Kamis, 19 Juni 2014

Keliling Jakarta Dengan Bus City Tour Jakarta



Udah pada tau belum sejak bulan Februari lalu, Jakarta punya double decker bus aka bis tingkat. Sesuai namanya, City Tour Bus Jakarta adalah bis pariwisata kota Jakarta. Konsep yang mirip dengan hop on hop off kalo di luar negeri. 

Gue mulai dari halte bunderan HI (depan Plaza Indonesia). Cari aja sign "City Tour" seperti di foto. Dan tunggu sampai bis nya datang di halte :) Biasanya bis datang antara 15-20 menit sekali. Tergantung keadaan jalan Jakarta. 


Rute yang dilewati City Tour Bus Jakarta antara lain Bunderan HI - Museum Nasional - Gedung Kesenian Jakarta - Istiqlal - MOnas - Balaikota - dan kembali ke Bunderan HI.

Hebatnya, untuk menaiki bis ini kita tidak perlu bayar alias gratis. Di dalam bis pun ada guide yang siap menjelaskan tentang tempat2 wisata yang dilewati. 

Jujur gue suka dengan ide nya. Tapi seperti biasa, operational di lapangan masih banyak yang harus dibenahi. 

Dengan armada yang hanya 5 bis, nunggu bis ini suka lamaaaa banget *_* Kemaren kita termasuk beruntung, nunggu di halte hanya kurleb 20menit. Setelah 1 bus ga terima penumpang karena mau istirahat, 1 bus penuh, dan 1 bus lagi ga berenti tanpa alasan yang jelas, akhirnya datang juga bis yang mau mengangkut kita semua.





Antrian udah pasti ga jelas dong ya hihi. Seradak seruduk sana sini, ga peduli mana yang datang duluan atau belakangan. Di bis ini semua penumpang harus duduk. Kalo ternyata udah full, ya silakan turun lagi dan menunggu bis selanjutnya. Jadi harap nyetok sabar yang banyak ya kalo ternyata diserobot ama orang yang baru dateng :p


Mungkin nih yaa..bisa dibuat peraturan, penumpang naik dari depan dan penumpang turun dari belakang. Jadi setidaknya bisa lebih tertib. 



Sayangnya pula, sound system di bis yang kita naikin lagi ngadat. Suaranya antara ada dan tiada di atas. Berhubung Azka kepengen duduk diatas, jadilah kita on off denger penjelasan dari guide nya. Padahal menurut gue ini penting lho, karena tanpa denger penjelasan dari guide, ya berasa naik mobil biasa aja sih, nothing special. Ga menambah pengetahuan tentang Jakarta. Yang ada malah ngantuk bok, secara di dalam bis nya dingin dan jalan nya pelan banget kan. 

Yang bikin nge drop juga para penumpang bis yang naik. Bingung gue gimana ya caranya bikin orang2 taat aturan dan saling menghormati orang lain. 

Kemaren banyak anak2 pulang sekolah yang naik bis ini serombongan. Berisiknyaaa..ampunnn! Mbok ya hormatin penumpang lain gitu lho. Namanya bis pariwisata, orang kan pengen dengerin guide nya ngomong apa. Udah mana sound system nya ngadat makin susah denger kan jadinya. 

Udah dikasih tau aturan nya ga boleh makan/minum dan buang sampah sembarangan. Guess what? Ya tentu sajaa masih ada yang lakuin itu semua. Orang di depan gue buka bekal dan nyuapin anaknya sepanjang jalan. Di bawah gue ada sampah bekas botol aqua >_< 

Katanya sih sekarang memang lagi masa percobaan. Setiap beberapa bulan sekali akan diadakan evaluasi untuk membenahi sistem. Selanjutnya pun akan ada penambahan armana bis dan rute2 lain. Gimana pun juga gue salut sih sama usaha pemerintah untuk meningkatkan pariwisata. Sistem nya aja tinggal di poles dikit. 

Menurut gue yang terpenting adalah masyarakat nya ikut mendukung dengan cara mentaati peraturan dan saling menghormati. Karena mau dibikin sistem nya sebagus apapun kalo masyarakatnya masih "bandel" ya ga akan berhasil kan. 

9 komentar:

  1. bagus banget ya ada yg kayak gini :)
    suka deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mudah2an didukung dengan tempat2 wisatanya juga dikelola dengan baik yaa..jadi bisa menarik para turis :)

      Hapus
  2. Halo Mbak Dhita salam kenal :)

    Sebenernya ide tentang city tour ini bagus ya, Sayangnya masih banyak orang Indonesia yang belom bisa mentaati peraturan. Trus nunggu sampe lama itu tuh yang males banget.

    Semoga makin baik deh ke depannya. Mau coba soalnya hihihihi. Udah gak inget dulu pernah sekali doang naik bus tingkat :P

    Lia
    missgrangerwannabe.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. r-aulia
      katanya nanti bakal ditambah kok armada nya. jadi mengurangi waktu nunggu. mudah2an aja bener ya :))

      Hapus
  3. menurut gua mental orang indo belum siap untuk yang begini2an. dibikin gratis pula. gak akan tahan lama pasti gak karuan.
    harusnya dibikin berbayar biar gak trus jadi siapa aja naik kesitu. dan jelas harus ada antrian yang jelas. yah tapi ya susah lah kalo udah ngomongin tentang tertib di indo ya. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      i agree man. susyee orang indo cuma bisa nuntut ini itu. begitu dikasih ga dijaga dengan baik. emang adanya bis ini terkesan terburu2 sih, belum terlalu mateng disiapin sistem operasi nya. At least udah bagus pemerintah keliatan deh ya usaha nya.

      Duh man kalo ngomongin tata tertib di indo mah ga ada abisnya. Jangan kan antri bis, antri toilet aja serabutan >_<

      Hapus
  4. waw..seru ya jadi kepengin nyobain juga

    BalasHapus
  5. Hai mba...salam kenal...

    Seneng banget akhirnya di Jakarta ada city tour bus kayak gini tapi ya itu ya emang gemes sama warga sini sendiri yg entah kenapa koq susah banget yak buat diajak tertib biar bisa teratur kayak di LN sono...

    Tapi ya salut juga siy smoga aja ke depannya bisa lebih oke...

    -therakhshan.blogspot.com-

    BalasHapus
  6. hai mbak Dita...sekitar 2minggu yang lalu, aq juga nyobain naek ini, dari halte Sarinah turun lagi di Sarinah. Dan hari Sabtu itu, mereka hanya ngangkut penumpang dari halte tertentu aja. Infonya gratis sampe akhir tahun aja. Jadi ngebayangin kayak city tour nya Singapur yaaa ^^, mudah2an wilayah "jajahan" bis nya bisa lebih luas jadi kejangkau poin-poin menarik di Jakarta..

    BalasHapus