Selasa, 18 Agustus 2015

My Sister's Wedding



Akhirnya...

Setelah jeda 7 taun dari pernikahan gue, rumah bonyok kembali digelar hajatan pernikahan adek gue.

Ternyata ya, kurun waktu 7 taun cukup membuat perbedaan significant dalam hal biaya. Rata2 harga vendor naik 3x lipat. 

Jrenggg!!

Tiap minta quote harga gue shock sendiri denger nya. APAH? Dekor doang segitu harganya? Makjang!

*brb*
*kucek2 mata liat price list catering*

Mau bilang apa..acara harus tetap digelar toh..

Seperti biasa, acara diawali dengan pengajian pra pernikahan - siraman - midodareni. Karena itu hari Jumat, jadi sehabis pengajian dipotong oleh sholat jumat dulu baru lanjut siraman dan midodareni. 

Keesokan harinya, barulah digelar acara puncak yaitu akad nikah di pagi hari, dilanjutkan oleh resepsi malam nya. Nyokap gue agak kapok dengan akad dan resepsi yang beda hari seperti gue dulu. Cape banget katanya. 

Sementara kalo akad nikah nya sore, tepat sebelum resepsi, nyokap gue takut terlalu mepet waktunya. Berhubung nyokap pengen nya akad nikah dengan adat jawa lengkap dengan panggih, dan resepsi dengan adat bangka. Jadi kan ribet tuh harus ganti baju dan make up.

Ngomong2 soal make up, curhat sedikit ya..


Kita udah bayar lunas bu Tatiek Sasongko dari Firma Melati untuk semua acara di rumah (siraman-midodareni-akad nikah). Dari mulai make up untuk pengantin-ortu-kakak-adek, dekor, sewa beskap, dan segala perintilan pendukung acara adat. Kecuali MC pake dari langganan sodara gue. 

Semua sih aman ketika siraman dan midodareni. Make up nya baguss..

Tapi ketika acara midodareni selesai, sekitar jam 10 malam, adek gue dapet kabar dari mbak Dewi kalo bude nya bu Tatiek meninggal dunia. Jadi bu Tatiek harus segera ke Jogja. Segala urusan bu Tatiek akan diserahkan ke asisten nya. 

Huaaaaa...mau nangis ga sih??

Berhubung udah tinggal 6 jam lagi dari jadwal make up akad nikah, mau cari pengganti ga mungkin bisa kan. Jadi ya udah lah pasrah aja.

Terus terang sih hasilnya menurut gue kurang oke. Aura pengantin nya gak keluar. Beda sama hasil dandanan bu Tatiek untuk midodareni. 

Begitupun pas acara panggih, asisten nya ga pake kebaya jawa yang rapih. Mandu nya juga kurang sregep gitu deh. Terus gue nguping omongan asisten ama crew yang dibawa itu katanya belum pernah ikut acara adat panggih. Biarin deh ga usah pake teori langsung praktek aja, gitu katanya.

Kesel? Iya lah
Sedih? Banget!
Kecewa? Ya abesss!!

Ga nyangka loh Firma Melati ga profesional gitu. 

Pas selese acara panggih, gue sempet liat para crew nya makan. Tapi abis itu semua ngilang. Boro2 beresin beskap dan segala perlengkapan yang kita sewa, pamitan pulang aja gak dong!

Haduh bingung gue..

Selese acara ini beskap2 numpuk dikemanain coba? Terus itu hiasan kepala penganten dan konde2 juga dikemanain >_<

Dulu gue sama bu Tinuk Rifki ditongkrongin para crew sampe acara selese. Semua baju2 diberesin ama crew walopun bu Tinuk udah pulang. Malah pas resepsi, make up gue sempet dibersihin ama asisten nya bu Tinuk. Baju Okky dibukain sama asisten nya yang cowok. Padahal sebelumnya Okky udah buka beskap sendiri, terus ditegor dong "kok udah buka sendiri?" 
Kita sampe mikir apa emang adatnya buka baju penganten juga ada tata cara nya..

Lah ini Firma Melati boro2 bukain baju penganten. Orangnya 1 pun tak ada. Alhasil ya udah baju2 dan segala perlengkapan nya ditumpuk aja ama kita. 

Secara logika, kalo dikerjain asisten biasanya harga lebih murah dong. Jadi adek gue sms mbak Dewi nanyain tentang harga ini, mengingat kita udah bayar lunas sebelum hari H. Gue udah nebak sih ga akan mungkin dibalikin lah. 

Dan bener aja dong. Kata mbak Dewi mau bu Tatiek ataupun asisten semua harganya sama. Ga ada yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Ga masuk akal sih menurut gue. Mana mungkin asisten harganya sama kan..

Bukan hanya soal harga sih, tapi profesionalisme nya. Bu Tatiek ga ada nelpon minta maaf ke adek gue secara langsung. Semua lewat mbak Dewi. Ga ada kompensasi apa2 dari pembatalan mendadak secara sepihak ini. 

Bener2 ga nyangka loh gue..Firma Melati ternyata ga profesional banget.

Well mau gimana lagi..udah ditanyain tapi pihak Firma Melati ga ada tanggapan positif. Ya sudahlah..
Harusnya ada perjanjian yang ngatur beginian ya. Giliran client yang cancel udah pasti DP ga dibalikin. Kalopun dibalikin pasti ga full deh..Bener2 ngerugiin client :(

Eniweiii..gue pajang foto2 sedikit ya..
Foto2 gue sih haha. Ga sempet moto pake hape pas foto2 ama pengantin. Plus gue wara wiri sibuk ngobrol ama sodara juga. Jadi ga kefoto detail nya deh..

Nanti gue pajang foto2 pas udah dapet file dari fotografer nya aja yaa..
Maafkan juga foto yang blur >_<

Pengajian - Siraman - Midodareni

























Akad Nikah






Resepsi







5 komentar:

  1. gak fair juga ya untuk pengantin nya, emang gak ada surat kontrak yg ngebahas force majeure nya gitu? btw yg meninggal bude nya pula, kali deh orang tua atau adik kakak msh bisa dimaklumin...

    → Jalan2Liburan


    BalasHapus
  2. Wah nyebelin banget ya itu tukang Make up nya. Ya emang sih dia lg ada duka cita tp kan tetep harus tanggung jawab.

    Btw selamat ya buat adik lu...

    BalasHapus
  3. Wah nyebelin banget ya itu tukang Make up nya. Ya emang sih dia lg ada duka cita tp kan tetep harus tanggung jawab.

    Btw selamat ya buat adik lu...

    BalasHapus
  4. Mba Dhita boleh tau ngga bikin kebaya di foto pertama dimana?
    Info plis :D
    thank u

    BalasHapus
  5. Halo.. boleh tahu vendor utk resepsi adat bangka, pakai entertainment drmana?

    BalasHapus