Rabu, 17 Oktober 2012

My Korea Experience - Food Galore (1)

Okelah karena pada nagih foto2 makanan..

Gue beri deh niii...gue beriiiii hahaha :))

Sejujurnya ya..gue ga terlalu menikmati wiskul di Korea. Makanya berat gue turun pas liburan *Loh  pamer?? pamerrr??* Tenangg..sampe jakarta mah udah naik lagi nih :p :p eh kok ngelantur.

Kembali lagi ngomongin makanan di korea..

Buat kita yang muslim, mungkin permasalahan terbesar liburan di Korea adalah makanan. Aduh cynn susah banget emang nemu resto halal. 

Atau gue yang terlalu nyari? Ya iya sih..
Abis namanya lagi liburan kan..waktunya sempit, jadi ga mungkin juga tiap jam makan harus cari2 makanan halal.

Ditambah lagi, di resto/jajanan kaki lima SANGAT JARANG yang bisa bahasa inggris *keluh*

Pernah lho suatu saat gue nanya ke penjual jajanan pinggir jalan "what is this?"
Dan dia jawab "one thousand" *jedot2 in kepala*  

Solusi gue tiap mau makan adalah kasih liat ke pelayan nya hasil terjemahan google translate "I DONT EAT PORK" dalam bahasa korea. Biasanya si mereka ngangguk2. Lalu dilanjut kan dengan kita nunjuk2 salah 1 menu sambil kasih jempol (terjemahan bahasa tubuh: ini oke?)

Yang paling kasian ya azka. Susah banget cari makan nya. Kebanyakan makan Korea pedes dan asem kan. Di resto korea jakarta suka dikasih saos manis kalo liat anak2. Disana mungkin ada, tapi namanya apa kita ga tau :( Plus, resto yang gue sambangi rata2 daging nya ga selembut yang di jakarta. 

Kalo pas laper banget si ama azka dimakan juga, dia bener2 gigit sampe kecil2 dulu baru terus dikunyah dikit2. Kasian :((

Jadi gue sering tuh kalo nemu fastfood beli nugget2 an. Itu lebih kemakan ama azka. In fact, kayaknya hampir tiap hari makan nya nugget2an deh :p soalnya di deket hotel lengkap ada mcD, KFC, dan BK. Kadang gue take away, takut2 nanti ga nemu makanan buat azka. Ga sehat? ya udah lah yaa bokk..


Masalah harga sih ya MAHAL! but again, kita lagi liburan. Nikmatin ajalah duit keluar kayak air tiap hari hehe. 


Random facts eating in korea:


  • Di mall2 agak susah cari "makan besar" yang pake nasi. Kebanyakan fastfood. Bayangin aja.. pas kita ke Lotte Mall, foodcourt nya diisi dengan taco bell, mos burger, dan fastfood lain nya.
    Beda banget dengan foodcourt jakarta yang dari steak, sushi, sampe nasi padang juga ada. Yang ada okky manyun..Laki gue makan taco bell doang mana nampol ya neyk, cuma ngotor2in gigi doang buat dia mah. 

  • On the other hand, orang korea keliatan nya suka banget ngopi dan jajan ya. Soalnya cafe bertebaran dimana2. Dari yang kecil sampe gede. Banyak yang cafe nya ampe 2 lantai. Kalo dibandingin jumlah resto sama cafe kayaknya bisa 1:4 deh. Asli tiap 2m ada cafe. Kalo masuk ke supermarket, di kulkas nya berderet berbagai macam minuman kopi. Dari brand yang kita kenal kayak starbucks sampe brand lokal. I must say, they taste quite nice. Gue beberapa kali nyoba2 beli kopi kemasan karena penasaran :p Begitu juga dengan jajanan pinggir jalan..banyak dimana2.





  • Setiap resto (kecuali fast food) selalu menyediakan free flow kimchi. Tapi gue belum pernah nemu yang sebanyak di Arang22. Rata2 2-6 macem. 

  • GA ada garpu. Cuma disediain sumpit dan sendok. Biasanya ditarok di laci samping meja.


