Kamis, 17 Desember 2015

Ternyata Tifus


Terhitung mulai hari Minggu, Azka diopname di RS karena tifus.

Sebenernya ga nyangka sama sekali akan kena tifus. Azka kan jarang banget jajan pinggir jalan kecuali untuk sate dan bubur ayam. Dan akhir2 ini perasaan ga jajan 2 menu itu deh.

Berawal dari hari selasa siang, pas banget dia pulang cepet jam 11 siang karena itu hari terakhir sekolah. Abis itu libur sampe abis taun baru.

Gue ngajak Azka ke Kemang Village. Pas gue lagi liat2, azka mengeluh kepala nya pusing seperti ada galaxy. Gue pikir biasa deh ini anak suka banyak alasan kalo diajak window shopping ama emaknya. Tapi terus dia bilang kedinginan dan mulai batuk2. Setelah lunch di Duck King, gue putuskan langsung pulang aja ke rumah.

Di rumah suhu nya mulai naik. Makin malam makin naik. Gue sempet ukur sekitar 38,5. Batuk makin parah dan mulai pilek. "Oh paling karena mau batpil ini mah" pikir gue. Anak nya masih lincah dan makan masih oke. Malam itu, gue cuma oles2 peppermint dan RC aja, belum minumin paracetamol.

Rabu pagi pas bangun tidur, badan nya masih panas. Suhu masih sekitar 38,2-38,5. Batuk dan pilek makin menjadi. Walopun anaknya masih aktif, tapi gue kasih paracetamol tiap 6 jam. Kebetulan Rabu itu libur pilkada, jadi seharian itu kita ngendon di rumah aja. Makan masih lumayan oke. 




Kamis pagi, badan nya masih panas dan mulai keliatan lemes. Bangun tidur pun Azka langsung muntah cairan. Dan mulai susah makan :(

Gue langsung putusin untuk bawa ke dokter. Jam 7.50 pagi gue telp RS, tapi belum bisa daftar karena baru dibuka jam 8. Oke lah..
Jam 8.05 gue telpon poli anak nya sibuk terus. Gue minta tolong Okky telpon terus sementara gue beberes.

Sekitar jam 8.30 bisa nyambung dan katanya dr. Sander udah full. Haduu gimana dong..
Masa harus daftar dari jauh2 hari..mana kita tau kapan anak kita sakit. Kalo sakit dadakan gini gimana coba hiks. Mungkin harusnya dikasih jatah beberapa untuk anak sakit dadakan per hari nya ya. 

Banyak yang nyaranin untuk ke rumah nya aja. Gue belum pernah periksa ke rumahnya karena ga yakin bisa pake asuransi disana. Kalo di RS gue biasanya cashless, tinggal gesek kartu asuransi aja. Masih aja ya ada pikiran ogah rugi nya :p 

Setelah ngejelasin kondisi Azka lewat telpon, akhirnya dibolehin datang tapi jadi waiting list, dateng nya pas deket jam2 terakhir praktek. Ya udahlah gpp. Gue pikir kalo terpaksa banget, baru gue kejar ke rumahnya atau ke BWCH. Kalo di BWCH, setau gue justru ga bisa daftar jauh2 hari. Harus daftar per kedatangan. Ga enaknya, banyak yang nomer nya diambilin dulu sama supir/orang lain. Dateng pas udah deket2 giliran. Nah gue mana bisa begitu kan, ga ada supir atau siapa2 yang bisa disuruh. Pasti harus dateng, daftar, dan langsung nunggu. Berdasarkan pengalaman, bisa 2jam an nunggu giliran >_< 

Karena mulai lemes, abis sarapan, gue kasih paracetamol lagi. Kalo abis dikasih paracetamol, Azka yang tadinya lemes jadi aktif lagi. Alhasil pas ketemu dokter anaknya lagi segar bugar. Dokter pun ga curiga bakteri. Sama seperti gue, mikirnya paling karena virus batuk pilek. Dikasih obat batuk pilek dan mual biasa aja. 

Sampe rumah, ealahh lemes lagi. Minumin paracetamol. Seger lagi beberapa jam, kemudian malem nya  panas lagi.


Hari Jumat nya ada pembagian rapor di sekolah Azka. Gue liat di buku komunikasi, waktu konsul sama gurunya kurang lebih 15min. Dan kita dapat giliran jam nya udah deket sholat Jumat. Kepikir sih mau dititipin dulu ke nyokap. Tapi gue liat kondisi Azka pagi itu masih aktif walo badan nya masih agak sumeng. Gue putuskan untuk bawa aja ke sekolah, toh cuma sekitar 15min aja terus kita langsung pulang.

Ternyata jadwal bagi rapor nya molor. Yang harusnya gue jam 10.45 molor jadi jam 11.20. Selama nunggu Azka masih tetap aktif. Setelah terima rapor, kita ke rumah nyokap karena Azka minta bikinin semur lidah. Biasanya Azka kalo dikasih semur bikinan nyokap gue pasti makan nya lahap.

