Minggu, 25 Oktober 2015

Azka & Dentist

Walopun masih gigi susu, tapi gigi kan harus tetap dirawat ya. Beruntung asuransi kantor Okky meng cover dokter gigi juga, jadi lumayan bisa hemat *big smile*

Petualangan Azka dengan dokter gigi dimulai sejak umur 3,5 taun an. Agak telat ga sih? hehe. Saat itu hanya cek rutin aja, belum ada masalah dengan gigi nya. Karena cuma pemeriksaan biasa, gue ga terlalu survey dokter gigi anak yang bagus. Langsung cari yang spesialis gigi anak di RS terdekat. Gue aja ampe udah lupa nama dokter nya siapa >_< Ga ada komplen sih ama dokter nya. Cuma gue masih pengen coba yang lain. 

Ketika gue menemukan ada lubang kecil di gigi depan Azka, mulai lah browsing2 dan menemukan Klinik Smile Center di Tebet. Semua review yang gue baca bagus2. Bukan nya apa2, tapi pain tolerance Azka itu sangat rendah, alias lebay kayak emaknya. Sakit ga seberapa aja udah kayak digebukin orang sekampung jeritnya.

Berhubung gue takut harus ada tindakan lanjutan, seperti ditambal atau apalah, jadi milih dokter nya harus lebih hati2. Kalo salah pilih sekali, bisa2 anaknya trauma dan ga mau ke dokter gigi lagi. Emaknya yang pening kan.

Sayangnya dokter gigi favorit di dunia emak2, Drg. Nila Alya daftar tunggu nya terlalu panjang. Katanya sih, dokter disini semua nya bagus dalam hal menghandle anak2. Jadi gue bikin janji ke dokter lain di Smile Center. Again, gue lupa nama dokter nya *toyor diri sendiri*

As expected, dokter nya baik banget dan sabar ngadepin anak2. Karena lubangnya sangat kecil dan ada di gigi depan, jadi ga diapain2. Cuma disaranin datang lagi setelah beberapa bulan, dan disuruh pake tooth mousse, yang mana kala itu kosong dimana2. 

Kendalanya adalah, klinik Smile Center jauh banget dari rumah gue. Ditambah lagi, kalo ke klinik gigi, gue ga bisa langsung pake asuransi. Bisa reimburse sih, tapi gue suka lupa bawa2 form asuransi. Rada males rempes.

Selang beberapa bulan, gue dapet info kalo drg. Nila Alya ternyata praktek di KMC. Haduu senangnya hatiku. Langsung deh bikin janji untuk cek gigi Azka yang berlubang kecil itu. Sama aja, ketika konsul disaranin pake tooth mousse, karena emang bolongnya ga parah. Untungnya di KMC pas ada stock.

Emang bener yang dibilang orang2 kalo drg. Alya itu baik dan ramah. Personally, gue puas banget. Ga dikit2 disuruh tindakan ini itu. Kalo ga perlu-perlu banget, ya ga usah dulu. Kayak gigi bolong itu udah berbulan2 kan, tapi karena kecil banget dan bukan geraham, jadi katanya belum perlu ditambal. Cukup rajin dipakein tooth mousse aja untuk mencegah pembesaran lubang. Diliat lagi dalam beberapa bulan, baru diputuskan harus gimana.




Setelah itu sih, gue liat lubangnya ga makin parah. Jadi gue baru datang lagi ketika gigi Azka mulai goyang. Progress goyang nya gigi Azka tuh lambat sekali. Udah keburu gigi tetap nya keluar, sementara gigi susu belum terlalu goyang.

Sebetulnya memang harus buru2 dicabut supaya numbuhnya ga miring2. Pas gue datang untuk konsul, Drg. Alya ngejelasin sih proses nya akan seperti apa. Gue saat itu bingung. Gue sendiri aja belum pernah disuntik bius di gigi, ga punya gambaran sama sekali seperti apa. Sementara, untuk cabut gigi Azka udah pasti harus disuntik bius. Wong gigi nya masih belum terlalu goyang. Duhh..drama ga ya anak gue. Mental emak dan anaknya belum disiapin.

