Selasa, 21 Juni 2011

Vaksin Varicella

Ceritanya emak slebor ini inget beberapa waktu lalu di BBG pada ngomongin anaknya yang abis vaksin varicella ke 2. Terus gue mikir2 "eh kok kayaknya aka belum ya"

Langsung deh gue nyari medical book nya aka yang ternyata nyelip entah dimana *tepok jidat* biasanya ada di lemari tapi kok ga ada. ternyata dikira buku biasa ama si mbak, jadi di tarok di rak buku ama dia. Untung nemu sih setelahhh....1 minggu nyari huhu

Gue buka2 dan baca emang belum vaksin varicella 2. Panik lah gue langsung bikin janji di RSPI. Gue agak bingung sih, soalnya dokter gue biasanya kalo ada lanjutan ditulis tangan di jadwal bukunya. ada tabel nya gitu.

Begitu ketemu dokter nya langsung gue tanya

Gue: "dok, vaksin varicella itu ada lanjutan nya yah? kok ga ditulis sama dokter ya?"
dr.sander: "kalo saya si 1x bu"
gue: "loh kok banyak yang 2x ya dok"
dr.sander: "iya memang ada dokter yang nyaranin 2x. saya ga tau patokan mereka darimana. kalo saya patokan nya ikutin dari IDAI ini" (sambil nunjukin tabel panduan imunisasi 2010)


dr.sander: "mungkin kalo 2x lebih bagus, kalo ibu mau 2x sih silakan aja"
gue: "hmm nanti deh dok kalo gitu, sekarang vaksin yang lain dulu"
dr.sander: "hepatitis A dulu ya bu"
gue: *manut*

langsung deh dia nyiapin vaksin nya. sebelum nya di cek dulu fisik nya aka di tempat tidur seperti biasa.
begitu udah waktu nya suntik, dia bilang "di gendong aja bu, ditangan kok suntik nya"

Gue sempet deg2an si karena gue cuma bedua aka..takut nya ngamuk apa gimana. tapi aka anteng banget gue gendong. pas mau nyuntik dia dengan tenang nya liat jarum suntik dan liat proses nya. dari mulai ditusuk sampe keluar ga nangis sama sekali.

Woohhoooo!!

Hebatt banget anak gue *proud bubu* Pas ditusuk sempet kaget sih muka nya, tapi abis itu biasa aja lagi.
ihh beda banget ama emak nya yang dulu takut banget ama jarum suntik. tapi karena udah keseringan suntik kurus + akupuntur jadi udah kebal deh ga takut lagi sekarang :p

Gue salutt banget deh ama dr.sander. somehow nyuntik nya bisa ga sakit. terbukti dari bayi aka jarang nangis kalo di vaksin ama dr.sander. gue sempet bengong pas dia bayi juga bener2 ga nangis disuntik. kalo pun nangis cuma ngeekkk sampe jarum nya dikeluarin. jadi azka ga trauma sama sekali sama dokter. ngajak dia ke dokter ga perlu drama deh. cukup bilang mau ke om sander. dia udah nurut :)))

Abis disuntik gue kan nanya ke aka "sakit ga ka?" terus dr.sander bilang "kan biar sehat ya.."

Lahh gara2 itu sepanjang hari aka ngomong "aka cepet sembuh yaa" "aka divaksin supaya sehat" "aka udah sehat bu" on and on kayak kaset rusak ...haha kocak abis.
Soalnya emang si tangan nya abis kejepit malem sebelumnya. sempet bengkak tapi pagi2 udah kempes. azka pikir gue bawa ke dokter gara2 kejepit kali yee hihi

balik lagi ke soal vaksin varicella tadi, gue ga langsung vaksin varicella 2 karena emang kalo liat dari panduan imunisasi IDAI 2010 diatas cuma 1x. makanya pengen cari2 info dulu.

ada yang bisa share kenapa 2x? kalo harusnya 2x kenapa di panduan IDAI nya 1x ya?
terus interval untuk suntik ke 2 berapa lama dari yang ke 1?  (gue yakin aka udah lewattt jauhh)
kalo cuma 1x ada akibat buruk nya kah?

what to do? what to do? *bingung*

2 komentar:

  1. dit , dulu malah varicella ini di indonesia tidak disarankan di 12 bulan , baru tahun 2010 IDA menyarankan di 12 bulan sementara CDC/AAP sudah menyarankan dari dulu kalau varicella 1 di usia 12 bulan . nah ini aku share link dari cdc yg mungkin bisa menambah info aja...aku juga consult ke dr endah disarankan di 3 bulan setelah dosis varicella 1 diberikan yaitu 12 bulan dapat diberikan varicella k2-2. tapi pilihannya ada di dhita kok, menurutku juga mungkin pemerintah kita dosis pertama cukup memberikan kekebalan sampai dosis kedua diberikan di usia 4-6 tahun yah.
    ini yah link nya http://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/varicella.pdf
    cmiiw yah..cuma dari hasil baca baca juga kok

    BalasHapus
  2. thank you ya maresss link nya *hugs*
    akan gue baca2 dulu

    aka udah lewat jauh bangettt kalo jeda 3bln dari suntik pertama. waktu itu 12 bln juga soalnya

    BalasHapus