Jumat, 02 Mei 2014

Kids..Let's Play!

Beberapa waktu lalu gue dan beberapa temen blogger lain nya diundang oleh mommiesdaily ke acara gathering #KidsToday project yang diadakan oleh Rinso.

Acaranya sendiri diisi oleh psikolog Roslina Verauli. Rinso sedang menggalakkan kampanye #KidsToday project, yang mana adalah kampanye yang bertujuan mngajak orang tua untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan bermain anak. Karena ternyata bermain itu penting sekali lho bagi tumbuh kembang anak.

Terus terang aja sepanjang talk show berlangsung gue rada2 tertampar sih huhu. Terutama pas mereka memutar video tentang anak2. Yang paling "jleb" buat gue pribadi sih video yang ini..





Begitu nonton gue langsung lirik2an ama @ariendasapari...Ketampar ni yeee *jleb jleb* Ngerasa benerrr yee anak2 kita sibuknya ngelebihin orang kantoran. Secara les yang Azka ikutin lumayan banyak. Memang les nya bukan les pelajaran, dan alasan gue mendaftarkan azka ke berbagai les juga sebenernya untuk mengisi waktu sepulang sekolah, supaya ga terlalu banyak nonton TV/main gadget. Berhubung gue  agak kurang kreatif dalam hal ngajak main. Jadi kasian azka suka mati gaya di rumah bingung mau ngapain gitu :p 

Memang gue akui, kegiatan azka main2 di luar pun agak kurang. Kebanyakan indoor. Untung ketolongan di sekolah ada jam "outdoor play". 

Gue ngerasa jaman sekarang rada berbeda ama jaman dulu. Situasi nya pun beda. Kita tinggal di lingkungan yang kebanyakan tetangga adalah orang2 yang sudah "berumur". Jarang sekali ada anak seumur azka yang main di depan rumah. Berhubung azka juga masih belum ada adik, makanya gue pikir lebih baik azka ikut les supaya dia juga bisa bersosialisasi.

Menurut ibu Roslina Verauli, bermain memegang peranan penting dalam meningkatkan fungsi executive anak. Fungsi executive ini contohnya adalah kemampuan untuk mengingat sesuatu, kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menyusun pola, dll. Main sepeda misalnya, tanpa sadar anak jadi belajar cara mengendalikan sesuatu, antisipasi supaya ga nabrak.

Setelah bermain, hati menjadi gembira sehingga otak pun lebih siap menerima pelajaran. Intinya dengan waktu bermain yang cukup, maka pelajaran pun akan lebih mudah terserap. Kita aja nih yang udah dewasa kalo lagi stuck ga ada ide atau solusi, coba deh keluar sejenak, biasanya pas balik jadi lebih terbuka tuh pikiran nya untuk mencari solusi.

Untuk kita yang tinggal di perkotaan dengan segala kemacetan, waktu memang jadi nya berharga sekali ya. Kadang susah banget mencari waktu untuk bermain. But you know what? Harus selalu ada waktu untuk anak. No compromise! #notetomyself.

Dan ternyata bermain bisa disiasati dengan berbagai cara. Misalnya aja membuat sarapan bersama. Dengan catatan jangan dipaksa dan harus menyenangkan ya. Biarkan anak membantu dan berkreasi sesuai yang dia mau. Atau bisa juga main di luar sambil siram2 mobil (sekalian cuci mobil). Ga usah takut kotor, karena kan bisa dibersihkan. Bener banget kata2 di salah satu video #KidsToday project "ini lebih dari sekedar bermain, ini pengalaman hidup"

Seneng sekali ya datang acara kemaren karena kampanye dan bahasan nya bener2 cucok untuk para ortu. Ditambah ada kesempatan bertemu dengan teman2 dan foto2 seru di photobooth :D



Btw, Rinso dan FemaleDaily juga mengadakan blog competition loh. Peserta hanya diminta mengungkapkan pendapat tentang video2 pendek #KidsToday Project. Hadiahnya ada uang tunai dan voucher gramedia. Asik banget kan. Yukk ikutan sebelum tanggal 12 mei 2014. Baca info lengkap nya di thread ini yah. Follow juga twitter nya Rinso @MissResik untuk mendapatkan info2 detail seputar kampanye #KidsToday Project.

Salut deh sama Rinso yang udah berhasil "menyentil" para orang tua untuk memikirkan juga waktu  bermain untuk anak. Ga hanya waktu belajar terus yang dikejar. Mulai sekarang gue berniat mengajak azka untuk bermain sebanyak mungkin dan mengurangi gadget/nonton TV. Thank you Rinso dengan #KidsToday project nya yang sudah berbagi info sangat bermanfaat bagi para orang tua.

2 komentar:

  1. Dhita kayak abg banget ya, masih pantes main ayunan begitu heheheheheh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memez
      hihihi alhamdulillah ya *mandi anti aging*

      Hapus