Senin, 26 Agustus 2013

Akibat (Terlalu) Gampang Percaya..

Bokap nyokap gue adalah orang yang gampang banget percaya sama orang. Kadang gue jadi gemes sendiri liatnya. Makanya bokap gue itu menurut gue emang ga cocok jadi pengusaha, bakal sering kejeblos alias ketipu pastinya. 

Soalnya pernah beberapa kali nyoba buka usaha. Hasilnya? Ga jelas haha..

Pernah dulu bonyok gue bikin usaha penyewaan mobil di Bangka pas awal2 bangka belitung jadi propinsi. Saat itu memang sektor pariwisata lagi gencar banget di promosi in dan lagi berkembang   di Bangka. Salah 1 kendala untuk para pelancong memang kurangnya transportasi umum disana. Boro2 ada taxi, mikrolet aja ga ada. Rata2 orang Bangka punya motor, jadi kemana2 naik motor. 

Bonyok gue liat ini sebagai kesempatan untuk buka usaha penyewaan mobil. Tapi namanya usaha kecil2an gitu, kontrol dan manajemen nya acak adut. Semua diserahin ke orang kepercayaan untuk ngurus. 


Suatu hari ada mobil yang disewain ga balik2. Panik lah orang yang ngurus di Bangka. Untung nya bokap gue banyak kenalan polisi disana. Dalam waktu singkat ketemu mobil nya, lagi di tempat gadai. Ternyata sama orang yang nyewa digadai in aja duluuu.

Entah gimana caranya..akhirnya mobil balik ke bokap. Tapi..usaha nya ditutup hehe. 
Ya abesss...

Pernah juga emak gue buka usaha bikin ketring. 

Jadi awalnya, ada beberapa mbak2 di rumah Bangka yang udah kerja belasan taun ama bonyok. Pas bokap gue pensiun kan harus pindah ke Jakarta, mereka bingung, ga tau mau kerja apa dan dimana. 

Nyokap gue kasian sama mereka. Karena mbak2 di rumah itu jago masak, jadi nyokap modalin usaha catering dan warung. Dibuatin rumah untuk kita kalo main ke Bangka, dengan tambahan beberapa kamar untuk mereka. Di depan juga dibangun warung supaya mereka bisa jualan kue, minuman, dll. 
Usaha catering nya juga dijalanin disitu. Udah dimodalin uang dan peralatan masak memasak yang lengkap.

Ketebak lah ya..usaha nya jalan di tempat haha. Rencana awal kan mereka harusnya jalanin warung dan catering untuk hidup sehari2. Maksudnya nyokap ga usah kirim uang lagi tiap bulan untuk mereka. Malah harusnya ada profit untuk nyokap gue dari usaha warung dan ketring. 

Kenyataan nya mah melenceng jauh dari rencana haha. Nyokap kadang masih harus kirim uang untuk mereka. Ya gimana mau untung, jualan sih judulnya, tapi yang makan mereka2 juga, atau  sodara/temen nya, yang mana kagak bayar. 

Catering nya ga maju2 dengan alasan kurang orang. Padahal beberapa waktu setelah itu nambah lagi orang yang tinggal di rumah nyokap. Dari yang tadinya cuma 2, sekarang nambah ada beberapa sodara mereka yang ikutan tinggal disana *_*

Yang ada malah makin susah menghidupi sekian banyak orang di rumah. Jualan dan catering si tetep, tapi ya pas2an banget. Abis mereka jadinya manja dan males usaha/kerja. Ga ada motivasi untuk meningkatkan produktivitas gitu lho. Pasrah aja terima nasib. Kalo ga laku, ga ada usaha gimana caranya biar laku. Wong tiap minta duit dikasih terus ama nyokap. Jadi ngapain capek2 kan? 

*sigh*

Kemaren ini karena lebaran, banyak temen nyokap yang pesen sambel asem (sambel khas Bangka yang biasa dimakan bareng ketupat lebaran) sampe berkilo2. Errrr kagak bayar lah hahaha. Padahal bawang merah lagi mahal tuh kemaren pas puasa. Udahlah ga bayar, rempong pula kan emak gue bawain dari Bangka. Ini emang deh emak gue juga terlalu baik sama temen2nya.

Usaha catering di Bangka masih jalan ampe sekarang. Nyokap gue udah nganggep mereka bantu jaga rumah di Bangka aja biar ga kosong. Padahal mah mereka kadang juga tidur di kamar kita yang ber AC. Nyokap kan cuma 1-2bln sekali aja mudik ke Bangka. Jadi sebenernya itu rumah nyokap apa mereka si? *loh kok gue yang emosi?* hahaha

Ga cuma dalam urusan buka usaha aja..Sama orang2 yang kerja di rumah aja suka dikerjain @_@

Ada nih supir bokap gue, sebut saja namanya pak I. Sebenernya pak I ini dulu supir gue. Karena gue liat dia kerjanya bagus, khatam jalan Jakarta sampe ke jalan2 tikus, gue kasian ama dia kalo kerja sama gue. Gajinya ga sebanding sama skill and knowledge nya. Apalagi dia punya anak istri yang perlu di nafkahi. 

