Kamis, 21 November 2013

Kuliah Dimana Yaaa..


Beda dengan diskusi sekolah azka tahap TK-SMP yang masih labil bak ABG, untuk SMA dan kuliah, Okky spesifik berharap azka masuk SMA 8 dan lanjut ke ITB. Just like he did. 

Btw, gue heran deh kenapa ya bapak2 yang masuk ITB, anak2nya di doktrin untuk masuk sana juga ya. Atok dulu anak ITB, dia juga sangat berharap ada anaknya yang meneruskan jejaknya masuk ITB. Sayangnya ga kejadian dong haha..Kasian ya bokap gue, semua anaknya kabur ke luar negri. Begitu pula dengan Okky. Hayoo..siapa yang suami atau bokapnya anak ITB? pasti mengharapkan hal yang sama deh hehe.

Kembali ke azka, ya kalo bisa masuk ITB sih semua masalah beres. Secara kita tau bayaran nya ga terlalu mahal kan. Yang mau liat perkiraan biaya universitas negri silakan meluncur ke website andalan gue untuk belajar2 keuangan, liveolive, ada artikel yang berjudul Memperkirakan Biaya Perguruan Tinggi di Indonesia. Sok diliat tabel nya :)


Mohon diperhatikan ya, itu tabel biaya saat ini. Untuk biaya kuliah anak kita belasan taun lagi, harus diitung future value nya. Dengan perkiraan biaya diatas, Insya Allah mampu deh nabung untuk dana kuliah azka di universitas negri. 

Nah kalo ga bisa masuk universitas negeri gimana? 

Kalo ga keterima di universitas negri, rencananya sih kita pengen sekolahin Azka ke luar negri aja. Jadi dari sekarang patokan untuk tabungan dana kuliah azka, itungan nya memang biaya sekolah di luar negri. Yang mana biayanya cukup mencengangkan ternyata ya *_*

Gue dan okky punya perjanjian, kalo azka bisa masuk universitas negri, sisa tabungan dana pendidikan nya akan dikasih ke azka untuk "modal" kalo nanti menikah. Bisa dibeliin properti kan lumayan ya..

Ajaran ini kita dapet dari orang tua nya Okky yang menerapkan hal yang sama untuk Okky. Buat Okky, cara ini cukup berhasil membuat dia termotivasi untuk berusaha masuk ITB. Makanya alhamdulillah bisa dapet rumah di kompleks tempat tinggal kita sekarang. 

Disinilah bedanya bonyok gue dan bonyok nya Okky. Gue salut sama bonyok nya Okky, karena untuk masalah sekolah udah dipikirin mateng2. Sementara bonyok gue menganut prinsip "liat aja nanti, insya allah rejeki anak mah ada aja"

Perbedaan ini kemungkinan dipicu oleh latar belakang pekerjaan bokap kita masing2 ya. Bokap Okky adalah karyawan swasta dan bokap gue adalah pegawai BUMN. Yang mana pegawai BUMN cenderung merasa "aman" dalam masalah kerjaan nya. Sementara kalo pegawai swasta emang harus pinter mengelola uang. Resiko company nya kenapa2 lebih besar daripada BUMN.

Gue salut juga sih ama bokap gue, ga pernah pusing itung2in future value masalah dana pendidikan kayak orang tua jaman sekarang (Apa jangan2 sebenernya bokap gue pusing tapi gue yang ga tau ya hahaha). Tapi alhamdulillah semua anak mendapatkan pendidikan yang layak. 

Kalo gue sih mana mungkin ga mikirin dana pendidikan azka dari sekarang. Liat jumlah "0" dibelakang itung2an dana kuliah langsung mendadak ilfil ama semua tas yang lagi ditaksir. Errrrr tapiiii...cuma bertahan 1 jam hahaha

*kabur ah*

14 komentar:

  1. Angka 0-nya bikin sakit kepala emang ya Dhit. Tapi emang orangtua jaman dulu hebat ya ngatur keuangannya sampe bisa nyekolahin anaknya di luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angel
      eymmmm..cenut2 liatnya. Mudah2an investasi dan tabungan kita dari sekarang ada hasilnya deh ya hehehe

      Hapus
  2. Iya aku juga pengen anakku masuk sma 8 biar gampang masuk itb. Saking pengennya anakku kuliah di itb, udah disiapin rumah di bdg biar ga usah pusing cari kost ntarnya. Apa aku terlalu maksain ato gmn, entahlah...ya kalo ternyata si anak punya pilihan sndr, ya dukung juga sih, yg jelas, kepengennya sih ikut jejak emak bapaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. vera
      whoaaa hebat banget planning nya sampe beli rumah di bandung
      tabungan ku si belum nyampe buat beli rumah di bandung :P

      kita juga kalo anaknya punya pilihan sendiri tetep dukung sih..mudah2an pilihan nya juga ga mahal2 amat yak haha *tetep ujung2nya duit*

      Hapus
  3. dan 5 tahun lagi anak gw masuk kuliah dong.

    makin kebayang itu angka nol hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak de
      ga kerasa ya mbak bentar lagi udah kuliah..
      insya allah ada aja kok rejeki nya :D

      Hapus
  4. gak mau liat linknya ah di daripada jleb jleb ngeliat saldo tabungan cukup or gak nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nisa
      hahahha dijamin keinginan shopping langsung menguap deh. Kalo gue harus tiap jam kayaknya diliatin itung2an dana pendidikan nya :p

      Hapus
  5. Dit, bukan cuma anak ITB yang kaya begitu. Anak UI & UGM juga begitu. Bokap gw anak UI & nyokap gw anak UGM, masing-masing mendoktrin. Sayangnya kami ga ada yang masuk sana hahaha...

    Anyway Dit, thanks buat link-nya. Gw salah baca atau ga sih itu? ITb jatohnya lebih mahal daripada UPH?

    BalasHapus
  6. Haha suamiku anak ITB juga napsu bener nguliahin anak di sana. Sampe pernah kepikiran mau pindah kerja ke bandung aja (ini sekalian sih menghindari Jakarta yg macetnya udah nggilani).

    BalasHapus
  7. jadi lagi ngincer berapa tas, iniiii...?
    Beli semua gih, sono! Kirim ke bandung 1, yaaakkk...? :p

    BalasHapus
  8. skr biaya sekolah mahal banget ya Dit :( tadi temen aku curcol masuk al azhar di sby biayanya 27 juta huhu. duit darimana

    BalasHapus
  9. hallow! salam kenal yah dit.... silent reader nih selama ini :P hadooh yg namanya urusan kuliah itu emang mehong yey dimana2, belom lagi buku2nya. bonyok gw dulu dua2nya dapet beasiswa di UI and master di luar. nah giliran anak2nya dwoong berat di ongkos klo kata bokap gw hahahaha.

    BalasHapus
  10. Hai, mb Dhita, salam kenal ya. Terus terang, kepala langsung keliyengan nih baca artikel ini. Eniwei, kadang hidup emang kerap nohok ye. Hiks

    BalasHapus