Selasa, 20 Agustus 2013

Investasi Apartment

Kayaknya semua orang tau ya kalo invest di property itu pasti menguntungkan. Apalagi kalo liat harga di pasaran sekarang. Ngeri bokk..dijamin lebih ngeri daripada The Conjuring.

Beberapa waktu lalu, Okky pernah ngomong gini..

Okky : Bu, mudah2an kita ada rejeki ya..bisa pindah rumah yang lebih gede. Kamu katanya pengen yang ada kolam renangnya kan

Me : iya amienn..tapi rumahnya di P**d*k ****h juga ya. 

Okky : *langsung ngeloyor*

Hahaha..
#edisi_istri_matre
#minta_dikeplak
#istri_ga_tau_diri

Ternyata baru2 ini tante gue beli rumah buat anak2nya di kompleks gue tinggal ini. Dan harganya bikin jantung gue mo copot. 

Yahh pantesan aja ya okky langsung ngeloyor :D

Nah berhubung kita ga mampu beli rumah untuk di investasi, jadi kita melirik ke apartment yang lagi menjamur dimana2. Pengen nya si kayak Novi yang koleksi apartment nya sebanyak lemak gue *perumpaan yang ga nyambung* *sebar gosip* *sungkem Novi* haha

Tapi level gue mah masih yang ecek2. Beli nya apartment yang "murah". 

Taun 2010 lalu, gue pernah beli apartment di sebelah taman makam pahlawan. Dulu belum ada yang jadi. Semua masih tahap pembangunan. Even tower A aja belum jadi. Sayangnya kita telat tau nya. Kita pikir itu kayak rusunami, yang mana di peruntukkan untuk kalangan bawah. Walopun bisa beli, tapi kita pikir ga mau ambil jatah orang2 yang lebih membutuhkan. 

Ternyata, ada tower2 yang kelas nya lebih bagus dengan berbagai fasilitas. Harganya emang lebih mahal. Tapi kalo dibandingkan dengan apartment kelas atas, harga apartment ini tergolong murah. 

Sempet mikir berulang2 pas mau ambil 1 unit. Karena: pertama, gue belum ada pengalaman beli apartment sama sekali. Jadi agak2 takut gitu kan yah. Kedua, itu kompleks kan belum jadi. Masih berantakan banget. Masih belum jelas prospek nya gimana. Apalagi saat itu gue baca2, banyak pro dan kontra tentang investasi apartment. Ada yang bilang udah over supply, ada yang mempermasalahkan status kepemilikan nya, dll. 

Setelah mikir berulang2, akhirnya kita nekad aja lah beli 1 unit disana. Soalnya kok diliat2 unit disana kok selling fast banget. Bahkan pas gue mau beli aja pilihan unit nya udah dikit. DItambah lokasi nya menurut gue bagus banget..ga terlalu jauh dari pusat kota. 

Seiring dengan berjalan nya waktu, gue liat pembangunan nya cepet banget. Dan dalam 2thn udah rame banget kompleks nya. Cukup kaget sih. Dan pas cek harganya juga udah melejit. Mungkin karena tower2 awal udah pada jadi dan mall juga udah buka. 

Kita mulai berpikir untuk invest another unit disana. Bahkan sempet viewing dan nego2 harga beberapa unit. Bukan dhita namanya kalo ga galau melulu haha. Maju mundur lagi buat beli. Abis kan unit yang kita belum serah terima. Takut nanti ga laku disewain, dan takut kalo nanti yang nyewa banyak masalah. Again, gue dan okky belum pernah berurusan dengan sewa menyewa apartment. Jadi ga tau bakal ada masalah apa yang akan dihadapi. 

Jadilah kembali dalam edisi mikir2 panjang tak berujung. Sampai saatnya serah terima kunci apartment. Sayangnya saat itu bersamaan dengan masa berkabung karena meninggal nya mertua gue. Jadi kita sempet males banget ngurusin apartement nya. Mungkin ada sekitar 6 bln apartment nya dianggurin.

Baru setelah itu kita mulai rapih2in apartment nya. Ngecat dinding dan panggil sodikin untuk bikin kitchen set. 

Pas udah rapih, baru deh mulai pasang iklan. Ga perlu waktu lama langsung ada yang mau nyewa. 

Eh melenceng dikit ya. Masa yang viewing kebanyakan artis loh haha #penting_amat. Ada mantan istri nya salah 1 grup band yang dulu sering nongol di TV karena ada kasus. Ada lagi presenter berita. Sampai akhirnya yang nyewa unit kita pun grup band. 

Awalnya gue agak deg2an kalo yang sewa artis takut dipake untuk "macem2". Bismillah aja deh pokonya. Ketakutan gue ga terbukti ternyata. So far baik2 aja mereka. Malahan Okky pernah sidak ke unit. Dan Okky bilang unit nya rapih. Ga kayak tempat tinggal cowok2. 

