Jumat, 11 Maret 2011

Not 1..not 2..but more than 6 Unitlink yang harus ditutup

Waktu gue ikut salah satu talk show nya Ligwina Hananto, dia pernah bilang untuk coba mulai ngomongin tentang masalah keuangan orang tua kita ke mereka. Bukannya karena pengen minta warisan yeee..tapi kita kan sekarang masih dalam tahap planning segala macem "dana" buat keluarga kecil kita, takut nya kondisi financial ortu ternyata ga sehat dan kita terjebak di dalam "efek sandwhich". Dimana kita terjepit di tengah2 karena harus bantu ortu sementara keluarga kecil kita sendiri pun masih perlu banyak dana.  

Dengan mulai ngobrolin tentang masalah financial ke ortu diharapkan kalo ada apa2 bisa diselamatkan duluan sebelum terlambat. Mbak Wina juga pernah mengulas masalah ini disini

Gue sendiri ga pernah kepikiran buat ngobrol tentang uang ama bokap. Di keluarga gue, semua uang tabungan + investasi + asuransi dipegang bokap. nyokap gue tipe yang dikasih jatah bulanan berapa , ya itu yang dipake untuk keperluan rumah tangga - ga ngerti investasi, asuransi, dll

Enak yah nyokap gue.ga macam gue yang jungkir balik mesti baca2 artikel financial ampe mabok, baca2 tentang Reksadana, ikut2an talk show financial planning dll demi tercapai nya semua tujuan financial keluarga kecil ini.

Walo pun udah pensiun, bokap gue masih aktif golf jadi konsultan di perusahaan BUMN tempat dia dulu kerja selama 30 thn (haloo PT. Timah - makasi lo udah membuat gue dan smua adek2 sempet merasakan kuliah di luar indoneseah :)). Ada usaha tambang batubara kecil2an juga sama temen nya. Jadi income sih masih ada walo ga pasti jumlah nya.

Malah kalo boleh jujur, keluarga kecil gue yang masih banyak dibantu sama ortu. Kalo ga, rasanya ga akan mungkin bisa tiap taun ajak aka liburan ke luar negri :p

Sampe suatu hari di awal taun 2010..

Tiba2 datang surat dari A**ia** isinya statement Unitlink..

jreng jreng..bingung dong gue?? memang sebelum nya gue punya unitlink di perusahaan yang sama. Tapi jelas2 udah gue tutup. La kok dateng lagi statement nya??

Usut punya usut ternyata bokap gue yang bikinin gue unitlink!!
Bokap gue ga pernah ngomong apa2 tentang ini..dan ternyata bokap gue udah ikutan unitlink atas nama gue sejak 2006. Mantap ga tuh hehe

Sepertinya karena sebelumnya ada nama + alamat gue di database mereka, walopun gue udah nutup unitlink gue tapi nama gue tetep ada. jadilah itu statement unitlink (yang seharusnya gue ga tau) nyampe ke gue.

langsung lah gue tanya bokap..awalnya dia berkelit, "apa sih mbak? ga kok ga ada" lah gimana ga ada??gue sodorin dong statement nya. trus dia bingung "lah kok kamu tau??gimana bisa nyampe ke kamu?" (-_-')

Gue tanya sama bokap kenapa bikinin gue unitlink? jawabnya "yaa cuma buat invest aja..kan mayan mbak..ada asji nya pula. kita cuma bayar 4 taun kok. abis itu ga bayar lagi"

hmm iya (mungkin) dengan asumsi kondisi market bagus terus. lah kalo tiba2 market drop..emang nilai nya ga turun??ga mungkin kan pas market turun, unitlink naik? setau gue kalo market drop, nilai investasi kita drop, kita akan diminta top up supaya tetep bisa bayar premi.

Sejak saat itu gue sering nanya2 terus ke bokap tentang unitlink. sampe akhirnya terkuak fakta bahwa bokap gue punya banyaaakkkk unitlink *pingsan* sebagian besar atas nama anak2 nya yang ada 4 orang.  adek2 gue punya masing2 2 unitlink , sementara gue cm 1. ada lagi atas nama bokap gue sendiri @_@

gue udah kasih penjelasan. tapi bokap gue kekeh unitlink bagus. oke deh papa..gue biarin aja..

Lama2 kok gemes ya hihi. emang si gue kesan nya ikut campur banget. Kasarnya kan "duit juga duit gue, kenapa lo yang ribet sik?" gitu kali ya yg dipikiran bokap gue. karena gue terus2an rewel, gue bilang "kalo ga percaya kita minta itungin financial planner yuk"

Awalnya ya nolak2 terus dengan alasan macem2..tapi akhirnya kemaren bokap gue mengIYAkan. hooraaahh..

Langsung lah gue bikin appointment sama salah satu planner QM financial. Mbak Fitri, yang biasa ngisi di TUM jg.

kemaren akhirnya ketemu di kantornya QM. Tadinya mau dibuatin ilustrasi unitlink dalam bentuk hard copy.  itung2an nya gimana, udah rugi berapa selama ini. Supaya bokap gue bisa baca perbandingan nya dengan  kalo kita misahin investasi+asji. Tapi kemaren gue cuma bawa statement report taunan aja, ga bawa polis masing2 unitlink. karena kata bokap gue harus dicari dulu polis nya ada dimana (-_-'). Mbak fitri jadinya ga bisa ngorek2 dan ngecek secara pasti.

Mbak fitri ngejelasin memang unitlink banyak kelamahan nya. makanya para financial planner jarang yang merekomendasi produk ini. kelemahan nya antara lain:

Hasilnya tidak optimal
Terutama untuk investasi, kalo dibandingkan dengan kita langsung invest ke Reksadana langsung, pasti hasilnya akan lebih besar. Ibaratnya kalo kita bisa beli kopi ke petani langsung, ngapain beli di supermarket?

selain itu kita ga bisa kontrol langsung, cuma bisa milih jenis investasi nya (balance fund, equity, dsb) tanpa kita tau uang kita di invest kemana aja. yang ditulis  di statement hanya return nya sekian persen. padahal kalo mau coba intip performance Reksadana sejenis bisa selisih banyak loh. 

sementara kalo kita beli RD sendiri kita bisa kontrol langsung. misal nya kita invest di RDS manuhidup, ternyata ga puas dengan return nya ya kita bisa aja dengan gampang ganti ke MI lain.
  
Premi nya mahal
di salah satu unitlink adek gue, tertulis premi taunan untuk asji nya DOANG 5,2jt. dengan UP *jreng jrengg* 55jt.

WHAT?? *shocked*

padahal kalo kita beli asji terpisah, menurut pengalaman si emak cihuy Ira untuk UP 1M aja permi taunan nya 2,8jt *numpang nyontek ya ra hehe* itu dengan kondisi umur 6thn lebih tua dari adek gue (ga brani nyebut umur nya ira), jadi mungkin kalo lebih muda bisa lebih murah.

But then again..

adek gue belum membutuhkan asji. la wong belum menikah. ga ada tertanggung kan? jadi sebenernya embel2 "tapi kan ada asji nya" useless. Di polis nya tertulis UP keluar kalo adek gue meninggal dan yang dapet uang nya adalah bokap gue. Ini ga kebalik ya? (-_-')

tidak transparan dan banyak hidden cost
Kita semua tau deh 5 taun pertama banyak sekali biaya2 yang dikeluarkan. biasanya di polis ada tuh tulisan biaya akuisisi/kontribusi. Contoh nya di *** M*n*i*i biaya kontribusi untuk mereka di taun ke 1 80%, taun ke 2 60%, dst sampe taun ke 6 baru 0%.
breakdown dari biaya2 itu kita ga pernah tau.

Memang si gue ngerti, niat bokap gue itu sangat mulia. Dia mulai beli2 produk ini taun 2006, saat dimana dia hampir pensiun. Mungkin yang dia cari adalah askes nya. Sebagai pensiun an BUMN, bonyok gue dicover full. tapi anak2nya dicover cuma sampe anak ke 3 dan dibawah 25thn. jadi lewat 25 thn ga dicover lagi karena udah dianggap bisa mandiri sendiri.

Makanya dia cari2 produk asuransi. ehh tiba2 ditawarin produk unitlink yang ada asji+askes+investasi. Well terlihat sangat menarik memang ya. Bagaikan sekali mendayung 2,3 pulau terlampaui. Apalagi untuk orang tua males lah survey sana sini nanya asuransi, banding2in sana sini. Sekali ditawarin..ya udah langsung di IYA in. 

Sampe2 mbak fitri bilang " ini agen nya pasti seneng banget deh sama papa hehe"

Kalo dari hasil analisa sekilas si emang disaranin ama mbak fitri untuk ditutup aja. Mulai lagi dari awal, tanya sama bokap gue TUJUAN NYA APA?

Investasi? untuk apa? untuk dana nikahan adek2,  dana liburan sama gue, dana senang2 dan dana-dana lain nya?
ya langsung aja ke Reksadana

Asji ?
Anak2 nya belum butuh asji untuk saat ini. Bokap gue pun ga butuh asji lagi karena udah punya beberapa aset berupa tanah dan properti yang di jadiin usaha kos2an. Dapet pasif income yang lumayan juga dari situ.

Askes? buat anak2?
Beli askes terpisah aja..premi nya lebih murah..

Bokap gue si akhirnya bilang terserah kalo mau ditutup. tapi gue masih ngeliat bokap gue setuju untuk nutup karena males gue singgung2 terus. bukan karena dia ngerti bener mekanisme cara kerja unitlink. Which is menurut gue ya percuma, takutnya nanti ada agen lain yang dateng nawarin produk yang sama, bisa2 dia ikut lagi.

Makanya rencana gue selanjutnya emang mempertemukan mbak Fitri sama bokap. kali aja kalo dijelasin ama yang ahli bisa lebih "melek"

Btw ya, ternyata mbak fitri katanya pernah ketemu bokap gue. Dua2 nya alumni Tambang ITB, tentu sajah angkatan nya beda jauh. Dan lucunya lagi mba Fitri dulu KP di Timah, di Bangka. dunia ternyata sempit banget yah hihi. Terus mungkin saking gemes nya liat statement2 unitlink mbak fitri ampe bilang "sini gue ngomong langsung deh sama papa, gue ke rumah jg gpp" :p

Sekarang tinggal nunggu bokap gue ketemu mbak Fitri, abis itu baru deh kita tentukan langkah selanjutnya..

2 komentar:

  1. Ditha, makasih yah sharenya soal unitlink

    BalasHapus
  2. Bertha
    Sama2 yaa..smoga info yg seadanya ini bisa berguna :))

    BalasHapus