  • Air putih GRATIS tapi self service. Di semua resto, pasti disiapin either dispenser lengkap dengan gelas2nya, atau 1 jar air putih di tiap meja. Tuang sendiri ya cynn..Ga cuma di resto si, di mall dan di hotel biasanya ada dispenser (bukan tap water). Jadi kalo mau ngirit dikit bisa deh bawa botol terus isi disitu. Mayan deh daripada beli terus di minimarket. Wong air mineral harganya kurleb 1000 KW

  • Tiap abis pesen makanan, bill nya langsung ditarok di meja. Kalo kita udah mau selese, langsung aja jalan sendiri ke kasir untuk bayar2an. Ga ada tuh manggil2 pelayan minta bill

  • Orang korea sangat peduli calorie counting. Soalnya hampir di semua resto, sekalipun yang kecil di samping menu ada itungan kalori nya. Inilah yang ngebuat gue kejengkang pas liat kalori pesenan BK meal gue. Abis itu gue ga makan 2 hari *lebay*. Pantesann orang korea pinggang nya mini2 semua. Gue juga kalo tiap mau makan dikasih itungan kalori keder kali :p

  • DI cafe dan foodcourt kalo nunggu pesanan dikasih buzzer. Lucu deh, kalo nanti pesenan kita udah siap, buzzer nya getar2. Tandanya pesenan kita udah bisa diambil. Oh yes ambil sendiri lah ya :) Bentuk buzzer nya pun lucu2 dari yang polos sampe yang ada monitor nya.


  • Di resto fastfood, bekas makan kita harus dibuang sendiri ke tempat sampah. Jangan malas deh pokonya disini hehe
  • Orang korea suka makanan panas. I mean really HOT. yang mendidih gitu. Sampe sendok dan sumpit nya pun semua dari besi biar tetep panas. Mangkok nya juga dari keramik. Jadi kita kalo makan suka dipindahin dulu ke piring biasa hehe.

To sum up, saran gue, buat yang makan nya rada2 pemilih..kalo ke korea sok atuh bawa rendang dan pop mie. Pasti jadi penyelamat selama disana :p

Langsung aja ya gue gue jembrengin makan besar kita pas disana. Ini baru sebagian sih, karena sisa nya ga ke foto..

***

Where1 of the restaurants around Insadong. Ga tau namanya apa karena cuma ada tulisan korea.
We ordered: Beef ribs
price: 16000KW





As i said in previous post, gue suka makanan disini. Karena gue ga terlalu laper jadi order cuma 1 menu ini aja. Porsinya ternyata cukup gede jadi pas deh buat gue dan okky.

Banchan nya enakk..entah lah apa namanya, tapi ada yang pake tauco gitu segerr deh..

***

Where: Le Table resto (ibis hotel)
We ordered: Bulgogi set
Price: 26000


Malam itu, karena terlalu cape, kita makan di resto hotel aja. 
Ini enak..walopun mahal huhu. 

Gue sebenernya order spagetti carbonara plain (tanpa bacon dan apa2) untuk azka. Dan azka lahap banget makan nya. Katanya si enak :)

Lucunya kita tanya kalo accor member disc/ga..mereka bilang disc 10%. Later i know kalo tamu hotel disc nya 20%. 

WHAT?? rugi dong gue.huh!

***

Where: 1 of the restaurants at ferry terminal to Nami Island
We ordered: Chicken dakgalbi 
Price: 20000 KW









Di ferry terminal ini semua resto nya setipe. Gambar ayam semua..jadi mudah2an si aman yaa. Di resto pun cuma ditanya "chicken?" tau2 keluar lah begini. 

ayam dan segala macam sayur diaduk2. Gue liat sekeliling menu nya si sama, cuma beda daging doang. Kita pesen ga pedes supaya azka bisa makan. Ternyata pas dicoba azka dia ngeluh pedes :(( 

Rasanya ya gitu deh..mesti campur2 sendiri cuka dan bumbu lain nya untuk mendapatkan rasa yang pas buat kita.

***

Where: around myeongdong
we ordered: bulgogi and octopus porridge
price: lupa hehe kalo ga salah 10000 KW deh


Makan nya juga harus dicampur bumbu2 cuka dll yang ada di mangkok kecil2. Yang warna coklat itu tadinya gue kira teh loh, untung coba seiprit dulu tau nya bumbu juga hahaha.

Porsi nya gedeee banget. Rasanya aneh imo. Nasi tapi berair, bukan kayak bubur ayam disini. Tapi ini sehat lho, soalnya di tulis slow cook. Dan gue liat nilai kalori nya cuma 500 untuk 1 mangkok gede yang bisa dimakan bertiga sampe kenyang. Cocok nih buat yang lagi diet :p

***

where: Tosokchon, deket gyebokgung station, exit 2. Tanya aja sama orang. terkenal banget kok ini.
we ordered: menu andalan mereka Samgetyang alias chicken ginseng soup
price; 15000

Liat aja antrian nya ckckck
Kirain gue kecil resto nya. Ternyata geda bok..gile ya udah tempatnya gede, antrinya masih kayak gitu. 

Kalo winter katanya makin panjang antrian nya. Wajar si ya..dingin2 gitu enak kali kalo makan yang anget2.




Ini ayam kayak nya dimasak pake slow cooker utuh semua nya deh. Ayam beserta bumbu2 nya utuh bok. 1 porsi = 1 ayam utuh. Itu kepala, kaki, dll semua lengkap. 

Nasi nya dimasukin ke dalem ayam nya. Jadi kalo ayam nya di belah, yang mana lembut banget, keliatan deh tuh nasinya. 

Ga di garemin, jadi garem nya ada di meja masing2. Silakan tabur sesuai selera..


Coba deh dari foto nya bikin pengen nyoba ga? hehe
Do i like it? errrr biasa aja sih.

Tapi menurut kabar yang gue denger, presiden aja suka makan disini lho. Jadi buat yang ke korea, at least cobain lah sekali disini.

***

Where: Doore, around insadong
we ordered: korean tofu stew and seafood pancake
price: 8000 KW (tofu) and 10000 KW (for pancake)




Tau resto ini dari twitter, tapi mungkin gue salah resto deh. Soalnya disini menu nya cuma tofu aja yang pake nasi. Ga ada bakar2an daging selayaknya resto korea yang lain. 

Luckily the tofu was quite nice. Rasa pancake nya mirip sama bakwan, cuma kebanyakan daun bawang aja. Azka abisa banyak lho :))

***

Demikian lah sebagian makanan di korea yang kita cobain. Not too impressed.
Menurut gue malah enakan resto korea di jakarta :p
btw, gue ga pernah nemu JAP CHAE loh disini. Kata nya emang jap chae itu makanan special occasion ya hiks. Padahal pingin nyobain di negara asalnya.

review cafe dan snack2 pinggir jalan menyusul ya..
Kan gue udah bilang episode #koreaholiday ini bersambung sampai 34182 episode.
Mudah2an ga pada bosen ya hihi

*1000 KW = 9000 IDR*

37 komentar:

  1. Gak terlalu suka makanan korea juga.... Sepertinya gak terlalu menarik ya hehee... Tapi pengen liat jajanan2 nyaaa... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suci
      jajanan nya lebih enak dibanding makanan di resto gitu si..nanti gue posting ya :)

      Hapus
  2. ngomong2 makanan korea, iya banget deh mereka tuh suka banget ya makan pas lagi hot2nya. Maksudnya masih panas tapi mereka malah keliatannya biasa aja. Kayak makanannya dingin gitu. Bos gue contohnya. Makanan yang ditaro hot plate pun, langsung dilahap tanpa ngerasa kepanasan. Katanya sih emang style orang korea, kalo makan ga boleh dingin makanannya..:D

    btw, itu chicken dakgalbinya geda banget ya porsinya..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. desi
      yang gue bingung ga kebakar ya lidah nya? gue pertama nyobain aja langsung sakit lidah nya bok
      mana ga dingin2 makanan nya karena di mangkok keramik kan..jadi gue pisahin dikit2 kalo mau makan hihi.