Fiuhhh alhamdulillah bangett..

Berbekal pengalaman enak nya dapet pasif income tiap bulan, jadi kepengen nambah 1 unit lagi. Sebenernya udah telat banget yak. Soalnya pas cek harganya makin melejit. Dari terakhir gue viewing dan nanya2 harga kurang lebih 1thn lalu, naiknya udah sekitar 30%.

Huahh jadi nyesel deh taun lalu kenapa ga buru2 ambil aja. 

Tapi karena kompleks nya udah jadi, kali ini gue udah lebih tau tower mana yang bagus. Pokoknya syarat utama harus tower yang deket mall dan lantai nya ga terlalu tinggi. Kita nanya ke agen yang dulu nanganin pembelian unit pertama kita. Diliatin beberapa unit tapi ga ada yang sreg. 

Alhamdulillah kok ya dimudahkan. Pas lagi browsing malah tiba2 liat iklan ada unit yang memenuhi kriteria gue yang dijual. Langsung ditelpon ama Okky dan janjian untuk ketemu. 

Emang berasa ya feel nya kalo kita cocok ama sesuatu. Tapi tetep ga mau keliatan ngebet dong :p Nego2 dulu baru akhirnya deal. Nah, sebenernya, gue juga rada takut ditipu. Gue banyak baca2 di forum banyak modus2 penipuan. Jadi kemaren kita hati2 banget. 

Pokonya kita ga mau transfer2 DP dulu sebelum ketemu bareng2 ke developer. Kita baru transfer lunas pas selese tanda tangan di notaris bareng2. Alhamdulillah nya lagi yang jual ternyata baik banget. Ngobrol nya pun nyambung ama kita. Sama2 orang padang kayak Okky. Biasa deh tuh kalo orang padang sesama suku jadi berasa deket kan. 

So yeayyy..we have another unit di kompleks yang sama.

Rencana nya mau dirapih2in dulu sebelum di sewain. Karena sama pemilik sebelum nya ga diapa2in dari serah terima kunci. Ga pernah dipake atau di sewain. Jadi kondisi nya bener2 perawan kayak dari developer. 

Mudah2an aja cepet ada yang sewa ya nanti kalo udah rapih. Mayan kan dapet pasif income tiap bulan ^_^

Nah, Katanya tiap berinvestasi mesti ada tujuan nya..

Buat kita, apartment pertama rencananya untuk tambahan tabungan hari tua alias dana pensiun. Sementara, hasil sewa bulanan nya lumayan bisa buat nambah2in tabungan.

Yang belakangan dibeli tujuan nya lebih singkat dan serius hehe.

Untuk ini..


Sebenernya apartment ini hanya back up plan aja sih. Rencananya kita mau nyicil nabung juga. Kalo sejelek2nya uang yang kekumpul ga cukup untuk lunasin, apartment ini bisa dijual. Semoga aja  kenaikan harga apartment dan usd sebanding ya. Pening juga liat harga usd belakangan ini huhu.

To be honest, for now, i'm not (mentally) ready yet. Tapi liat antrian yang makin panjang, kita putuskan untuk daftar aja dulu. Soalnya makin ketunda takutnya makin lama antrian nya. Pelan2 sambil jalan nyiapin mental dan benerin ibadah nya. Kan estimasi keberangkatan masih 5-6th lagi.

Gue deg2an loh pas akhirnya balik ke travel nya dan nyerahin semua berkas2 yang diperluin. Rasanya ga bisa digambarkan. Antara deg2an, terharu, percaya ga percaya, smua campur aduk. 

Bismillah..
Tolong mudahkan dan lancarkan ya Allah..

Mohon doa nya yaa..
Semoga keputusan gue narok uang di apartment ga salah ya :))

34 komentar:

  1. congrats on ur new apartment! dan congrats juga udah daftar baik haji! ternyata kalo daftar sekarang baru berangkat 5-6tahun lagi ya? lama ya? gue kira bisa langsung. semoga dilancarkan ya dhit, rencana baik biasanya sih mulus-mulus aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angel
      thanks ya ngel..
      iya lama banget ya dapetnya. itu pun travel ga bisa jamin berangkat 5-6thn karena semua yang atur depag. Jadi kayak taun ini ada pemotongan quota sekitar 20%, banyak yang batal berangkat kan. Digeser taun depan. Ya gitu deh makin kegeser2.

      Tapi ada bagus nya juga sih antri lama gini. Mau ga mau kita jadi mikirin untuk daftar kan. Kalo bisa berangkat kapan aja biasanya orang jadi lebih santai ga sih.

