Kamis, 05 Desember 2013

Bismillah..Bersiap Menunaikan Ibadah Haji

Pertama kali Okky mengajak untuk daftar haji, terus terang aja gue rada kaget dan spontan menolak karena ngerasa (sangat) belum siap. Setelah baca2 forum dan tanya sana sini, baru terkaget2 kalo daftar antrian haji ternyata panjang banget.

Bayangin aja untuk ONH plus aja daftar tunggunya antara 5-6thn. Kalo yang ONH biasa denger2 udah diatas 10thn >_<  Ini yang kemudian membuat gue berpikir "ah sudahlah daftar aja dulu, nyiapin mental sambil jalan aja"

Walopun nih yaaa..pas gue sampaikan niatan mau daftar haji ke bonyok, tanggapan mereka pun langsung kaget..

"HAH??yang bener kamu? ngapain mau haji..sana benerin dulu ibadahnya"

DOENG!!

Aslikkk yeee bonyok gue sadissss @_@


Udah gue jelasin kalo antrian nya super panjang. Mereka ga percaya dong. Sampe bela2in nelpon travel langganan untuk umroh dan haji. Begitu tau emang daftar tunggunya panjang, baru deh manggut2 dan mendukung niatan gue (-___-')

Ga banyak yang bisa gue share disini tentang tahapan daftar haji nya. Karena setelah berbagai pertimbangan, gue dan okky emang memilih untuk pake ONH plus. Tinggal datang ke travel haji terus lengkapin berkas2 (KK, KTP, Akte Nikah, pas foto) dan setor DP untuk dapetin nomer antrian.

Harga ONH plus bervariasi tergantung travel yang kita pilih dan tentu saja jenis fasilitasnya. Setelah survey sana sini (errr baru 3 travel doang sih hehe) gue bisa mengambil kesimpulan kalo perbedaan harga di beberapa travel itu tergantung fasilitas di padang arafah dan mina. Kalo pas di Mekkah Madinah rata2 sama. Lagipula di Mekkah Madinah hotel rata2 udah bagus kok. 

Tapi mau gimanapun fasilitasnya ga masalah lah ya..niatnya kan buat ibadah. Tinggal kita aja milih  yang sesuai kemampuan. 

Yang perlu diingat, untuk ONH plus, harga yang dikasih sama travel itu harga taun ini. Artinya harga sekarang TIDAK mengikat. Kita belum tau pasti total harga untuk keberangkatan taun 2019 nanti. Biasanya baru dikasih tau pas taun keberangkatan. Pas daftar kita hanya menyerahkan DP. 

Dari info yang gue dapet, rata2 kenaikan nya antara 5-15% (tergantung travel). Jadi tetep ya duitnya harus diinvestasiin. Karena walopun taun ini cukup uangnya, belum tentu kan 5-6thn lagi pas kita berangkat cukup. 

Udah pasti instrument investasi nya harus yang beresiko rendah. Mungkin deposito atau ORI bisa dijadiin pilihan. Gue kemaren milih untuk investasi dalam bentuk properti *komat kamit berdoa semoga kenaikan harga nya significant dengan kenaikan biaya untuk haji* 

Oh ya, karena semua bayaran dalam bentuk USD, ada baiknya dikit2 nabung USD. Yang mana gue belum punya dong >_< Abis harga USD skarang ga karuan. Udah ga ada duit yang buat ditabung ke USD nih huhu.  

Tadinya gue pikir udah dong ya..itu aja yang disiapin. Ternyata pas baca artikel 4 Biaya Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Naik Haji di liveolive.

JRENG JRENG..

Ada beberapa biaya tambahan yang ga terpikir ama gue, seperti biaya syukuran. Gue lupa biasanya emang sebelum haji orang suka ngadain syukuran ya. Untung banget gue sempet buka artikel di liveolive itu. Jadi mulai sekarang nabungnya harus lebih giat nih..

*unsubscribe email dan unfollow twitter semua airlines*

20 komentar:

  1. semoga lancar ya dhit... cukup waktu lah buat persiapan mental selama 5-6 th... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      kadang waktu ga kerasa lho man. mudah2an deh gue udah "agak bener" pas waktunya naik haji :p

      Hapus
  2. Disarankan kalau memang mampu, lebih baik haji saat masih muda dan tenaga masih kuat. Karena haji ini memerlukan kegiatan fisik, apalagi saat di mina dan juga tawaf sai yang pas musim haji jumlahnya buanyak banget.


    Semoga lancar mbak, ini salah satu ikhtiar loh. InsyaAllah ada aja rizkinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wawagunk
      gue juga mikirnya pengen masih muda supaya masih kuat. tapi kalo masih muda gini level keimanan gue masih cetek banget. Kayak ada beban gitu kan kalo udah haji. takutnya salah kelakuan dikit langsung di cap jelek huhu.

      amienn..makasi ya doanya :))

      Hapus
  3. Semoga lancar mbak Dhita...eh salam kenal dulu aku biasanya silent reader:-)

    kakak iparku daftar tahun 2012 dapet kursinya buat 2024 mbak...jadi daftar tunggu di Surabaya udah 12 taon aja dong. Ntahlah pas kami nanti ada budget dapetnya taon berapa hehe...sampe saat ini masih sebatas cita-cita sih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunda aqila
      waks..ya ampunn kirain di daerah masih lebih dikit antrian nya. ternyata sama aja ya.
      gpp cita2 dalam hati dulu..insya allah niatnya didenger allah :))

      Hapus
    2. Amiin..........(kenceng banget ini aminnya hehe..)

      Hapus
  4. senangnya km sharing soal ini mba :)) mba seperti biasa klo boleh tau, km pake travel apa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. arninta
      aku pake travel al amin yang di pakubuwono :)

      Hapus
  5. waaaahhh.. senangnyaaaa...!
    Yang penting niat dulu ya, Dhit. Selebihnya mudah2an dilancarkan jalannyaaaa.... aamiin...
    Btw, Azka mau dibawa juga-kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitri
      amiennn fit
      azka ga mungkin dibawa deh..secara lama banget kan. dan gimana mau ibadah haji kalo bawa anak. insya allah kalo ada rejeki pengen nya bawa azka umroh aja. entah kapan sih tapinya :p

      Hapus
  6. ko lama banget si dhit 5-6 tahun gw masih dapet 2 tahun lho kalo ONH Plus. Tapi Chaca pengen yang biasa aja. Dan belum daftar pulak dua2nya :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. lia
      daftar gihhhh..daftar yang biasa sekarang biar bareng ama iti berangkatnya

      Hapus
  7. Niat baik pasti dilancarkan Dhit.

    BalasHapus
  8. Waaaa... insya Allah lancar ya mbak. Semoga bisa segera menyusul mbak u daftar haji juga.

    BalasHapus
  9. semoga lancar ya dhit, niat baik koq ini hehe

    BalasHapus
  10. kenapa yah urusan "jalanjalan" ke arab ini belum pernah nemu yg versi backpacker alias ngeteng bin eceran :D

    yaa..semoga dgn mahal dan suliD ny ibadah 'sekali' ini ga membuat orangorang jd merasa "penting" dipanggil...
    haji
    haji
    haji
    haji
    :D
    hehehe...


    btw, congratz buat Tante&suami yah ;)

    BalasHapus
  11. yang penting ada niatnya, mudah2an ke depannya dilancarkan Allah SWT Dhit, banyak yang pengen naik haji tapi terhalang biaya loh ... Kalo suami udah ngajakin, apa lagi coba? kan enak tuh

    BalasHapus