      itu di foto karena gue yang kecil des makanya chicken dakgalbi nya keliatan gede *minta ditoyor*

      Hapus
  3. Menurut saya makanan korea ga terlalu cocok sama lidah indonesia, hehehe. Oh ya mba, di web visitkorea ada info restoran halal, ga tahu deh klo di bukunya dicantumin juga apa ga. Klo nonton dramanya, pasti ngeh deh klo di korea itu menjamur berbagai macam kafe dan mesin buzzer gituh. Sekali2 nonton mba, dramanya..ga nyesel kok, asal drama yang bagus ajah :D
    Jadi..mau ke Korea lagi ga mba?? :D
    klo soal korea, saya ga bosen kok mba nyimaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dini
      emang dicantumin di web korea. tapi lokasi nya ga ada yang deket hotel atau tempat2 yang kita datengin kemaren :(

      pengen si nonton, tapi kan banyakan berseri gitu ya. bingung nonton nya kapannn :p ga mungkin pas azka bangun soalnya pasti dia heboh ajak main. pas dia tidur aku juga udah tepar biasanya hihi

      Hapus
  4. The best meal i had in korea adalah.... KFC!!! Hiduupp Colonel Sandeerrsss!!!!
    Sisanya kalo dibawa makan ke resto korea selalu mau nangis... laper, tapi makanannya gak enak blas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. fry
      hahaha ya kannn..rasanya ga enak semua. emang paling bener deh fastfood gitu rasanya udah jelas. gue tetep bawa sambel indo dong :p
      gpp deh buat gue si itung2 diet pun hihi

      Hapus
  5. hmmmm lezaaattt....aku suka juga yg panas2 (mungkin in my previous life aku ini org korea hihi). Gonmawo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. novi
      ini panas nya kayak hampir mendidih nov??gile lo sanggup makan sepanas itu *melongo*
      lidah gue kebakar kemaren pas nyobain hahaha

      Hapus
  6. Haiii Dhita...
    Been reading your blog dari dulu banget
    Tapi baru komen sekarang, pas bahas makanan hehe..
    Gw baru sekali makan korea, pas jaman SD, model yang bakar2an, seinget gw rasanya enak.
    Abis baca ini, jadi pingin banget nyoba chicken ginger soup.
    Ngantri, ngantri deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ine
      helloo :))
      yang di jakarta si menurut gue lebih enak daripada di negara asalnya hehe. apa udah disesuaikan sama lidah indo ya?
      chicken ginger soup itu gimana ya..enak sih anget2 gitu apalagi kemaren mayan dingin. gue kaget aja liat bumbu nya semua utuh di mangkok haha

      Hapus
  7. Jadi langsung pengen makan Korea. Ke Cung GI Wa aaah... Jap Chae ternyata musiman ya? Baru tau.

    Btw itu masakan chicken di ferry terminal gede banget ya porsinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. angela
      ahhh chung gi wa lebih enakkk..gue jg jadi pingin hihi
      kata temen gue si gitu..soalnya gue cari2 kok ga nemu jap chae. padahal penasaran ya disana kayak apa rasanya

      Hapus
  8. repot juga ya kalo banyak yang gak bisa ngomong inggris....
    btw lucu banget ya di mejanya ada lacinya buat ngambil sumpit. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      rasanya pengen jedot2 in kepala man. Apalagi buat gue kan deg2an ada pork.
      tapi selain masalah makanan, semua info lengkap di web kok. enak nya itu. Walopun gue ga pake tour jadi ga nyasar2

      Hapus
  9. Hihi betul mba.. Biasanya llo ortuku lg kesini atau aku abis pulang dari indonesia bawa stok daging balado san rendang masing2 sekilo. Lebih mangstab. aq slama disini klo makan diluar cuma makan seafood2an. Kaya tuna kimchi stew,kalguksu,champong,tuna bibimbap ya pokoknya yg ga daging2an.pun daging sapi atau ayam.kkk..

    Mba Dhita sempet ke daerah itaewon kah? nah disana itu tmpt makanan halalnya.sampe aq klo beli daging dan ayam harus kesana. Jauh benerr

    BalasHapus
    Balasan
    1. dee ayu
      kemaren sempet kepikiran gitu sih. cuma kita takut imigrasi nya rempong. terus kalo bawa makanan basah takutnya tumpah.
      jadi cuma bawa popmie aja. Yang emang penyelamat banget selama disana. oh sama sambel botol yang gue bawa kemana haha. mayan lah jadi ada rasanya kalo makan di resto yang gue ga cocok rasanya :p

      Hapus
    2. oh iyaa ga sempet ke itaewon. Katanya disana ada mesjid jg ya.

      Hapus
    3. Iya di iyaewon ada masjidnya mba.. Ya nanti diulangi lg jalan2 ke koreanya.hehe

      Hapus
  10. Halo Mbak Dhita emang susahnya kalo ngajak anak ternyata ngga ada menu yg bs dia makan itu ngenes bgt yaa :(

    kalo pengalaman aku biar aman selalu bawa ABON atau MIE GELAS yg gampang diseduh, soalnya anakku makannya juga rada milih kalo sup ada mericanya aja udah ribut blg pedess

    salam kenal yaa mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudil
      iyaa..kalo kita yang dewasa si santai ya. kasian anak2 :(
      bawa si kemaren popmie. tapi bumbunya geu kasih 1/3 nya. eh udah kerasa lho haha. azka lahap juga makan nya. biasanya buat sarapan. kalo dibawa2 kuatir ga nemu air panas.

      Hapus
  11. *GLEK! samgyetangnya bikin ngilerrrr...beda banget sama yang dijakarta, ayamnya ya cuma seiklasnya aja.. :P
    Haduuh..salah deh baca review makanan2 ini ditanggal tua... LOL!
    Temen2 kantorku yang business trip ke korean pun ngeluh soal susahnya cari makan, paling mentok ya makan ramen instant..itupun baru ketauan belakangan kalo ramen instant yg asli korea mengandung pork. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. indah
      disini dimana samgyetang yang enak ya?
      hah?mi instant nya pun pork? aduh laki gue sempet beli tuh iseng *jambak2 rambut*

      Hapus
  12. Dari keseluruhan cerita nih, kesimpulannya kalo makan disana harus self service ya mbak? Hihihi...bagus untuk dicontoh itu supaya gak ada budaya malas di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. zipora maria
      iyaa semua2 sendiri. gue lupa juga nulis di atas kalo fastfood buang sampah nya pun harus sendiri :))

      Hapus
  13. Dhit, gue dulu pernah makan di satu resto semacam fine dining, dijamu sama Kementrian Perdagangan Korea. Katanya sih mahal banget, wong sampe stafnya Pak Menteri yang duduk sebelah gue cerita, dia juga belum pernah makan di situ dan makasih banget sama wartawan2 ASEAN karena gara2 kita dateng dia jadi bisa makan di situ, hehehe.. Makanannya lumayan lah, meski yang paling gue demen cuma Barley tea-nya doang. Tapi maap, gue lupa nama restonya apa.

    Bener tuh soal minum yang dikasih seteko di tiap meja. Gue sampe mikir, ini koq berasa makan di warteg di desa-desa ya? Hihihi.. Trus perasaan gue, selama di Korea dulu, resto makanan asli Korea yang gue datengin rata-rata berinterior kuno or ala kadarnya. Gak fancy samsek kayak di Jakarta or Spore. Bener gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ira
      ya percuma si ra lo kasih tau nama resto nya pun gue ga sanggup makan disituu hihi

      bener ra, emang rata2 resto traditional gitu kayak kuno ya. di dominasi kayu gitu ya. padahal harga makanan nya mehong2 tapi tempat ala kadarnya huhu.

