Rabu, 21 Agustus 2013

Beauty Is Pain..Mamihhhh

Terhitung sejak 1,5 bulan lalu gue menjalani perawatan ortho untuk ngerapihin gigi gue. Loh bukan nya (terlihat) baik2 saja ya?

Jadi begini...emang penampakan nya gigi gue ga ada masalah apa2. Tapi kalo diperhatikan rahang gue ini miring. Gigi atas dan bawah itu ga bisa ngatup/ketemu karena posisi atas dan bawahnya ga lurus. Dulu ga terlalu parah, tapi makin kesini makin kegeser. 

Ga terlalu ganggu sih, cuma gue ga bisa gigit yang tipis2. Jadi kalo disuruh buka sambel sachet yang susah dibuka pake tangan, biasanya orang2 kan suka pake gigi, nah gue ga bisa. Udah itu doang sih kendala nya. Eh sama 1 lagi deng kalo di foto jadi ga simetris, pipi gue jadi tembem sebelah. This is why gue kalo di foto senyum nya begitu2 aja. Yah cuma sebatas ga enak diliat doang, makanya walopun gue sadar nya udah lama rahang gue miring, ga pernah gue benerin. 


Sampai beberapa bulan lalu gue ngerasa kuping gue ga enak. Gue pikir infeksi kuping lagi kayak taun lalu. Tapi rasanya beda. Cuma sebatas ga enak aja ga pake ada rasa sakit, biasanya kalo gue burb/yawn berasa ada popping sound kayak kalo kita naik pesawat gitu. Ngerti ga rasanya..gitu deh ya pokonya. 

At the same time gue juga mulai ngerasa rahang gue ini miring nya makin keliatan. Jadi gue mulai cari2 info untuk pake braces

Pas lagi browsing di forum FD tentang kawat gigi, gue baca ada orang dengan kondisi rahang kayak gue dan mengeluh masalah yang sama di kuping. Ada yang respons kalo itu ternyata namanya TMJ (temporomandibular joint). Google sendiri aja ya info nya.

Pas gue baca ciri2nya..sama persis sama yang gue rasain..

Gue langsung bikin janji ketemu sama dokter gigi langganan keluarga. Gue jelasin semua keluhan dan apa yang gue rasain. Dia bilang sih TMJ itu symptom ringan aja sih. Sebenernya ga perlu diapa2in juga gpp. Karena ga sakit, cuma emang rada ganggu aja. 

Menurut dia sih salah 1 penyebab nya karena posisi rahang gue. Kalo mau ya dicoba benerin rahangnya. Ya gue pikir ya udahlah ya..kali2 bisa bikin gue kece hahaha *ngerep*. Ga deng, gue kuatir nantinya bakal ada masalah lain yang timbul kalo makin kegeser, dan pasti makin susah benerin nya. Secara udah tuwir yee..

Ini aja sekarang dokternya bilang udah agak telat. Karena proses geser rahang gue sampe ke posisi ini pasti udah belasan taun. Kalo saja gue benerin pas umur 20 an, proses nya akan lebih singkat. Kalo kayak gue sekarang mungkin bisa 3-5thn. DUENG!! Ciyusss..

Nah caranya ini loh yang bikin nangis garuk2 tanah...

Jadi tahapan nya ada 2:

Pertama, gigi gue dipasang kawat tapi beda dengan kawat pada umumnya. Kawat yang ini dipasangnya di bagian dalam gigi gue. Jadi ga keliatan. Normalnya, gigi atas itu kalo kita nutup mulut posisinya di depan gigi bawah. In my case, gigi atas posisi nya di belakang gigi bawah. Jadi kawat ini fungsinya untuk ngedorong gigi gue "lompat" keluar. 

Aslik sakitnya bener2 bikin menderita. Masalahnya, karena kawatnya di bagian dalam gigi, tentunya gesekan terus sama lidah. Orang di langit2 mulut gue aja kawatnya melingkar seperti huruf "U". Kebayang ga sih betapa susahnya gue nelen makanan. Saking seringnya gesekan sama kawat, lidah gue sampe ada bekas luka kayak huruf "U" juga .

Ada saatnya lidah itu perihnya ampunn2an..terutama minggu pertama yah.

