Kamis, 07 Januari 2016

Pertama Kali Pake Airbnb

Udah pasti pada tau ya situs airbnb. Lagi booming banget beberapa taun belakangan. Udah lama sih pengen nyobain tapi emang masih maju mundur. Setelah banyak temen atau sodara gue yang puas memakai airbnb, akhirnya gue memberanikan diri nyoba pake pas ke KL kemaren.

Sebenernya kalo gue pergi cuma bertiga, pilihan utama gue masih hotel. Berhubung kemaren yang pergi serombongan 9 orang, jadi memang kita pengen cari apartemen. Di bayangan kita kalo apartemen lebih enak. Bisa ngumpul di ruang tamu rame2.

Makanya kita carilah apartemen di Airbnb..

Yang kemaren nyari Okky. Memang keburu2 banget sih milihnya, soalnya nyari yang bisa cukup untuk 9 orang juga pilihan nya terbatas. Jadi begitu nemu udah keburu seneng duluan, review nya cuma baca sekilas aja. Dan foto2 pun ga diliat detail 

Yang penting muat ber 9, lokasi masih sekitar Bukit Bintang, dan harga affordable. Cuss langsung book. 

Fyi, harga hotel di KL itu termasuk murah menurut gue. Terakhir bulan Oktober gue ke KL, hotel di tengah2 Bukit Bintang (sebrang nya Pavilion), harga kamar deluxe nya cuma 700rb. Kita dengan sok nya langsung book yang executive suite. Harganya ga sampe 1jt. Kapan lagi kan book kamar suite dengan harga dibawa 1jt. Kamarnya luas banget, lengkap dengan dapur. Jadi gue pikir harga apartment harusnya mirip2 lha ya..

Diliat sekilas dari foto2, tampak apartment nya modern dan cukup bagus. Lokasinya di jl.imbi. Ujungnya Bukit Bintang. 




Bokap gue sempet nanya, perasaan disitu ga ada apartemen bagus. Tapi kata Okky mungkin sekarang ada yang baru kali. Kan udah lama ga kesana. Oke lah..

Pas dianterin supir nyari apartment nya, gue udah sempet curiga karena emang di jl. Imbi itu ga ada apartment tinggi. Hati ini langsung kebat kebit ngeliat sepanjang jalan isinya toko2 kecil yang diatasnya rumah. Semacam ruko tapi lebih gede. Semuanya bangunan tua dan jelek. 

Bener kan, begitu ketemu host nya. Eng ing eng..ga ada lift >_< Dan apartment kita di lantai 3. Yukk mari angkat koper2 seberat 20kg 3 biji. Untung laki2 nya banyak..

Gue terus terang belum familiar dengan aplikasi airbnb. Di aplikasi hp gue ga dijelasin ada lift/ga nya.  Begitu kita buka website nya baru deh keliatan detailnya. Info di aplikasi ga selengkap di web, apa gue nya aja yang belum ngerti kali ya.

Sebenernya kalo ga ada lift ga terlalu masalah. Lumayan bisa olahraga ya. Tapi kan gue bawa nyokap bokap yang udah ga terlalu kuat lagi untuk naik tangga. Nyokap sih terutama. Kalo masalah lift sih mungkin emang kita yang salah ga ngecek detail dan ga baca2 review ya.

Untuk unitnya sendiri emang sesuai foto. Modern dan bersih..
Jadi apartment nya itu di low rise building. Lantai dasar commercial area, baru kemudian residential area. Apartment kita lantai 3 (paling atlas). 

Ada tapinya nih...

Ternyata apartment nya bukan 1 unit 4 kamar, melainkan 2 unit, yang masing2 unit nya 2 kamar. Jadi ga ada tuh ruang tamu besar seperti bayangan gue. Dapur nya kecil di hall dengan kulkas besar dan microwave. Ga ada kompor untuk masak. 

Kamar mandi cuma 1 di masing2 unit. Dan ga ada yang di dalam kamar. Semua di luar kamar. Malah salah 1 unit kamar mandi nya deket dapur (di luar unit). Kebayang ga, kita ber 9 orang antri mandi nya kayak apa. 

Apalagi yang kamar mandinya di luar unit, tiap mandi harus bawa baju ganti lengkap kan. Kalo kamar mandinya gede si enak ya ada tempat narok baju nya. Ini saking kecil kamar mandinya, sekat antara shower dan toilet aja ga ada. Alhasil kalo mandi basah kemana2. Baju ganti harus ditarok di atas tempat handuk, yang buat orang pendek kayak gue harus sambil nginjit2. Lumayan rempong. 

Ini mungkin juga kesalahan gue. Karena lagi2 di aplikasi gue ga nemu penjelasan jumlah kamar mandi. Tapi di web ada. So i missed that info. Di pikiran gue kalo kamar tidur ada 4, ya paling tidak kamar mandi 3 lah. 

Untungnya kamar mandi nya modern dan bersih. Jadi ga bete2 amat deh gue..


gue pikir ini extra kamar mandi. Unit kita di dalam situ. Ternyata salah!

Yang paling parah sih sebenernya lingkungan sekitarnya. Kok ya jorok gitu ya. Haduhh mamihh...pucing barbie!

Pas dateng aja nih, di unit bawah ada orang tidur dengan gorden dibiarin kebuka. Pose tidur nya dong, kakinya kemana2 dan pake baju minim. Duh mamihh gue panik! Ampe bilang ke Azka jangan sampe dia liat ke unit bawah >_< 


Kalo liat foto dapur diatas masih oke ya. Awalnya gue pikir itu bukan dapur loh. Di pikiran gue dapur itu ada cabinet2 isi piring, gelas, dll. Ada kompor buat masak. Itu cuma ada microwave sama kulkas doang. Ga terlalu masalah karena emang buat kita dapur ga terlalu penting. Nyari makan kan banyak di sekitar Bukit Bintang.

Penampakan aslinya dari dekatnya sih begini



Eitsss belum apa2..Kita geser sedikit view nya ya..



*pingsan dulu*

Sungguh "cakep" view kita begitu buka unit disuguhi pemandangan jemuran baju2. Ini gue foto hari terakhir, pas hari pertama lebih penuh lagi itu jemuran nya hihi

Tau ga sih, penghuni unit2 tetangga itu berisik nya setengah mampus. Udah gitu ya mungkin karena kamar mandi mereka juga di luar seperti unit kita, pemandangan orang abis mandi yang cuma pake handuk doang, udah biasa seliweran. Lengkap dengan dengan rambut basah dan kadang sambil sikat gigi masih di mulut.

Belum lagi suka banyak yang masak dan kecium bau masakan sampe ke unit kita >_< 

Unit di bawah kita juga joroknya lumayan parah. Tiap turun tangga pemandangan nya seperti ini


Itu pintu masuk unit nya. Langsung ke kamar mandi dan tempat cuci baju. Gue juga bingung design nya kenapa tempat cuci baju dan kamar mandi di depan pintu masuk ya? Bau pesing nya jangan ditanya. Gue literally pusing tiap lewat situ *nangis* Untung ga kecium ampe unit kita di atas. 

Bonyok gue gimana? Kita sampe apartment udah jam 8.30 malem. Bokap gue langsung minta anterin ke sekitar Bukit Bintang untuk cari hotel. Keukeh mau pindah haha. Jadi besoknya, bonyok gue pindah, sementara kita anak2 nya tetep stay di apartment itu. 

Yah begitulah..pengalaman pertama kurang menyenangkan :p

Kalo ditanya kapok atau ga sih ga juga yah. Kita masih pengen nyobain lagi kok. Ini jadi pelajaran aja buat gue untuk lebih detail lagi baca review dan info. Karena kalo dipikir2 emang ada salahnya gue  juga kurang detail baca2 kemaren. Makanya ga bisa complaint ke host nya.

Yang harus diingat, Airbnb ini kan beda dengan hotel yang memang sudah ada management nya. Semua orang bisa jadi host Airbnb. Jadi emang harus extra hati2 dalam memilih. 

Berdasarkan pengalaman gue kemaren, sebelum booking ada baiknya:
- Baca detail property nya dari website aja, karena lebih lengkap. 

- Baca semua review dari orang yang pernah nginep. Inget ya, SEMUA! Karena dari review suka ada info2 tambahan tentang property nya yang bisa jadi bahan pertimbangan. Nah gue pengen nge review, tapi belum nemu caranya nih. Udah utak atik aplikasi dan web masih ga nemu juga 

- Contact host nya dan tanya aja detail selengkap mungkin. Harusnya mereka sih mau ya untuk jawab semua pertanyaan. Misalnya untuk amenities apa aja yang tersedia. Karena bukan hotel, belum tentu mereka menyediakan handuk/sabun. 

- Google map and google street view the area. Ini penting banget deh. Gue kemaren lupa :( 

Hmm apalagi yah..udah si kayaknya itu aja yang penting :D



14 komentar:

  1. ya ampun.. iya mesti detil kalo mau pake airbnb ya...
    untung at least dalemnya emang bener bersih ya dhit.. tapi luarnya malesin banget haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih pelajaran banget lah kudu rajin bacain review. duh man asli jorok banget sebenernya itu gedung. Pokonya kita pulang cuma buat tidur doang deh. Males berlama2 di apartment >_<

      Hapus
  2. Coba check email Kak, nanti ada email dari airbnb untuk nulis review ke host :) Begitupun host bisa nulis review tentang kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya..
      oke deh nanti aku cek. thank you ya info nya

      tapi kayaknya kalo aku liat2 traveller ga bisa masuk2in foto ya ke halaman property host. cuma review tulisan aja.

      Hapus
  3. lu tulis aja di review nya Dit, keknya nih host emang ga jujur dari awal ya, masa view kek begitu coba...

    gw udah beberapa kali pakai airbnb dan gak pernah kecewa, semoga lu kebagian juga masa2 seneng nyobain airbnb in d future.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh fe gue shock pas sampe haha. Males keluar2 unit deh jadinya liat view begitu. Makanya nih rada jelek pengalaman gue padahal adek gue nov kemaren baru aja pake airbnb buat ke jepang. Dia malah puas banget beyond expectation katanya. Makanya buat dec gue mantep pake airbnb.

      Mana kalo dipikir2 harganya ga murah lho. Mending gue nginep di hotel dengan harga sama dapet yang bagus. Kemaren emang mikirnya biar enak bisa ngumpul rame2 di ruang tamu/ruang TV gitu.

      Kalo review ga bisa posting foto ya? Rada merugikan traveller dong kayak gue kmrn ketipu unit yang bagus tapi ternyata sekitar nya kumuh

      Hapus
    2. Hi mb jalan2 liburan...
      Aku Mau dong tip cara mudah menggunakan airbnb krn baru Aja buat reservasi tapi kok ya ribet bgt hehe...mgk bisa share pengalaman...makasih yaa

      Hapus
  4. Aduh... bikin ilfil bener apartment-nya ya. Tapi emang pake AirBnb harus teliti banget sih bacaian review-nya satu persatu. Gw sampe lamaaaa banget proses nyari akomodasi pas mao pake AirBnb di Europe. Tapi kalo ke Europe emang menguntungkan banget sih pake AirBnb daripada hotel yang mihil-mihil. Eniwei buat review, kayanya harus dari account yang booking. Dan iya, reviewer nggak bisa posting foto. So... deskriptif aja nge-reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dina
      iya bener sih kalo di eropa denger2 pake airbnb lebih enak. Pengen sih nyobain tapi gara2 pengalaman ini jadi agak takut lagi huhu. Pas gue ke eropa sekluarga kita pake apartment juga sih tapi yang ada management nya. Jadi tetep ada front desk di bawah yang bisa dihubungin kapan aja. Walo unitnya ga dibersihin kayak hotel tapi enak kalo apartment bisa nyuci2 baju yah hihi

      Di aplikasi gue ada history trip gue kesana sih tapi kayaknya laki gue booking nya pake account dia. Ga ngerti juga kenapa di history past trip airbnb gue ada list property itu. Tapi gue ga terima email untuk review. Nanti laki gue aja kali gue suruh tulis review nya.

      Hapus
  5. Mbaaak...aq pernah pake aplikasi Airbnb, waktu jalan ke sentul gitu sewa vila kan, emang sempet deg2 nyesss karena koq jauuh ya gak sampe2, huhuhu, mana bawa keluarga rame2 pula yaaa. tapi pas sampe villa nya Alhamdulillah baguuusss euy ^_^ ini review nya

    http://dunia-mimie.blogspot.co.id/2015/09/sentul-villa-dan-bonus-kolam-rendam-air.html

    BalasHapus
  6. Hi mb dita, Salam Kenal. Aku baru Aja buat reservasi via airbnb ke Aussie, tp kok ribet ya, krn harus kontak ke home base di San Francisco krn Ada kegagalan payment dll, Ada yg py pengalaman kaya gini ga?sejauh ini aku jln in krn host nya kooperatif, mdh2 berhasil ��. Mungkin py tip cara aman pake airbnb krn sejauh ini booking agoda gampang2 Aja hehe. Btw makasih review nya bermanfaat bgt ����

    BalasHapus
  7. Ah jadi pelajaran banget nih buat aku yang pengen nyobain airbnb.
    Berarti emang paling enak buka webnya aja ya biar lebih lengkap detailnya.

    BalasHapus
  8. Buka web terlebih dahulu, cari review agar nanti gak nyesel hehe... makasih mbak informasinya

    BalasHapus
  9. Bahahahaha viewnya kece gila kak.. Lagi pengen coba apps Airbnb ini nanti, nyari-nyari info dulu. Belum pernah sama sekali. Intinya memang harus lihat review dari orang-orang ya..

    BalasHapus