      Hapus
  14. Dhit.... jadi mending makan di ARANG 22 dong walaupun mahal?? Hahahahaha... Ah udah ah, ke Chung Gi Wa aje, lebih masuk akal harganya.

    Gue rasa kenapa jadi gak enak itu, emang karena kesulitan nyari yang halal ya Dhit. Feeling gue kalo kita doyan pork, di manapun bakalan aman di Korea deh (Rasanya loh yaaa....), karena kan jadi gak ada perasaan deg-degan gitu. Nyari makan sambil deg-degan kan kaga enak yah. Next trip, ke Turki aja Dhit, dijamin SEMUA HALAL! hehehe. Guide gue yang jelas-jelas Moslem (tapi nampaknya sangat moderat dan kaya jg), kalo liburan hobinya ke Bali, nyari PORK! Edan tuh orang...

    Soal packaging kayaknya Korea mulai bagus2 ya, ikutan Japan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leony
      GAK!!
      Chung Gi Wa ajaa!!!!!! hahaha

      Gue sebenernya ga nyari yang harus tulisan halal si le. Tapi emang ga mau makan pork.
      Yang jadi masalah buat gue itu sih rasanya :p knp menurut gue semua resto itu rasanya plain smua.
      Harus dicampur bumbu2 yang emang disediain. Karena kita kurang jago nyampur kali ya jadi rasanya ga cucok
      Besok2 bawa MSG deh buat gue taburin di makanan nya hahaha

      Turki bagus ga si le? adek gue yang kuliah di oz ada rencana mau balik liburan dec-jan. Kalo waktunya cukup rencananya mau liburan lkeluarga. Ta ta tapii masa adek2 gue vote nya korea lagi. karena mereka blm pernah. Mabok deh gue kayaknya kemungkinan ikut kecil :p

      Hapus
    2. Turki bagus atuh, kan lu udah liat poto2nya. Tapi terus terang buat kids sih ngga gitu friendly yah. Pasti rada bosen liatin sejarah2.

      Hapus
  15. Hai dhit =) imho, kalau ke korea emang lebih baik tanya sama orang lokal atau orang asing yang udah lama tinggal di korea, di mana resto yang enak, plus pesen apaan disana. waktu gue ke sana gue ditemenin sama org bule yang udah belasan taun tinggal disana, daann sukses semua makannya hehe dari korean bbq, udon2an, bi bim bap, bulgogi, dll dst =D meski tetep yah, kimchi itu not my thing deh kayanya =) anyway tapi at least udah nyobain yang otentik kan ya! =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. astrid
      iya emang harusnya nanya ama yang udah kenal banget ama korea ya.
      waaa coba di share kemana aja resto yang enak2 :p

      hihi ada beberapa kimchi yang enak kok. kemaren pas pulang di pesawat pake kimchi juga. sampe ada penumpang yang komen "hah? sampe mau pulang pun kita masih dikasih kimchi??" gue jadi pingin ngakak hahahah

      Hapus
  16. aku nyesell dateng kesini review nya makanan semua ....:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dea
      abis kemaren pada minta foto makanan :p
      *puk2* abis ini cerita jalan2 deh ya :D

      Hapus
  17. hihihi ada buzzernya juga ya? disini pake buzzer juga, cuma ga ampe pake monitor gitu dhit.. ckckck..

    trus soal makanan.. kok gw tertariknya malahan ayam yg isi nasi gitu yaa.. cuma kok malah lo ga suka? kok ga dhit? Kenapaa?? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebe
      niat abis yak pake monitor gitu :p
      gue bukan ga suka si ama samgetyang itu..cuma mnurut gue rasanya biasa aja. anget2 gitu rasa ayam biasa cuma lebih medok aja rasa ayam nya.

      Kalo pas udara dingin jadi enak banget karena efek ginseng nya kan bikin anget.
      Kayaknya gara2 itu samgetyang ini jadi salah 1 makanan yang beken di korea. di lotte mart sini aja ada kok.
      tapi entahlah ya rasanya gimana hehe

      Hapus