Kebetulan saat itu bokap gue dapet kerjaan baru yang mobilitas nya cukup tinggi. Jadi pak I, gue tawarin pindah ke bokap untuk dapet penghasilan yang lebih. 

Seperti dugaan gue, bokap cukup puas ama kerjanya pak I. Karena tinggal sebut nama tempat, dia langsung jalan nya. Bokap bisa istirahat di mobil, tau2 udah sampe tempat tujuan.

Nah, ternyata di kantor bokap yang baru, disediain supir pribadi. Bisa pake supir kita sendiri tapi ada proses transfer untuk jadi supir kantor. Untuk itu, bokap gue harus melapor ke bagian SDM. Baru abis itu supir jadi tanggungan kantor. Dari mulai seragam, gaji, uang lembur, dll pokonya semua kantor yang bayar. 

Karena bokap gue sibuk, jadi ga sempet2 urusin si supir.

Beberapa bulan kemudian, bokap gue baru lapor ke bagian SDM. Yang mana abis itu bokap gue kaget, ternyata udah sekitar 4bln pak I resmi jadi supir kantor. Yang artinya udah dapet gaji, dan tunjangan lain dari kantor. Sementara, selama itu bokap gue juga rutin bayar gaji bulanan dan uang lain2 ke pak I.

Duengg *_*

Bokap gue tegor si pak I, kenapa kok ga laporan ke bokap. Karena artinya kan pak I dapet gajinya dobel dong. Ditanyain duitnya kemana, pak I bilang udah abis untuk istrinya bikin usaha. 

Memang kalo menurut gue bukan sepenuhnya salah pak I. Bokap gue juga ga ngecek si ke SDM. Namanya manusia, liat ada kesempatan dapet uang masa iya dianggurin. Apalagi kayak supir gitu yang emang butuh duit. Tapi bukan berarti yang dilakukan pak I juga bener. Harusnya dia laporan ke bokap, dan kalopun butuh uang, bilang aja ke bokap.


Bokap gue sebenernya ga masalahin uangnya, tapi kejujuran nya pak I. Trust me, bokap nyokap gue itu orang paling royal ama orang. Kalo pak I bilang butuh modal usaha pasti bakal dikasih sama bokap gue. Oh and btw, gajinya pak I dari kantor bokap termasuk gede loh. Belum lagi uang tambahan kalo lembur. 

Setelah ditegor, ehh pak I ga masuk2 kerja. Di sms dan telp ga bisa. Bokap gue udah mikir dia berenti.
Beberapa hari setelahnya, pak I sms pembantu di rumah. Dia bilang masih mau kerja tapi ga enak. Ama bokap gue dipanggil ke rumah. Terus bikin perjanjian kalo gaji yang 4bln yang dikasih bokap gue dibalikin dengan cara nyicil. Ini mah caranya bokap gue doang supaya dia "kesentil" dan kapok. 

Terus gimana?

Yaaa gitu deh..

Awal2 bulan aja lancar bayarnya. Udah bertaun2 ga kelar juga utangnya. Wong sering berbulan2 ga bayar. Ama bokap gue mah mana pernah ditagih. Malah pak I nambah ngutang lagi. hahaha. Kan gue udah bilang bokap gue tuh cuma gertak sambel doang biar kapok. Prakteknya mah ga adaa..

Sempet gue yang kesel terus mau negor si pak I. Tapi dilarang bonyok gue. Mereka malah bilang "udahlah mbak, namanya orang kecil pasti butuh uang. Biarin aja. Itung2 bantuin orang lah"

Tapi kannn...aku gemes..katanya mau kasih pelajaran. Tapi setengah2 gitu kan jadinya orang juga ga kapok kann..

Bonyok gue selalu beranggapan..pokoknya kalo kita banyak bantu orang, percaya deh pasti segala sesuatu nya jadi lancar. Ada aja rejeki nya yang diganti Allah. Dan emang bener si..Udah terbukti berkali2.

Selain yang gue ceritain ini masih banyakkkkk banget kejadian yang bikin gue gemes. Bisa 7 hari 7 malem ga kelar saking banyaknya haha.

Sekian postingan iseng ini..
Have a great week ahead teman2 :))

22 komentar:

  1. om om... saya pinjem duit dong om.. buat lunasin condo disini om... boleh ya om??? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      hahahha buat anaknya dulu kaliii kalo urusan apartemen *sodorin tagihan juga ke bokap* hahah

      Hapus
  2. Berarti ortu mba dhita bener2 positif thinking yah sama orang, saking positifnya malah suka dimanfaatkan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dian ryan
      iya bangett..gue ampe gemess sendiri. tapi ga bisa ngapa2in huhu

      Hapus
  3. Sepasang sama-sama gampang percayaan, ya DHit. Tapi yakin aja deh hati mereka tulus begitu ya bakal dilindungi dan dijauhkan dari yang manfaatin. Lagian udah susah berubahnya kali ya sekarang kalo udah seumur hidup mereka nggak suka curigaan. Kalo ortuku ya bapakku yang begitu, mamakku jadi rem-nya ihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sondang
      kayaknya karena terbiasa puluhan taun di pulau Bangka ya. Jarang ada orang jahat disana jadi kebawa sampe tinggal di Jakarta. Amieenn..mudah2an selalu dilindungi ya dari orang2 yang berniat jahat :))

