Rabu, 14 Mei 2014

The Big Show

Setiap taun sekolah azka selalu mengadakan performance anak-anak. Seperti taun lalu azka juga perform :)
Uniknya, project show ini dirahasiakan rapat2 dari para orang tua. Memang tujuan nya mau kasih surprise ke orang tua dari anak2. How sweet :))

2 Bulan Sebelum Show
Gue ga tau pasti kapan latihan nya di mulai, tau2 beredar kabar udah mulai latihan di sela2 jam sekolah. Guru2 mulai bilang ke anak-anak kalo ini rahasia. Namanya juga anak2..dikit2 ya bocor lah ya. Mulai lah emak2nya penasaran bisik2 kanan kiri :p

1 Bulan Sebelum Show
Kita para orang tua mulai dapet gambaran tema show taun ini. Mungkin karena latihan juga udah makin sering, anak2 mulai hapal lagu2 dan gerakan nya. Jadilah hampir tiap hari azka nyanyi dan latihan juga di rumah. Lucuuukk nya keterlaluan! 

3 Minggu Sebelum Show
Panggung mulai berdiri di halaman depan sekolah. Cuma panggung untuk latihan aja si, polos tanpa dekorasi apapun. Tujuan nya supaya anak2 familiar sama tempat mereka perform nanti. Mulai latihan gabungan dengan anak kelas TK B sesuai rundown acara.

Waktu masuk sekolah kan jam 8 pagi. Biasanya jam 8 itu masih waktunya outdoor play sampe jam 8.30. Harusnya sih abis itu masuk dan melakukan kegiatan di dalam kelas, tapi karena mau performance, jadinya abis main di luar langsung latihan di panggung. Nah sementara gue kan kalo dateng jam 8.30 an haha. Walopun pas azka dateng udah pada siap2 latihan, boro2 deh bisa nyuri2 liat mereka latihan, wong biasanya langsung "diusir". 



Pernah suatu hari, gue balik ke sekolah mau ngasih roti untuk sarapan azka. Eaaalah di depan pintu gerbang aja udah dicegat penjaga pintu. Dikasih tau lagi latihan jadi ga boleh masuk. "Nanti ga surprise lagi dong bu kalo udah diintip" Bahkan penjaga pintu pun ikut andil dalam menjaga rahasia ini rapat2 haha.

Pernah juga gue kecepetan jemput, terdengarlah dari luar kelas lagu2 untuk performance.  Ternyata mereka lagi latihan di kelas. Gue ngintip2 dari jendela. Ealah ketauan ama gurunya, dan disamperin ke luar haha. Dibilangin "jangan diintip dong buu..ini kan surprise"

Yaa oke dehh..Terpaksa melipir jauh2 deh gue hihi. Harus hargain dong ya niat baik mereka semua :)
Yang begini nih yang bikin penasaran dan ga sabar kan..aslikk perasaan lamaa banget nungguin hari H.

2 Minggu Sebelum Show
Anak2 mulai latihan dengan kostum masing2. Sekalian fitting kostum, kalo ada yang perlu di gede/kecilin. Jadilah hampir tiap anterin azka ke sekolah gue melihat para anak2 lucu ini lagi sibuk pake2 kostum. 

Karena tiap hari harus berganti kostum, para guru wanti2 ke orang tua supaya anaknya dipakein baju yang nyaman dan gampang dibuka. Selain melatih anak2 untuk buka/pake baju sendiri., hal ini juga akan memudahkan para guru yang nantinya membantu mempersiapkan anak2 ketika show. Karena waktu siap2 sebelum pertunjukan kan sempit sekali (anak diantar jam 8, pertunjukan mulai 8.30). 

Kalo pake kostum ya jelas harus dibantu yee. Banyak perintilan nya gitu. Tapi at least kalo mereka bisa buka dan pake baju sendiri akan jauh lebih menghemat waktu. Karena kan orang tua ga boleh masuk ke backstage. Bener2 semua diurus para guru.

At this time, ortu mulai dikasih undangan (bikinan anak2) dan selebaran tentang show yang akan datang. Yang bikin gue salut adalah, emang sih show akhir taun ajaran di skolah azka termasuk "kecil" tapi semuanya tuh dipikirin detail. Karena acara ini fokus nya bonding time sama anak, jadi yang boleh datang hanya bapak dan ibu nya. Yang punya adek/kakak aja diminta untuk ga dibawa. Sodara lain yang mau ikut nonton juga ga boleh. Kecuali yang bapak ibu nya ga bisa datang, baru boleh diwakilkan saudara (kakek/nenek/oom/tante).

Masalah foto pun diatur dong >_<
Udah pada tau lah pihak sekolah kalo hari gini pasti kita2 seringnya sibuk foto atau video in anak2 kemudian buru2 di upload di socmed. Sampai kadang lupa fokusnya adalah menikmati performance anak. Oleh karena itu pihak sekolah udah siapin videographer dan photographer yang standby foto dan video in anak2.

