Minggu, 12 Juli 2015

Mbak Sis Jeng Sis


Berawal dari ngobrol ama Darina yang waktu itu lagi dalam proses pengajuan unpaid leave di kantor nya. Jadi pengen cari kegiatan yang menghasilkan uang tapi waktunya bisa flexible ga kayak orang kantoran.

Muncullah ide untuk jualan tas..

Ga tanggung2 dong, kita pun nekad booking tiket untuk ke Eropa. Begitu selese booking baru kita nyadar..ADUH MODAL DARI MANA SIS???

hahahhaaha

Mulai lah kita mencari2 cara untuk ngumpulin uang. Yah walopun dikit lumayan deh buat makan/hotel selama di Paris nanti kann..

Ternyata semesta berpihak kepada kita. Kok ya pas banget ada temen gue yang lagi mau ke Amrik dan bersedia dititipin lipstick untuk dagangan. Tentu saja setelah nego fee untuk dia dong..

Dengan mengucap basmalah..
Kita pun membuka Pre Order Lime Crime batch pertama..



Batch pertama itu bener2 dapet banyak pelajaran sih kita. Banyak sekali duka nya. Bayangin aja dari 4 pengiriman, yang ga nyampe ada 3.
Haduh makkk...Pucing pala barbie jadinya.

Yang Lime Crime alasan nya "wrong postcode". Padahal gue google hotel temen gue postcode nya udah bener kok. Terus yang lain dari Anastasia BH entah kenapa udah milih 2 days shipping eh ga sampe2 dong barangnya sampe temen gue balik ke Indo. Pas gue track ternyata barangnya baru sampe hotel 3 jam setelah temen gue check out. Orang udah minta 2 days shipping kenapa jadi seminggu shipment nya?

Orderan dari Sephora pun bernasib sama. Nyampe hotel di hari temen gue pulang. Jadilah itu ada 2 paket tak bertuan di hotel temen gue.

Duh...

Masalahnya, jadi ribet urusan refund kan. Harus email hotel nanyain paket, emailin pihak merchant yang mana CS Sephora susah banget kerjasama nya. DIsuruh telp Call Center mereka terus padahal udah gue bilang gue di Indo. Gitu lah pokonya ribet bener.

Ampe skarang masih ada yang gantung nih statusnya. Belum juga gue terima refund nya :(

Belum lagi gara2 shipment yang ga sampe itu, jadi ada customer yang ga kedapetan lipstick nya. Padahal mereka udah DP. Untunglah customer kita pada baik2 dan pengertian. Tau aja kita baru belajar buka lapak.

Yah gpp deh..kita jadi dapet pelajaran berharga.
Ternyata oh ternyata begini toh susah nya jualan. 

Setelah itu sih, alhamdulillah bisa dibilang lancar acara buka PO-PO berikutnya.
Yang paling heboh adalah ketika kita buka PO Le Specs dan Bourjois Rouge Velvet. 

Sungguh kita ga nyangka akan serame itu yang order. Saking banjir nya pas PO Le Specs, seharian mata gue hanya tertuju di HP. Kirim2 invoice dan jawab2 in line/WA. Fast PO yang tadinya dibuka 2 hari, akhirnya kita tutup cuma sehari. Itupun Darina ampe ga tidur nge rekap orderan. Memang berdedikasi tinggi sekali partner gue yang 1 itu. 

Padahal ya sebelum puasa tuh Darina sempet bilang ga mau buka PO atau jualan selama bulan puasa. Tapi kenyataan nya? Selama bulan puasa ini malahan kita sering lembur. Bahkan lebaran aja sepertinya kita harus lembur packing in kacamata nih. Alhamdulillah sih..harus disyukuri. Mungkin ini yang namanya rejeki ramadhan :))

Sebenernya kita ga terlalu berambisi. Target kita cuma ngumpulin uang buat bayar hotel di Paris aja. Cetek amat ya haha. Makanya begitu ada yang nawarin patungan ngirim pake forwarder dengan quantity jauh lebih banyak, kita pun mikir2. Selain kepentok masalah modal juga, kalo minimal kirim 30kg, berapa ribu lipstick yang harus gue beli kan? Masih jiper takut ga laku :p 

Begitupun pas ada yang mau order lipstick ratusan pieces. Bukan nya kita nolak rejeki, tapi gimana cara bawanya mamih..Selama ini kan gue selalu nitip ama temen gue yang mau balik indo, jadi hand carry semua. Rata2 ga berani bawa dalam jumlah ratusan. Karena alasan ini jugalah kita sering menutup PO lebih cepat. Pokonya kalo quota udah full kita langsung tutup. 

Doakan saja deh ya lapak kita laris manis dan bisa survive di kancah online shop ini. Yang penting doakan semangat jualan mbak sis Dhita dan Darina terus berkobar. Maklum deh kita suka angot2an :p

Ayo sistah-sistah yang belum follow IG dan FB kita tolong ya di follow..
FB : Turis Kece
IG : @turiskece

Orderan kalian sangat kami nantikan :D

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Amien ngel
      Sering2 order ya hihu

      Hapus
  2. Lime Crime gw jg gak nyampe2 nih dari Amrik, issue yang katanya biasa terjadi sama brand ini...zzzzz...

    * * *

    Paphos, Tempat Lahir Dewi Cinta Aphrodite → Jalan2Liburan


    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak feb
      Masa? Kita kirim nya ke alamat amrik sih krn emang ga bisa kirim ke indo..

      Issue lain yang gue denger katanya kl web lime crime itu sering banget di hack. Makanya tiap mau order gue deg2an banget huhu.

      Hapus
    2. suksesss terus dagangannya ya dhit...emang ya yg namanya jualan pasti ada suka dukanya.

      oh ya mumpung bsk mo lebaran, mo ngucapin selamat berhari raya dengan keluarga tercinta, mohon maaf lahir batin.

      alamat blogku pindah ya dhit

      Hapus