Minggu, 10 Mei 2015

It's (Not) Only A Bag

pic source from here
Sebagai cewek rasanya udah kodrat dari sana nya sering di cap sebagai shopaholic ya. Apalagi kalo udah menyangkut soal tas >_<

Alhamdulillah, makin kesini gue makin "waras". Mulai sadar ya suami nya capek banting tulang cari duit, jadi ga bisa dihambur2kan seenak nya. Ciyeeehh..

Sebenernya ada faktor terpaksa nya juga sih. Berhubung gue sering tergoda beli tiket untuk liburan, jadi ya mau ga mau harus pilih salah satu, mau tas ATAU liburan? Hmmm..Tough choice!

Sebagai pembelaan diri sendiri, sebenernya beli tas itu ga sepenuhnya pemborosan sih. Ada beberapa brand yang harga nya ikut naik walopun udah kondisi preloved alias second hand.

Memang ga semua brand yang harga preloved nya tinggi, tapi sebagian besar brand (terutama dari eropa dan amerika) masih tetep laku dijual kok. Walopun harga turun tapi setidaknya ga numpuk di rumah kan. Mayan kalo udah bosen tinggal dijual :D


As far as i know, Chanel dan Hermes memiliki nilai jual tertinggi untuk preloved.



Baru2 ini gue jual tas Chanel yang umurnya udah kurang lebih 3 taun. Harga pas gue jual ternyata naik kurang lebih 35% dari harga beli. Lumayan kann..udah dipake tapi harganya tetep naik. Kata siapa beli tas cuma ngabisin duit? Talking about investment :D

Alasan gue jual karena emang tas itu jarang dipake. Size nya aja terlihat besar, tapi aslinya tuh kecil dan sempit. Tau sendiri kan bawaan emak2 segambreng. Lain kali kalo mau beli tas mahal yang bisa dipake untuk pesta aja deh. Yang kemaren punya gue itu lebih ke casual bag. Daripada nganggur di lemari, gue putuskan untuk jual aja deh. Dan tak disangka2 laku dalam waktu relatif singkat.

Hermes lebih tinggi lagi nilai investasi nya. Tante gue kemaren liburan ke Jepang, yang disebut2 sebagai surga nya tas2 second hand. Kayaknya tiap corner di Ginza dan Shinjuku itu toko tas preloved deh. Dia beli Birkin 35 second harganya lebih tinggi daripada Birkin 35 brand new. Dengan catatan, kalo Birkin nya beli langsung di official store Hermes di Paris yah. Kalo beli di reseller sih harganya bisa melonjak sampai 2x lipat *melongo*

Kalo gitu ngapain beli di reseller? Mending beli langsung ke official store aja dong?

Eitss tunggu dulu..
Jangan pikir kita bisa dateng ke official store Hermes yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan langsung pulang dengan menenteng si kantong orange yah. No no no..Butuh kesabaran dan effort yang besar untuk bisa pulang dengan 1 tas Hermes.

Susah mamihhh..

Kenapa bisa begitu? 
Udah bukan rahasia lagi, untuk mendapatkan sebuah tas Hermes (especially Birkin dan Kelly) amat sangatlah susah.  Katanya sih untuk membuat 1 tas aja butuh waktu berhari2. Semua handcrafted, bukan pabrikan seperti kebanyakan tas lain nya. 


Oleh karena itu, stock tas yang tersedia ga banyak. Terutama ketika musim panas, para pekerja nya banyak yang cuti summer holiday. Otomatis stock tas nya pun menurun. Bayangin aja sehari yang antri tas bisa ratusan orang, sementara stock nya mungkin hanya puluhan. Ga mungkin kan semua orang kebagian tas. Ga heran kalo para sales assistant sangat selektif dalam  "memilih" customer untuk dikasih kesempatan beli tas itu.

Sebenernya Hermes punya banyak model tas lain nya. Tapi yang paling populer adalah Kelly dan Birkin. Sekilas bentuk kedua tas ini mirip. Perbedaan mendasar diantara kedua nya adalah :

Kelly bag comes with a strap and has 1 handle, while Birkin bag has 2 handles. 


kelly bag worn by Kim K
pic from here
birkin croco worn by JLo
pic from here
Boro2 bisa milih warna atau size, dikasih liat 1 tas yang available aja kesempatan yang langka. Bisa sih kita kasih tau preference warna dan size, tapi ya belum tentu dikasih juga. Kadang dikasih seadanya aja. Terserah deh tuh mau tetep beli atau gak.

Various sizes for birkin and kelly

pic from here

pic from here

Jangan lupa juga aturan 1 paspor 1 tas untuk 6 bulan. Artinya 1 orang hanya bisa membeli 1 tas dalam periode waktu 6 bulan. Semua data pembelian di record di database mereka. Ga mungkin bisa bohong!

Makanya banyak yang rela membayar harga yang jauh lebih tinggi dari harga asli nya di reseller. Orang udah cape2 datang ke toko nya, antri berjam2 pun belum tentu pulang dengan membawa tas. Kalo orang punya duit mah mending beli di reseller, udah pasti barangnya ada dan bisa pilih warna, walo harganya jauh lebih mahal.

Kebetulan 2 orang tante gue adalah reseller tas-tas branded, terutama Hermes. Dan gue pun pernah berusaha mencoba mendapatkan "The H bag". Bukan buat gue (sayangnya!), tapi buat bantu tante gue >_<

Awalnya gue cukup pede sih bisa dapetin tas..tapi kenyataan di lapangan jauh lebih sulit dari bayangan gue. Total 4 hari gue bolak balik butik Hermes demi sebuah tas. Apakah berhasil? Hmm..Gue ceritain dulu deh ya pengalaman gue selama 4 hari itu..

Begitu dateng, kita harus antri di bagian tas untuk bertemu salah 1 sales assistant. Jangan sedih..antri ketemu nya aja bisa 1-2 jam sendiri. Dan yang antri kebanyakan orang Indonesia dengan dandanan super heboh demi menarik perhatian dan meyakinkan sang sales assistant.

Begitu dapet sales assistant..disinilah communication skill kita diuji. Coba aja langsung bilang "i want kelly or birkin" Gue jamin 100% langsung dijawab "sorry no stock". Antri berjam2 pun terbuang sia2 dalam 5 detik. Yup memang kejam dunia per-tas-an ini. 

Kita pun harus datang berkali2 dalam sehari untuk terus menanyakan stock. Gue biasanya datang jam 10-11 pagi. Kemudian jam 3 sore (abis lunch). Kadang jam 5 an gue dateng lagi. Kebayang kan susahnya. Jangan kan waktu buat jalan2 ke tempat2 wisata di Paris..shopping buat gue sendiri aja susah cyn.

Hari pertama dan kedua gue mendapatkan sales assistant yang terlihat ramah tapi kok ga ngasih2 gue tas. Selalu dibilang no stock walo udah ngobrol ini itu. Udah sengaja "mancing" dengan beli gelang. masih ga dikasih juga. Yah kurang gede juga kali yak pancingan nya cuma gelang haha. Apa penampilan gue kurang heboh.

Akhirnya gue putuskan untuk ganti sales assistant. Yang berikutnya lebih ramah dan enak diajak ngobrol. Hari ke 3, gue masih keluar dengan tangan kosong. Selalu di PHP in "check again this afternoon" atau "you can try again tomorrow, maybe tomorrow we will have stock"

Saking seringnya gue ke butik, yang jaga pintu pun ampe hapal dong. Hari terakhir, which is hari ke 4 (sebenernya bukan terakhir sih karena besok nya itu gue mau ke Disneyland hehe) pas dateng pagi pagi dan bertemu sales assistant nya, dia bilang

"well actually i dont have what you requested. But i do want to show you something"

Whoaaa angin surgawi berhembuss..

