Selasa, 07 Juni 2011

huaaa susu nya basi

Malem itu seperti biasa sebelum tidur azka gue kasih susu. kebetulan susu azka emang gonta ganti baik merk dan rasa nya. malem itu gue kasih susu indomilk vanilla.

Langsung diminum sama azka beberapa teguk. terus berenti. gue kasih lagi, diteguk lagi. tapi terus ogah2an. gue curiga dong..gue cicipin deh susu nya..

ASTAGAHH...

susu nya BASI !!!

Gue aja ga ketelen, karena begitu sampe mulut kerasa kentel dan asem..hoeekkkk !!
Langsung gue cek exp date nya..dec 2011 kok. kemasan sebelum dibuka pun ga kembung. tapi begitu gue tarok sedikit di telapak tangan susu nya udah berbusa hiks hiks
 
gue agak amazed aka ga muntah dan bisa nelen susu basi itu beberapa teguk tanpa komen apa2. mengingat dia kan udah bisa ngomong yah. kayaknya karena aka hampir tiap hari gue kasih yogurt yang rasanya asem2 gitu. jadi mungkin aka ngerasa itu yogurt? entahlahh

Biasanya nih ya, gue tuh nyobain dulu loh semua yang mau dikasih ke aka baik makanan atau pun minuman nya. cuma kok apes banget ya kemaren pas kelewat nyobain ehhh dapet yang basi.

Paginya gue email in layanan konsumen Indomilk. Ga ada maksud macem2 si, cuma pengen kasih tau aja ke mereka. Ternyata yahh email gue dibales cepet banget. mereka minta no telp yang bisa dihubungi.
gue kasih no hp gue dan 1 menit kemudian ditelp sama mereka

Intinya si mereka minta maaf dan menanyakan apakah kemasan nya masih disimpen. Sebenernya udah gue buang sih tapi masih ada di tong sampah. jadi diambil lagi :p

karena kemasan masih ada, mereka akan kirim orang QC untuk ngambil ke rumah gue. Nanti kemasan tersebut akan di periksa di lab untuk cari tau penyebab basi nya kenapa.

Beberapa jam kemudian datenglah orang QC nya  ke rumah, namanya mbak Novi. Pas ketemu gue, mbak novi langsung minta maaf dan nanya keadaan aka :) Alhamdulillah si aka ga mencret2 atau muntah2. jadi gue ga terlalu kuatir.

Mbak novi sempet mengalisa sekilas dari kemasan gue itu. Katanya seperti nya ada sobek di dalem. soalnya setelah diliat2  (secara detail dan dari jarak deket banget) ada perbedaan warna biru di bagian atas kotak nya. artinya ada sobekan dan susu nya ngerembes dikit. kalo diliat sekilas apalagi sama orang awam ga akan keliatan deh.

Sobekan di dalam ini yang seringkali menjadi penyebab susu basi. Gue baru tau kalo ternyata untuk penyimpanan di gudang supplier ada cara nya loh. Kalo gue ga salah denger max 4 tumpuk kardus. Makanya cara handling pada saat distribusi dan penyimpanan (terutama di gudang supplier) penting banget. Salah2 handling bisa bikin kualitas susu nya rusak alias basi.

Mbak Novi juga nanya beberapa pertanyaan seperti "beli nya dimana?kapan" kayaknya sbuat survey mereka yah. gue ih sangat terkesan dengan layanan konsumen Indomilk. Karena bener2 cepet respon nya. Dan kemaren kita juga dikasih bonus 1 kardus indomilk vanilla.

Kalo ada saran/kritik utk Indomilk bisa hub ke:
0-800-1-70888
(021) 87708888
layanan.konsumen@indomilk.com 

Oya kalo ada yang mau complain produk yang rusak, syaratnya produk yang rusak/basi itu jangan dibuang. Karena kalo ga ada bukti produknya mereka ga akan ada kunjungan ke rumah seperti gue kemaren.

Sedikit Tips dari mbak Novi untuk membeli susu:

- pastinya liat exp date nya. untuk indomilk masa kadaluarsa nya 9bln dari tanggal produksi. jadi kita bisa kira2 sendiri kapan susu nya di produksi. kalo udah tinggal 1 bln dari exp date si mending cari yang lain aja yah.
- memang lebih baik beli di supermarket besar, karena product knowledge pegawai2 nya lebih bagus.jadi cara handling dan penyimpanan lebih bagus. jadi kemungkinan basi bisa di minimalisir.

- perhatikan kemasan nya. Harus mulus ga ada penyok2. Kalo ada penyok walo dikit mending ambil yang lain deh

Dan yang paling penting sih kalo susu nya buat anak, sebelum dikasih DICOBAIN dulu ya ibu2. karena exp date masih lama tidak (selalu) menjamin susu nya masih bagus.


Huhu maaf ya ka..bubu bisa2 nya lengah kemaren :'( jadi sedih banget gue berasa bago banget jadi ibu hiks.

lesson learned..and at least gue bisa share pengalaman gue supaya yang lain bisa lebih hati2

7 komentar:

  1. makasih sharenya dhit, udah baca di twitter seh, tapi lebih detail jadi tau kayak gimana kronologisnya, jd pembelajaran juga nanti2 kalo mau beli susu..

    semoga sehat terus Aka :)

    BalasHapus
  2. thx for sharing, mba..jadi lebih waspada kalo ngasih makanan-minuman kemasan ke anak..

    BalasHapus
  3. Irma,
    Sama2 :) emang mesti ati2 yah..at least dicobain dl deh sblm dikasih ke anak

    Mama danish,
    Iya apalagi anak2 yg blm bs ngomong kasian bgt kl sampe keminum susu yg basi

    BalasHapus
  4. makasi ya mak buat infonya, Alhamdulillah Aka gpp ya..
    Hebring jg tuh servis dr indomilk, jd makin cinta deh hehehe

    BalasHapus
  5. r33n3e,
    sama2..smoga info nya berguna ya
    servis nya emang oke banget..emang harusnya gitu ya, kalo ada customer complain lsg ada action nya :))

    BalasHapus
  6. Thanks sharingnya ya. Gesit sekali respons dari CS Indomilk, nggak sangka mereka begitu bertanggung jawab sama produknya ya. Salut!


    ** www.hopscotchbaby.com **

    BalasHapus
  7. kebetulanwah pas banget nemu info di blog mba, kebetulan abis mengalami 'nasib' yang sama. jadi tau mau komplainnya kemana.
    trims

    BalasHapus