I remember, hari pertama dipasang gue ga bisa makan apa2. Padahal itu puasa loh. Jadi pas buka gue cuma meringis dan ngeluh2 sakit aja ama Okky. Akhirnya malam itu dicariin bubur, sengaja pilih bubur Monas di Radio Dalam karena gue tau itu bubur cair banget. Bingung juga kenapa banyak yang suka. Kalo gue sih ga suka. 

Tapi namapun sakit ya..tetep gue sruput dikit2. Cuma mampu nelen 1/2 mangkok. 
Besoknya berat gue langsung drop dong #eh? haha

The next day, gue mulai bisa nasi + makan sayur bayem sisa azka. Cuma dikit banget sekitar 3 sendok makan. Yang mana normalnya bisa gue abisin dalam waktu 1 menit. Saat itu gue ngabisin nya 15min ajah dengan suapan dikit2. Lebih dikit dari suapan bayi. Sambil menahan sakit. Tapi gue harus makan, karena gue sahur ga sanggup makan apa2, paling cuma marie regal dicelup2 ke teh/air. 

Hari2 selanjutnya gue makan ga pake ngunyah. Semua gue potong kecil2 terus langsung lep lep telen. Mayan lah..bisa bikin kenyang hehe.

Pokonya 1 minggu pertama sengsara pake BANGET!
Saking drama nya gue sampe sms in dokternya ngeluh lidah gue perih. Dibales katanya emang kayak gitu. DItahan aja nanti beberapa hari lagi jadi ga sakit. 

Pas awal pasang, si dokter janjiin cuma pake kawat ini 2 minggu, abis itu lanjut ke tahap 2, yaitu pasang kawat biasa untuk ngerapihin gigi dan ditarik (errr not sure ditarik apanya, bilangnya cuma nanti ditarik).

Janji tak seindah kenyataan saudara2. Pas gue kontrol setelah 2 minggu. Gigi gue belum "lompat" keluar. Jadi belum dilepas. 

Maanaa janjimuu dokkk.. *nangis*

Untungnya setelah 2 minggu itu aktifitas makan gue bisa kembali normal. Udah bisa makan seperti biasa. Walo agak susah karena sering nyangkut di kawat langit2 hehe. 

Seminggu kemudian gue kontrol lagi dengan tingkat pede yang tinggi kawat ini bisa dicopot. Ternyata? Belum jugaaa!!

Ditambah abis itu libur lebaran, yang mana dokternya cutai 2 minggu. Cakeepppp!!

Mau menyerah aja rasanya..tapi kok tanggung. Sakit2 kemaren ga ada hasilnya dong. Jadi sambil menahan tangis gue pun keluar dari ruangan dokter.

Akhirnya tadi siang, barulah gue kembali konsul ama dokternya. Alhamdulillah katanya dalam waktu dekat kawat yang ini akan dilepas dan diganti dengan kawat biasa. 

Senang sekali rasanya..

Tapi ngeliat gue kegirangan, dokternya wanti2..

"dit, pake kawat itu juga sakit dan ga enak loh, biasanya di dinding pipi atau bibir suka luka. Tapi emang lidahnya ga sakit"

I know..

Tapi feeling gue ga separah sekarang deh. Sekarang ngomong aja jadi cadel karena ada kawat bok di langit2 mulut. 

So lets see in few days. Mudah2an bener dicopot nih kawat. Udah berkorban menahan sakit gini, awas ya dok kalo gue ga jadi kayak dian sastro #lah? #situ_ngimpi? hahaha

22 komentar:

  1. Moga2 cpt bisa dilepas ya dhit.

    gw gak kebayang kawat lu kyk gimana, tp pengalaman pake kawat biasa aja dulu rasanya gak enak bgt. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. arman
      gue juga susah jelasin nya man hihi. Udah googling kok ga nemu foto yang enak diliat..
      berapa lama man dulu pake kawat.. haduhh ini Okky juga bilang ngapain si udah bukan ABG masih rempong ngurusin penampilan. Tapi kann namanya pun cewekk yaa :p

      Hapus
  2. jadi inget dulu gue pake kawat, seminggu pertama cuma makan bubur doang. sakitnya ampun2an,

    BalasHapus
    Balasan
    1. angel
      emang rata2 sakitnya minggu pertama karena penyeseuaian ya..duh gue siap2 deh nih menahan sakit kembali hiks
      demii keceee ya bokk hahaha

      Hapus
  3. Bok, ga kebayang sakitnya itu kayak apa pake kawat didalem... :,D

    Emang bener2 penderitaan banget awal2 pake braces. Tapi sih, sebulanan juga udah mulai terbiasa kok pakenya. Palingan horornya kalo pas lagi kontrol, trus kawatnya dikencengin ;p

    Yang pasti sih selama pake braces, selalu sedia vit .c biar ga sariawan.. ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. desi
      yakk mulai siapin mental deh ni buat pasang kawat beberapa hari lagi
      emang keluarga gue keturunan agak berantakan si giginya. Soalnya semua adek gue pake kawat huhu
      Mari nyetok vit C dari sekarang deh gue. Thanks saran nya ya bok :*

      Hapus
  4. Beauty is a pain *yg dr kmrn cuma makan zucchini*

    BalasHapus
    Balasan
    1. novi
      masih diet nov? besok cheat day yuk. mau ajak lunch besok. yuk di PP..on me :D

      Hapus
  5. Masalah kayak gini sepele tapi kadang bikin gak enay yah, Dhit :) Tapi kan ada untungnya Dhita, dietnya berjalan secara alami :)

    Semoga kontrol berikutnya benar-benar bisa diganti dengan kawat biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fety
      iyaa..sebenernya ga usah dipakein kawat juga gpp sih..
      hahaha tetep yaa diet..tapi kalo pake kawat dietnya ditambah menderita kesakitan. kalo biasasnya kan cuma jaga makan aja

      Hapus
  6. Ngebayanginnya udah ngilu Mba Dhita. Btw rahang saya juga miring dan kalo buka mulut aga lebar ada suara pop kayak ada yang lepas gitu. Semoga lancar ya Mba rencana pasang braces nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dani
      nah kira2 kayak gitu aja sih rasanya..ga terlalu ganggu ya dan. Tapi namanya cewek kadang suka sekalian benerin biar lebih enak dipandang aja :p

      Hapus
  7. Dhit, maksudnya gigilo crossbite ya? Gue juga lho. Makanya dulu pas pake kawat, lamanyaaaa minta ampyun. Skrg sih udah gak crossbite lagi, tapi tetep bentuk rahang gue masih asimetris nih, miring sebelah :(

    Dulu gue pertama kali pake kawat, menderitanya mirip deh sama lo. Udah gigi dicabut, trus sariawan semulut gara2 pake kawat, sediihh banget. Tiap hari ngantor bawa bubur+telor rebus. Trus pengen makan tongseng, beli, tapi dimakan kuahnya doang. Hiks :( Etapi sekarang malah lagi mikir-mikir mau pake kawat lagi nih karena gigi gue udah pada bergeser.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ira
      crossbite ya namanya ra? emang nih kata dokter gue juga bakalan lama. Lebih lama daripada cuma ngerapihin gigi yang berantakan gitu ya tampaknya. Gue katanya minimal 3thn bok. Bisa sampe 5thn. Mamihhhh keburu tuwir deh nih pas lepas kawat haha

      Geser gimana ra? emang susah ya gigi ini. udah dikawatin kata temen gue bisa balik lagi. Itu katanya karena kebiasaan kita ngunyah ra. Suka ga sadar banyakan di satu sisi.

      Hapus
  8. Oiya Dhita,
    kamu udah periksain belum tumor payudara kamu?
    Hati hati lho,
    jangan sampe nyesel seperti aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertha
      udah waktu itu ke dokter di singapore :) alhamdulillah semua hasilnya oke. tapi tetep kontrol rutin kesana sih setaun 2x. thanks ya udah ngingetin :)

      Hapus
  9. Untung semua baik ya Dhit,
    Kalau aku udah jadi kanker payudara 2B,
    sekarang sedang pengobatan,
    Doain aku sembuh total yaaa....mksh Dhit

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa :(( semoga cepet sembuh total yaa *peluk*

      Hapus
  10. sakitnya hanya diawal2 aja koq say, kesininya pasti akan terbiasa..terbiasa ada braces di mulut dan yang pasti terbiasa untuk makan apapun lagi tanpa takut sakit -__-

    BalasHapus
  11. Mba Dhita, nama dr giginya siapa ya? dan praktek di mana? aku juga problemnya kayanya mirip2 deh.
    thanks sebelumnya :)

    BalasHapus