Dan dia pun menghilang ke belakang. Keluar lagi dengan membawa kotak sambil ngasi kode kedip2 mata untuk ikutin dia.

Haduuuu deg2an eyke. Dibawalah kita ke tempat nyempil yang sepi banget.

"Okay..now i have this kelly. But the size is 35, which i think its too big for you"

Dikeluarkan lah sebuah tas dari kotak orange.
It was a Kelly35 in classic camel, gold hardware, togo leather. 
And I was stunned by its beauty.

Dia terus bilang "if you want to use it as a handbag, i think it will look good on you, but if you plan to use the strap, i think its too big. You can try it first"

Mulailah gue mencoba dan liat di kaca. OMG kepegang juga ini kelly di tokonyaaa...

Pas gue coba pake strap..sales assistant nya bilang lagi
"see..the size is too big for you. It's up to you. But in my opinion dont take it"

Untuk beberapa saat gue bengong dan pusing mikirin harus gimana. Tante gue emang nitip nya size maksimal 32cm. Mana sales assistant nya bilang dont take it kan. Sebenernya tas nya cakepp..tapi gue ga yakin tante gue bakal happy kalo gue beli yang ini.

Setelah mikir2 beberapa saat..
I decided to let it go..

Gue sempet bilang minta cariin size lebih kecil dan gue akan balik lagi sore nanti untuk ngecek.

Gue pun jalan kembali ke hotel dan menceritakan semuanya ke tante gue. Ternyata gue mengambil keputusan yang salah. Harusnya gue ambil aja itu tas huhu karena pas sore gue balik ke butik nya, sales assistant gue dipindah tugas ke bagian after sales service. Jadi dia ga bisa ngebantu gue lagi deh :((

Well it was a learning experience. 

Jadi udah ngerti dong ya kenapa sekarang harga tas kotak orange itu mahalnya selangit, dan merupakan investasi bener. Gue ampe 4 hari bolak balik aja ga dapet. Mungkin penampilan gue kurang meyakinkan kali yee..entahlah huhu.



Ngomong2 soal tas, baru2 ini gue dan Darina nyoba2 jualan tas juga. Tenangg..bukan tas yang harganya selangit kok. Boleh ya sis di add FB kita Turis Kece. Silakan liat2 koleksi nya, kali2 ada yang nyantol di hati.

*ujung2nya jualan* :p


pic from here

Dalam waktu dekat kita juga menerima PO berbagai merk lipstik atau kosmetik dari Amerika (Lime Crime, Anastasia Beverly Hills, Stila, dll). Kalo ada yang tertarik boleh emailin kita

turiskece@gmail.com

Bisa kasih tau lipstick/kosmetik apa yang dimau nanti kita quote harganya. Insya allah harga nya dikasih yang terbaik ya sis ^_^

4 komentar:

  1. Aihhhh postingan ttg something i likeeeee BAG. aku masih ada pesen 1 birkin 1 kelly di hermes pp yg ngga dateng2 dari toko, sampe akhirnya aku beli di reseller 1 kelly item yg kmrn itu. Hiks. Tapi suka sedihnya kalo diitung2 ini belanja tas udah bisa buat beli villa di bali *bukan mental kolektor bgt*

    BalasHapus
  2. bunny cat
    hahaaha emang ga ada abisnya ya kalo ngomongin tas. Tapi bener kan nov, tas2 kamu itu kan investasi juga. mirip lah sama invest villa, cuma kalo tas bisa ditenteng2.

    Btw nyari warna apa? beli ama tante gue aja nov :p

    Kamu pulang kampung dong sept. Kita hunting tas bareng hihi

    BalasHapus
  3. aihhh .. speechless mba *_* kapan ya gue bsa kayak gitu..

    BalasHapus
  4. mba, aku baru tau kenapa Tas2 mahal tuh karena itu tohhh bolak balik belum tentu dapet trus musti diliatin jg profile sekilas kita ckckckkckcc... no wonder deh harganya bisa mahal begono :P

    BalasHapus