      Hapus
  4. tapi terbukti kan Dhit rezeki rezekinya jadi gak putus-putus, soalnya Allah juga kasian kalo bonyok lu sampe rezekinya seret ntar orang-orang itu pada minjem duit kemana :)
    Kalo umur se-kita sih emang level sabar nya belom sampe, gw pun kadang kesel sama ortu gw yang udah jelas-jelas di susahin orang lain kok ya ikhlas-ikhlas aja padahal gw yang liat udah panas dingin pengen ngomel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. etty
      alhamdulillah yaa :)
      kalo kata bonyok gue ga mungkin jadi kere2 gara2 bantu orang :')
      bener banget level sabar dan ikhlas kita belum ada apa2nya sama mereka.

      Hapus
  5. Serba salah ya Dhit, jadi orang baik kadang dimanfaatin sama orang lain, jadi orang jahat ya salah juga. Tapi ya bener kata bonyok lo, itung-itung bantu orang lain, nanti juga dibalikin sama yang di atas, malah mungkin dibalikinnya lebih. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angel
      kayaknya kalo bonyok gue tuh terlalu baik deh. Walo kadang ya mereka saling ingetin tapi ya tetep aja. K

      ayak misalnya nih kemaren emak gue mau rame2 sama temen2 nya ke korea. Bokap gue udah bilang "ayo siapin dulu tuh uang untuk tips tour guide nya, tar ujung2 nya pada abis duit karena hari terakhir, mama lagi mama lagi yang bayar" Emak gue cuma cengengesan aja dong *sigh*

      nah kalo yang kayak gitu menurut gue bukan bantu orang sih, tapi dimanfaatin. lha wong ibu2 lain itu pada mampu bayar tour ke korea kok.

      kalo yang dibantu bener2 butuh sih mahal gpp banget..ya ga sih huhu

      Hapus
  6. Dhit, kadang kita memang suka gemes sama sikap ortu yang terlalu baik ke orang. Tapi, percaya deh mungkin itu pintu pembuka rezeki... :) dan yang lebih hebat lagi adalah keikhlasan ortu yang mungkin harus kita kita yang muda ini ikuti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memez
      bener banget..susah ya kayaknya bisa sampe level mereka ikhlas nya.
      Kalo gue sih ga yakin bisa kayak mereka hihi

      Hapus
  7. Mungkin ada pengalaman masa kecil yang sangat membekas, Dhit, yang membuat ortumu begitu baik kepad semua orang. Tapi, mmg benar, oranh yang baik itu banyak rejekinya :)
    (http://ingafety.wordpress.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fety
      iya sih pasti. Bonyok gue itu kecilnya susah banget. memang dia jadi ga pelit sama uang karena pernah ngerasain dulu hidup susah ga enak..makanya rasa dan jiwa berbagi nya kuat banget :))

      Hapus
  8. moga2 rezeki bonyok lo dipanjangin ya dhit, abisan banyak gitu yg tergantung sama beliau berdua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rani
      amieennn ran. termasuk gue yang tergantung nebeng liburan hahahha

      Hapus
  9. sambel bangka itu calok bukan ? pernah dikasih calok sama oraang kantor.tapi gak tau mau diapaain T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim
      bukan calok,,beda lagi. eh calok tuh yang mana aku sampe lupa hihi

      Hapus
  10. Kalo kata suami aku mbak dhita semakin kita disusahin sm orang terutama masalah finansial justru feedback baik plus rezeki semakin mengalir lancar. Makanya dia jg ky ortunya mbak dhita biarpun disusahin tp ttp ga bs nolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. marshmellow
      emang bagus nya gitu sih ya..biar pintu rejeki nya kebuka lebar. mudah2an aja anaknya ini bisa belajar dari mereka yah hihi :D

      Hapus
  11. Dhiiiit...
    ampun deh...bokap nyokap lo kayaknya sabar banget yaaaah...
    emang pasti lah sebagai anak, jadi gemesin gitu yah...
    apalagi supir yang dapet gaji double ituh...duh...

    Tapi gak usah khawatir Dhit,
    apa yang kau tebar itu yang kau tuai kok...
    rejeki gak mungkin ketuker kok :)

    aniwei, kenalin dong nyokap lo ituh...
    gue juga mau buka usaha katering iniiih...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. erry
      eymmm bok..makanya bingung kok ga nurun ke anaknya ya hahaha

      ih gue gemes lho sama pak I secara gue yang masukin kan. Tapi bokap gue ngelarang gue negor. Udah apal kalo anaknya ngomel takut pak I kabur haha. Soalnya bokap gue lagi butuh banget tenaga nya karena kerjaan nya butuh mondar mandir. Nyari supir jaman sekarang kan susah ya..makanya di tahan2in deh.

      Hapus