Sabtu, 14 Oktober 2017

Malu Ah Sama Bule



Almarhumah nyokap nya Okky adalah orang yang suka dengan barang2 seni. Kalo main ke rumah ortu nya Okky berasa masuk museum. Satu rumah isinya barang antik. Sampe2, gue pernah ngajak Azka ke Museum Gajah, Azka malah komen "Ah ini mah semua di rumah Andung juga ada". Sebut aja semua, dari mulai meja, kursi, hiasan, sampe vas dan guci lengkap. 

Masalahnya, semenjak Andung meninggal beberapa tahun lalu, barang2 itu banyak yang ga kepake. Karena, adeknya Okky kan balik lagi tinggal di rumah itu untuk nemenin bokap nya. Adeknya Okky juga udah berkeluarga, jadi barang pribadi mereka yang dibawa dari rumah sendiri lumayan banyak. Makanya butuh space di rumah itu. 

Alhasil, semua barang2 antik dikumpulin di 2 ruangan. Baru2 ini gue bantu jual in. Sapa tau kan ada yang suka dan mau mengadopsi. Malah jadi berguna untuk orang lain. 


Dari sebuah group, ada sepasang suami istri dari Belanda yang tertarik untuk liat barang2 itu. Kebetulan, rumah mereka masih 1 komplek ama kita. Janjian lah kita di rumah bokap nya Okky. 

Begitu mereka dateng dan gue ajak liat barang2nya, belum apa2 udah langsung aduh aduh mulu komen nya karena amazed ama seisi rumah yang antik semua haha. 

Pas ngelewatin ruang tengah istrinya komen
"Omg i remember my grandma had this when i was 10"

Di ruang makan 
"Aduh ini dari jaman Belanda kuno"

Terus dia nanya ke kita
"Are you sure you dont want all of these? cause you will regret in someday you know. you cannot find it anywhere else"

Baik Okky ataupun adeknya ga ada yang suka ngumpulin barang antik. Memang masalah utama nya space sih. Saking ga muat nya, beberapa barang sampe di tarok di balkon.

gebyok yang mau dibeli

Nah suami istri bule itu kayaknya emang pecinta barang2 antik. Niat banget soalnya. Gebyok yang dia mau beli diliat dengan seksama. Pas masuk ke ruang penyimpanan barang antik, lampu ruangan itu lagi mati. Saking ga pernah ditengoknya itu ruangan :p Mereka berdua beneran masuk gelap2an gitu cuma diterangi lampu senter dari HP. Nyelip2 diantara lemari dan segudang barang lain nya.

Tau2 istrinya keluar nenteng2 kayak semacam keranjang. Gue, Okky, dan adek nya Okky pandang2an. Terus Okky bilang "we dont what is that? Maybe lunchbox?" 

Huahuahuahua

Sumpah kocak sih. Karena emang bentuknya kotak terus ada pegangan nya gitu. Mirip lunchbox. Terus kata si bule sih dari China. Dan dia langsung jatcin mau beli. 

Begitu liat beberapa peti dia juga suka banget dan bilang "Ahh this is from Kalimantan. We lived in Balikpapan for few years. So i know from this (sambil nunjuk ukir2an) from Dayak"

Kita pun cuma bisa manggut2 dan bilang "Err maybe..coz we dont really know"

Dan dia pun menghela napas dan bilang sayang sekali kalian ga ada yang mau simpen ini semua. 

Ada lagi moment dimana si istri suka ama ukiran ayam yang dipajang. Eh dia ngomong "you have 2 of these right. I think i saw one outside"

HAH kok dia ngeh aja ya...gila ini sih!!!
Gue aja yang sering ke rumah itu ga ngeh ada si ayam di depan >_<
Dia bilang "I think this is from Palembang" 
Sis aslik ya dari tadi doi yang tau ini barang2 dari mana. I had no idea, no clue. Jadi pas dia bolak balik ngomong itu gue sungguh bingung mau nanggepin gimana. 

Akhirnya gue bilang "Well i think you know Indonesian culture more than us"

"OBVIOUSLY!"

Aduh matek diselepet buleee sayaa. Waktu itu beneran berasa dapet pelajaran seni dan budaya Indonesia dari si bule.
*tutup muka*

Pas lagi nulis kwitansi pembelian. Dia liat lukisan yang dipajang dan komen
"Wowww this is the old painting from Hendra Gunawan. You know you will make a lot money if you sell this"

Nah untungnya masalah lukisan Okky dan adek nya ngerti pelukis2 terkenal dan harganya lumayan mahal. Tapi gue ga ngerti sama sekali. Karena penasaran, gue googling lah Hendra Gunawan. Dan langsung shock mo pingsan pas baca2 berita nya. 

Buset siss..itu lukisan nya dilelang di Sothebys Hongkong.
Dan harganya OMG! 
Coba aja googling sendiri ya..pasti shock liat harga2 nya. 

Si bule bilang gebyok yang dia beli akan dibawa ke rumahnya di Belanda. Rada amazed sih gue. Ternyata emang suka beneran ya. Makin malu deh secara gue orang Indonesia asli malah ngejual2 in. Eh tapi di rumah nyokap nya Okky masih buanyakkk kok sisa barangnya. Setidaknya gue tau barang2 yang dijual kemaren berada di tangan orang yang tepat ya. Dan lebih berguna juga mungkin di rumah mereka :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar