Senin, 26 November 2012

Diantara 2 Pilihan Sekolah

Masalah milih sekolah anak ini bener2 bikin pusing ya..Aku sungguh bingunggg huhu.
Kita emang kuno bener deh masalah skolah. Mau nya yang udah ada dari jaman dulu. 

Sebenernya ga ada yang salah sama sekolah azka di kemang sekarang. In fact, gue sangat puas dengan program nya. Memang untuk sekolah seusia azka, gue nyari sekolah yang menekankan ke character building, bukan yang menjadikan anak pinter. Dan menurut psikolog, sekolah azka ini program nya udah sesuai sama perkembangan otak anak. Ga terlalu banyak "belajar".

Dari segi akademis, sekolah azka ini emang santai banget, sesuai deh sama keinginan gue sekolah yang banyakan main nya..walo kadang ketar ketir juga ya liat anak lain yang se level sama azka kemampuan akademis nya kok jauh diatas azka huhu.

Tapi balik lagi gue percaya aja deh sama reputasi sekolah azka. Udah berdiri puluhan taun dengan kualitas nya tetap terjaga. Ditambah lagi kata psikolog sekolah ini program nya sudah sesuai sama perkembangan otak anak. 

Di sekolah azka ini boro2 di kelas PG ini diajarin 1 2 3 atau A B C, orang pelajaran mengenai warna aja baru selesai minggu lalu. Walopun azka udah khatam semua warna dari kapan tau hehe. 

On the other hand, social skill azka jauhhhh berkembang. Yang tadinya ga mau sharing, sekarang udah mau sharing. Malah gurunya bilang azka nice banget sekarang. Udah punya BFF yang tiap sampe sekolah udah langsung saling panggil nama terus gandengan dan main bareng. Keliatan lebih mandiri, narok tas sendiri, makan, ambil minum, sampe pipis sendiri (dari mulai buka clana sampe pake clana lagi) *terharu* 

Yang terpenting pun azka super happy di sekolah nya. Bahkan kalo gue "ancem" ga usah sekolah karena dia kelamaan siap2..dia bisa nangis lho karena sedih pengen sekolah. 


Gue pernah nanya ama temen gue yang anak2 nya 3 orang sekolah disitu semua. Kenapa dia milih sekolah disini? dan jawaban dia disini lo pasti puas deh, walopun bayaran nya bikin mejret, tapi hasilnya sesuai yang lo mau. Pokonya ada keluhan masalah apa lo sampein ke gurunya, biar gurunya beresin. 

Dan bener lho, ada anak yang pas masuk sekolah "galak" banget. Suka ngerebut mainan, ditambah suka ngeludah dan bentak2 :p Ditunjang dengan badan nya yang "gede" pula. Pokonya jadi preman kelas hihi. 
Gue awalnya takut azka malah tambah parah kelakuan nya liat anak itu. Eh tapi baru beberapa bulan sekolah, temen azka itu udah keliatan progress nya. Jadi baik banget.  

Ih aku kan saluttt...

Memang kalo untuk masalah biaya, hampir semua yang gue kasih tau terbelalak. Banyak yang bilang overpriced. Soalnya ga jauh beda sama sekolah2 keren ber kurikulum international dengan fasilatas jauh lebih banyak.

Disini kelas nya masih kuno, ga pake AC lho :p Menurut gue malah bagus karena jadi keringetan, dan ga seharian full AC karena di rumah udah AC an terus. Tiap keluar kelas azka bau keringet haha. Bau karat kalo gue bilang nya *cium2in ketek azka*

Lha terus kenapa berpikir mau pindahin pas TK?

Karena seperti yang gue pernah bilang, gue juga udah punya SD idaman. 

Sekolah azka ini punya lanjutan SD juga sih. Tapi masih terbilang baru. Sementara gue prefer yang udah well established aja lah yang udah pasti. Walopun banyak review orang yang bilang bagus, tapi kalo belum keliatan hasil lulusan nya (yang udah jadi "orang" sekarang) kita kok masih belum 100% yakin mau masukin kesana.

Nah SD idaman di pondok labu itu biasanya prioritasin anak2 lulusan TK mereka. Secara program untuk TK sih, sama bagusnya sama sekolah azka sekarang. Gue udah sempet main2 kesana kemaren dan cukup impressed sama approach guru2nya. 

Coba mari kita list plus minus kemang (sekolah azka sekarang) vs pondok labu (sekolah tujuan)

Kemang:
Nilai (+)
* Udah keliatan hasilnya oke
* Azka udah seneng banget dan ga perlu adaptasi lagi
* Anter sekolah lebih praktis karena bisa sekalian okky kerja
* Selama nungguin azka sekolah, gue bisa main ke rumah nyokap di mampang yang jaraknya cm 10-15menit
* Posisi kemang lebih di tengah kota dengan banyak entertainment (mall, gym, cafes, dll). gw bisa nge gym bentar sambil nunggu azka kan hehe.


Nilai (-)
* Sekolahnya kecil lebih berbentuk rumahan. tapi gue bingung ini plus atau minus ya. bisa aja itu yang bikin azka suka sekolah karena ga berasa di sekolah?
* Muacettt 
* Memperkecil kemungkinan untuk diterima di SD idaman
* Boros..karena banyak tempat makan jadi sering breakfast sama emak2 lain nya :p

Pondok Labu
Nilai (+)
* Kemungkinan masuk SD nya lebih besar (nilai ++), ga pake tes penyaringan lagi
* Ada unsur agama islam nya. Jadi diajarin doa2 dan sholat (nilai ++) mengingat model emaknya begini ya :p
* Sekolah sekompleks dari PG-SMA, jadi lebih besar dengan beragam fasilitas (gedung serba guna, mesjid, ruang musik, dll)
* Mainan nya lebih banyak yang bikin capek (panjat tali, trampoline besar, dll)


Nilai (-)
* azka harus adapt lagi dari awal (yang mana gambling kan hasilnya..takutnya tiba2 ga suka dan mogok sekolah?)
* Macet dan masuk nya lebih cepet 15min, jam 7.15 
* Macet (eh udah ya?) :p
* Posisinya di pinggir jakarta, jadi susah atur waktu anter jemput. Waktunya nanggung banget kalo abis nganterin azka gue balik dulu ke rumah. Paling 1 jam selonjoran udah harus jemput lagi. apalagii hari jumat yang pulang nya lebih cepet. 
* Ga terlalu banyak entertainment sekitar situ, jadi ga mungkin nungguin sambil nge gym misalnya. 

Iya sih kalo diliat..minus2 nya pondok labu ini lebih ke repotnya gue dalam hal mengantar jemput :(

Abis gimana dong...makanya pak jokowiii...tolonglahhh emak2 ini. Niat kami sungguh mulia lho ingin mencetak generasi bangsa yang berkualitas.

We're really counting you untuk benahin jalanan jakarta. Biar jarak ga jadi masalah lagi. Kan demi masa depan bangsa juga..

Soalnya sebenernya kalo ga pake macet ke pondok labu itu cuma 15menit loh. Kemaren pas open house kan ga macet sama sekali, enak banget sebenernya. Tapi kalo weekdays ga berani bayangin macetnya :(

Kalo soal biaya, 2-2 nya mirip. Kemang lebih mahal sih secara keseluruhan. Karena ga ada diskon2an untuk murid lama *sigh*

Yang di Pondok Labu, siswa dari PG mau lanjut ke TK ada disc 20%, which is lumayan banget. Begitu juga kalo dari TK ke SD ada discount yang kurang lebih sama. 

Jadi gimanaaa inihhhh????
*peninggg!!!*
Tauk ah mending browsing coat buat dititipin ke mr.cat nya @thebunnycat #eh?

35 komentar:

  1. eh eh apa itu boros karena sering breakfast sama emak2 lain....kan kamu sendiri yg ngajakin breakfast :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue kan ngajak kalian jarang2..kalo sesama emak2 yang nungguin anak di sekolah itu kan hampir tiap sekolah nov. mejret ga sih keluar duitnya :p

      makanya kalo udah tanggal tua gue ngabur sendiri nungguin azka di mcD. 3jam beli pancake sama kopi doang hahaha

      Hapus
  2. Dhiiit, setau gue TK Kepompong juga kerjasama ama Alizhar kan? Jadi lulusan Kepompong juga gampang masuk Aliz. Ponakan gue udah sekitar 5 org di Aliz, lulusan PG-TK Kepompong semua. Etapi cmiiw yak. Btw, Raya udh terdaftar di Kepompong hlo muahaha, ambisieus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lei
      kayaknya bukan kerjasama setau gue
      tapi emang banyak banget murid kepompong yang lanjut al izhar.

      2 sekolah itu program + cara ngajar nya mirip (cuma beda al izhar ada sentuhan islam aja). jadi saling tau kualitas mereka setara sama bagus nya. makanya lulusan kepompong lebih gampang untuk masuk SD al izhar.

      tapi lei kalo masuk TK dari Al izhar hemat 20% utk SD nya *ujung2nya duit* haha
      Raya SD al izhar juga ga hihi

      Hapus
    2. Eh coba tanya guru Kepompong deh, soalnya ipar gue (yg keluarganya adlh oendiri Kepompong) mengconfirm bhw Kepompong-Aliz ada kerjasama.

      Hapus
    3. horeehh thank you infonya ya la
      ini mau gue tanyain ke gurunya :))

      Hapus
  3. potong jalan aja kl mau ke alizhar.. biasanya dapsus itu kl pagi selalu ada polisi (kynya dibayar sama alizhar) buat buka jalan, trus kl ud deket2 gerbang utama, banyak mobil masuk ke gang kecil buat masuk ke gerbang belakang..(drpd muterin anekabuana-34-psr pdk labu ;P) atau lwt lbk lestari trus karang tengah.. kan kl ngelawan arah ngga macet ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim
      iya nih banyak juga yang nyaranin gitu..
      masalahnya gue rada buta jalan2 pintas daerah sana
      rencananya sih emang mau nyoba beneran pas jam sekolah, untuk liat perjalanan berapa lama

      thanks ya ^_^

      Hapus
  4. ah dhita lo lebay banget si hahahaha... *minta digampar bolak balik...

    eh bener dhit gw juga ada 2 pilihan kaya gitu.. dan gw bingung.. dan semakin gw bingung Ghiffari ga mulai-mulai sekolahnya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lia
      biarin sih lebay yang penting kece hahaha

      bukan nya ghiffari udah sekolah li?mau pindah yak?

      Hapus
    2. PAUD sebelah rumah.. ga jelas gitu..
      iya mau gw pindahin ke sekolah beneran itu kan cuma sekolah sekolahan...

      Hapus
  5. Salam kenal! Iya bener tuh yg Anonim bilang, kalo pagi hari sekolah ada polisi di pertigaan dapsus & Jl.H.Kamang yg buka jalan kearah Al izhar jadi sebenernya sih gak macet2 amat koq Dhit. Motong belok kanan di Jl.H.Kamang, trus aja ikutin jalan nanti keluarnya udah dipintu gerbang samping SD. Anak2 gw sekolah disana jd gw apal bener kondisi jalanan menuju sekolah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim (2)
      hallo salam kenal juga..kenapa ga ada namanyaa hihi jadi bingung manggil apa :p
      iya nih gue harus belajar jalan2 daerah sana dulu, temen gue juga bilang lewat pertanian (entah dimana itu?) juga cepet.

      anak2nya di SD yah? suka kah mereka disana? *jadi banyak nanya deh hihi*

      Hapus
    2. Iya dhit anak2 gw di SD kelas 1 & 3. Mereka pindahan dari sekolah nasional plus, seneng2 aja tuh di Alizh.

      Good luck yaa, nyari SD yg sesuai kriteria & budget emang PR bgt deh. But it's not impossible koq, you'll get there.

      *btw nama gw ina :)

      Hapus
    3. ina
      kalo boleh tau kenapa dipindah kah? tetep banyak nanya :p

      duh emang bener deh susah banget nyari skolah..perasaan dulu emak gue ga segini pening nya deh haha. beda jaman kali yak :p

      Hapus
  6. Dhit, ntar gue nanya2 soal Kepompong ya. Kemarin pas KidsFest datengin booth-nya kok mayan sreg, karena sepertinya main-main doang kerjaannya. Sedangkan pas ke booth High Scope pas denger kelas toddler-nya aja udah masuk 5 hari seminggu gue langsung stress sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diaz
      hihi si novi abis kita breakfast itu kan ikut gue ke skolah azka. dan dia naksir juga tuh katanya.

      HS emang tiap hari..tapi semua udah terima beres kan..makan smua organik dan higienis.
      kali cocoknya buat working mom ya..kan suka ada yang mikir daripada sama mbak terus di rumah mending skolah aja yang jelas diajarin macem2.

      dulu azka ditawarin masuk HS ama owner nya, gue alasan aja bilang kemahalan. eh ditawarin free uang pangkal. tapi tetep gue tolak hehe

      Hapus
  7. Haduuuuhhhh gue udah brapa kali nih dalam sebulan dua bulan terakhir baca postingan emak-emak soal milih sekolah anak, plus biayanya.. bikin gue termehek-mehek, padahal anak gue masih dalam kandungan. PARAH PARAH OH PARAH... Apalagi banyak saingan sekolah international ya, beda banget sama jaman kita kecil dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leony
      haha tunggu tanggal main nya deh lee..tar lo ngerasain pusing milih sekolah ini rasanya ampe pengen jungkir balik. andai bisa tutup mata terus cap cip cup milih alangkah enaknya ya hihi.

      eh banyak lho yang udah pada daftarin anak2 nya dari dalam kandungan, terutama skolah2 beken yang waiting list nya bertaun2 *kompor*

      believe it or not gue udah milih skolah azka sekarang ini dari jaman belom kewong bok. kok gue terlihat seperti rabidmom dari seblm punya anak ya hahaha

      Hapus
  8. Dhita, kalo menurut aku, mending tetep di PG yg sekarang, ga papah, ga usah beratin discount 20% tapi akhirnya ga nyaman perjalanan, dan ga nyaman nungguin (ga ada hiburan), asalkan pas daftar SD jauh2 hari sebelumnya, kemungkinan besar diterima deh,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertha
      jadi kayaknya taun ini gue langsung daftarin SD aja ya untuk 2 taun lagi :D
      soalnya gue ga ada back up an SD. cuma 1 itu aja tujuan nya *ke pede an* kalo ga keterima gue bisa pingsan bingung mau masuk mana hihi

      thanks ya saran nya :)))

      Hapus
  9. Ternyata masalah sekolah ini adalah masalah peliknya ibu-ibu :) Tapi, sewaktu pulang ke Indonesia Lebaran kemarin dan diceritain klo anaknya yang baru mau masuk SD tahun depan udah punyan les-les segala dengan target ini itu, ngeri sendiri jadinya.

    Di Jepang, di daycare anakku, sampai dengan usia 5 tahun itu, kerjaannya cuma main aja yang secara tersirat ilmunya adalah bagaimana mengajari anak mandiri.

    Tapi, pendidikan SDnya di Jepang memang mendukung sih, anak baru benaran belajar itu baru di usia SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingafety
      oh yaaa..kok preschool jepang disini belajar nya sampe sore gitu ya. bahkan wiken pun dikasih les2 gitu lho. Gue tau seoalnya dulu sempet nternship jadi guru preschool yang murid nya 90% orang jepang.

      gue waktu itu belum nikah jadi melongo liat anak piyik2 udah skolah sampe jam 2-3 an. terus yang request tambahan di wiken itu ortunya, biasanya tambahan les bhs inggris sih.
      makanya gue pikir "oh pantas orang jepang pinter2, wong belajarnya dari kecil udah begini"

      Ternyata salah ya hihi..malah disana preschool nya cuma main2 :))
      dan emang seharusnya begitu deh imo anak2 kecil harusnya main2 aja kerja nya yah hehe

      Hapus
  10. Hello! boleh urun pendapat ya. gak bermaksud bikin bingung, tapi sebagai bahan pertimbangan aja hehe.

    Di Indonesia, sekolah dgn metode active learning/student centred itu jarang, yg ada fokusnya ke academic achievement. intinya, anak di drill utk dapat nilai bagus/tinggi, TER2 semua. Ciri2 sekolah kaya gini, banyak PR, banyak tugas, dinamika di kelas kebanyakan murid diam mendengarkan guru menjelaskan (satu arah). Rata2 sekolah di Indo kaya gini. Hasilnya anak2 jadi tidak berani berpendapat, tidak aktif dan tidak mencintai ilmu (tidak punya rasa ingin tahu), belajar hanya agar lulus sekolah, dapat nilai bagus. jadinya mereka jadi "penghafal materi" bukan paham/mengerti.

    Sementara di luar negri, pendidikan mereka lebih berorientasi ke siswa (student centred), ciri2 pendidikannya active learning (banyak presentasi, banyak mengencourage siswa utk menyampaikan pendapat, komunikasi 2 arah antara guru dgn murid, biasanya konsep kurikulumnya tematik integratif), jarang bahkan tidak ada PR, ada sesi review (agar semua anak paham dgn apa yg dipelajari hari itu), banyak ekskul etc.

    Nah menurut saya, saat ini kurikulum dari Kemdikbud itu ruwet sekali dan membebani siswa saking banyaknya materi yg gak penting yg harus dikuasai siswa. kalo kita masih memilih sekolah dgn basis academic achievement (bukan student oriented), secara psikologis itu akan mempengaruhi tumbuh kembang anak (apalagi kalo SDIT yg porsi agamanya jauh lbh banyak dari sekolah negri / swasta nasional ya). Anak di drill hanya utk nilai, dan bagaimana bisa jadi anak yg bener2 berprestasi secara optimal? Adanya malah stress dan depresi lalu begitu SMP-SMA jadi frustrasi, makanya terjadi bullying ato tawuran.

    Sekolah anakmu di Kemang itu aku tau (juga SD-nya), mereka adalah salah satu sekolah yg menerapkan student oriented / active learning ini. Menurut saya, it's a breath of fresh air, di tengah sistem pendidikan Indonesia yang semrawut ini.

    Sekolah di Pondok Labu itu saya juga tau, karena ponakan2 dan ada beberapa temen yg anak2nya sekolah di situ. Kalo kata saya pribadi, jangan pilih sekolah hanya karena mereka sudah berdiri lama, tapi liat apakah guru2nya meng-upgrade dirinya dengan metode ajar yang baru, liat juga lingkungan sosialnya. Mohon maaf, tapi pergaulan di sekolah di Pondok Labu itu sangat hedon, in contrary dgn visi sekolahnya yg maunya agamis. Banyak sekali cerita tentang anak2 yg arogan dan borju, juga beberapa kasus bullying / peer pressure yg rada ekstrim yang saya denger, bahkan temen saya mengeluarkan anaknya yang tadinya SMPnya di situ karena anak itu sempet kaya di ospek itu gitu ama senior2 cewenya dgn permainan "truth or dare" kalo pilih dare, dia disuruh pake hotpants dan jalan2 di mall, sementara anaknya sendiri yg tipe Islami gitu deh, kebayang kan?

    Anyways tentu tdk semuanya begitu, yg penting tau aja deh positif negatifnya satu sekolah, kalo bisa kita pilih yg paling dikit kan unsur negatifnya, hehe. SD yg di Kemang itu akreditasinya A dgn nilai di atas SD yg di Pondok Labu (saya bukan Humasnya, tapi saya tukang survey sekolah hahaha, jadi saya sampe cek ke Badan Akreditasi Nasional :D ) - mereka memang baru meluluskan 2 angkatan, tapi mereka semua keterima di SMP2 top Jakarta lho :) dan yg paling penting, mereka berkarakter baik dan jauh tuh dari namanya pergaulan borju/hedon dan bully2-an.





    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim
      hallo *bingung nyapa nya kalo ga ada nama gini hehe*

      aku setuju banget skolah di kemang itu walopun baru tapi bagus banget program nya. aku baca2 info nya juga suka ama program nya..Secara pendiri nya memang dari dunia pendidikan.

      memang untuk aku pribadi lebih milih yang udah lama berdiri, karena menurutku ga gampang untuk mempertahan kan kualitas. dan skolah pondok labu itu (sampe saat ini ada sepupu aku yang masih sekolah disana) aku liat program dan lulusan nya masih tetep konsisten bagus2 dan berkualitas setelah puluhan taun berdiri.

      soal borju emang iya sih..banyak yang bilang gitu. tapi mudah2an jangan sampe anak gue ikutan hedon. cukup emaknya aja yang hedon #eh?

      nah bully ini yang gue juga takutkan..tapi yah, temen gue (emak2 yang anaknya sekelas sama azka sekarang) anak yang gede2 ada 2 orang SD nya di kemang itu. Dia curhat anaknya juga di bully lho. sampe sakit dan nilai2 turun. aku juga kaget

      makanya milih sekolah anak ni paling bikin emak2 keriting deh *_*
      makasih banyak sharing ya mbak :)) info nya berguna bgt..

      Hapus
    2. cant agree more... sy alumni alizhar *yah ketauan deh* dan sy akui memang alizhar sgt hedon, borju dan bully membully dr kk kelas pasti ada..

      hedon dan borju otomatis ada karena memang sekolah ini cukup tinggi biayanya.. jadi rata2 yg sekolah disini dr kls A&B. Memang bawaan beruntung dr orok ya ke sekolah bisa stylish macam lg ke PIM tp pake seragam :P tp kembali lagi sama org tuanya,, kl gak dikasih,, ya anaknya tinggal gigit jari dan menyesuaikan diri saja... hihihi :)
      kl cewe2 ada cliques meski muridnya cmn seiprit. pdhl sekelas max 20-25org x 4 kelas pada jaman ituh :D malah pas kelas 3 smu, sekelas cmn 17 org ;P
      kl mnurut sy, malah cliques ini bnyk menempa mental dan berguna untuk di nantinya pas kerja (hello to office politics) :)
      diluar itu, secara pengajaran baik & guru2 jauh lbh berkualitas dibanding sekolah sy sebelumnya ;P.. kl soal agamis, itu kembali ke fondasi bagaimana orangtua mendidik di rumah kan.. krn sekola ini tidak mengharuskan mengggunakan jilbab dkk, tp lebih menanamkan pendidikan islam.. kl memang ingin anak menjadi super sholeh bisa diarahkan untuk masuk ke pesantren ^_^

      kebetulan sepupu ada yg sedang sekolah di SMP alizhar, dan menurutnya: dia sangat HAPPY. padahal rumahnya jauh banget di gunung putri, tiap hari berangkat jam 5 pagi demi sekolah :)))

      kl dr jaksel sih hrsnya gak pake ragu lagi, tinggal lgsg cusss lewat dapsus/jln pertanian :)

      Hapus
  11. Sama lagi galau ttg sekolah nie Mbak Dhita, salam kenal ya... Kepompong idaman gw banget, apalagi smp Kupu2x, kebetulan waktu msh tinggal di Mampang gw sempat ikut listnya sejak anak gw masih 2 tahun tp keburu pindah ke BSD... Sempat kepikiran apa jalan dr BSD ke Kemang sangking desperadonya nyari sekolah yg membangun karakter. Untung sudah ketemu di sini :). Tapi gw tetap ngeces baca ttg sekolah Azka dan perkembangan Azka krn sekolah ini... Semoga ketemu jawaban yg memuaskan hati bapak ibunya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sushiaddicts
      hallo salam kenal juga :)

      oh ya? kapan kah itu? jangan2 pernah bareng atau beda hari hehe
      emang kalo udah cinta ama satu sekolah tuh agak susah ya berpindah ke lain hati. Untung udah ketemu yang oke juga ya di BSD. pasti melegakan banget deh :))

      kayaknya yang di kemang ini banyak yang turun temurun gitu deh. terus muridnya ga terlalu banyak per angkatan jadi orang2 nya pada apal semua. even kepsek nya apal nama murid2nya loh

      Hapus
  12. hai Dhita, wah thanks juga infonya soal bully-ing yang ada di SD di Kemang itu. Selama ini gak pernah dapat kabar soal bullying di sana, semua kenalan yang menyekolahkan anaknya di sana rata2 puas dan happy. mungkin karena potensi bullying rada bisa ditekan karena murid dalam satu kelas hanya 24-26, satu angkatan juga cuman 1 kelas dan guru di tiap kelas ada 2, jadi lumayan terperhatikan kalo ada yang aneh.
    Bisa cerita model bullyingnya seperti apa? oleh senior? sudah dilaporkan ke pihak sekolah? Thanks yaa...

    BalasHapus
  13. Hi salam kenal :) tanya dong, sekolah yang di pondok labu itu al jabar kah? Kmrn dpt info katanya full sampe bbrp tahun kedepan :'( sdh dpt info baru lg kah? Soalnya kalo telp suka susah :) siapa tau sdh kesana dan info terbaru :)

    BalasHapus
  14. just info klo sekarang skolah udh g menjamin pergaulan lho.. fyi murid2 smp d skolah pondok labu itu juga banyak yg udah free sex dn g virgin lg. ini info dr adik temenku yg kelas 3 smp disana.. jd kembali ke masing2 ortu jgn percaya 100% k skolahnya,,

    BalasHapus
  15. anonim 1 :
    wah seneng dapat insight dari alumni Al Izhar, saya alumni 70, jadi tau persislah soal bully2an :p. memang in a way, itu akan melatih mental, tapi saya pikir efek negatifnya lebih banyak daripada positifnya. krn kalo mau mendidik mental secara positif sih seharusnya bisa aja ya, kaya di Labschool ada kaya latihan dasar kepemimpinan yang mereka dilatih ama Kopassus soal disiplin, teamwork, kerja keras, pembentukan karakter dll. Yg lebih saya takutkan rasa empati kepada orang dgn status sosial yang berbeda (atau lebih rendah) itu yang hilang. Akhirnya jadi manusia yang apatis. Mudah2an sih engga ya, karena semua kembali kepada karakter masing2 anak dan contoh dari orangtua juga :)

    Kalo observasi saya, di jaman sekarang, bullyingnya justru lebih parah efeknya daripada jaman saya dulu di tahun 90-an (yah ketauan deh tuanya wkwkw), karena sekarang jaman internet, anak2 bisa jauh lebih depresi karena bullyingnya gak cuman offline tapi juga ditambah online (cyber bullying) dan kalo di luar negri, udah banyak kasus bundir malahan :(
    kalo bully2 yang model jutek2an dan gencet2an dikit aja sih gpp, tapi kalo udah bikin anak depresi karena jadi takut sekolah, takut gaul dll, waduh kayaknya menyiksa anak banget ya.