Bener aja..pas dikasih semur lidah makan nya banyak. Sampe nambah 2x. Badan nya yang tadinya seger, makin siang kok makin lemes dan suhu nya makin naik. Gue masih mikir virus batpil biasa. Masih tetep seharian minum paracetamol dan obat batpil pemberian dokter kemaren. Di rumah nyokap pun banyakan tiduran dan istirahat sampe kita pulang.

Malemnya, suhu masih di kisaran 38,5. Kasih parcet terus tidur. Gue mulai curiga ini bukan sekedar virus. Tapi bingung sih, nyaru juga karena batpil nya pun makin parah.

Hari sabtu pagi, seperti biasa anaknya seger. Sarapan nasi + semur dari nyokap banyak banget. Gile ni anak ga bosen dari kemaren makan menu yang sama saking doyan nya haha. Nah tapi seharian itu batuknya parah banget. Ga berenti2 sampe bilang dada dan perut nya sakit. Gue pikir karena keseringan batuk.

Jam 2 an mulai lagi deh suhu naik. Azka sampe lemes banget. Dia bilang perutnya mual pengen muntah. Sempet muntah yang gue pikir ngeluarin dahak nya. Gue mulai kepikiran ada yang lain deh ni selain virus batpil.

Masalahnya, Azka ini susah banget diajak ke dokter. Dia takut sama jarum suntik. Jadi tiap gue ajak ke dokter keburu nangis2 duluan.

Malem itu juga gue putusin ke UGD. Sampe UGD, ya ampunn antri sampe ga dapet tempat tidur. Nunggu pun harus diluar. Gue pikir ya udahlah tunggu besok pagi aja. Akhirnya kita pun pulang dan kasih parcet lagi. Bolak balik cek suhu berkisar 38,2-38,5.

Minggu pagi, badan masih sumeng2 tapi masih bisa main2 walo ga seaktif biasanya. Siangnya lemes lagi. Cek suhu 38,2. Cuss gue langsung bawa ke UGD lagi.

Sampe di UGD, gue pegang keningnya menurut gue panasnya ga terlalu tinggi. Tapi, gue liat bibirnya merah banget. Mukanya juga mulai merah, kayak orang yang panas tinggi. Begitu suhu nya di cek, gue kaget kok 39,1. Padahal di rumah 38 an. Dan kalo dipegang rasanya sama aja kayak kemaren. Nah loh jangan2 thermometer gue rusak ya yang di rumah. Soalnya bolak balik cek memang max 38,5-38,6. Masa suhu nya segitu2 aja kan. Haduh gue langsung panik. Kayaknya harus beli thermometer baru deh.


Melihat riwayat demam nya Azka, dokter jaga UGD langsung nyaranin pasang infus penurun panas dan cek darah.

Begitu mendengar dokter nya ngomong begitu..

JRENG JRENG
D-R-A-M-A pun dimulai!!!

Dia langsung turun tempat tidur sambil nangis. Pake sandal dan kabur mau lari ke luar. Ditangkap sama gue dan Okky. Dia melorotin badan ke bawah terus masuk ke sela sela kaki Okky dan kabur lagi >_<
Aslik bikin heboh UGD. Suster nya ampe manggil beberapa suster lain minta untuk tolong handle Azka yang lagi heboh mau kabur.

Udah pake dirayu mau dibeliin mainan kalo berani cek darah dan infus masih aja mau kabur.
Gue sempet bilang ke suster, penurun panas minta yang lewat dubur aja. Tapi kata suster nya cepetan pake infus dan sama aja bakal ditusuk juga buat cek darah. In case nanti harus dirawat jadi ga harus tusuk2 lagi. Lagipula gue juga inget dulu Azka dikasih penurun panas lewat dubur, ama dia dikeluarin lagi dong. Jadi sama aja susahnya.

Yo wes lah suss..

Ada 3 suster yang megangin Azka. 1 cowok dan 2 cewek.
Okky ikut duduk di samping Azka, sambil ngajak Azka main hp. Entah main apa, tapi Azka ngoceh melulu

"Pa, pake ini aja (nunjuk2 layar hp)"
"Yah kan mati..."
dll dll

Begitu ditusuk..

LOH KOK DOI DIEM AJEE SIS??
Boro2 nangis, jerit aja gak sama sekali tuh!!

Malah terus ngoceh tentang games nya di hp. Seakan2 ga sadar udah ditusuk.

3 suster yang megangin liat2an dan spontan ngakak semua dong. Terus komen "ini kok bisa ga nyadar ya??" masih sambil cekikikan.