      Hapus
  2. semoga lancar ya dhit!!! :)

    properti di indo emang good investment banget. gua tuh sangat2 bersyukur dulu maksain beli dan ngebangun rumah di jakarta. sekarang harganya udah more than double! gile bener!!!

    udah dari kapan itu pengen dah beli properti lagi di indo. either rumah atau apt. tapi susah ya kalo kita jauh begini. gimana ngurusnya... yang rumah kita aja banyakan ngerepotin bokap gua kalo perlu ini itu. hehehe.

    mau invest properti disini selain harganya ajegile bin jalik, juga harganya lagi payah... not good investment. condo kita aja udah turun banyak. jadinya untung properti di indo kalo diitung2 ilang ama kerugian turun harga condo disini. huahaha. :P

    moga2 bisa punya property investment lagi dah kita, kayak lu dan novi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      aminnn mann :))

      pasti naik berkali2 lipat man. Gila skrg harga2 properti disini. Rumah lo dikontrakin kah?

      Kalo mau invest disini mungkin tanah aja ya man, kan ga perlu diurus. Tapi rata2 di indo kalo kompleks/cluster gitu ga boleh beli tanah doang dari developer. Harus rumah jadi. Karena dari situ mereka bisa jual dengan harga ga kira2. Dengan design yang menarik walo material standar harganya bisa jadi ga standar banget deh. huhu.

      Oh ya?disana lagi turun ya? beli lagi dong kalo gitu..nanti kali2 naik melejit hihi

      Hapus
  3. Semoga dimudahkan rencana ke tanah sucinya, Dhita.

    BalasHapus
  4. Selamat buat investasinya. Saya juga sedang mengincar apt nih... mudah2an juga lancar.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. zizy damanik
      thank youu :))
      mudah2an lancar ya invest apartment nya..

      Hapus
  5. semangat ya dhitt... insya Allah dilancarkan ya usahanya. hebring ih udah mikirin haji aja, gue masih maju mundur takut soalnya kan kata orang tua kalo disana 'dosa2' kita diliatin semua. gue percaya bgt bok, secara banyak dosa hihihi.. *cemen*

    doain gue juga ya, jadi ikutan kepengen soalnya *pecahin celengan ayam*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue jg keselek pas okky ngajak ran. Secara gue masih metal gini haha.

      Tapi ya gitu deh..kadang gue suka malu pengen jalan kesana sini tapi malah lupa nabung buat haji.

      Jadi bye bye dulu plan ke eropa (dan negara lain) aun depan hihi

      Ayoo ran bareng. Kalo dr sing lebih cepet kayaknya ya.

      Hapus
    2. sing juga katanya lagi dikurangin kuotanya. sekarang cmn bdsk persentase populasi muslim, dulu sih populasi total. tapi ya itu katanya, belom ngecek lagi soalnya balik ke alasan, takut. hihihihi...

      Hapus
    3. rani
      yaaa jadi berkurang banget dong ya :( tapi kayaknya enakan ikut dari indo ga sih ran. Jadi kan rombongan nya sesama orang indo. Walo disana ketemu2 juga sih pasti..

      Hapus
  6. Dhitaaa...gue tuh kalo baca temen2 seumuran (hihihi sok ngaku2 seumuran ;p) mau naek haji, jadi terharuu deh.. Smoga jalan kesananya dilancarkan ya Dhit... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desi
      Amiennn..thank you ya des
      Apalagi gue nya des. Terharu bgt deh kmrn pas nyerahin dokumen2 huhu.

      Hapus
  7. ah akhirnya aku menemukan tombol komentar hahahaha....maapkan udah bikin gosip di path dengan nge tag dan bilang blog ini gak bisa dikomenin. ternyata aku aja yg matanya sirep.

    congrats on ur new apt and the plan. semoga semua dilancarkan. btw lemak di tubuhmu kan nggak banyak, jadi apt ku gak banyak juga hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. novi
      emang suka error kayakny ini blog gue *sigh*
      belum liat lemak di perut gue ya nov? haha banyak bangett nih hahaha

      Hapus
  8. iya kemrain aku baca emang gak bisa di komen kok, Dhit, aku kira sengaja di off tombol komennya.
    Eh apartemen ini idola orang kantorku banget lah abis di depannya kantor begitu. Ihiy semoga sakseis ya, Dhit, soal property ini big step banget deh (dan big money ihihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sondang
      iya nih emang admin (alias laki gue) sering utak atik blog gue *_* kadang gue lier sendiri juga hihi

      oh ya..coba orang kantor nya ada yang nyewa lagi ga hahaha. 2bln an lagi kayaknya ready nih unit gue :p *numpang promo*

      Hapus
  9. Wah baca ini jd ngingetin buat serius daftar haji dr sekarang deh, scara dari daftar masih 5-6 tahun lagi ya berangkatnya.
    Eniwe semoga sukses dan barokah ya investasinya Dhit, semoga dua2nya laris manis slalu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. evy
      iya mending daftar dulu. ini aja beberapa kali quota kita dipotong kan. Jadi banyak yang harusnya berangkat taun ini ditunda2. Jadi makin numpuk. Tapi mudah2an beberapa taun ke depan ga selama ini antrinya. Soalnya kan sekarang lagi renovasi gede2an spy bisa menampung lebih banyak orang :)

      Hapus
  10. Hai dit,
    Memang bener terharu deh klo ada pasangan muda yg daftar haji :D
    Di Sidoarjo gw daftar haji tahun lalu, itu daftar tunggunya udah 12 thn aja gitu huhu. Lama bgt ya. Tahun ini katanya naik lg jadi 15 thn. Masih mendingan Jkt ya.
    Semoga urusan kalian utk haji ini dilancarkan ya dit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dina
      sebenernya ga muda2 banget ya kita haha.
      gue pake yang plus din, makanya lebih cepet. Kalo yang biasa denger2 juga udah diatas 10thn an sekarang. Karena potongan quota kemaren.

      Tapi ga menutup kemungkinan juga lho quota bertambah 2thn an lagi. Kan sekarang di mekkah lagi ada pembangunan besar2an untuk nampung jemaah lebih banyak. Semoga aja yah bisa lebih cepet.

      Hapus
  11. Mbak Dhita,

    Al-Amin ini yang ada di pakubuwono bukan? Mama aku selalu pakai dia untuk umroh dan haji..Pelayanannya bagus! Untuk Ibadah apalagi, mau ONH biasa sm ONH plus buat ibadahnya sama aja gak beda - bedain.Pilihan yang tepat *berasa mbak2 pizza hut*

    BalasHapus
    Balasan
    1. theprasstyo
      iyaa bener di pakubuwono. Syukurlah kalo emang bagus. Soalnya kemaren sempet survey ke beberapa tempat sebelum akhirnya milih Al-Amin :)) Thanks yaa...

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Hi Dhita..salam kenal. beberapa kali sering mampir baca2 blog ini terutama berkaitan dengan investasi..salut deh, perencanaan keuangannya okeh loh untuk ukuran keluarga muda ^^. Pas baca tulisan yg ini gak tahan deh pengen komen & nanya2. Kebetulan aku & suami juga dalam kondisi lagi nyicil apartment di bilangan F*tm*w*t*..ini juga modal nekat banget padahal kita gak ngerti soal sewa menyewa apartment. In sya Allah tahun 2015 serah terima..pengalaman dhita &suami kemarin, si apartemen di dandanin sampe full furnished kah? thank u

    BalasHapus
  14. nvestasi apartemen dengan tingkat keuntungan 100% dalam 3 tahun ke depan ? kunjungi http://www.royalafatar.com
    Penawaran pre launching hanya rp195 juta (2BR , 27m2) Hak milik strata title tanpa jangka waktu, posisi strategis di pintu gerbang masuk ke surabaya, dekat bandara, pusat bisnis dan perkantoran dan dikelilingi 3 taman hiburan terbesar, dikelilingi Univ Petra, Univ Pelita Harapan, Unsuri, STIE mahardika.
    Fasilitas lengkap gym+kolam renang, danau buatan, taman, food festival, shopping centre, sekolah, tempat ibadah.

    BalasHapus
  15. nvestasi apartemen dengan tingkat keuntungan 100% dalam 3 tahun ke depan ? kunjungi http://www.royalafatar.com
    Penawaran pre launching hanya rp195 juta (2BR , 27m2) Hak milik strata title tanpa jangka waktu, posisi strategis di pintu gerbang masuk ke surabaya, dekat bandara, pusat bisnis dan perkantoran dan dikelilingi 3 taman hiburan terbesar, dikelilingi Univ Petra, Univ Pelita Harapan, Unsuri, STIE mahardika.
    Fasilitas lengkap gym+kolam renang, danau buatan, taman, food festival, shopping centre, sekolah, tempat ibadah.

    BalasHapus
  16. investasi apartemen sangat cocok bagi yang berlokasi di kota-kota besar. ada banyak faktor yang akan menentukan besar-kecilnya keuntungan dari investasi apartemen yang dilakukan.

    BalasHapus
  17. Mantap nih gan artikelnya, jika anda ingin tahu Berita Teknologi Terbaru silahkan kunjungi saja http://teknologiraf.com/.

    BalasHapus
  18. artikelnya bagus mbak, semoga investasi apartemennya lancar, semoga sukses untuk naik hajinya

    BalasHapus
  19. properti emang ga ada matinya ya, harganya makin kesini makin naik aja..
    aku lagi tertarik sama apartemen The Sukolilo di Surabaya nih di jalan keputih kalo gag salah, tapi belom sempet cek ombak ke lokasi, baru dapet info2 aja dari gugel.

    BalasHapus