Kamis, 27 Juni 2013

Alergi Azka

Sempet panik pas liat sekujur tubuh Azka penuh bintik2 merah. Gue pegang badan nya ga ada demam sama sekali. Gue langsung curiga alergi. Tapi alergi apa? Perasaan kemaren ga makan yang berpotensi memicu alergi seperti seafood deh. 

Gue langsung bawa ke dokter aja. Nelpon RSPI, si Sanders penuh banget sampe ga bisa nyelip 1 pasien :( Untung masih praktek di BWCH. Di BWCH untuk ke dr. Sanders justru ga bisa pake appoinment, jadi per kedatangan aja. Langsung deh buru2 bawa azka ke BWCH. 

Bener kan dugaan gue emang Azka alergi. Gue sempet bilang ke dr. Sanders kalo gue parno karena beberapa minggu lalu baru kena cikungunya. Dan ini bintik2 nya mirip kayak gue kemaren. Dijelasin sama dr. Sanders kalo cikungunya atau kena virus pasti pake demam. 

Pe-er nya gue adalah mencari tau ini Azka alergi apa. 

Seinget gue, dulu waktu azka baru Mpasi emang ada riwayat alergi. Suka timbul merah2 di pipinya kalo makan yang mengandung kedelai. Jadi kalo dikasih tahu atau tempe dia pasti merah2 pipi nya. Aneh ya..alergi kok tahu tempe? :p

Selain kedelai, azka juga sempet alergi salmon dan telor. Lucunya semua alergi Azka, merah2 nya cuma di 1 spot aja. Dan ga terlalu banyak merahnya. 

Seiring berjalan nya waktu, alergi nya sih ilang. Tapi susahnya sampe sekarang Azka ga doyan sama telor atau tahu/tempe. Karena dulu emang jarang gue kasih. 

Nah kemaren, Azka ga makan yang aneh2 deh. Gue sih curiga nya alergi sabun. Dulu sempet pake Zwitsal dan agak bruntus. Tapi ga parah. Nah gue udah lupa tuh azka pernah bruntusan pake sabun Zwitsal. Kemaren gue beli sabun nya Zwitsal lagi *tepok jidat* Jadi mungkin muncul lagi alergi nya. Kali ini mayan parah merah2nya :(

Langsung gue ganti sabun nya. Mudah2an aja emang bener alergi sabun..

Eniweii kemaren pas nunggu giliran dokter sempet ada kejadian ga enak.
Jadi sambil nunggu giliran, Azka seperti biasa main di playground. Awalnya si main2 biasa. Sampai suatu saat Azka rebutan spot di atas perosotan sama 1 anak yang seumuran tapi badan nya jauh lebih gede.

Azka sempet ikutan naik ke atas tapi kemudian gue larang karena sempit dan gue takut mereka jatoh. Jadi gue bilang ke Azka gantian aja. Azka udah nungguin di bawah sambil bolak balik bilang "gantian dong..ayo turun..azka mau cobain" Sama si anak ini dicuekin aja. Dia tetep duduk di atas.

Gue emang sengaja ga mau ikut campur pas 2 anak itu berdebat. Penasaran juga gimana anak sama2 umur 4thn nyelesein masalah hehe. Paling gue cuma manggil Azka, gue tanya "ada apa si ka?" Azka jawab dia pengen banget naik ke atas, tapi anak itu ga mau gantian, ga mau turun. Gue cuma kasih pengertian "ya udah sabar aja ka..coba bilang baik2 lagi. Bilang Azka pengen banget cobain"

Dan Azka pun nurut..coba bilang lagi ke anak itu..
Mungkin si anak ini juga sebel ya Azka ngoceh terus minta gantian hehe. Kemudian gue denger si anak itu bilang "kamu kan masih kecil..ga bisa naik kesini"

Abis dibilang itu, gue liat Azka langsung mau membela dirinya. Dia pun manjat ke atas. Sampai atas perosotan, di tempat yang sempit itu, Azka berdiri dan bilang "Azka udah gede kok..udah tinggi. Nih liat"

Karena gue liatnya aja udah ngeri, gue udah niat mau nyamperin untuk megangin. Posisi Azka berdiri di pojokan gitu. Tingginya juga lumayan, lebih dari 1m. Eh ternyata telat..baru gue mau berdiri..

Si anak itu udah ngedorong Azka!!

Huahhh..

Gue kaget..

Soalnya itu emang tinggi. Bahkan ada orang lain yang tereak. Azka didorong jatoh nya ke belakang tanpa bisa pegangan apa2. Jelas lah Azka langsung nangis. Gue juga langsung nyamperin dan gendong Azka sambil tanya "are you okay? Mana yang sakit?" 

Untung nya Azka jatoh di lantai busa. Kepantok kepala nya juga kena tiang2 plastik dari perosotan itu. Jadi kayaknya si ga terlalu sakit.

Gue juga spontan negor si anak itu. Ibunya mungkin denger dan langsung nyamperin juga. Anaknya disuruh minta maaf dan gue juga bilang ke Azka untuk salaman dan maafin temen nya.

Ngeliat kejadian itu, jelas lah jantung gue seketika mau copot. Tapi gue ga terlalu masalahin sih..you know..accident happens. Mau diapain lagi..Namanya punya anak cowok emang kayaknya harus siap deg2an terus deh.
Lagipula kemaren ibu dan anaknya sopan langsung minta maaf. It meant a lot.

Tapi yah..ngeliat seluruh kejadian kemaren bikin gue bangga sama Azka. Dia udah sabar nungguin si anak itu turun. Dia tau gue larang untuk naik berdua di atas karena sempit, dan dia nurut walopun dia ga berenti2 ngoceh minta gantian :p

Terus, yang bikin gue paling bangga. Pas dia dibilang masih kecil, Azka langsung stand up defending himself. Ga pake ngadu ke gue. Langsung bereaksi "ngelawan" dengan nunjukin yang dibilang sama anak itu ga bener.

That's my boy..Ih bangga lah aku pokonya..

Di mobil, gue bilang lagi ke Azka betapa bangga nya gue sama dia. Dia udah ngelakuin yang bener dan jadi anak baik.

Kemudian anaknya nanya :

"Bu kalo Azka dijatohin gitu, orang itu boleh dijatohin juga ga?"

Doeng!

Hahahaha..

Eh sejujurnya gue sempet bingung jawab apa loh. Part of me pengen bilang "boleh" karena gue ga mau Azka jadi anak penakut yang kalo di bully *amit-amit* ga bisa ngelawan. Tapi gue inget tadi cara Azka nyelesein masalah udah bagus dan bikin gue bangga. Jadi gue yakin Azka tau apa yang harus dia lakukan.

Pilihan menjawab "boleh" tentu saja gue buang jauh2. Instead, gue jawab "Ga usah ka..yang dorong cukup dikasih tau aja kalo itu perbuatan ga bagus. Azka jadi jatoh dan sakit kalo didorong"

Mudah2an aja Azka ngerti deh..

Jadi ngomong ngalor ngidul gini hihi. Random amat deh..

Balik lagi ke alergi Azka, pagi hari ini gue cek merah2nya udah berkurang, tapi belum sepenuhnya hilang. Gue agak bingung sih, soalnya dokter bilang paling 1 hari udah ilang kalo alergi. Ini kok udah 2 hari masih belum ilang semua.

Ada yang kasih tau di twitter kalo anaknya juga pernah kayak gitu. Kemungkinan kena virus dari udara. 2-3 hari baru ilang merah2nya. Tapi dari kemaren si Azka udah gue minumin obat alergi yang dikasih dokter *_*

Doain besok merah2nya ilang semua yah teman2 :))

11 komentar:

  1. moga2 alergi nya cepet sembuh yaaaa...

    iya emang serba salah kok ya kalo ngeliat kejadian azka didorong anak gitu ya. in a way ya tentu kita kesel banget. tapi ya kayak lu bilang, namanya juga anak2 ya. apalagi mamanya udah nyuruh minta maaf.

    paling ya azka dibilangin kalo ada kejadian gitu gak usah bales, tapi kudu lapor ke adults...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arman
      Nah azka tuh seringnya ga mau bilang ke orang dewasa kalo kenapa2 *_* gue udah wanti2 ngomong ke guru tapi azka sll bilang "gpp kok bu gpp" hihi sok tua deh emang doi
      Atau kadang dia bales juga trmen nya. Yang mana jadi berantem..hadehh gue ga kebayang guru2 preschool itu stok sabarnya segimana yal ngadepin banyak anak2 kecil hihi

      Hapus
  2. Haha...kalo aku yg kurang bijaksana ini pasti bilang boleh :') seandainya anakku nanya boleh bales temennya yg bully ato ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Novi
      Haha abisngue takut kebiasaan juga nov. orang azka kan kayak gue stok sabar nya dikit banget :p

      Hapus
  3. Hi Dhita, a silent reader here. Gw sampe deg-2an pas baca. Semoga Azka gak apa2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim
      Haii thank for stopping by. Alhamdulillah azka gpp kok :))

      Hapus
  4. cerita aja,

    sebulan yang lalu aku juga kena cikungunya, sampe bengkak kaki dan tangan tapi ga pake demam banget, cuman sumeng aja, bintik2 merah merata di badan, bengkak + pegel semingguan. suamiku cuma kena bintik merah seluruh badan dan sehari pegel-pegel.

    giliran aku dah mau sembuh, anakku kena bintik-bintik merah seluruh badan, tapi ga pake panas dan ketika ditanya, ga ada keluhan pegel, 2hari berangsur ilang.

    sepertinya cikungunya emang berdasarkan ketahanan tubuh.

    tapi semoga bukan kena cikungunya, kita yang tua aja ngerasa ga enak banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nugroho's
      Haii..iya nih kemaren sempet bingung juga ga yakin alergi jadinya. Tapi memang merah2nya hari ke 3 sih baru ilang.
      Anaknya jg ga ngeluh apa2.

      Thanks for sharing ya :))

      Hapus
  5. Azka hebat, bisa bersabar dan bisa membela dirinya sendiri. Good job didikannya. Satu kata deh SALUT :)

    BalasHapus
  6. i've been silent reader akhirnya ga tahan comment juga. ah bangganya gw sama Azka. tante makin ngefans deh Ka. gw juga bakal sama kayaklo, walopun dalam hati pengennya bilang "bales dorong aja ka" haha.. semoga dah sembuh ya alerginya

    BalasHapus