Rabu, 23 Oktober 2013

Ngumpulin Receh untuk Masa Depan

Di tanggal belasan, biasanya kondisi dompet sedang dalam keadaan bokek. Karena gajian biasanya tanggal 19, makanya kalo minggu2 terakhir biasanya udah dalam irit mode on banget.

image taken from here

Pas baru nikah, tiap dikasih "jatah bulanan" gue biasanya langsung foya2 2minggu pertama, abis itu manyun liat jumlah rekening. Maklum ya penganten baru masih kagok ngurus uang (sampe sekarang juga sih hihi)

Gue pun mencari cara untuk bisa nabung lebih banyak. Gue akhirnya menghitung detail pengeluaran yang diperluin setiap bulan, kemudian dana nya gue pisahin ke beberapa pos anggaran. Gue punya beberapa dompet yang kantong nya banyak. Jadi udah bisa kebagi2 tuh uangnya untuk apa aja.

Cara ini ngebantu banget loh. Bokek pas minggu terakhir sih tetep, tapi at least pengeluaran2 tetap seperti belanja harian, bensin, dll masih aman. Paling yang abis pos lifestyle untuk bersenang2 aja. 

Oke pengeluaran bulanan aman terkendali..tapi pengeluaran lain2 nya kok masih bengkak, terutama pemakaian Credit Card.


Setelah ditelaah lebih jauh, ternyata yang paling ga kekontrol itu adalah pengeluaran weekend. Dulu Okky yang in charge di pengeluaran weekend. Karena ga ada limitnya, jadi sering kebablasan. Apalagi banyak promo diskon makan di resto A B C dengan Credit Card tertentu.

Disinilah masalah dimulai. Diskon sih diskon, tapi pas liat tagihan mayan juga ya. Setelah berdiskusi, akhirnya kami sepakat untuk misahin dana weekend juga. Pokonya weekend sebulan jatahnya segini. Harus cukup. Ga ada tuh makan di resto A B C cuma karena ada promo diskon. 

Tapi kita masih flexible kok. Kalo weekend ini banyak pengeluaran, berarti ya jatah weekend depan yang dikurangi. 

Setelah beberapa bulan dijalanin. Keliatan jelas kita bisa nabung lebih tiap bulan nya untuk beli tas :D

Seperti artikel yang gue baca di liveolive dengan judul Bagaimana Saya Menemukan Extra 1 juta Tiap Bulan. Disitu juga dijelasin beberapa cara untuk bisa nemuin uang extra tiap bulan nya.

Artikel nya sangat menginspirasi deh..Apalagi bahasa yang digunakan juga ringan, jadi gampang dimengerti. Ga kayak baca artikel financial yang serius dan membosankan.

Ada tips yang mengurangi jatah ke coffee shop yang menurut gue juga efektif. Sebagai penyuka kopi, gue pun sekarang mengurangi jatah ke coffee shop dan mengganti dengan  kopi instant aja di rumah.

Untuk bisa nabung lebih banyak tiap bulan emang harus agak pengorbanan. Tapi kalo tiba2 akhir bulan nemu extra uang walo cuma sedikit rasanya bangga lho. Terus jadi termotivasi bulan depan harus lebih banyak lagi uang sisa nya :D

6 komentar:

  1. " Ada tips yang mengurangi jatah ke coffee shop yang menurut gue juga efektif. Sebagai penyuka kopi, gue pun sekarang mengurangi jatah ke coffee shop dan mengganti dengan kopi instant aja di rumah." -----> UHUK ! perasaan ada yang majang instgram foto cemilan coffee shop deh...
    Okky kali yaaaa....wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indah
      Loh kan gue bilang mengurangi. Bukan menghilangkan.

      Mengurang versi gue artinya yg tadinya ke coffee shop tiap hari skrg jadi 3x seminggu :p

      Hapus
    2. bentar bentar merk kopi instantnya apa neh dhit hahahaha... gw aslik udah lama ga buka blog orang.. sekalinya nongol bawaan pengen nyela mulu hahahahah... muah muah

      Hapus
    3. lia
      ooo jadi gitu li..udah ga pernah baca blog gue lagi?? ihh pundung ah

      Hapus
  2. sejuta di akhir bulan sih bukan uang receh, Dhit! Itu rejeki nomploookkk!
    Haha, iya ya. Jatah untuk lifestyle bersenang2 itu ternyata menguras isi dompet bangettt. *Halah, kayak aku punya jatah utk pos ini aja* hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitri
      gue kerasa banget bedanya pas uang weekend dijatahin fit. soalnya kalo gak seringan bablas nya. kalo dijatahin kan ketauan tuh sisa berapa. Paling kalo udah mau abis kita nempel ama ortu, kan kalo makan biasanya di traktir hahaha *licik*

      Hapus