    Muthia:
    Saya setuju sekali, ada lagi SMA Islam di bilangan Kemang raya (pasti udah tau lah ya) murid2 cewenya freesex dan bebas aja ngerokok di cafe2 depan sana.
    Jadi bener sekali, mau anak di sekolahin di sekolah Islam terpadu, sekolah katolik yang semuanya perempuan, sekolah negeri, sekolah nasional plus2 dll tidak ada jaminan mereka bisa jadi berkarakter baik kalo orang tua gak involve dan fokus dengan perkembangan mereka sehari2.

    Karena beban anak2 sekarang cenderung lebih berat daripada kita2 dulu, jadi prinsip saya memilih sekolah sih survey ke sekolahnya, liat passion dan background guru2nya, seperti apa interaksi, involvement dan komitment mereka terhadap anak didik dan seperti apa kurikulum sekolah mereka. Kalo mengacu pada Kemdikbud, kira2 mereka punya metode yang tepat gak dalam mengajarkannya kepada anak2 sehingga mereka tidak merasa terbebani? bagaimana suasana interaksi di kelas? seandainya ada kasus bully2 (baik ringan maupun berat) bagaimana policy sekolah? tutup mata atau seperti apa? itu semua sebenernya hak orangtua untuk tahu bagaimana kebijakan sekolah dll, jadi bisa ditanyakan.

    Oya ada sekolah Kembang yang sempet dibahas juga di blog Dhita ini, SD-nya bagus sekali konsep ajar-mengajarnya, guru2nya backgroundnya kebanyakan psikologi, ekonomi UI, muda2, idealis2 dan cerdas2 sekali...mereka metode active learning sama seperti Kupu2, dan mereka kemarin baru bikin Math and Science Fair, yang diliput banyak media, karena mereka mau memberitahukan kepada publik bahwa math and science itu sangat fun sekali, seneng banget liat murid2nya aktif mempresentasikan science project2 mereka. Memang beda sekali pendekatan active learning ini, siswa2 jadi lebih berani berpendapat, aktif mencari tahu dan berdiskusi.

    Sayang SD Kembang juga belum apa2 seatnya udah full, karena kebanyakan alumni TK Kembangnya juga udah langsung melanjutkan disitu.




















    BalasHapus
  16. fitri (pipit) : Bukan. Yg lg dibahas disini Al Izhar :D

    BalasHapus
  17. Dhita.... blognya bagus!! Informatif sangat buat gw yang bahkan sebenernya mah belom punya anak, hehehe... Gw drtd ga bisa berenti baca.
    Anyway, mnrt gw (yg sekali lagi, belom punya anak ini...), anak kecil mah gampang bgt adaptasinya. Jadi lo ga usah takut gak sih kalo mindahin azka sekolah ke aliz???

    BalasHapus
  18. hai dhita, ikut ikutan ahhh.
    anak gue sekarang di al izhar, yang kedua juga rencana mau gue masukin situ juga.
    denger2 dari ortu yang anaknya sudah adai SD juga, memang hedonnn. memang memang betu. tapi menurut gue itu balik lagi ke didikan ortu ya. dulu gue pun lulusan sekolah swasta yang anak anaknya tajir2 melintir, tapi alhamdulilah gak kebawa hedon sih. mungkin ortu gue cukup keras memberi batasan ya. anyway, gue rasa jaman sekarang kalo skolah nya strata A-A+ gitu udah pasti gak lepas sama yg namanya hedon. alhamdulilah anak gue hepi di TBM alizhar, recommended lah. semangkaaa!

    BalasHapus