Drg. Alya kayaknya ngebaca kebingungan gue, jadi dia menyarankan tunggu seminggu aja. Ga harus cabut saat itu. Dia bilang kalo ibunya belum yakin mending ditunda aja. Seminggu ga akan bikin perbedaan jauh kok. Silakan browsing2 dulu aja, kalo udah yakin kita lakuin minggu depan. Ya elahh..padahal cabut gigi doang ya. Gue cuma ga mau Azka jadi trauma ke dokter gigi sih. Itu aja. Jadi semua proses gue pengen senyaman mungkin dan ga keburu2.

Akhirnya gue putuskan untuk nunggu seminggu. Azka gue kasih tau minggu depan akan cabut gigi. Azka si terlihat santai. Dia juga gemes liat gigi belakangnya udah numbuh, pengen cepet2 dicabut. Plus dia excited gara2 gue bilang kalo cabut gigi nya pinter, gigi yang copot akan dituker mainan sama peri gigi. Denger kata mainan langsung berani lah dia hihi.

Bener aja, pas hari H, yang lutut nya lemes malah emaknya. Gue yang sok2 megang tangan Azka in case dia panik. Padahal mah emaknya yang panik haha.

Salut juga sih ama drg. Alya. Sebelum mulai, dia ngejelasin proses nya langsung ke Azka.

Tante punya pulpen ajaib loh. Ini pulpen nya (sambil kasih ke Azka - padahal itu suntikan). Boleh kok dipegang dan diliat2 dulu. Nanti gigi nya dikasih gel dulu ya rasa strawberry. Jadi dinginn deh. Abis itu kita bikin super gusi pake pulpen ini ya.
Azka suka nonton superheroes kan? Nah super gusi ini sama..punya kekuatan juga. Nanti gusinya jadi kuat. Diapa2in ga kerasa. Kita coba yah..

Mulai lah disuntik..mayan lama ya suntiknya ternyata. Azka gimana?
Santai kayak di pantai bro..ga takut sama sekali, apalagi nangis. Padahal emaknya liat suntikan itu udah lemess. Ih bangga deh..
That's my boy!

Alhamdulillah..


ciyee ompong pertama kali nya - dec 2014

Sampai hari ini, total udah 4 gigi Azka yang berganti gigi tetap. Soon will be 5, karena rencananya minggu depan mau cabut 1 lagi. Semua nya dicabut drg. Alya karena ga pernah goyang banget gigi susu nya. Yang terakhir malah langsung cabut 2 gigi >_<

udah nongol gigi tetap di belakang nya






Yang lucu, kan tiap dicabut kita emang bilang gigi nya akan dituker mainan sama peri gigi. Pas mau tidur, Azka harus narok gigi nya dibawah bantal. Pagi2 gigi nya akan berubah jadi mainan. Gue bilang biasanya sih cuma dapet mainan yang kecil2 aja dari peri gigi *akal2an emak nya biar ga bangkrut* :p

Pas cabut 2 gigi kemaren, Azka bilang "kan cabutnya 2, berarti mainan nya bisa yang gede ga ya.."

Hahhaha..

Ya sudahlah, kita beliin mainan yang emang dia pengen. Science experiment gitu. Terus kita sok2 an kan pake surat. GUe suruh Okky ketik aja terus di print. Abis kalo pake tulisan tangan gue atau Okky pasti Azka tau kan..



Azka kesenengan dong..

Tapi terus besoknya dia bilang..

"Bu kok peri gigi tulisan nya bagus banget ya kayak di print..ini pasti dari bubu atau papa kan?"

DOENG!!!

Bapaknya langsung ngakak ga berenti2..Lagian sih anak udah gede dikibulin hihi.

1 komentar:

  1. hahaha ngakak sama endingnya :) ah pinternya anak lanang, berani lgsg cabut skaligus 2 :)

    BalasHapus