Rabu, 25 Desember 2013

Life Out There

Sejak masuk TK, azka mulai ikut beberapa kegiatan di luar sekolah. Dan jujur aja gue agak kaget liat tingkah polah anak2 jaman sekarang. Selama ini kan azka cuma bergaul sama temen2 sekolah atau anak temen2 gue. Yang mana semuanya tergolong anak manis.

Biasanya tiap ikut kelas, gue biarin azka main ama anak2 lain yang seumuran. Tapi ternyata ga semuanya mau nerima azka. Baru nyadar ternyata tampaknya gue dan azka selama ini macam katak dalam tempurung. Taunya yang bagus2 aja huhu.

Kejadian 1
Gue lagi nungguin azka main tiba2 azka dipegang ama temen nya yang lebih besar, terus p4nt4t nya dipukul2 kenceng gitu. Bukan cuma sekali, tapi berkali2. Macam adegan anak nakal di film2.

Gue kaget dan langsung negor anak itu. Soalnya gue dari tadi kan liat mereka main lari2an, dan azka ga ngelakuin kesalahan apa2 kok. Ya jelas aja gue tegor dong. 

Padahal ada mbak nya loh disamping. Tapi si mbak boro2 negor dan menghentikan anaknya, malah cuek dan sibuk mainan HP.


Sama mbak sebelahnya dicolek "eh itu anak mu tuh" Si mbak masih dengan mainan HP cuma jawab "biarin lah dia emang nakal tiap hari kok"

Duenggg..Mbakk nyahhh!!!

Azka nya juga cuma cengar cengir aja bilang "gpp kok bu" *_*

Kejadian 2
Yang ini rada panjang ceritanya hehe

Kalo ada sebagian anak yang di lingkungan baru observe dulu baru "panas", kalo azka dari awal dia udah sibuk explore. Tiap ikut kegiatan baru, 1-3x pertemuan azka biasanya masih explore sana sini. Jadi dia suka ga ikutin instruksi gurunya. 

Misalnya nih..Kalo disuruh lari sampe ujung, dia malah sampe tengah doang terus balik lagi karena pengen cepet selese. DIsuruh tonjok, dia malah bolak balik sibuk mau liat sarung tangan coach nya -___-

Terus ada kegiatan yang butuh teamwork, dimana kalo team nya kalah semua orang di team "dihukum". Ya hukum main2an aja sih..Suatu saat team azka kalah..ya emang seringan kalahnya sih. Soalnya badan azka paling kecil. Jadi kalo disuruh lari atau ngapain ya pasti paling lama. 
Kayaknya gara2 ini ada temen nya yang ga suka, bikin team kalah melulu. 

Ada 1 temen nya yang terus2an sebel sama azka. Sebut aja namanya si X ya. Umurnya emang lebih tua 1 taun daripada azka. Padahal azka udah nurut sama coach nya. 

Pernah nih pas azka dateng dia bilang ke semua anak..

"yaaa ada azka..jangan temenin ya jangan temenin"

Azka si cuek aja..

Tapi selama kelas berlangsung, si X selalu ngejek dan "ngenyek" in azka. Karena azka badan nya kecil gitu kan. 

Si X bilang..

"ah kamu masih kecil, ototnya ga ada"
"ada kok"
"mana?coba tonjok aku"

Ditonjoklah ama azka..

Dia jawab "ah ga kerasa..emang ga ada ototnya"

Ditonjok lebih kenceng ama azka.

Coach nya liat. Pas 2 anak ini ditegor,  Eh si X bilang katanya azka yang tonjok2 dia. Alhasil azka kena tegor ama coach. WHATT?? Padahal kan dia yang suruhhh @_@ Azka juga ga bisa ngomong apa2 ke coach nya. 

Pokonya gitu deh selama kelas berlangsung. Sementara azka kalo diejek kan belum bisa bales ngejek. DIa cuma kekeh aja jawab yang dibilang X ga bener. Jadi 2 bocah ini adu mulut selama kelas berlangsung. 

"Ah kamu masih kecil"
"Gak..udah gede"
"Masih kecil.."

Gituuu terus kayak kaset rusak haha. Sampe gue yang liat juga pening.

Minggu depan nya..Terulang lagi kejadian kayak gini. Cuma lebih parah. Si X mulai ngajak temen lain buat ngejek azka.  Kalo lagi baris, azka didorong. Azka mulai sebel kayaknya, begitu didorong, dia balik pelototin si X. Abis itu baris lagi biasa. Eh didorong lagi dong. Makjang...

Sama azka disamperin. Terus si X kembali mendorong azka pake telunjuk. You know kayak anak SMA ngajak berantem gitu. Dipisahin ama coach nya. Tapi terus si X ngejek dan dorong2 azka lagi. 

Gue kan jadi gemess..

Akhirnya gue samperin aja si X. Gue tanya "kenapa kok berantem melulu..kenapa ngejek2 azka?"
Si X jawab "karena azka iseng"

Padahal isengnya juga bukan ke dia kok. Tapi gue tetep panggil azka dan gue suruh minta maaf

Azka langsung nyodorin tangan dan bilang "maaf ya"
Si X bilang "GA MAU"

Doeng! 

Alasan nya WAKTU ITU azka iseng sama sodara dan kakaknya (yang mana gue ga tau kapan dan kata si X juga udah lama *_*)  Kalo udah lewat lama, kenapa berminggu2 kemudian azka masih dimusuhin dan diejek ya huhu. Gue suruh azka minta maaf juga ke semua nya. Azka langsung minta maaf ke semua juga.

Semuanya langsung mau maafin, walo dengan tampang bingung. Karena yang lain kayaknya ga ada masalah sama azka. Cuma si X ini doang. 

Udah gitu pun, si X tetep ga mau maaf2an. Alhasil si X ngambek ga mau lanjut latihan  *_* Lhaa??piyee mamihh..

Lama banget dibujuk2 sama coach nya. Yang bikin gue agak sebel si..kok jadi azka yang salah semuanya. Karena si X ngambek seakan2 semua tindakan dia dorong dan ngejek azka itu gpp. Si coach juga bujuk nya cuma dengan "ayoo dong udahan ngambeknya..kan azka udah minta maaf"

Padahal ya..azka tuh kalopun iseng ga nyakitin si X lho. Kalopun azka ga ikutin instruksi coach nya, harusnya yang punya authority buat marah kan si coach. Kenapa jadi si X yang marah ngejek2 azka. 

Waktu itu biar cepet kelar gue emang suruh azka minta maaf. Dan janji azka akan ikutin instruksi coach nya. Walo gue rada merasa ga adil siy.

Abis gue pikir kelakuan azka masih wajar kok. Dia kan baru 5thn, emang masih suka penasaran ini itu. Ditambah awal2 dia masih bingung. Makin kesini makin bagus kok. Justru karena azka diejek2 terus jadi ga konsen. Orang azka lagi latihan dari belakang diejek2. Gimana mau fokus kan. Yang ada bukan sibuk latihan, malah sibuk jawab2in omongan si X.

Sampe waktunya pulang si X masih agak ngambek. Dan azka udah puluhan kali minta maaf. 

Si Okky sampe bilang "kalo minggu depan ada bapaknya, dan si X ngadu ama bapaknya bisa2 gue ladenin berantem nih" 

Hih..rada lebay yeee laki gue hahaha. Abis si Okky juga gemes liatnya :p

Kejadian 3
Azka liat ada beberapa orang lagi main lari2an. Terus azka nyamperin dan tanya ke anak2 itu "boleh ikut main ga" 

dijawab sama yang badan nya paling gede (semacam ketua genk nya) 

"gak boleh..ini untuk anak 6thn aja" 

Azka sedih gitu..terus jawab "azka udah hampir 6 kok. Kan udah ulang tahun 5" Tapi si ketua keukeh bilang ini cuma untuk anak 6 yang mau 7 taun. Anak yang lain pas mau samperin azka ditahan ga boleh main. 

Errrr..Yang ini entah alasan nya apa Azka ga boleh main bareng. Jadi azka cuma liatin mereka lari2an..terus pas mereka role play avengers. Azka tampak pengen banget ikutan. 

Dia kembali nyoba ikutan dan bilang "azka juga mau jadi avengers"
Diajawab "Ga boleh..kamu bukan avengers"

Azka jadinya balik ke gue dan dengan sedihnya bilang "bu azka masih ga boleh main..katanya azka bukan avengers"

Untung abis itu kelas udah mau dimulai. Jadi langsung masuk kelas.

Call me lebay..but It breaks my heart a bit :( Sedihh yaa ternyata huhu.

Setelah beberapa kali kayak gitu gue jadi mikir..Ya ampunnn ternyata dunia luar ini kejam yah..

How will my baby survive?

Kalo dari umur segini kok udah banyak anak yang udah bisa ngejek dan bikin anak lain sedih. Padahal setau gue anak2 kecil kan biasanya gampang banget main bareng. Kalopun berantem pasti baikan dalam beberapa detik. Ternyata i was wrong ya huhu.

Soalnya di sekolah azka ga pernah ada ejek2an. Jangan kan ngejek..azka sampe sekarang ga tau artinya kata2 "nakal/bandel/badung" Gurunya ga pernah ngomong negatif, dan kayaknya semua orang tua nya juga well educated urusan mendidik anak. Jadi ya kalo ada kejadian kayak gitu, azka ga tau cara ngadepin nya. 

Agak dilema sih..kadang gue mikir "permainan mental" ini bisa membangun mental si anak biar jadi lebih kuat untuk bekal di masa depan. Menurut seminar, kalo ada masalah, harusnya  biarin anak2 menyelesaikan dengan cara mereka. Ortu jangan ikut campur. Tapi sebagai seorang ibu kok ya gue ngenes tiap liat anak gue diperlakukan semena2 ama temen nya.

Gimana sih caranya ngajarin anak supaya bisa ngadepin kejadian2 kayak di atas? Gue bingung loh huhu..

30 komentar:

  1. Paling gemes emang kalo ada bully2 gitu ya dhit.

    paling yg bisa kita lakukan ya sering2 ingetin anak kita untuk berani speak up. Harus itu. Kalo udh speak up tp masih di bully, harus lapor ke guru or other adults.

    gw sih selalu ngomong2in andrew begitu dhit, soalnya andrew kan juga badannya kecil bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      gue udah selalu pesen ama azka si kalo ada situasi apapun yang bikin dia ga nyaman harus bilang ke orangnya atau orang dewasa.

      masalahnya kejadian ini seringnya pas ga ada orang dewasa man. kalo ada pun cuma nanny nya doang. Makanya gue yang bertindak

      Hapus
  2. Ngenes ya mba dhita kalo ngelihat bully membully anak kecil gitu. Kemaren juga sempet kejadian gitu did aycarenya aaqil. Ini bahkan anak belom 3 tahun udah mulai ada bibit gitu. Ya tapi begimana lagi ya, kita emang cuman bisa ngingetin anak kita biar gajadi korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dani
      iyaa sedih yaa :( gue parno nya tuh kalo azka di bully, dia akan mencontoh dan bully anak lain yang lebih kecil di tempat lain. makanya gue bolak balik kasih tau itu perbuatan jelek. Bikin orang sedih dll.

      Hapus
  3. ga pake mikir lagi , langsung lapor ke gurunya aja Dit Jangan dibiarin berlama2 nanti makin kelamaan si X malah asik nge bully ngajakin temen2 yg laen *yg justru ga ngerti apa2). Trus dipantau udah beneran dinasehatin gak tuh si X ama gurunya. Kalo masih reseh yaa lapor lagi aja ke gurunya itu kan tanggung jawab mereka di sekolah . kesian kan Azka huhuu * soorry rada kesel ama anak begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai
      gurunya udah tau sih. dan dia lebih berpihak ke si X karena dia kan ngambek. makanya gue agak kesel. cuma gara2 X ngambek dan azka meminta maaf seakan2 smua salah ada di azka. Padahal yang dorong2 dan ngejek kan si X :((

      ini bukan kejadian di skolah si..tapi di tempat les. di skolah azka justru anak nya manis2 banget. Makanya rada kaget kehidupan di luar sekolah kok begini amattt huhu

      Hapus
  4. Kl aq sih blm liat sendiri, tp taunya dari cerita anak2 dia ngapain aja sama tmn2nya sekolah...kl anak2 cerita ada tmnnya yg 'ga asyik' gt biasanya sih aq suruh mereka negur tmnnya kl itu ga baik, kl msh ga ngerti jg aq srh anak2 untuk ngmng sm gurunya....kl msh ga berubah aq srh anak2 ngmng ke aq nanti biar bunda yg ngmng sm walikelas di sekolah...sejauh ini sih udah ga pernah lg dgr cerita2 tentang tmnnya yg 'ga asyik' ituu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iranuraini
      gue juga ngajarin azka kayak gitu si. sayangnya kejadian2 ini ga pernah di sekolah. Tapi di tempat les. Yang mana anak2 itu biasanya sama nanny. atau malah ga ditungguin siapa2 lagi.

      Hapus
  5. duuuh baca cerita ini aja gue jadi ikutan gemesss deeh...

    jangankan kayak Azka yang diejek2..gue pun kalo liat radit lagi maen di plegrond gitu trus tiba2 ada anak yang gede ikutan maen dan dorong2 radit, rasanya gemeesssss pengen nyubit tuh anak.

    Tapi tetep gue samperin siih..sambil gue bilang..eeh maennya sama2 yaa..trus gue tetep berdiri di situ sampe radit puas maenannya. Ga bagus juga siih buat radit..takutnya dia akan selalu menjadikan mamanya tameng buat dia kalo ada yang agak nakal.

    ya abis badannya lebih gede dari radit gitu maaak...akika kan takut radit jatoh pas lagi di dorong di perosotan begitu...

    btw di kasusnya Azka..gue liat Azka masih bisa defense loh dengan dia selalu jawabin ejekan dari si X itu. Maksud gue Azka ga tinggal diem aja di ejekin. Bahkan dia mau buktiin kalo dia ga seperti yang si X bilang.

    Mungkin lebih dikasih pengertian lagi aja kali ya, kalo ada anak yang rese begitu, mendingan Azka langsung lapor ke coachnya. Jadi coachnya kan bisa liat siapa yang bermasalah sebenernya...

    ayo Azkaaa tetep semangat yaaa... ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. desi
      nah gue juga sempet mikir gitu des. Kan di seminar harusnya anak2 selese in urusan nya sendiri. Takutnya dia pun selalu berlindung di belakang punggung gue.

      kejadian kemaren itu coach nya udah tau kok. Udah liat juga. Tapi karena si X ini ngambek, jadilah dia yang dibujuk2. Tapi pas udah selese gue tetep kasih pujian ke azka kalo dia ngelakuin hal benar dan gue bangga sama azka. Minta maaf bukan berarti kalah toh.

      gue sebenernya kenal ama emak nya si X. Kmrn sempet gue ajakin playdate di luar jam les biar 2 anak ini lebih kenal dan deket. Tapi sayang waktu nya ga ketemu2 nih buat playdate

      Hapus
  6. Azkanya diajarin untuk membela diri aja Dit. Jadi biar Azka sendiri yang bisa cerita ke gurunya kejadiannya. Supaya nggak dianggep anak mama juga. Jadi dilatih untuk bicara aja gitu, cerita secara runut kejadian yang dia alami. Gue yakin Azka hebat dan bisa kok. Jadi gak terus2an disalah2in dan jadi korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leony
      azka kemaren udah cerita ke gurunya. Kan didudukin tuh mereka berdua. Tapi si azka kalo cerita kejadian panjang gitu alurnya suka kebalik2. Sementara si X nyerocossss terus. Kalah lah ya si azka :(

      Hapus
  7. Ikutan sedih bacanya Dhit.. Dan gemes juga ya, ternyata kecil2 udah banyak banget yang bakat jadi bully gitu..

    Tapi ngikutin temen2 yang lain, mending diajarin Azka yang berani speak up kali yaa. Dan keliatan kok Azka anaknya rasional dan pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebe
      gue juga kaget loh be ternyata anak piyik gini udah bisa bully dan bikin anak lain sedih. makanya gue les in taekwondo biar bisa membela diri kalo ada yang macem2 hahaha

      Hapus
  8. tetep salut ke azka, bisa cool hdapi masalahnya... smoga slalu bijaksana ya azka...:)
    btw, salam kenal mbak dhit selama ini sr, blognya saya link ya di blog saya... trimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rhey bond
      haloo..amienn makasi doa nya ya
      monggo..silakan di link. Thanks yah udah mampir2 kesini :)

      Hapus
  9. call me lebay too mb...tapi ak juga ikut sedih bgt *mbrebes mili* pas baca kejadian 3...huhuu...jadi keinget anakku yg masih 2 tahun...akankah dunia sekejam itu???tapi salut ya ama azka yg ga langsung ngikut "panas" pas dibully gt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ivna prawesti
      huhu baru kerasa beratnya tugas sebagai ortu untuk nyiapin anak kita jadi anak yang berbudi pekerti baik ya. azka tuh malah cepet banget lupa lho. pas ketemu lagi kayak ga ada kejadian apa2 hehe

      Hapus
  10. gw korban bully dari TK.
    karena badan gw dulu emang paling kecil dan baju seragam gw dibikin agak beda sama nyokap gw saking beliau takut gw kepanasan.
    kalo baris gak ada yg mau baris ama gw, main pun gak dikasih, terus diledekin melulu sama satu kelas. memang selalu ada provokator/pemimpinnya.
    terus terang gw kalo keinget sampe sekarang masih suka sedih, trauma dan gak PD.
    i hope azka wont experience things like i did.
    and semoga tukang2 bully gedenya dikasih hidayah dari Tuhan, jgn sampe jadi jadi tukang bully, preman or even koruptor (sorry panas).

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii
      hiks sedih banget baca ceritanya :__(
      geu kadang bingung anak2 bisa bully belajar darimana yah. apa nonton TV atau gimana huhu

      Hapus
  11. makanya, Dhit.. bener kan, kata bu elly risman? Kita butuh orang sekampung, buat ngebesarin anak kita... huhuhu...
    Aku sedih, bacanya. Anak2 umur 5-9 tahun itu harusnya sih, HARUSNYA masih gampil banget memaafkan, ya. Kalo baca ceritamu, kayaknya kok horror banget itu anak2 yg udah lebih gede dari Azka. Dari sekarang emang MAU NGGAK MAU kita harus siapin anak2 kita dengan semuaaaa nilai baik yang kita punya: kemandirian, ketahanan mental, dan kebaikan hati. Tentuuuu nggak gampang. Tapi kan... bukan berarti mustahil? Ayo, semangaaaat, Dhitaaaaa...! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitri
      bener bangettt..tapi kan susah ya bok :(

      makanya kadang gue tuh mikir pengen ngelindungin azka terus. Nyari skolah yang anaknya manis2 aja kayak sekolah azka sekarang nih. Sd nya pun gue udah ngincer yang muridnya dikit biar bully bisa minimal.

      But then again, gue pikir sampe kapann gue bisa ngelindungin azka kan. somehow dia harus belajar mandiri dan ngebela dirinya sendiri.

      Hapus
  12. Mb. Dhita msih sring liat Wong aksan sama titi Ga du rumah ibunya Ga ? Khan rumah mwrtua mb. Dhita di depnnya tuh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. elia elvi
      kan udah cerai. yang disini kan rumah ibu nya wong aksan :)

      Hapus
  13. Bully kayak gitu selalu ada. Teman Vay yang cowok juga ada kayak gitu, sepertinya sih dari rumah udah biasa begitu, suka bully anak yang lebih kecil. Tapi itu hanya sesekali dan di mobil jemputan, biasalah anak cowok suka usil. Hanya saja kalau di kelas dia ga berani nakal, cuma kalau udah di mobil jemputan ya itu, keluar lagi sifat bullynya. Hanya saja kalau di kelas, mereka ga berani macam2, tata krama dan disiplin ketat jg diterapkan di situ.

    Saranku sih pindah sekolah saja. Cari sekolah yang memang memberikan anak disiplin ketat dan menjaga anak nyaman psikisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. zizy
      ini bukan kejadian di skolah mbak. kejadian ini di tempat azka les di luar sekolah. justru karena di skolah ga pernah ada kejadian bully makanya gue kaget kok ternyata dunia luar sekolah kejam sekaliii :((

      apalagi kejadian di tempat les biasanya bukan pas di kelas tapi pas nunggu kelas dimana anak2 emang main bebas lari2an. jadi bingung juga kalo mau bilang ke orang dewasa ke siapa. Orang rata2 yang nunggu in nanny dan mereka sibuk gosipan atau main HP :(

      Hapus
  14. untuk dilema pergaulan anak kecil jaman sekarang.. yang biasanya kebanyakan sudah mulai berani berbicara dan bertindak apalagi ketika berkelompok. Cila (4yo) selalu aku observasi saat bergaul. ketika ada permasalahan, aku akan minta mereka menyelesaikannya sendiri. tapi tentunya tetap masih aku intip2 deg2an juga kenapa2 hehehe.. dari setiap masalah yang ia selesaikan tentunya ada proses belajar yang dapat menjadi bekalnya nanti.. jangan lupa memberikan pujian ketika langkah yang diambilnya benar..

    bukan ibu tega, tapi pengennya sayangku adalah sayang sepanjang masa, bukan hanya saat ini saja.. mau sampai kapan aku bisa melindungi dia dengan tanganku sendiri.. semangat.. semangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo
      gue juga pengen nya kayak gitu..tapi kalo gue intip kok azka seringan kalah :p karena biasanya lawan nya anak2 yang lebih gede. Jadi gue suka turun tangan kalo dirasa udah kelewatan.

      Hapus
  15. hadeh..mbak dhita. aku jadi ikut2an takut. gimana ya di rumah anak kita sayang2 dijagain kayak porselen. lah giliran di luar si anak digituin.herannya, kadang ortunya ya udah tau anaknya nakal, cuek aja lho. yg kayak gini jd pengen ngejitak ga sih? hihi..

    BalasHapus
  16. Dhit lo sabar banget, kalo gue sih liat Saif digituin, gue udah panas duluan dan (pasti banget) gue aja gimana dia defend himself (in terms of bikin kerusuhan, tonjok balik, nyolot balik, maaf ibu ibu agresif gue) hahahaha..

    Duh lo sabar banget deh Dhit masih bisa observe dari jauh dan nyuruh Azka minta maaf. Kalo gue sih udah brantem smpe emak bapaknya kali hahahaha..

    BalasHapus