Senin, 05 Oktober 2015

Si Anak SD



Udah basi kali ya cerita SD haha. Udah berbulan2 masuk SD ni sis :p

Kita putar ulang waktu pas liburan sekolah Juni-Juli ya.
Sesungguhnya sih, gue ga ngerasa perubahan apa2 untuk masuk SD. Maksudnya dalam hal persiapan perlengkapan ya. Di saat semua temen2 gue posting belanja alat tulis, jait baju, bikin sticker nama dan sibuk nempel2in sticker nama di semua perlengkapan anaknya.
Gue bener2 ga ngapa2in..

Seragam sekolah? Udah jadi dapet dari sekolah
Alat tulis? Udah disiapin sekolah PLUS udah dinamain
Buku? Ga pake buku tulis dan buku pelajaran 
Sepatu? Bebas, ga ada aturan harus warna tertentu


Enak sih tinggal bawa diri aja pas hari pertama.
Tapi bener deh..ga berasa anaknya mau masuk SD haha. Ga ada repot2 persiapan nya sama sekali. Mungkin karena emang sekolah kecil, jadi semua perlengkapan masih bisa di handle ama yayasan.



Sekolahnya cuma 1 kelas untuk masing2 angkatan. Jadi total cuma ada 6 kelas dari kelas 1-6. Masing2 kelas diisi 26 anak. Untuk kelas 1, guru kelas nya ada 3 orang. Tapii ada tambahan guru mata pelajaran lain, seperti agama dan olahraga, gurunya beda lagi. Misalnya pas pelajaran agama yang diisi oleh guru lain, 3 guru kelas biasanya duduk di belakang sambil monitor anak2. 

Sekolah Azka ga pake buku pelajaran. Ga pake buku tulis juga. Anak2 belajar dengan menggunakan lembar kerja (LK) yang dibikin sendiri oleh sekolah. Masing2 mata pelajaran ada folder sendiri. Jadi setiap anak2 selesai mengerjakan LK, langsung dimasukin ke folder. 

Folder ini ditinggal di sekolah. Dibawa pulang setiap hari Jumat dan dibawa kembali hari Senin. Jadi orang tua bisa melihat yang dipelajari anak2 selama seminggu itu di rumah. Kecuali kalo mau ada ulangan harian, folder pelajaran yang akan ulangan ditinggal di rumah kurang lebih seminggu untuk belajar. Jadi misal minggu depan mau ulangan matematika, yang dibawa ya cuma folder matematika aja. Yang lain tetep ditinggal di sekolah.

Belum ada PR untuk kelas 1. Horeeeee..Emaknya yang girang :p 
Untuk kelas 2 dan seterusnya sih mungkin akan ada. Tapi untuk kelas 1, terutama semester 1 ini kan masih penyesuaian. Jangan kan PR, ekskul aja belum boleh ikut. Katanya si, semester 2 baru bisa pilih ekskul. Intinya semester 1 ini masih santai banget. Supaya anak2 ga terlalu kaget perubahan dari TK yang kebanyakan main ke SD yang udah lebih serius.

Tapi kalo anaknya ga masuk sekolah karena sakit/ijin, LK selama dia ga masuk dibawa pulang ke rumah dan harus dikerjakan. Kalo udah selesai, bisa dibalikin ke sekolah. Ga ada tenggat waktu, seselesai nya aja.



Yang agak rempong sebenernya masalah makan siang. Berhubung sekolahnya ga ada kantin, anak2 mau ga  mau harus bawa makan siang sendiri dari rumah. Ada sih beberapa orang tua yang menawarkan jasa catering. Gue udah pernah coba pas awal2 masuk, tapi anaknya request makanan dari rumah aja alias gue yang masak.

Ya ampunn udahlah skill masak minim banget disuruh masak tiap hari ama Azka. Aku tekanan batin nih, minder kalo menu Azka gitu-gitu aja. Boro2 ala bento deh :p Selain males, gue juga ga kreatif ah kudu bentuk ini itu.

Gue bilang aja "kalo bubu yang masak, tapi diabisin yah" dan Azka menyanggupi. Eh beneran lho, pas catering itu Azka makan nya cuma seuprit. Gue sempet rasain sebenernya oke kok. Tadinya sempet mikir, ya emang dia aja kali males makan di sekolah. Orang biasa disuapin kan di rumah. Eh pas bawa masakan gue, beneran diabisin terus lho. Ohh aku jadi terharu..

Masalah nya adalah, makan siang udah harus ada di sekolah jam 11. Gue bingung, kalo bawa dari pagi kan udah ga enak ya. Jadi gue biasanya anterin ke sekolah jam 11 an atau pake gojek. Ongkos gojek + tips udah sama kayak harga catering >_<

Seperti layaknya sekolah lain, di SD udah ada ulangan. Alhamdulillah sih ga ada UTS. Cuma ulangan harian biasa yang tiap minggu 1-2 mata pelajaran. Tapi tetep aja kann bikin emaknya mules2.

Salah nya gue, pas ulangan harian pertama gue heboh nyuruh Azka belajar dari seminggu sebelum nya.  Namanya ini pengalaman pertama juga kan buat gue. Kayaknya gara2 ini di pikiran Azka ulangan itu menakutkan. Alhasil begitu hari H anaknya panik terus lupa blank lupa semua. Terus dia nangis aja gitu pas nemu 1 soal yang dia ga bisa.

Padahal ulangan nya dibacain loh sama gurunya. Ulangan pertama matematika  pun masih simpel banget soalnya. Yang Azka ga bisa sebenernya cuma 1 soal. Tapi gara2 1 soal itu, yang lain pun jadi lupa >_< Akhirnya dibantu ama guru, disuruh tenang dulu. Baru deh bisa balik ngerjain soal lain nya.

Begitu ulangan dibagiin dan  gue kasih tau hasilnya bagus, baru Azka jadi pede ikut ulangan2 berikut nya. Gue juga bolak balik udah kasih tau sebenernya gpp kok ulangan itu. Ga harus bisa kerjain semua nya. Kalo ada yang ga bisa ya udah gpp. Ga harus dapet 10. Dia pikir tuh kalo ulangan harus bisa semua (-_-')

Pelajaran deh buat gue juga..
Santai aja siss..

Sekarang kayaknya malah kelewat santai. Anaknya besok mau ulangan, bisa2 nya kita berdua nonton bioskop dulu hari sebelumnya hihi.











Sampai sekarang si anaknya terlihat seneng-seneng aja di sekolah baru.
Semoga terus begitu ya ka..

4 komentar:

  1. agak2 kayak mengadopsi cara belajar di Finlandia ya Dit, gak dikasih PR dan gak ada ujian....

    BalasHapus
  2. F,
    sekolah nya emang lebih santai dibanding sekolah lain. Walo tetep ga bisa kayak Finland sih.
    Soalnya kan ikut kurikulum diknas. Jadi masih ada target2 yang harus dipenuhi. Yayasan men design program belajar mengajar sedemikian rupa supaya target2 tercapai tapi beban nya ga terlalu berat untuk anak2.

    BalasHapus
  3. Hai mbak Dhita, salam kenal yooo,.betewe..Azka skul dimana si mbak??

    BalasHapus
  4. Hai mba, anaknya ga jd di sd idaman pondok labu yaah? Jdnya di bangka? Pengen tau apa pertimbangan2nya hehehe

    BalasHapus