Selasa, 06 Maret 2012

Reti's Wedding Day

Di keluarga besar nyokap, gue adalah orang pertama yang nikah. Setelah 3,5thn belum ada yang mengikuti jejak gue, akhirnya kemaren sepupu gue nikah. woohoooo...


Beda dengan gue yang dulu nikah full jawa, kalo gue kan ada adek cewe 2 orang. jadi kalo mereka nikah nanti adatnya bisa gantian pake adat bangka (daerah asal bokap gue). Sepupu gue ini anak cewek 1-1 nya. jadi acara nya digabung antara adat padang (daerah asal bokapnya) dan jawa.


Rentetan acara dimulai dari Kamis siang, wihhh rumah tante gue kayak rumah gadang deh, semua dinding ditutup kain padang gitu warna/i. heboh benerr hihi. gonjreng tapi bagus kok :)

seperti biasa acara dimulai dengan pengajian yang mengharu biru karena di pengajian ini acara tangis menangis antara orang tua dan anak. Bokap nya aja nangis, karena anak cewek 1-1 nya pasti paling disayang.


Malem nya dilanjutkan dengan malam bainai (midodareni nya di tiadakan). dan gue pun kebagian tugas jadi pengiring penganten dengan segala baju adat padang dan hiasan kepala yang bling bling.

Lucu juga ya mencampur 2 adat gini, kita yang biasanya kawinan jawa jadi tau adat padang. apa artinya malam bainai dan ngapain aja pas malam itu.

Ternyata (seharusnya) si CPW nginep di rumah tante2 nya untuk dikasih wejangan persiapan nikah. Pas malam bainai itu CPW dianterin pulang ke rumah ortu nya dengan semua keluarga besar tante2. ceritanya udah siap mo nikah gitu deh besok nya. CMIIW yak, namapun yang jelasin MC campur bahasa padang gitu, nangkep nya dikit2 hehe.

Di malam bainai ini, CPW ditaburin beras kuning + dipercikin air sama orang2 tua sambil terakhirnya dibisikin nasehat2 pernikahan lagi. abis itu baru pasang "pacar" di kuku.




Para tamu yang dateng disuguhin makanan cemilan kampung sambil lesehan. gitu kan tradisi padang semua dijembrengin (kayak di resto padang) terus makan rame2 di meja panjangg.




acaranya si santai, banyak becanda2 nya gitu. walo MC nya ngomong ga ada yang ngerti, pokonya kalo MC ketawa kita ketawa juga :p lol


Besok nya hari Jumat acara akad nikah. Disini masih pake adat padang. lengkap banget adatnya, dari tarian penyambut CPP sampe abis akad ada acara adat juga, tapi gue ga terlalu meratiin karena sibuk makan huahuaha. baju penganten cewek aja ganti 2x. pas ijab kabul pake sunting, abis itu ganti yang pake telekung/kerudung. 





maafkan pose aka  ya..emang dia suka aneh2 gaya nya kalo difoto :p


Acara puncak nya resepsi hari sabtu malem di Ritz Carlton - Mega Kuningan. Nah di resepsi ini baru full adat jawa jogja. Dimulai dari jam 5 sore di hotel dilaksanain acara panggih dulu. abis panggih selesai acara foto2 studio bersama keluarga besar, baru deh kirab dimulai jam 7mlm. Gile ya acara nya banyak banget kalo pake 2 adat gini.

Penganten nya cantikkk..manglingi banget. emang deh untuk riasan jawa bu tinuk tetep top makotop!! 



Karena kawinan sodara, jadi diwajibkan kita pake kebaya seragam. Jarang2 loh gue kawinan pake kebaya..udah emak2 kok berasa ribet ya pake bustier segala haha.  kebaya nya gue jait deket rumah nyokap di warung buncit. oke sih tukang jait nya, tapi emang kita mesti cerewet ngasi arahan yang kita mau. tapi sesuai deh dengan harga nya ga terlalu menguras kantong hehe.




okky dan azka pun pake beskap loh. azka super lucukkkk!! Boleh dong muji anak sendiri :)) 





Acara resepsi nya cukup unik. Karena ternyata hari itu bertepatan dengan 25th wedding anniversary orang tua nya (tante dan oom gue). Jadi ada surprise kecil2 an dari penganten dan adik2 nya kasih bunga plus video yang isi nya cerita2 temen2 terdekat keluarga mereka. Tentunya tante gue langsung nangis terharu di pelaminan :')




Ga selesai sampe disitu, ternyata adik2 nya pun kasih surprise kasih kolase foto dari jaman sepupu gue pacaran :')


Karena temen sepupu gue ini banyak nya minta ampun, jadi acara salaman dibagi 2. Jam 7-9 untuk temen2 bonyok, dan Jam 9 keatas untuk temen2nya sepupu gue. Ada acara joged an dong. Jadi jam 9 kurang turun pelaminan untuk ganti baju dulu. Band nya juga diganti DJ hihi.

Sayangnya, gue yang udah emak2 ini ga sanggup deh nungguin sampe acara joged an. jam 9.30 udah melipir pulang haha. Abis nya azka juga rewell banget. Dari awal acara dia udah rewel. minta2 pulang dan keluar. agak aneh karena biasanya dia ga terlalu rewel kalo dibawa ke acara apapun. petakilan dan jumpalitan sana sini sih iya tapi hampir ga pernah sampe minta pulang gitu.


Kata orang2 tua si seharusnya kalo kawinan yang pake dukun manten, anak kecil harus dikasih bedak penganten (bedak yang dipake untuk make up in penganten) supaya yang liat yang aneh2. yaa percaya ga percaya sih..


Lucunya..yang rewel biasanya yang sodara aja. soalnya sepupu azka yang seumuran jg rewel ga mau masuk ruang resepsi. bahkan dia sampe muntah2 di luar. Azka pun gitu, di dalem ballroom nya dia tereak2 kedinginan..sampe akhirnya gue pakein baju kaos tangan panjang 2 lapis di dalem beskap nya. badan nya tiba2 panas, tapi tangan nya super dingin. lemess banget ga mau makan sama sekali.

Karena ga tahan rengekan azka, gue akhirnya keluar juga dari ballroom resepsi. aneh nya begitu sampe luar azka langsung anteng dan tidur lelap. jadilah gue nongkrong di luar ruangan aja nemenin azka. gantian ama okky sih keluar masuk. kenapa bisa gitu ya?? *bingung*

 
Ahhh aku senang deh ada kawinan sodara gini..rindu bener nyiap2in kawinan. moga2 adek gue cepet nyusul nikah yaa..amiiinnn :))  kan biar gue bisa ikutan "ribet"


 - thobrani's family - 
ini gimanee yang moto kepala gue dan adek gue ketutupan @_@



Congrats ya reti dan ardy semoga langgeng sampe maut memisahkan..
ardy welcome to this crazy moerjadi big family!! :))

12 komentar:

  1. Wahhhh... gile itu adat padang, rumah udah merah sama gold semua! Huahahahahah. Mestinya diskonya di situ tuh, lebih rame decornya! Mana menunya makanan padang, pasti disconya lebih semangat! hihihi... j/k. Congrats for your cousin ya! And you looked pretty! Beneran, kayak anak 17 tahun, tapi udah punya anak kecil.

    I just realized, tempat resepsinya sama kayak gue. Tp kayaknya yang ini decornya sopan minimalis, kalo gue dulu warnanya hingar bingar dan lampunya ajep2 wekekekekek.

    BalasHapus
  2. Leony
    Itu yg keliatan di foto merah-gold doang. Aslinya sebelah2nya kain kuning-ijo-biru-merah-dll. Aslik gonjreng. Tp emang khas nya gitu..

    Iya tuh di resepsi nya dekor ga tll heboh krn tamu nya bykkkk bgt. Takut sempit. Kmrn aja udah desak2an pdhl jam tamu udah dibagi 2 @_@

    BalasHapus
  3. Waaahhhh dhit, pake kebaya makin kliatan bodynya langsiiingggg singset.

    Azka luwcuuuuuuuuu pake baju jawa gt

    BalasHapus
  4. Ih Bubu Dhita kamu kece banget sih. Okky juga tambah ganteng ciyeee, dan si Aka juga cakep. Cute little fam ;) <3

    BalasHapus
  5. Sukaaa lihat Azka foto sendiri yang pake beskap....lucu & ganteng :)

    BalasHapus
  6. vera
    bantuan bustier makk dan angle foto mak. jadi terlihat langsing :p

    meta
    huahuahua lo pernah liat okky jaman kuliah rambut panjang sepunggung ya? hihi

    dian
    lucu ya liatnya..tapi kasian deh jadi ga bs lari2 kan pake kain kaya rok gitu.

    BalasHapus
  7. Dhitaa,
    kebayanya OK deh. Akupun sepertinya butuh kebaya. Biar kece kayak loe. *tsaaah...lempar balen dong*

    BalasHapus
  8. indah
    ishhh kamu kan sudah kece dengan penampilan baru wanita sholehah berjilbab :D

    BalasHapus
  9. Mba dhita.. Aiiyh komplit yaa reviewnya.. Makasiii banyak lhooo untuk reviewnya dan kesabarannya ngikutin acara dari awal perkenalan-lamaran-pengajian-malam bainai-akad-panggi-resepsi *banyak yahh!*..

    Wkwkwkk ak baru tau soal anak2 kecil di kawinan pk dukun manten, walalaaa.. X_X

    Mudah2an jarak ke nikahan selanjutnya ga jauh2.. Always ♥ kerempongan dan euphoria family wedding..

    NB : dr smua yg ake beskap emang paling kece azka sm reva pokoknya.. Superr cute!

    BalasHapus
  10. Reti
    Waaa ad uni hihi
    Iyaa penasarAn soalnya blm pernah liat adat padang. Sebagai org yg bersuami kan org padang asli pengen tau dong acara adat2nya hehe

    Iya ni abis ini mudah2an mbak diyan nyusul ya. Coba dibantu doa mbak muti dan widy cpt dapet jodoh hehe

    BalasHapus
  11. kebanyanya bubun cantik :)
    entah kenapa, anakny temanku jg kalau diajak kondangan k resepsi dg suasana Jawa yg ada lagu gending2 Jawa pasti nangis, rewel dan minta pulang

    BalasHapus
  12. Keluarga Yusuf
    Thank you :))

    Jd udah biasa ya anak2 rewel gt pas kawinan..msh menjadi misteri penyebabnya huhu

    BalasHapus