Senin, 17 Desember 2012

Drama di Soekarno Hatta

Hari minggu kemaren, rencananya adek gue yang bungsu mau pulang ke indo buat liburan. Tumben nih anak mau pulang, biasanya dia ikutan summer class mulu. Payah nih ga beres2 kuliah nya >_<

Yang ke airport hari minggu kemaren pasti tau deh kehebohan di Soetta. Gue bareng adek2 gue yang lain (oh yess adek gue emang banyak hihi) udah jemput ke Soetta. Liat monitor jadwal pesawat, tertera delay 2jam.

Oh dan gue baru nyadar (saking jarang nya jemput orang ke airport). Info jadwal pesawat itu cuma ada di 1 monitor kecil ya..ga kayak airport lain yang info jadwal pesawat dimana2. Apa karena lagi renovasi ya?

Zzzzzzz..

Gue langsung nge twit tuh. Soalnya bukan masalah nunggu nya sih, cuma di Soetta ini tau sendiri kan penuh asap rokok. Ga nyaman banget buat nunggu. Di resto pun sama aja, tetep kecium bau rokok saking banyaknya asap mengepul. 

Yang paling kasian tentunya si azka dong. Udah bosen eh bau rokok pula. Kapan Soetta ada playground ya?hehe

Setelah gue ngetwit itu mbak @depezahrial reply kasih tau kalo semua flights ke jakarta delay karena Soetta mati lampu. Lah tapi gue disana terang benderang kok.

FYI kita berusaha nyari orang yang bisa ditanyain info tentang ini di Soetta GA ADA!

Terpaksa lah kita semua browsing di internet. Ternyata menurut info yang kita dapet RADAR DI MENARA ATC SOETTA MATI. Alhasil semua pesawat landing. Yang mau berangkat pun banyak yang di delay.

Gue liat yang mendarat ada beberapa. Mostly local airlines. Mungkin karena home base jadi udah biasa dan didukung dengan cuaca yang emang lagi cerah banget malem itu. Jadi pendaratan pake visual pun bisa.

Keadaan Soetta malam itu ya kacau balau berantakan...

Ga lama, kita dapat info dari sesama penjemput kalo pesawat Qantas yang ditumpangi adek gue SUDAH MENDARAT di BALI. 

Doeng...

Dan adek gue pun ga lama bbm, meng confirmasi kalo memang sudah mendarat di bali. Tapi belum turun dari pesawat karena sang pilot nunggu info selanjut nya. Apakah bisa terbang balik ke jakarta, atau harus nginep di bali??

Menurut penjelasan pilot Qantas, pesawat nya udah siap mendarat. Pas dia contact menara ATC Soetta ga ada response. Jadilah mereka re route mendarat di bali. 

Zzzzzzz lagi...

Gimana coba ya radar kok bisa mati???!!!
Alhasil banyak pesawat yang mendarat di Changi atau Bali. Ya ga mungkin mendarat kalo radar nya mati. Gimana ngatur arus landing dan take off nya. Bisa tabrakan sana sini. 

Edan banget ga sih?


Yang terparah adalah GA ADA INFO sama sekali di Soetta. Boro2 ada announcement tentang apa yang sebenarnya terjadi. Information Centre nya GA TAU APA2!

Okky nanya pesawat Qantas adek gue, mau tau akan balik lagi ke jakarta atau gimana?jawabnya "oh Qantas belum ada tanda2 mau mendarat tuh pak" >>> Ya menurut loh? Pesawat nya kan di bali neyk. 

Sebelah okky nanya pesawat KLM dijawab "KLM pesawatnya ada problem jadi mendarat di Changi" >>  info kayak gini bikin yang jemput parno ga sih? gile dibilang pesawat ada problem  >_<

Ini orang nya bego atau ga tau apa2 atau emang sengaja ditutupin sih? *geram*

Pokonya kita cuma berpatokan kabar adek gue aja deh. Dia bilang kita disuruh pulang aja. Karena lagi diurusin bus+hotel sama pihak Qantas. Jadi kemungkinan besar nginap di Bali.

Itu kan dari sisi yang mau dateng ke Indo. 
Nah gimana dengan orang2 yang mau ke Sydney dengan pesawat Qantas yang sama. Yang harusnya abis mendarat di Soetta, terbang balik lagi ke Sydney.

Kebetulan ada temen nya temen gue yang akan ke Sydney juga. Dia bilang di cancel dan ga ada kejelasan :( Mana dia ada connecting flight ke brisbane..duh gimana tuh ya? 

Yang lebih kasian nyokap gue..
Karena udah kangen ama adek gue, dia udah beli dan bikin semua makanan favorit adek gue.

Martabak manis, martabak telor, singkong goreng keju, semur lidah, dll. 
Sampe rumah masih utuh dan ga ada yang makan. Kan kita juga udah pada makan di airport selama nunggu berita :__(

Akhirnya gue bungkus sebagian buat azka huhu *puk puk emak*

Menurut adek gue sih dia akan berangkat pagi ini. Hope everythings going well this time. 
Kasian lho nasib orang2 yang kena delay kemaren. 

Dan ga kebayang Soetta rame nya kayak apa tuh ya akibat kejadian kemaren. Kan banyak pesawat di cancel dan diganti terbang hari ini.

Semoga besok2 ga ada kejadian kayak gini lagi ya..

36 komentar:

  1. Haduh gue juga miris deh ama soetta dan bandara indo yang lain, lack of informasyiong. Itu aja kmrn ada halte bus damri baru udah lumayan lah.. walau gue bingung juga ini damri yang ngetem mau kemana. Ga ada sign ato apalah gitu yang gampang dibaca. ini andelannya orang teriak2 aja "bekasi bekasi" hadeh... Bandara bali yang super jelek itu juga udah di renov. mudah2an airport2 di indo makin lama makin bagus. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iti
      ya kan..harusnya ada map gitu kali ya plus nomer bis2nya jadi jelas (eh ada ga sih nomer damri, ga pernah meratiin)

      yang paling penting sih ada information centre yang orang nya bener2 tau segala info. kita aja orang indo macam turis kesasar celingak clinguk cari informasi. Apalagi orang asing ya *_*

      Hapus
    2. damri dari airport ga ada nomornya Dhit. jadi kalo mau tahu itu bis tujuannya kemana musti lihat di deket supir ada karton kecil (yang gak kebaca gitu) jurusannya mana. tapi kalo kita nunggunya damri di samping, ya cuman bisa nanya ke setiap kenek yang teriak2 tujuan bisnya *pengalaman pribadi*

      Hapus
    3. novi
      dan elo dengan tega nya nyuruh mr.cat pulang sendiri dari airport. kasian banget dia pasti pening liat soetta yang semerawut gitu huhu

      Hapus
    4. Haiii mau sharing niih...kapan itu gue pernah naik damri dr terminal 3..pas lagi nunggu ada 2 cewe turis gt kyknya sih dr china megang karcis damri tp mrk clingak clinguk..secara ga ada informasi yang jelas kan yah di tempat nunggu damri itu..trus mrk nanya ke petugas disana tapi yang ditanya ga bisa bahasa inggris -_______- sampe akhirnya mrk nyamperin gue dan nanya..gue jd miris liatnya..kebetulan mrk liat gue yg kebetulan jg bisalah ngomong inggris...nah klo ga ada yg bs ngebantu nasibnya akan luntang lantung gt kann hiks..

      Hapus
  2. oh ini to, barusan aku liat berita di tv kok maskapai singa itu protes karena pesawatnya pada didelay. ternyata masalahnya karena radar mati. parah bangeeet.. padahal soetta kan bandara internasional gitu, kok bisa separah ini.
    dan bener banget mba, benci banget di soetta itu bau rokoknya naudzubillah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aninda
      makanya PARAH banget kan?? ya gimana ga protes ya pada airlines. semua jadwal mereka kan ikut berantakan gara2 si radar mati.

      Hapus
  3. Gue pas nonton berita ditv juga jadi bertanya2, kenapa tuh radar bisa mati @__@
    pasti kacau balau beliau tuh jadwal penerbangan, ternyata pas baca cerita lo disini, emang begitu keadaannya.
    Kasian kan ya, kalo ada orang yg harus connecting flight, jadi batal gara2 radar mati..

    Moga2 ade lo udah sampe ya sekarang.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. desi
      padahal radar itu yang paling crucial deh di airport, ya ga sih?
      kacau balau nya sampe hari senen des, ya wajar aja si flights dari minggu kan numpuk ya.

      adek gue udah sampe setelah nyokap nunggu 4jam di airport..yang penting udah sampe deh ya hehe

      Hapus
  4. Indonesia Tanah airku banget kan ya Dhit? Soekarno Hatta tuh menurut gue udah sampe level parah bandaranya. Masak sih radar mati, trus gak ada back up plan? Otaknya di manaaaa tauk! Ini kan bukan cuma soal pesawatnya delay atau apa, tapi bayangin deh keselamatan jiwa manusia. Gak tau sampe kapan begini terus, mungkin kudu nunggu satria piningit yang jadi presiden kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang bikin gue bertanya2. masa ga ada back up plan si kalo radar mati.
      bokk ini radar loh..barang terpenting di airport. ribuan nyawa bergantung sama radar kan.
      lo tau kan ada 2 pesawat lion yang hampir tabrakan? edan yeee indo

      mungkin gue bisa toleransi deh radar mati dan kita harus nunggu. Tapi ini kan di soetta ga ada info apa2. kita semua dapet info dari internet. kebayang ga si orang lain yang ga bisa internet an, nunggu kerabatnya di airport tanpa kejelasan info. simpang siur banget berita nya disana.

      Hapus
  5. hiyaaaaa,,,tadi malem aku baru aja nonton dorama tokyo airport...
    disitu ceritanya satelit nya dihack,,,dan mengakibatkan gps di ATC tokyo airport gak berfungsi...hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. riestabacil
      eh ternyata kejadian ya di indo, tapi bukan karena di hack huhu :(

      Hapus
  6. Seperti biasa deh ya, Dhit, bisanya nyalahin orang lain. Soetta yang mati radar tapi malah nuduh pesawat yang punya masalah. Grrrrrrrrrr
    Keseeel gue bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. seerika
      tampaknya mereka jawab nya asal si rik..
      yang antri buat nanya banyak banget emang, sementara mereka ga ada info apa2.
      jadi asal aja kali biar cepet beres >_<

      Hapus
  7. huwihhh, luarrr biasa soetta ya. geram deh... gue baru baca beritanya, gak kebayang kalo pas lagi ada keluarga atau someone special yang akan mendarat. duuuh, taunya kamu yang kena drama. duhhh, airport masih jorok, sekarang ketambahan masalah ginian. bahhh. mudah2an adik lo udah dirumah sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. risti
      luar biasa banget *_*
      mana kamar mandi cuma sedikit dan jorok pula.
      ya sebenernya masih tolerable jorok, bau rokok, dll..tapi ini radar mati bokk???
      gileee nyawa berapa orang tuh yang dipertaruhkan..

      adek gue alhamdulillah udah di rumah sekarang..setelah 25jam perjalanan brisbane - jakarta haha

      Hapus
  8. Indonesia.. indonesia.. *elusdada*

    Bacanya aja bikin gemes, kalo aku yg ngalamin pasti udah mencak-mencak di bagian informasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. indah
      percuma si neyk mencak2 pasti dicuekin..wong mereka ga tau apa2.
      atau pasti udah kebal tuh information dimaki2 sama orang :p

      Hapus
  9. dan emak gw sama gw bersyukur kemarin adek gw off dan bokap gw baru landing tadi sore...bisa bayangin perasaan keluarganya cabin crew n pilot yg dipesawat2 itu :( ....
    kalo kata bokap gw "mari kita doakan" gitu doang...padahal terakhir gw pulang dari penang kejadian tuh antrian imigrasi rame amit2 dan bus2 n mobil yg jemput penumpang dari pesawat nyasar kemana2 karena pihak angkasa pura ngga ngasih tau penumpang2 itu mau diturunin dimana..asik ga tuh!
    naik bus pas turun pesawat, terus supirnya ngomong di HT "eeeeh ini penumpangnya mau dikemanain yak?"...zzzz

    mari kita doakaaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. arien
      ih aslikk untung banget rien bokap dan adek lo lagi ga pas "nyetir"

      kemaren qantas ternyata sempet muter2 di atas bandung 15min nunggu kabar dari soetta, tapi karena harus re-fuel, jadi re route ke bali.

      immigration Q-ing is another story ya bok..makanya gue suka naik GA kalo ke LN. ada immigration on board. sangat membantu kita :D

      duh AP ternyata parah banget ya..kok bisa sampe nyasar bis dan mobil2 penjemput >_<

      Hapus
  10. gileee kaco banget sih!!! malu2in aja ya soetta... :(

    btw, titip pesen buat nyokap lu dong dhit: tante (sok kenal), martabak telor ama semur lidahnya buat saya aja gimana? hahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      bolehh titip berapa man? kirimin tiket jkt-LA ya, nanti gue bawain 1 lusin deh martabak telor nya haha

      Hapus
  11. aduh paraaaaahhh.. untung cuaca cerah ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. myra
      parah nya kebangetan ya airport kita :((

      Hapus
  12. gw sempet baca beritanya dhit, gara2 sebandara radarnya mati sampe 2 pesawat lion air mo tabrakan. ngeri banget ga sih. untungnya (orang indon sekali) adiklu setidaknya masih selamat meski harus mendarat di bali ya. Gw sendiri jd sedikit ngeri deh kl harus ke jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dessy
      untunglah kamu di negri singa yang tampaknya ga mungkin ya ada kejadian kayak gini
      wong airport nya keren begitu hihi

      Hapus
  13. dorama it is deh dhit. apa lg baca pengalaman men temen di atas. btw kangen gilaaa bacain blog elo satu satuuuu.. huuuu kudu nguber ah bacanya. haha. btw koko bogana itu punyanya bokap ipar gw bokkk. kalo balik jkt makan hratis dengan puas hati :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. fabs
      acckkk aku pun kangen baca blog lo
      jarang nulis ya sekarang?gimana nih kopdar jepun kita?haha

      oh punya bokap ipar lo...duh seneng amat dong lo kalo kesini bisa makan berbagai menu nasi tiap hari. Bilangin ya gue sering banget makan disitu bareng emak2 lain. kali2 dikasih diskon haha.

      Hapus
    2. Hayuuu dhit,

      Elo ud plan kemana2nya blum say? Gw baru mulai book hotel nih, first stop jepang gw bakal di Osaka, Dhit.... Trus mulai ngiter ke kobe Kyoto Nagoya trus shizuoka mt fuji trus balik perth liwat Tokyo. Elo bakal stay di jepun ampe tgl brapa dit? Gw brancut tgl 24 balik perth 9 april jdnya boooook.

      Hapus
  14. Temen gw juga pas banget tuh lagi di flight yang mau mendarat di Soeta hari itu.. Akhirnya balik lagi pesawatnya ke Spore. Ampun yah bandara internasional bisa ampe mati radarnya itu gimana coba. Masa ya ga punya listrik cadangan.. (doh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebe
      katanya si ada genset tapi ga "kuat ngangkat" radar nya
      ada juga yang bilang bukan karena listrik mati, tapi karena radarnya aja yang udah kuno.

      entahlah..yang jelas harusnya masalah kaya gini ga ada yah. secara radar kan penting banget, gile berapa ribu nyawa tuh bergantung ama alat itu *_*

      Hapus
  15. Hadeeeeuh... Kok bisa ya?!? Malu-maluin! Bokap gue juga hari itu terbang ke Semarang, untungnya sih dia flight jam 3, jadi belum kisruh radar mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angela
      wih ngepas banget tuh jam 3. kalo delay aja pesawatnya dikit bisa kena imbas deh

      Hapus
  16. Ternyata Bandara di Jkt yg notabene lebih gede daripada yg di Bandung tetep gga beres juga ya? Kemaren pas mudik kita sengaja gga mau lewat Soekarno Hatta, jadi lgs ke Bali dan pulang dari Bandung lgs ke S'pore. Gara2 pengalaman bbrp kali via Soekarno Hatta, ada aksi rebutan..... Pernah kuli2 liar main rebut koper dari tangan laki gw, mentang2 londo kalee ya, lgs aja maen rebut dan minta duit banyak, pdhal sebagian dr mereka hy nyentuh koper kita doang, wong dari depan airport ke mobil yg sudah menunggu dipinggir jalan doang. Bbrp thn kemudian, pas mudik, baru juga mendarat di Soekarno Hatta, anak gw yg bungsu udah ngilang di dalam pesawat, dulu Matt baru 22 bulan, ternyata dia dipangku ama ibu2 dari Dept Pariwisata, sang ibu kekeuh pengen pinjem anak gw. Pas nunggu pesawat ke Bali, eh anak gw yg sama digendong2 mbak2 yg jemput saudaranya, and disuruh2 kiss pipinya dia. Mba'e pesawat kita dah mau berangkat, anaknya tolong dikembalikan...
    Oh ya pas kemaren Summer kita ke Bandung, pesawat muter2 sampe 30 menit menunggu 3 pesawat di bawah kita mendarat. Aje Gile...... kalau kehabisan bahan bakar piye toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. babybeluga
      HAH? serius itu orang2 main ambil anak lo?
      hih kalo gue yang ngalamin udah gue pelototin kali yee
      ga sopan amat!!

      kalo antri take off dan landing itu emang udah biasa deh di airport sini. apalagi kalo peak season. bisa lama banget emang :(

      yah mudah2an abis kejadian ini pihak angkasa pura dapet pelajaran ya supaya ga ada kejadian yang bikin malu kayak gini.

      Hapus