1 orang suster akhirnya ngelepasin Azka. Tinggal 2 suster yang ngambil darah Azka. Ambil darah nya lama loh, tangan nya dipijit2 ngeluarin darah setetes demi setetes sampe 2 ampul. Ada kali 10min.
Selama itu Azka tetep ga sadar (-_-') Azka sempet ngelirik ke tangan nya tapi terus dia cuek aja. Balik lagi sibuk main hp ama Okky.

Susternya ampe bilang "yah dek ini mah namanya kalah sebelum perang, kelamaan nego nya"
Hahahaha

Pas infus udah terpasang rapih, Azka dengan sok nya nanya "loh ini azka ga diapa2in? ga disuntik ya? mana jarumnya? cuma ada pipa plastik gini aja?"

Duile kaa..kenapa nurun lebay dari emaknya sih *tutup muka*



2 jam kemudian, hasil tes darah pun keluar. Dari hasilnya ketauan kalo Azka postif tyfus. Langsung disarankan untuk rawat inap. Ya udahlah mau gimana lagi..Jadilah kemaren untuk pertama kalinya Azka ngerasain di infus dan diopname di RS.

Gue pikir kalo demam disertai batpil lebih dari 3 hari masih aman karena virus. Makanya gue masih agak santai dan ga terlalu worry. Ga kepikir kalo ternyata virus dan bakteri bisa barengan. Ternyata salah ya ibu2. Jadi kalo anak demam lebih dari 3 hari mau ada batuk pilek tetap lebih baik langsung cek darah deh. Daripada kenapa2 kan..

Gue sejujurnya kemaren agak nyesel kenapa nunda2 cek darah :__(



Memang ciri2 tyfus itu kan demam nya menjelang sore. Jadi tiap pagi si Azka sibuk petakilan, jalan kesana kemari sambil dorong2 infus nya. Nanti setelah jam 2 an mulai deh lemes dan suhu nya naik.






Gue cukup terkesan lho fasilitas dan service RSPI. Semua suster nya baik dan ramah. Diminta tolong ini itu sigap dan cepet. Tiap gue minta telponin dokter nanya obat misalnya, cuma 5-10menit susternya udah kasih jawaban dari dokter.

Di kamar ada buku pilihan menu. Dan pas kita masuk ditanyain mau milih menu apa aja. Rasanya pun enak loh. Pernah satu kali spagetti yang kita pesen ga abis. Suster nya liat, terus nanya "ini kok spagetti nya kayak keras sih? Aku pegang ya bu..udah ga dimakan kan?"


Terus dia aduin ke bagian makanan, dan ga lama ada staff yang datang nawarin makanan kita diganti yang baru.




Kalo untuk cafetarianya sih ga perlu diomongin lagi ya. Udah terkenal banget cafetaria RSPI semua makanan nya enak2. Terutama snack macam lupis atau serabi. Bacangnya juga endang bambang. Sayangnya snack disini harganya macam mau ngerampok kita. Kue lapis aja sebiji 10rb >_<
Buat yang suka kalap liat kue2 kecil, siap2 pingsan aja di kasir haha.

Ga enaknya, untuk kamar anak2 ga ada sofa bed. Adanya sofa panjang biasa. Nah kalo yang nginep 2 orang jadi bingung deh tidurnya dimana kan. Kemaren gue tidur bareng Azka, tapi sempit siss..besok2 nya gue tidur di kursi dan okky di lantai hehe.

Setelah 4 hari 3 malam dirawat, alhamdulillah akhirnya Azka di bolehin pulang.

Proses asuransi yang biasanya lama juga tumben kemaren cepet. Dulu pas Okky dirawat tuh gue nunggu approval asuransi ampe 2-3jam. Pas Azka ini cuma 15-20min udah kelar. Mungkin karena masih pagi jadi belum terlalu rame.

Bubu nya kemudian hampir pingsan pas bayar bill RS. Waloo pake asuransi, karena minta upgrade kamar, selisihnya mayan juga ya sis (-_-') Sebanding sama fasilitas dan service kali ya. Tapi tetep aja nyesek sih pas bayar >_<

Yang penting sekarang udah lega deh, anaknya udah sehat, udah ga demam2 lagi. Tinggal recovery aja nih, yang kata orang2 kalo tyfus agak lama. Semoga ga kambuh2 lagi yaa..

3 komentar:

  1. Ealah baru baca..ya ampun azka..gw antara prihatin sama ngakak pas baca drama mw ngabur pas mw diinfus...hihihi

    BalasHapus
  2. hi dita, masalah termometer sudah pernah kejadian sama anakku, aku pake termometer digital yang tembak dari kuping dan bisa dari jidat, dan ternyata termometer yg sudah berusia 5 tahun itu rusak selisih 1 derajat lebih dan itu tinggi banget buat suhu bisa berakibat fatal. ternyata info suster, termometer di RS itu rutin di kalibrasi. jadi disarankan beli termometer digital biasa saja, jika sudah setahun dibuang beli yang baru.

    BalasHapus
  3. Get well soon buat anak shalih yah

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus