ke 2 di Bangka ini kita mau nostalgia ke kampung bokap di Toboali. Kira2 120km dari ibukota Pangkal Pinang. Biar azka tau rumah nenek buyut nya :))


Kita berangkat pagi sekitar jam 8.30. Tadinya gue sempet ga mau ikut..puyeng kalo azka rewel kayak kemaren. secara perjalanan ke Toboali cukup jauh. Di mobil ga ada hiburan radio, TV, atau ipad (karena gue lg rehab gadget untuk azka). Kita pengen berenang di hotel aja. Eh ternyata kolam nya renovasi sampe bulan depan. Yah mau ga mau ikut deh ke Toboali..


Untung nya kita beda mobil sama bokap gue, karena ada kakak2nya bokap yang ikutan nebeng mau ke Toboali juga. Soalnya kalo 1 mobil, pasti sepanjang perjalanan nih..bapak gue cerita masa kecil nya..ZZZzzzz.
Bukan apa2 bok..udah khatam word by word cerita bapak gue itu. udah ratusan kali denger hahaha.

One day gue akan tulis di blog deh cerita nya..mungkin nanti pas moment bokap gue ultah :)) 
Udah gue ceritain si di twitter dikit, kalo kata guru sekolah nya azka ceritanya kayak sinetron :p


Ga enak nya kalo di ke luar kota di bangka ini garing banget pemandangan nya..kalo ga pantai, hutan, kolong (bekas tambang) timah. 


Ngomong2 soal kolong timah, kalo liat dari atas pesawat pas kita mau landing atau take off mengenaskan deh. Sebagian besar tanah bangka bolong2 gitu bekas tambang.

www.inidhita.com


itu bukan danau loh..itu kolong2 bekas tambang timah


Memang kata bokap 80% tanah bangka ini mengandung timah. makanya banyak di belakang2 rumah penduduk aja ada tambang2 kecil yang ilegal. Menurut bokap gue, PT. timah hanya ngambil timah dalam skala besar. Kalo kayak di belakang rumah gitu ada timah tapi kan skala kecil. paling cuma 10kg sehari. kalo untuk ukuran perusahaan, yang kecil2 gitu kan kurang menguntungkan. Lebih besar biaya operasional nya dibanding hasil.


Tapi banyak warga yang nambang dikit2 terus dijual ke "penadah" yang nanti dikumpulin untuk dijual lagi ke buyer. Biasanya "penadah" itu jual ke luar dengan harga lebih rendah dari harga resmi PT. Timah. Nah yang kayak gini yang bikin perusahaan merugi.  


Dan untuk menertibkan tambang2 ilegal itu susah banget. Pernah diajak kerjasama ama PT. Timah untuk jual timah nya ke perusahaan aja. Tapi kayaknya iming2 dan janji2 surga "penadah" lebih manis dibanding tawaran kerjasama secara resmi oleh PT. Timah.


masalahnya kan bekas2 tambang itu merusak alam banget ga sih? abis ditambang, ya ditinggalin gitu aja biasanya.


Banyak lah cerita heboh dibalik cerita tambang ilegal ini. Sampe pernah loh nyokap gue ketakutan karena denger gosip bokap gue mau diculik..hiiii serem!!


Eniweii..ngalor ngidul amat ya hihi


Tujuan utama kita ke Toboali emang untuk nengok rumah nenek dulu. Rumah ini tetep dipertahankan sama anak2 nya karena banyak banget kenangan dari sana. Daripada didiemin gitu aja, akhirnya seluruh anak2 nya patungan untuk jadiin rumah ini semacam "yayasan muslim". Di situ bisa belajar agama (TPA), bisa jadi tempat berteduh juga, terutama untuk anak2 yatim dan janda2 kurang mampu.


Yah itung2 ngebantu sesama dan menabung untuk hari tua ya..soalnya di toboali ini hampir semua juga sodara sih. everyone knows everyone.

www.inidhita.com



As i said before di Bangka ini emang pantai dimana2. Sampe di belakang rumah aja bisa langsung pantai. yang seneng tentu saja azka hihi. 


www.inidhita.com



www.inidhita.com


Coba ya di Bangka ini dibikin resort2 gitu. Dirapihin, dibersihin, dan dibangun fasilitas2 keren. Rasanya pasti cantik banget deh.  Tapi kata bokap gue disini kurang daya tarik kayak bali. Di bali banyak acara2 adat yang bisa menarik turis. Hmm bener juga sih..

www.inidhita.com


Abis nengok rumah nenek dan ketemu sodara2, kita sempet2in mampir ke rumah penuh kenangan bokap gue dong :p  Bukan rumah sapa2 sih, kita juga ga pernah tinggal disitu. Ini rumah pejabat PT. Timah jaman bokap gue SD. sekarang kayaknya udah kosong..

 

www.inidhita.com


Ga kerasa ternyata udah siang dan semua pada kelaperan. Jadi kita makan siang di warung pinggir jalan. justru yang kayak gini yang rasanya mantep. masih rasa asli hihi. Tapi harus tau dulu sih mana yang enak. ini kita milih karena yang masak temen nya kakak bokap. jadi cingcai lah, dimasakin sesuai request kita.


www.inidhita.com


Makanan nya mostly seafood. duh gue liat okky bolak balik gotong kepiting utuh, cumi, udang gitu ngeri sendiri..ngeri kolestrol ga sih? huhu mana disini masaknya kepiting ya bentuk kepiting ga dipotong2 (-_-")

www.inidhita.com


Kita balik ke Pangkal Pinang skitar jam 2.30. dan di mobil semua pada ngantuk karena kekenyangan hahaha.


Sampe Pangkal Pinang, gue pengen makan es kacang Theresia. Buset masih cukup perutnya?errrrr..gitu deh kalo di Bangka perut gue kerja keras banget *ngemilin dulcolax*


Kalo di bangka sini penampakan makanan nya emang kurang menarik. tapi rasanya jangan ditanya deh hihi.


Tadinya kita mau balik ke hotel abis dari es kacang itu. tapi nyokap gue bilang di Alun-Alun ada playground buat anak2. jadilah kita mampir kesana dulu. Pengen tau kan playground di kampung kayak apa :p

www.inidhita.com


www.inidhita.com



Helloh..ya jangan dibandingin sama Miniapolis atau Giggles lah yaa hihi


Nasib emak2 kalo pergi bareng atok dan eyang kalo azka rewel minta mainan..sementara gue udah larang "udah ga usah deh ka..mainan nya ga bagus itu. lagian udah banyak di rumah"

emang bener mainan nya yang abang2 gitu, biasanya 1 jam rusak, gue malas jadi sampah di rumah. 
eh atok nya TETEP BELIIN *jambak2 rambut*

jadilah azka bilang "bubu kenapa sih marah2..bilang ga bagus itu ga bagus, padahal sama atok boleh" kan kan gue jadi tokoh antagonis yee kalo scene nya 1 frame bareng atok *sigh*


Tapi bener kannn..beli mainan yang lampu yang nyala2 itu sampe mobil (which is baru 5min umurnya) lampu nya loncat..copot! Grrrr..cape deee


Malem nya kita ga kemana2..udah pada cape jadi santai2 di hotel aja. Tadinya mau makan pesen di kamar aja, eh pas nelp restoran katanya malem minggu itu di parkiran Novotel ada event makan lesehan. jadi disaranin kesana buat seru2an. Ya sudahlah kita turun lagi ke parkiran. Makanan nya si makanan sunda. rasanya biasa aja malah ga enak deh. Yang penting azka makan deh :)


Udah deh abis itu kita istirahat, soalnya besok pagi2 sekali kita mau main ke pantai (lagi)  

8 komentar:

  1. Aka kamu manis banget di baju garis2 ijo putih <3

    BalasHapus
  2. Meta
    Makasi banget ya tante meta *kecup basah*

    BalasHapus
  3. Memang yah, BUMN tuh dilema banget. Di satu sisi sering dihujat masyarakat karena kinerjanya merugi, tapi di sisi lain masyarakat sendiri gak sadar kalo merugi-nya itu salah satunya disebabkan juga oleh tingkah masyarakat :(

    Btw, pantai di belakang rumahnya cantik juga yah. Bangka emang surga buat para pencinta pantai :D

    BalasHapus
  4. allisa
    ember..apalagi ngeliat banyak yang kaya mendadak gara2 mendulang timah, padahal ilegal. jadi masyarakat makin menjamur deh tambang timah ilegal itu.

    pantai di belakang rumah itu blm terjamah orang deh kayaknya. sepiii banget. walo agak kotor memang banyak sampah. buat anak2 main layangan pasti seru deh hihi

    BalasHapus
  5. Aku kirain di Bangka cuma karena kerjaan bokap aja ternyata asli orang bangka ya dhit!
    Btw ada martabak manis yang enak gak di Bangka? Disini kayanya klo ada martabak manis enak selalu tulisannya dari bangka hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dhira
      Wihh udah blogwalking baru lahiran :))

      Iya bokap gw asli bangka dhir hihi. Itu dia aneh nya di bangka, martabak ity bkn makanan khas kyk empek2/otak2 gt loh.
      Bingung knp disebutnya martabak bangka ya hehe

      Ada sih yg enak, tp ga banyak jg

      Hapus
  6. Di usia gw yang menjelang 22 tahun ini, gw baru sekali, Book, ke Toboali. Nemenin bokap mancing. Ebuset jauh aje ya. Daaan di sono ngetop banget nanasnya.
    Eh mana binjai gw . Manah ? *nodong*

    BalasHapus
  7. indah
    binjai apaann?? *orang bangka KW*
    sebenernya ga jauh2 amat sih, jaraknya sama kayak ke bandung.

    cuma sepanjang jalan garing ye. ga ada rest area macam cipularang gitu

    BalasHapus