Selasa, 14 Februari 2017

First Time Kids Triathlon




Ini udah jelas kerjaan bapaknya deh ya daftaran Azka ikut Triathlon kids.

Sedikit info, triathlon dimulai dengan berenang, kemudian bersepeda, dan diakhiri dengan lari.

Whatt??

Buat yang ga pernah ikutan triathlon pasti terdengar menyeramkan ya? hihi. Pasti mikir ya ampunn kasian banget masih kecil2 udah ikutan triathlon. 

Tenang aja..


Untuk yang kids udah pasti jaraknya disesuaikan dengan kelompok umur mereka. Untuk grup A (5-7 taun) berenang nya 50m, sepeda 2,4km, dan lari 800m. Lagipula ga seserius itu kok. Untuk grup A ini berenang nya masih boleh pake pelampung, sepeda nya juga boleh roda 4. Bahkan taun lalu ada anak kecil yang pake sepeda roda 3 haha. Lucu bangett deh. 

Karena ini pertama kali nya untuk Azka, kita ikutin dia di kategori 5-7th walopun sebenernya umurnya kan udah 8 taun. Kata Okky grup B (8-10th) rata2 yang ikut udah gede, 9 taun keatas. Jadi takutnya Azka jiper duluan. 

Ketika awal Okky bilang mau daftarin Azka triathlon, gue sebenernya ragu2 untuk ngijinin. Apalagi pas tau orang tua ga boleh sama sekali dampingin anak. Para supporter cuma boleh liat di tempat yang udah disediain. Lha gue kan termasuk emak parno an ya. Apalagi ada berenang di kolam. Walopun Azka sebenernya udah bisa berenang sih. Tapi kan tetep aja yaa..gue takut Azka tiba2 kram atau gimana. Terus pas sepeda di jalanan itu gimanaa?? Aku takut ketabrak >_<


Tapi Okky ngeyakinin gue kalo masalah safety udah pasti jadi urusan nomer 1 buat Tribuddies sebagai penyelenggara. Udah pasti aman kata doi. Yang bikin sedikit tenang sih karena Okky dan teman2 nya juga ikutan jadi marshal. Jadi bisa nitipin Azka, dan kalo ada apa2, at least Okky bisa langsung masuk dan nyamperin Azka.

Menurut Okky juga, dengan ikut triathlon akan banyak banget pelajaran dan pengalaman yang akan Azka dapetin. Terutama untuk melatih kemandirian dan mengasah problem solving skill. Kan nanti semua peserta harus ngelakuin semua sendiri. Nyiapin barang2 di transition, pake sepatu, nenteng sepeda ke garis start, dll semua dilakuin sendiri. Banyak marshal yang jagain sih. Tapi sebisa mungkin harus sendiri.

Dari jauh2 hari kita udah bilang ke Azka. Kalo nanti ada masalah harus tetap tenang dan ga panik. Misalnya susah pake kaos kaki karena kaki basah, tenang aja. Take your time. Ga perlu takut ketinggalan atau takut jadi yang paling akhir.

So it's not just about race or competition. 

Okky jadi marshal di bagian sepeda. Kita berasumsi Azka paling lemah di sepeda. Karena sejujurnya dia baru bisa sepeda setaun belakangan. Setelah bisa sepeda pun dia jarang banget latihan. Sementara untuk berenang udah lumayan lama bisa nya. Dia memang dia les renang tiap minggu. Jadi kita pikir urusan berenang akan lebih aman. 

2 minggu sebelum event, kita dateng ke workshop nya. Disini anak2 dijelasin tahapan dan proses triathlon seperti apa. Diajarin juga cara minta tolong kalo pas berenang tiba2 ngerasa ga kuat atau ada masalah (kedorong temen nya, baju ketarik, ketendang, dll). Pas di area transisi anak2 harus gimana. Pas sepeda juga dikasih tau cara nyalip yang bener, dll. Lumayan dapet pencerahan lah. 

Yang gue lupa perhitungkan adalah, Azka dari November itu gue liburin dulu les berenang karena mau ulangan umum dan di awal desember dia mau sunat. Ga boleh renang dulu kan tuh sampe luka nya kering bener. Gue pikir di awal Januari udah bisa balik les renang.

Ternyata, di akhir desember Azka sakit demam seminggu. Pas udah masuk sekolah, Azka masih harus nunggu jadwal ekskul. Sampai pas jadwal ekskul udah fix dan kita udah hubungin guru les nya mau balik les renang, tau2 Azka kena cacar air sajah. Dan itu 10 hari sebelum event.

JRENG!
Langsung pening..

Ada rehearsal juga sebenernya 1 minggu sebelum event. Tujuan nya supaya anak2 ga kaget pas event. Sayangnya, berhubung Azka cacar, ga mungkin banget dong ikut. Jadi dengan terpaksa kita harus melewati sesi latihan ini. Padahal menurut gue sesi latihan ini sangat penting buat anak2. 

Gue sempet bilang ama Okky, gimana nih udah 3 bulan ga pernah berenang, gue yakin banget anaknya pasti kagok. Gue tau persis Azka ini tipe yang lama "panasnya". Harus latihan dulu baru dia pede. Lha ya selama cacar ga mungkin lah dia latihan berenang kan. Pasrah aja lah..

Sialnya pula, di hari H hujan turun cukup lebat dari subuh. Ketika event dimulai jam 6.30 pun cuaca masih hujan. Gue aja ampe basah jalan dari parkiran ke tempat acara. Udara nya juga jadi terasa dingin.





Okky WA dari dalem katanya Azka mogok renang karena ujan dan takut air nya dingin. Ada anak yang nangis malahan di grup Azka.

Gue cukup salut sih sama para marshal nya. Gue kan ga bisa ngomong ama Azka dan cuma bisa liat dari area supporter. Orang sama Okky aja gue harus telpon atau WA untuk nanya update. Gue liat marshal nya bolak balik ngasih semangat dan ngomong ke Azka. Ga tau apa yang diomongin. Okky juga masih ngedampingin di area berenang. Si Azka bilang sih dia cuma takut airnya dingin.

Gue bilang ke Okky kalo Azka ga mau gpp. Ga usah dipaksa. Dan Okky pun udah bilang ke Azka. Sempet diajak ke area start sebelum akhirnya Azka memutuskan ga mau berenang, tapi tetep mau ikut sepeda dan lari. Memang kondisi cuacanya kurang bersahabat sih. Gue aja susah mau jalan karena ujan nya lumayan lama ga berenti2. 

Btw yah, karena Azka grup terakhir, gue sempet nonton grup lain berenang. Dan gue bisa bilang area berenang kemaren sangat sangat aman. Ada tali pembatas, dan para marshal nya juga sigap. Plus ada diver yang nyelem di dalam kolam untuk ngejaga anak2 sambil moto. Diver beneran ya..lengkap dengan tabung oksigen. 

Semuanya juga dikontrol. Grup B itu kalo ga salah berenang nya per 4 anak. Sedangkan grup A,  karena paling kecil, berenang nya per 2 orang. Jadi ga mungkin desek2an. Amann banget.

Azka langsung beralih ke trasition dan siap2 dengan sepeda nya. Para supporter harus keluar dulu muter ke depan, jadi gue sempet kebingungan nyari Azka. Pas ketemu Azka, anaknya udah siap. Udah pake helm dan sepatu. Dia langsung ngacir dengan sepeda nya. 






Gue liat dari jauh, Azka malah udah terlihat lancar banget bersepeda. Yang tadinya kita pikir paling lemah di sepeda, ternyata salah prediksi >_<

Jarak sepeda lumayan jauh ya 2,4km. Gue pun cukup lama nungguin Azka lewat di pinggir jalan. Sempet parno karena Azka sendiri an kan muter nya. Supporter mana boleh ikut mengawal. Pas Azka lewat bareng salah 1 marshal, dia baru bilang kalo tadi pas ada polisi tidur dia jatoh. Lututnya luka sedikit dan udah dikasih plester ama marshal yang bertugas. 

Setelah sepeda masih ada lari 800m. Karena lari nya di area parkiran, jadi lebih aman. Nyamperin anak buat foto2 juga bisa. Cuma anaknya aja susah difoto >_<



photo courtesy of Garmin Indonesia (ngambil dari FB nya)

Setelah melewati finish lane dan dapet medali, Azka langsung ke tempat pengambilan finisher tee. Ciyehh gaya bener ya..dapet medali dan finisher tee hihi.


Oya abis itu Azka sempet ke Medical booth buat ngobatin kakinya yang tadi jatoh.


Kids triathlon nya udah selese dari jam 8. Tapi kita belum bisa keluar area karena masih ada triathlon yang dewasa. Bingung deh tuh matgay nungguin parkiran dibuka. Jam 9.30 baru deh dibolehin keluar.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar