Jumat, 04 September 2015

Bali Marathon 2015


Ada yang berbeda dari Bali trip kali ini. Kalo biasanya agenda ke Bali dipenuhi dengan wisata kuliner atau beach hopping, kali ini agenda utama nya adalah BALI MARATHON.

Sebentarr..
jangan salah sangka dulu..bukan gue yang ikutan, tapi si Okky hihi. Gue sih tau diri ajalah ga mungkin banget ikutan race. Wong 5k aja belum tentu kuat.


Taun lalu sebenernya Okky udah ikutan juga, tapi yang 10k. Nah karena taun lalu dia ngerasa lari nya seru banget di Bali, jadi Okky bertekad untuk taun depan balik lagi dan naik ke level marathon. Katanya sih, banyak hiburan sepanjang jalan yang bikin para peserta semangat. Anak2 kecil banyak yang nonton sambil semangatin di sepanjang jalan, pokonya rame banget tiap masuk ke desa2. 

Ternyata mau marathon banyak banget ya persiapan nya. Kudu latihan berbulan2. Apalagi ini adalah marathon pertama untuk Okky. Bener2 harus nyiapin fisik dan mental. Kadang gue ga ngerti kenapa ya orang pada semangat banget mau lari lebih 42km..Itu kan kurang lebih jarak Jakarta-Bogor. ngapain nyape2in diri gitu loh. Udah ga bakal menang juga lah dari orang2 Kenya >_<

Jangan2 buat Okky lari 42km itu "me time" nya dia..mayan kan ga ketemu ama istrinya selama 6 jam haha.

Malangnya, kira2 3 minggu sebelum hari H, kaki Okky sempet cedera lumayan parah sampe bikin dia susah jalan dan harus menggunakan tongkat selama beberapa hari. Sempet bikin panik dan down juga sih. Ya bayangin aja udah latihan 5 bulanan, tau2 cedera menjelang hari H gimana ga nyesek.



Yang sedih bukan cuma Okky, tapi Azka juga nangis2 dong pas Okky ga bisa jalan itu. Soalnya, dari jauh2 hari, Okky udah janjiin ke Azka, nanti dia akan gendong Azka di pundak dari 50-100m sebelum garis finish. Ceritanya mau finish bareng Azka. Oh so sweet banget kan..

Gara2 cedera, Azka takut Okky ga bisa ikut marathon. Jadilah dia berlinang air mata udah kepikiran akan batal ikutan sampe finish.

Alhamdulillah, dapet info dari temen2 nya Okky untuk periksa ke ISMC (International Sport Medicine Center) di Senayan. Setelah sekitar 8x treatment, kaki nya Okky udah bisa dipake lari. Dan udah dapet lampu ijo dari terapis nya untuk marathon.

Bismillah aja deh ya..

Event Bali Marathon 2015 digelar hari Minggu, 30 Agustus 2015. Lokasi start dan finish nya di daerah Gianyar, tepatnya di Bali Safari & Marina Park. Kalo diliat-liat, daerah Gianyar belum terlalu rame. Jadi pilihan hotel dan tempat makan pun masih terbilang sedikit. Tapi jangan sedih, pas gue dateng kemaren liat udah mulai banyak hotel2 baru bermunculan.

Awalnya, kita udah booking Komune Resort seperti taun lalu. Beach club nya kece loh di Komune ini.  Lokasinya kurang lebih 2km dari lokasi marathon. We had a great time last year. Tapi karena suatu hal, akhirnya kita ganti nginep di Mara River Safari Lodge, yang mana lokasi nya tepat di venue Bali Marathon.

Untung juga sih akhirnya kita pilih Mara River. Karena gue kan nanti mau nungguin Okky di deket garis finish. Ceritanya mau jadi cheerleader gituhh ama Azka hihi. Kalo nginep nya di Komune, berarti gue harus jalan sendiri dari hotel ke deket2 garis finish. Bawa mobil takut ga dapet parkir, kalo jalan kaki cukup jauh ya 2km sambil bawa Azka. Haduu tampak repot deh..

Sementara kalo nginep di Mara River kan jalan nya cuma dikit banget ke depan. Enak banget lah pokonya buat para supporter manja macam gue..

Review Mara River Safari Lodge akan gue post terpisah di Turiskece ya (kalo ga males)..

Kita berangkat hari Sabtu subuh. Gile pak Okky milih flight ga kurang pagi nih. Jam 3.30 pagi aja gitu harus ke airport. Mata masih lengket keleuss ah..

Sesampainya di Bali, langsung ambil mobil sewaan dan cuss ke Westin Nusa Dua untuk ngambil race pack. Kok bisa sih Okky beruntung sekali dapet nomer cantik :D




Seharian itu kita cuma muter2 di Bali Safari & Marine Park aja. Si Okky udah ga konsen, doi deg2an haha. Kesian deh suamiku..
Malam itu, sengaja semua tidur cepet untuk ngumpulin energi buat besoknya.

Terus terang gue ga sadar kapan Okky berangkat. Cuma denger samar2 dia ngomong entah apa. Dan gue cuma bilang good luck *tutup muka*

Sembari nunggu kabar dari Okky kapan kita harus ke depan, gue sarapan di Tsavo Lion berdua Azka. Seru deh..sarapan sambil liat2 singa di depan mata. Lucunya, Azka kan gue biarin muter2 resto liat binatang, pas balik ke meja dia cerita "bu ada yang kenal Azka loh disini. Tadi Azka dipanggil, terus main bareng. Dia bilang ibunya juga ikut marathon" 

Hah? Nah loh. Sapa tuh ya..Gue tengok meja nya udah pada pergi. Dari tadi gue seliweran ambil makan juga perasaan ga ada yang gue kenal anak2nya.

Dari kemaren kita tuh penasaran sama kolam renang yang katanya bisa berenang sambil liat binatang. Karena belum ada kabar dari Okky, jadi kita sempetin liat kolam renangnya dulu. Pas sampe kolam renang ada beberapa anak2 lagi berenang. Eh si Azka bilang "Bu, itu loh yang tadi main sama Azka" 
Pas gue liat, eaaaa ternyata anaknya temen gue donggg..Dan temen gue pun ada disitu. Dia ikutan race yang 10k. Cuma tadi pas di resto anak nya ga sama dia, karena belum selese lari nya. Okayy mistery solved! hihi.

Kemudian, abis itu Azka gue gantiin kaos yang udah gue pesen untuk marathon ini. Baru deh anaknya keliatan tegang haha. Si Azka resah dan gelisah nungguin telpon bapaknya. Daripada anaknya cranky, ya udahlah kita mulai jalan ke depan. Walopun Okky bilang masih 6-7km lagi. Gue pikir, toh harus naik shuttle dulu terus jalan kaki dulu agak makan waktu.


Sambil kepanasan, kita nunggu sekitar 50m dari garis finish. Emang dasar si Azka ga sabar liat bapaknya, udah dibilang masih jauh dia minta diangkat ke pager. Katanya kalo tinggi Azka bisa liat jauh banget, pasti papa keliatan. Duh nak..Terpaksalah gue angkat, tapi kan deg2an takut jatoh ya. Jadi ga bisa lama2.


Ngeliat Azka yang sangat antusias dan excited, gue sampe nelponin Okky dan pesen jangan sampe lupa ngajak anaknya lari ke finish. No matter what! Takut anaknya sedih kann..

Setelah nunggu lumayan lama, akhirnya keliatan juga batang hidung nya Okky.

YEAYYYY..


Azka pun (illegally) manjat pager dan masuk ke jalur lari, ikutan lari sama Okky sampe garis finish. Ya udahlah ya..udah tinggal 50m lagi, dan udah sepi juga :p



Ya ampunn finish juga mas broo!!
ALHAMDULILLAH




ampe ada yang sujud syukur :D


Gpp ya 6,5 jam waktunya. Yang penting finish strong and healthy before cut off time. Start time Okky dan temen2 nya juga beda 15min karena mereka sholat subuh dulu.

Menurut ceritanya Okky sih, banyak tanjakan yang bikin capek banget. Ya iyalah, jalanan rata aja kalo 42km ya cape banget pasti. Apalagi yang turun naik kan..Banyak yang melipir ke pinggir jalan untuk pijit2 kaki, bahkan ada yang sepatu nya jebol. Kesian :(

Okky sendiri sering minta es batu tiap nemu water station, untuk kompres2 kaki. Dia sih udah mulai jalan santai di 10km terakhir. Daripada cedera kakinya kumat lagi kan..


gurunya Okky di SMA ikut  marathon juga lho!

officially marathon finisher
and yes azka..
your dad is a marathon finisher :)
Here's a short video of Okky and Azka marathon finish moment



Kirain Okky bakalan kapok marathon, eh ternyata dia masih berharap bisa ikut lagi tapi di luar negri. 
Lha jadi maksudnya, jadwal liburan menyesuaikan dengan jadwal marathon??  >_<
Okee dehh..London Marathon next? *ngayal*

6 komentar:

  1. Wow... Congrats ya buat okky. Hebat!
    Gak kebayang gw lari 42 km... Masih bisa senyum pula. Kalo gw udh pingsan kayaknya hahahaha

    BalasHapus
  2. arman
    haha dia santai sih soalnya pas udah 10km terakhir udah jalan kaki. Malah bisa foto2 gitu
    gue juga ga kebayang itu kayak apa ya rasanya lari berjam2

    BalasHapus
  3. kereeennnnn.. ga keliatan kaya abis lari 42 km loh papanya azka.. saluttttt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nita
      thank youu..
      si okky lari nya tanpa beban makanya mungkin ga terlihat letih2 banget ya hihi

      Hapus
  4. Seru bgt..ga kebayang lari sejauh itu..

    BalasHapus
  5. Oh Tuhan..gw selalu takjub dgn org2 yg demen maraton..hebat ih okky!.
    gw sih ngga mungkin bgt lelarian gini ...hihihi

    BalasHapus