Rabu, 23 April 2014

Big Slap!

Beberapa hari belakangan lagi heboh kasus kekerasan seksual yang terjadi di JIS. Begitu berita itu muncul semua grup WA gue yang kebanyakan isinya emang emak2 langsung heboh.

Parahnya ini terjadi di sekolah international yang notabene sekolah mahal dan bergengsi di Jakarta. Kebetulan lokasinya deket rumah gue, kalo lewat depan sekolahnya aja udah macam mau masuk kemana gitu, para security udah siap dengan segala peralatan untuk meriksa setiap mobil yang mau masuk. Eh ternyata kecolongan dari orang dalam. Gimana ga kayak tertampar tuh ya :((

Memang petugas cleaning service nya outsource dari luar. Tapi perusahaan cleaning service nya pun udah yang paling top. Kayaknya semua mall pake jasa mereka deh. Ga disangka2 kalo ternyata staff mereka beberapa ada yang "sakit jiwa".

Ibu mana yang hatinya ga hancur baca berita seperti itu. Apalagi kejadian itu menimpa anak yang umurnya mirip sama azka. Duh ga kebayang anak sekecil itu harus mengalami kekerasan seksual yang sangat keji seperti itu. Ga kebayang trauma nya kayak apa ya *nangis*


Gara2 kasus itu, gue pun jadi parno banget. Trus gue jadi kepikiran..

kok anak itu bisa sendirian ya ke kamar mandi? Dia kan masih TK..masa ga ada yang awasin?
masa guru ga meratiin ketika murid abis dari kamar mandi. apakah dia abis nangis, muka nya sedih atau gimana? Pasti ada dong tanda2 nya. 

Gue nonton di TV, alasan sekolah katanya untuk melatih kemandirian anak. Jadi dibiasain ke toilet nya sendiri. Ya harus liat dong toiletnya dimana dan seperti apa. Ini toilet nya berjarak 25m dan model macam di mall. Yang ada 1 pintu gede trus dalemnya bersekat2 dengan dijaga cleaning service. Dengan keadaan kayak gitu, masa kita mengharapkan anak 5th ke toilet sendiri dan ga mengotori toilet? Ga masuk di akal gue sih..

Apalagi makin kesini berita kasus JIS ini makin serem. Makin kebongkar kebobrokan nya. TK nya ternyata masih ilegal, terus gurunya ada yang ternyata fedofil dan udah jadi buronan FBI bertaun2, dll dsb. Google aja sendiri ya..banyak banget berita nya :(

Duhh kasus JIS kemaren bener2 "eye opener" banget deh. Ternyata segitu parahnya ya dunia kita sekarang :((

Memang penting banget deh mengajarkan sex education ke anak. Salah satu caranya dengan mengajarkan underwear rule. Baca di link tersebut ya..info nya menurut gue sangat berguna.

pic from here

Untungnya nih, karena sekolah Azka kan emang kecil banget yah, semua toilet di dalam masing2 kelas, jadi ga ada cleaning service yang standby bersihin. Kalo ada yang ke toilet ya sama gurunya langsung dibersihin. Yang bantu anak2 ke toilet pun para guru langsung. Gue sampe kroscek sama azka loh saking penasaran nya. Terus terang selama ini gue ga pernah penasaran masalah per toilet an di sekolah.


Selama ini gue pikir semua preschool tuh toilet nya di dalam lho. Jujur aja pas milih sekolah gue ga mempertimbangkan lokasi toilet sebagai faktor penting. Malah itu ga masuk dalam syarat gue milih sekolah. Siapa sangka ternyata toilet juga berpengaruh ya..


Gue pun sempet curhat ke parno an gue di grup kelas azka. Ibu2 lain banyak yang menghibur dan cerita kalo turn over staff (baik guru sampe security) di sekolah itu kecil banget. Banyak yang udah bertaun2 kerja, bahkan ada yang sudah belasan taun kerja. Gue bisa ambil kesimpulan berarti yayasan memperlakukan mereka dengan baik, yang insya allah membuat perlakuan para staff/guru ke kita pun baik.

Walopun gue jadi lebih tenang, but still yahh..kita harus berhati2. Orang sekolah international top aja bisa lalai kan. Gue tetep bolak balik ngasih tau tentang sex education ke azka. Gue udah ngajarin, kalo ada yang pegang di "tempat terlarang" harus tonjok atau tendang sekenceng2 nya dan harus bilang ke gue. Gue juga wanti-wanti kalo ada kejadian apapun yang bikin dia ga nyaman harus langsung lapor gue.

Semoga aja kejadian ini bisa jadi pelajaran untuk banyak pihak yah. Untuk pihak sekolah2 lain bisa meninjau ulang lokasi toilet sekolah. Kalopun di luar, setidaknya ada CCTV di depan pintu masuk toilet atau ada guru yang nemenin. Untuk kita, para ortu harus lebih detail nyari info sebelum masukin anak ke sekolah.  Makin panjang dong nih pe er nyari sekolah >_<

Gimana pun juga ga ada sekolah yang 100% sempurna seperti keinginan kita. Orang tua udah berusaha sebaik2nya dalam memilih sekolah..tapi ada hal2 yang ga bisa kita kontrol juga.

Akhirnya kitapun hanya bisa berdoa semoga anak2 kita selalu dilindungi Allah SWT ya..
Amiennnn..

10 komentar:

  1. Dhir, justru sekolah2 terkenal yg saklek dan tradisional itu, malah karyawan2 kebersihannya dan securitynya gak ada yg outsource. Rata2 udah kerja bertahun2 dan semua anak-anak mengenal mereka sebagai sahabat. Sekarang aja kalo gue balik ke sekolah lama, securitynya masih ada yang gue kenal, sama seperti belasan tahun lalu. Bahkan di SD gue aja securitynya masih sama. Gile ya hahahaha... Jadi sekolah2 yg saklek itu justru interview petugas2 itu bener-bener. Gak asal mempercayakan pada orang. Dan anak TK ke toilet sendirian itu menurut gue OON BANGET! asli!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, kok Dhir sih, maksud gue Dhit. R sama T sebelahan. Tapi lantaran gue napsu nulisnya jadi ngaco huahahaha....

      Hapus
    2. leony
      iya kayaknya bener deh skolah traditional tuh lebih kerasa kekeluargaan nya ya le. makanya staff nya pun deket ama semua orang jadi kayak sahabat.
      Kalo sekolah azka si emang karena kecil banget le, ternyata ada untungnya juga yak, jadi everyone knows everyone :p

      Itu gue masih ga habis pikir anak TK disuruh ke toilet sendiri. Jangankan di sekolah, di rumah pun azka masih gue temenin lho kalo ke toilet.

      Hapus
  2. ikut gereget mbadhit, duh apalagi saya nih punya anak gadis 2.. sekarang yang besar 3y dan kemarin saya selipin aja kasih tau pas mandi, kalo ada orang selain bunda,dll ga boleh ada yang cebokin liffa.. dia sih ngangguk2 tapi mudah2an ngertri,,

    peer besaarr..semoga anak-anak kita terlindungi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. liakirana
      bener deh harus sering2 diselipin sex education. azka juga nih lagi gue coba masukin terus sex education nya. Walo kadang bingung karena azka malah jadi banyak nanya haha. " kalo pegangnya di udel boleh ga bu?" atau "pegangnya dari luar gimana bu?boleh ga?" >_<

      Hapus
    2. dhit.. cek email deh.. yg kmaren gue nanya... tq

      Hapus
  3. perusahaan outsource nya itu perusahaan yang sama ama cleaning service+security di kantor suamiku mba dan pernah ada yang nyuri2 barang gitu.. jadi kayaknya itu perusahaan kurang ketat dalam merekrut karyawan juga deh..

    BalasHapus
  4. semakin kesini kasusnya makin aneh ya :|
    curiga si cleaning service dijadiin tumbal, mungkin ga ada orang lain yg sebenarnya bersalah trus disembunyiin
    tapi tetep sekolah ini aneh :|

    BalasHapus
  5. slalu aja deg2an tiap baca postingan macem ini..lgsg kepikiran sama anak2..untungnya sekolahnya toiletnya juga di dalam, jd masih rame orang seliweran..mana guru2 dan pengasuhnya juga cewek smua, cuma ada 1 cow pak satpam..tapi juga slalu stand by di dpn pintu gerbang..mg anak2 kita slalu dlm lindungan-Nya ya...aamiin

    BalasHapus
  6. Iya, dari awal juga aneh, gak percaya tersangkanya cm 2 orang itu, terus yg kok bisa anak TK ke Toiket sendirian...

    BalasHapus