Dari mulai anak2 bersiap di ruangan kelas (yang mana ortu seharusnya ga boleh masuk) sampai sepanjang acara berlangsung. Jadi ga usah takut ga ada kenang2an foto, justru para orang tua diharapkan bener2 fokus menonton dan mendukung anak2. Judulnya aja ini acara adalah suprise anak2 untuk orang tua, so sit back relax and enjoy the show.

Kasarnya sih lebih mending orang tua sibuk tepuk tangan dan nyemangatin daripada tangan nya sibuk foto. Biarkan para photographer dan videographer melakukan tugas mereka. Kalo dipikir2 emang bener sih ya. Tapiiii..aku kan gemetsss..gimana dong?

Di sekolah, anak2 mulai dikasih tau untuk jaga kesehatan, makan yang bergizi, dan tidur yang cukup. Supaya pas hari H semua sehat. Ini ngaruh banget lho, kalo azka lagi susah makan, gue cuma ngingetin show nya bentar lagi, dan dia pun langsung nurut :p

Aslik azka udah excited banget. Gue pun jadi ikutan menghitung hari..
Makin ga sabarrr!!!

2 Hari Sebelum Show
Panggung mulai di dekor karena 1 hari sebelumnya akan dipake untuk show anak2 Playgroup.
Temen gue ngirimin foto panggung ke grup WA aja gue udah mau nangis dong *tutup muka*

So can't wait!!

The Day
Akhirnya hari yang dinanti berbulan2 pun tiba. Hooorayyy..

Tumben2an azka bangun dan siap tanpa drama :D Excited banget anaknya.
Ga cuma azka yang excited tapi semua temen2 nya juga. Bahkan ada anak yang 2 hari sebelumnya tuh diare. Ibunya udah bilang ga usah ikut show ya besok. Anaknya kekeuh mau ikut. Alasan nya biar papa mama liat, kan aku udah latihan. huhu. Mau nangis ga sihh..Untung pas hari H keadaan nya udah membaik. Jadi bisa ikutan show deh.

Gue sengaja berangkat jam 7 supaya agak pagian sampe sekolah. Tau-tau di tengah jalan ada yang kabarin kalo kursi2 bagian tengah depan mulai penuh *nangis* Ya udahlah pasrah kita duduk dimana aja

Sampai sekolah, langsung diminta foto keluarga di photobooth.


Kemudian azka digiring masuk ke kelas untuk ganti kostum. Ortu ga boleh masuk dong..langsung dipersilakan cari tempat duduk. Beneran lho bangku nya tinggal yang belakang2. Gue pun dapet paling belakang. Mana panas banget, ga kedapetan yang ketutup tenda. Hiks. Telat ya ternyata..Ya jelas semua emak2 nya pada ga sabar dan excited sih :p

Show taun ini tema nya keliling Indonesia. Jadi anak2 menampilkan tarian2 daerah. Lucuunya kebangetan :D



Sambil nunggu mulai emak nya dong foto2 hihi

 itu ada yang nyeker karena pake sepatu tinggi bener. 
Kebanting lah gue. ehh dia buka dong sepatunya hahaha


Untung ga terlalu nunggu lama, acara pun dimulai. Kepala sekolah memberikan kata2 sambutan..


"bapak ibu..silakan dukung anaknya ya. Boleh tepuk tangan sekeras2nya,berteriak lah sekira nya perlu. Dukunglah mereka"

And let the show begins..

Baru kelar kata sambutan aje gue udah berderai air mata. Sampai disodorin tissue ama temen gue *tutup muka*



Bangga banget rasanya liat anak2 ini semangat perform :)))
Apalagi pas giliran azka..

PECYAHHH..
*tissue mana tissue??*



Kok bisa videoin? Hahaha nitip ama temen gue di depan. Giliran anaknya udah kelar. Sebelum azka mulai gue udah colek2 dia untuk nitip hp dan minta tolong videoin. Jadi gue bisa fokus liat azka tapi tetep dapet video *pinter kan akyu?* Abis gue ga sabar nunggu hasil video dari sekolah :p Semoga ga "digetok" yayasan yak emak bandel satu ini :p

Sebenernya gue pun megang hp okky, rencananya mau nyuri2 foto dikit. Tapi pas mau fotoin tangan gue malah gemeter nahan tangis. Yang ada jadi blur dong fotonya. Jadilah batal foto dan sibuk lap air mata *cengeng* *biarin deh lebay*

Ada juga foto azka di panggung ini dari temen gue..


Duh bangga nya sampe membuncah2 rasanya..Hebatnya kok bisa bikin semua orang tua bangga bukan cuma ke anaknya, tapi ke semua anak2 di kelas lho. Aslik gue bolak balik liat video show bukan cuma pas giliran azka nari aja, semua tarian gue ulang2. Dan makin bangga ama anak2 kecil ini.

Mungkin ini efek rahasia berbulan2 ya, bayangin aja berbulan2 dapet info cuma seuprit2. Jadi pas hari H tuh bener2 pecyaahhh cyn rasanya.

Udah mana semua anak tampak bersenang2 di atas panggung. Ga ada yang mogok dan takut panggung. Kayaknya karena mereka selalu dibilangin ini persembahan buat orang tua, nanti orang tua nya terharu. Jadi anak2 pun semangat ngasih penampilan terbaik mereka. Soalnya azka tuh suka bilang "bubu nanti pasti terharu deh..bawa tissue aja bu" hahaha..

Salut deh buat para guru dan semua staff yang udah membantu show kemaren. Gue yakin ga gampang lah ya ngajarin anak2 ini. Gue yakin butuh sumbu sabar yang luar biasa panjangnya. Rasanya bilang terima kasih aja ga cukup ya buat mereka. Cuma bisa doain semoga jasa2 mereka dibalas berlipat ganda.

KIDS WE'RE SO PROUD OF YOU!!!

Makasih tak terhingga untuk para guru2..You did an amazing job!

9 komentar:

  1. Whoaaaa...Dhit aku jadi ikut deg degan lho baca tentang persiapannya ituuuuh...
    Well prepared banget yaaaah :)

    Dan emang kalo mau ada hari penting suka adaaa aja godaan nya...untung diare Azka cepet sembuh yah :)

    Dulu waktu Fathir mau outbound, yang mana udah ditunggu2 banget sama anaknya, malahan sempet demam dulu, tapi untunglah cepet sembuh juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. erry
      yang sakit alhamdulillah bukan azka er. tapi emak2 yang lain ikutan bantu saran2 pengobatan nya. Soalnya kalo ada 1 yang sakit, formasi tarian nya kan jadi ga lengkap. Makanya jadi bahu membantu kasih saran.

      tapi emang ya kalo mau show kita suka deg2an anak sakit. kasian soalnya kalo sampe ga ikut pasti kecewa banget huhu

      Hapus
  2. aku nangis donk bacanya!! *lebih lebay aku kaan hehehe...kebayang klo raya nanti yg tampil gimana :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. arninta
      hahaha kali karena anak kita masih satu ya. Jadi lebay begini..
      Temen gue ampe godain lho "ditt nanti azka wisuda bawa ember ya" >_<

      Hapus
  3. Waaahhhh... keyennnn.... Dan yang gue suka adalah: Gak nyusahin parentsnya. Mereka bener2 siapin di sela-sela jam pelajaran, dan orang tua ya nanti tinggal menikmati aja. Great job Azka. Gue belum bisa lihat videonya sama sekali, lantaran internet di sekolah jebotnya tiada terkira. Tapi nanti gue sempetin liat di rumah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leony
      di skolah azka ini emang ga ada perkumpulan ortu le. Semua yayasan yang atur. Ortu tugasnya cuma nongkrong dan sarapan bareng. Mau ada event kecil atau gede ga pernah dilibatkan urusan teknis. Pokonya tinggal terima beres semua. Ortu tinggal nonton.

      Makanya cocok banget buat gue yang emang pemalas ikut ngurus ini itu. Ga kebayang kalo gue harus ikutan dekor atau mikirin kostum anak2, pasti banyakan ngomelnya daripada senengnya :p

      tapi walopun begitu, hubungan antara guru/kepsek/staff/dan antar orang tua lain tetep terjalin sangat baik. Gue sekarang jadi sangat menghormati profesi guru lho. Salut buat elo lee yang sekarang jadi guru. Hebatttt..jasamu sungguh tak bisa diukur dengan apapun :D

      Hapus
  4. Keterlaluan ini lucunya! Gue gemeeesssss.
    Ngebayangin ngajarin anak usia segini nari berkelompok gue udah ngos2an sendiri. Keren amat sih guru2 kepompong. Anak2nya juga keren.
    Dan azka keren banget loh, Dhit narinya. Sesuai irama musiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. seerika
      ya kannn..gue amazed ama guru2nya. kok ya bisa pada nurut ini anak2 piyik. Padahal kalo di rumah ama gue berantem terus kerjaan nya >_<

      kmrn ada ibu2 kelas yang cerita, dulu pernah pas naik TK B gantian ibu2 nya disuruh kasih persembahan untuk guru2. Pada ngeluh dong ga bisa haha. Untung sekarang program itu dihapus. yayasan ngerti kali yee emak2 nya mana sanggup handle puluhan anak :p

      Si azka emang suka banget dance rik. bisa nyocokin irama dan gerakan. Entah nurun sapa. thanks yaa rikaa :*

      Hapus
  5. Hallo Bubu Azka, ak silent ridersnya ni,,, yaampun aku juga terhura deh liat videonya...lucu banget gitu anak TK udah pada PD naik panggung..gak bayangin klo nanti Bilal besar bisa kaya abang Azka, selamet ya abang azka

    BalasHapus