Kamis, 28 November 2013

Teliti Sebelum Berinvestasi Properti

pic from here

Buat gue dan Okky, ketika memutuskan untuk mulai investasi di bidang properti itu adalah sebuah keputusan besar. Karena uang yang dikeluarin ga sedikit ya..Deg2an nya jangan ditanya deh. Walopun banyak yang bilang investasi properti itu aman karena harga nya pasti naik terus. But still..Udah segitu banyak uang yang kita keluarin, ada lah rasa takut kalo ternyata ga menguntungkan.

Salah 1 yang membuat gue "berani" invest di properti karena liat dari bokap nyokap gue. Dari jaman gue kecil, mereka selalu invest nya di properti. Bukan cuma bonyok, tapi tante gue pun meraup sukses dari bisnis properti. Kalo tante gue sih bukan lagi sekedar investasi properti, tapi udah merambah jadi developer. Kebayang ga tuh kayak apa enaknya huhu.

Tapi sebenernya, investasi di properti ga gampang lho. Menurut artikel Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi Properti di liveolive, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 


Dari semua yang dijabarkan di artikel itu, yang paling penting menurut gue adalah lokasi dan developer. 

Lokasi nya ga harus di tengah kota sih. Tapi banyak juga yang harus diperhatikan. Misalnya, akses kesana, apakah dekat dengan publik transport, bagaimana lingkungan sekitar, keamanan, dll. Pemilihan lokasi ini juga berkaitan dengan tujuan investasi. 

Untuk apartment, kalo gue liat2 emang lebih menguntungkan di tengah kota. Gue pernah bandingin, harga kontrak rumah dan harga sewa apartment beda tipis. Padahal luas nya beda jauh. Biasanya apartment kecil2 banget kan.

Asumsi sotoy gue sih, kebanyakan yang tinggal di apartment karyawan single atau pasangan muda yang belum punya anak. Kalo yang udah punya anak, kayaknya tetap lebih nyaman tinggal di rumah ya, walopun lokasinya mungkin jauh dari pusat kota.

Makanya, kalo gue pribadi nih, belum tergerak beli apartment yang agak di pinggir jakarta. Gue mikirnya kalo lokasinya jauh juga dari pusat kota mending invest di rumah aja sekalian. Sayang harganya itu loh yang gue belum sanggup haha.

Faktor developer juga ga kalah pentingnya. Gue pernah denger ada kejadian tiba2 apartment nya ga jadi dibangun. Doeng! Walo uang nya bisa balik lagi, tapi tetep aja kesel dong ya. Plus pasti proses nya lumayan lama.

Jangan salah juga, developer besar pun kadang bermasalah. Ada yang pembangunan nya molor bertaun2. Untung harga nya makin naik ya. Jadi kalo udah ga sabar, bisa dijual lagi dan masih bisa dapet untung.

Jadi emang selain nama besar, reputasi developer juga harus kita cek. Biar ga salah pilih :D

Sebenernya, impian gue sama Okky ngikutin jejak tante gue usaha properti. Well entah kapan terwujud..
But heyy..semua berawal dari mimpi kan? :)

7 komentar:

  1. investasi properti di Jkt keknya emang naik terus, beda sama disini, gw mau jual 1 apartment aja susah bener, segitu beach apt :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan2liburan
      nah gue bingungnya juga gitu. padahal bunga KPR skarang lagi tinggi banget lho. tapi harga properti terus melonjak. bahkan sekarang mnurut gue harganya mulai ga masuk akal *_*

      Hapus
  2. bagindaraja tuh Dhit, pengen banget invest di properti. Lah, tapi gimana mau invest? WOng rumah sebiji aja belum kelar cicilannya... *telan brosur apartemen*
    Btw, di Bandung juga udah mulai banyak apartemen, loh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitri
      di bandung bonyok gue udah invest juga beberapa. harganya masih lebih murah daripada jakarta. kalo disewain laku ga si fit?belum pada jadi soalnya punya bonyok. Kalo tante gue bangun townhouse somewhere di buah batu sama dago pakar. gue ditawarin beli tanah doang mikir2. ga ada duit soalnya hahaha

      Hapus
  3. Setuju banget soal apartemen yang di pinggiran. Gue pun selalu bertanya-tanya ngapain ya tinggal di apartemen kalo udah di luar Jakarta. Sama-sama jauh, terus dapet tempatnya kecil banget.

    Diaz belom berani nih investasi di apartemen, padahal gue udah nyuruh-nyuruh melulu. Musti dibujuk lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angel
      banyak yang target nya buat mahasiswa kampus sekitar gitu ngel. tapi tetep aja gue blm tergerak. soalnya harganya juga mayan mahal loh walo di pinggiran

      beli apartment di kuningan tuh tempatnya novi. Laku terus ngel kalo di sewain. harga juga naik2 terus :)

      Hapus
  4. Great post. Some of us believe that guest posting is dead but it isn’t. Guest posting on other blogs is such a great pathway to make a relationship with fellow bloggers. Blogging needs lots of hard work and pure dedication and having a strong bonding with other bloggers will surely help every blogger to pursue their dreams.
    One again thanks for sharing this with us. Keep writing. Waiting for your next posts.

    BalasHapus